Variasi Menu 1 Tahun Ke Atas


VARIASI MENU UNTUK SI KECIL USIA 1 TAHUN KE ATAS

Beberapa variasi menu yang diformulasikan khusus untuk Anak berusia 1 tahun ke atas.

  • Ganti sumber karbohidrat dengan berbagai pilihan, misalnya beras, beras merah, ubi, kentang, havermut, roti.
  • Jangan memberinya bayam dan wortel saja. Perkenalkan dengan berbagai sayuran, misalnya jagung, brokoli, bit, bayam merah.
  • Bila si kecil tidak suka makanan baru yang Anda perkenalkan, cobalah beberapa kali. Jika ia tetap menolaknya, tak perlu memaksanya agar tidak menimbulkan trauma terhadap makanan itu.
  • Karena makanan si kecil tak boleh diberi bumbu yang menyengat, berikan selembar daun salam dalam buburnya agar lebih gurih.

Hati-hati!
Beberapa makanan di bawah ini bisa menimbulkan alergi pada sebagian bayi di bawah usia satu tahun:
telur, tomat, ikan jenis tertentu (tongkol, salmon), kacang (termasuk selai mentega kacang), bumbu-bumbu yang menyengat (lada, kunyit, jahe, dan sebagainya), strawberry, coklat dan kerang.

Sampai usia satu tahun, sebaiknya hindari memberi bayi Anda:
Telur setengah matang, bawang merah, ketimun dan kol (karena sulit dicerna), garam berlebihan, gula berlebihan, lobak dan kangkung (membuat bayi sering bersendawa), dan makanan mengandung pengawet.

Untuk Diperhatikan:

  • Jika di keluarga ada riwayat alergi, ekstra hati-hati dalam memberi jenis makanan tersebut.
  • Jika kulit anak menunjukkan reaksi alergi, misalnya gatal atau kemerahan setelah makan sesuatu, cobalah lagi beberapa kali di hari lain. Jika gejala alergi hilang, Anda bisa meneruskannya. Tetapi jika alergi tetap terjadi, berarti Anda harus menghindarinya.
  • Untuk mengetahui dengan pasti reaksi alergi pada bayi Anda, jangan mencampur buah atau makanan yang dikhawatirkan menimbulkan alergi. Segera catat jika penyebab alergi sudah diketahui dengan pasti.
  • Makanan yang mengandung gluten dapat menimbulkan gangguan saluran pencernaan pada sebagian bayi, seperti produk biji-bijian, misalnya, makanan mengandung gandum/oats.

Jika si kecil telah berusia 1 tahun, sebaiknya pemasukan garam dan gula seminim mungkin, bahkan lebih baik sebaiknya ditunda sampai mereka berusia 2 tahun.

Saat anak berusia 1 tahun ke atas, sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan laut seperti; udang, kerang, cumi2, dll. Tetapi perlu diingat, apabila ada sejarah dalam keluarga kita alergi seafood, sebaiknya pemberian makanan seafood ke si kecil ditunda dulu.

About these ads

157 gagasan untuk “Variasi Menu 1 Tahun Ke Atas

  1. anak saya aku kasih makanan yang berupa instan terus bahkan hampir setiap hari,baik gak ya untuk kesehatan si kecil. alasannya saya tidak sempet masak untuk si kecil. khan sekarang banyak makanan bayi yang lansung seduh atau di masak sebentar langsung jadi, mohon di jawab

  2. aduh mba reni… anak jangan dikasih makanan instant. kita kan ga tau gimana mereka mengolahnya dan membuatnya. itu dah kena proses pengeringan yang bisa menghilangkan zat gizi. setelah 6 bulan berika MPASI home made alias buat sendiri. setelah setahun kasih anak makanan sama seperti orang dewasa hanya mungkin nasinya masih lembek lauknya dicincang kecil atau digerus biar halus. bikin MPASI home made ga susah kok mba. malah menyenangkan kita explorasi makanan. kalo anak masih 6 bulan kasih tepung beras bikin sendiri atau beli tepung beras organik misal : dari gasol (bukan promosi). terus bikin pure buah. tinggal saring. kukus dan rebus aja intinya.. ga pake garam dan gula ya ampe setahun. coba cari di kategori MPASI banyak banget deh.. artikelnya..

  3. saya memberlakukan hal diatas terhadap anak saya (3 th) semenjak makan mpasi dimana sarat gizi dan tanpa garam & gula. jika menginginkan rasa asin, kami pilih keju dgn kadar garam & fat yang rendah. perasa hanya dari bawang, seledri, tomat dan bumbu dapur lain yg alami dan organik. alhasil, anak saya suka sekali sayur, makan apapun yang diberikan tanpa pilih pilih dan tidak tergila gila terhadap makanan yang gurih dengan penyedap!! FYI, hingga hari ini anak saya belum pernah sekalipun tersentuh makanan instant dan junk food.
    Terima kasih bunda wati & team keluarga sehat!!!

  4. anak saya berumur 1.5 tahun dua bulan ini makannya diemut lama sekali, setelah itu baru ditelan, dan baru lima sendok sdh tidak mau lagi. Bagaimana mengatasi maslah ini terimakasih.

  5. Aduh gimana dong aku sering ngasih anak makanan instant. Sekarang ia berusia 14 bulan beratnya 11 kg, sehat sih tapi kalau sakit (baru 2 kali) karena infeksi usus apa itu artinya aku jorok ya..??!
    hik hik jadi pengen nangis berarti aku belum bagus jadi Ibu ya…
    Sehari-hari aku kerja jadi si kecil aku tinggalin bareng ibuku yang sekarang usianya dah hampir 60.
    Ada saran untuk saya?

  6. mba emoh, tidak ada kata terlambat. lebih baik mulai dari sekarang daripada ngga sama sekali.. mba bkan ibu yang ga bagus. itu semua karena gencarnya iklan sufor dan makanan instant jd kesannya makanan tsb yg paling cocok dan bergizi buat bayi. harusnya kan mereka kasih taunya kalo ibu malas masak pakailah makanan instant. nah ibu mana dong yang mau dibilang malas pasti berlomba-lomba bikin makanan home made alias masak sendiri.. makanan buatan sendiri pasti lebih enak karena dimasak dengan penuh cinta seorang ibu.. pasti lezat sekali dan kaya akan gizi… selamat membuat makanan home made ya… resepnya banyak aku posting. coba di search

  7. Buah hatiku Aflah(11 bulan),.skrg saya bingung menentukan variasi menu yg baru.krn sepertinya dia uda mulai bosan dg sup,bakso ayam(buatan sendiri)&semur tahu.bagi saran dong ibu2 yg lain.supaya berat badan Aflah bs naik lg.skrg berat badannya 8,5kg.tengkyu ya

  8. saya punya baby nih usiany 1thn 7bln,udah makan pake nasi sih…cuma bingung bikin menu nya apa aja…..
    aku kan kerja,jd tiap pagi pasti masak sup/sayur bening itu untuk sekaligus 1 hari…kasian juga sih soalnya aku kan kerja…dan menunya itu selalu itu-itu saja berulang-ulang stiap hari….bingung juga nyiptain menu yg seperti apa??soalnya anak saya ga bisa makan makanan yg tidak berkuah…….:(
    tolong donk kasih saran menu2 sehat untuk anak 1,7thn…
    thanks be 4

  9. boleh ikutan nimbrungkan…..
    si kecil 17 bulan cuma makannya cucah banget,dikasih variasi makananpun dia tetap kagak mau yang sup,sayur bayam sampai saya coba menu balita nyontek dibuku eh dia-Nya juga ng’ mau.Tolong beri saran ato mungkin ada resep yang boleh dicoba…Makacih

  10. aku besok tgl 16 januari mau lomba buat menu anak diatas 1 tahun tapi maks 10 ribu unt cost-nya…ada yang mau kasih saran..????tengkyu nggih…

  11. Anakku usianya 17bln,memang sejak 6bln aku gak pernah memberinya makanan instant,cuma kadang-kadang suka kehabisan ide masak apa buat besok harinya.cara gampang kadang aku bikin aja dadar telur n tumis sawi n tahu,atau ikan pepes atau goreng,aku jarang memberinya daging karena babnya suka susah.jadi menu ikan adalah menu wajib sehari-hari,terutama belut n lele tapi benar anakku cerdas melampaui teman seusianya.

  12. Tgl 21 januari ini Rara-ku 1 thn, resep makanan apa aja ya yg bagus buat naikin berat badan Rara yg dibawah standar? skrg brt bdn-nya gak sampe 7,5 Kg.. apa karna Rara bayi prematur (brt lhrx hanya 1,8 Kg) ? katanya anak 1 thn udah bs dikasih nasi ya? tp kalo belum punya gigi gmn? soalx sampe skrg gigi Rara blm nongol2 jg.. ada gak sh perbedaan pertumbuhan anak yg lhr normal dan yg prematur.. Makasih ^_^

  13. anakku, zeta, usia 1 thn, dari usia 6 bln mpe skrng maemnya lahap bngt (alhamdulillah gak ada gejala alergi makanan). kayaknya klo diturutin mulutnya nganga terus… jd saya gak brani kasih banyak2… ya… dikira2 aja,takutnya ada apa2 ma pencernaannya. bener gak ya ?? di usia yg baru setahun ini, boleh gak…dikasih minum teh manis.. krn klo aku tinggal kerja, neneknya suka kasih teh manis…. terima kasih.

  14. Anakku 16 Bulan, makannya sih lahap aza. skrg berat badannya 11,5 kg. tapi ibu mertuaku suka ngasih makanan apa aza ke si dede. waktu itu ketahuan dikasih snack(Chiki) sama gorengan. apa gak pa2 kalo bayi seumur anakku dikasih gorengan sama chiki?

  15. utk Ibu Anee, anakku jg baru setaun tp gigi hampir 5, waktu imun tanya dokter tent makan nasi (tdk bubur lg). ktnya blh aja ga disaring tp dipantau BAB nya. jika tak masalah berarti boleh tak disaring lg tp kl keras, berarti pencernaannya blm kuat tetap hrs bubur/disaring. krn gigi kan berfungsi mengunyah.
    utk Ibu2 lainnya, aku baru aja baca situs menu anak, disana disebutkan bhw sebaiknya anak tidak diberikan garam dan gula sd usia 2th, kl pun perlu sedikit sekali. apalagi MSG (spt yg tdp di snack2).

  16. anaku umur 1th, selama ini aq selalu bikinan bubur ato nasi lembek dan sup bikin sendiri. tp stlh baca beberapa artikel kok ktnya ga blh pke garam sama gula…waduh pdhl aq selalu pake garam + gula utk bikinin anakku makanan. klu udah terlanjur apa ada efek samping yg bahaya ? trus gimana cara kasih rasanya pd bubur dan sup klu tanpa garam + gula ? tolong donk…..makasih

  17. anakku usia 14 bulan, batuknya ga berhenti terus,kata dokter gara2 alergi makanan. jd dede ga boleh dikasi makan ayam bolehnya daging sapi dan buah hanya bole apel sama pir.saya jd bingung gmn cara menghidangkan makanannya.bisa2 dede jd bosen tiap hr menunya itu itu teruz. please saran donk resep makanannya. thx

  18. @susan
    kalo batuk karena alergi. hindari pencetusnya. tp kalo diberi asi terus. alergi itu bisa hilang jd ga menetap so teruskan asinya dan coba lagi makanan2 yg bikin alergi satu per satu. dan dikasih jarak jgn terlalu dekat.

  19. anak sy 14 bulan, badannya kurus, makannya susah,, tp masi ASInya kuat kadang susu formula, sy minta solusinya dong, biar anak sy enak makan dan badannya gak kurus lagi, trim’s

  20. anakku skrag usia 15 bln. untuk makanan aku kasih makan nasi lembek dengan ikan goreng or sayuran yang aku kasih kaldu ayam. kadang juga aku tambahin bwag merah or putih sebagai penyedap. untuk bumbu selalu aku kasih garam dan gula kdang2. masalahnya baik ga ya bumbu yg ku kasih itu, soalnya anakku g mau mkn klo rasanya ga gurih or enak di lidah.

  21. mba aku ibu seorang anak lelaki yg berusia 1 thn 4 bulan,saya lagi bingung u menentukan menu sehat karena dr sekarang aku menunya itu-itu aja aku sendiri kadang2 bosen u memasaknya makanya aku kepingin seklai variasi menu sehat lainnya dan padu padan menu sehat kerana anak saya masih di belnder halus…terimkasih u infonya?

  22. @xomay, ada sumber yang bilang diatas 1th madu udah bole ada jg yg bole diatas 2th. kalo saya sendiri pilih yg aman aja diatas 2th untuk menghindari botulism. coba search aja ttg botulism n madu

  23. klu anakku dari 6+ selalu dikasih makanan masakanku sendiri. tapi semenjak aku tau ada Bubur Bayi Hj. Dias, mulailah aku selang seling. Buburnya tanpa penyedap. Buat ibu2 yg ga sempet masak, boleh juga dijadiin referensi…

  24. anakku kini berumur 1 tahun 5 bulan..sampai saat ini makannya susah banget, aku sering memberi anakku sayuran dan buah-buahan..tapi bila dicampur dengan nasi, dia anggak mau makan samasekali..terkadang aku ganti dengan jus..(buah2an) seperti pokat apel dan jeruk..apakah hal yang demikian itu bagus ga yaa..aku pengen sekali badan anakku itu kelihatan gemuk.dan berisi,beri tips donk..mohon beri bantuan dengan tips yang sehat dan bermanfaat,terimakasih banyak..yaaaa

  25. mbak, gmn sih caranya supaya anakku maemnya bnyk? (kdg2 aku keder jg liat anak lain mknnya bnyk) udh semua cara dr berbagai sumber aku coba, tp mknnya ttp aja gak bnyk… dan satu lagi hrs seberapa bnyk takaran sekali mkn utk balita (anakku laki2 umur 2thn, BB, tinggi bdn, lingkar kepala semua bagus, aktif, mau mkn tp gak bnyk). thx ya mbak..

  26. @mba rani,
    mba anakku makannya banyak tp cuma 2x pagi dan sore. selebihnya disuapin ga mau. tp ngemil2 mau. jd dicoba terus cari cara apa dia tipe anak yang makan banyak tp jarang atau makan dikit tp sering. kalo takaran2nya coba liat di wholesometoddlerfood.com disitu ada berapa kalori yg dibutuhkan balita setiap hari dan kalori itu dipenuhi dari makanan berapa banyak porsinya.

  27. anakku umur 1,1 thn susah makan,ga mau minum susu kaleng,,,netek terus…please makanan apa yg cocock???tlng dibantu??

  28. @adelina, mungkin karena udah kenyang ASI jadi ga mau makan/minum yang lain, dikurangi saja ASInya. Anak saya 1,1thn ASInya tinggal 3x, jam 6 pagi (bangun tidur), jam 4 sore (bangun tidur siang), jam 8 (mau tidur).
    Dulu juga anakku susah makan, ternyata memang masi kenyang gara2 makan buah/ minum ASI. Makanya sebelum jadwal makan, anakku cuma makan buah yang ‘ringan’ seperti kiwi,semangka atau buah naga. Buah yg ‘berat’ seperti pisang atau pepaya dikasihnya setelah makan siang.

    Ngapain pake susu kaleng? ASI saja cukup.

    Kadang2 memang susah makan (lagi ga enak badan ato tumbuh gigi), ya dijadiin cemilan aja menu makannya. Jadinya anakku disuapin 1 jam sekali pake nasi hangat plus lauknya. Lumayan masuk 3-4 sendok, tapi karena sering bisa habis juga makanannya.

  29. Anakku umur 15 bulan, dan selama ini terlalu bnyak makan makanan instant, smpai sekarang makan harus yg halus2 saja.. Kdang2 saya buat makanan sndiri itupun harus diblender, bagaimana y supaya anakku mau makan2 an sprt anak2 lainya..(tdk ush dblender) Beratnya skrg 13 kg. Minum sufor..trmksh.

  30. anak saya 1th klo malam tidurnya sering bangun2 apa lagi klo saya tinggal sebentar saja suka terasa . pinginnya saya selalu ada disampingnya,padahal sebelum tidur juga udah kenyang, itu pengaruh apa ya? trmksh.

  31. Anakku 1,5 tahun, beratnya 11,7 kg. Sejak usia 9 bulan dia susah banget kalo diberi makan, maunya asi terus. Kalo makan pun cuma dua kali sehari itu juga paling cuma 1 sendok makan. Gimana duonk biar anakku mau makan, padahal aku udah coba gonta-ganti menu. Tapi kalo makan ama air gulai dia mau :). Masa tiap hari masak gulai sih?

  32. Anakku dulu jg ssh bgt mkn nya, tp sjk aku ksh multivitamin yg mengandung lysin mlh dia yg mnt mkn. Skrg anakku 17 bln.

  33. anaku fazzo umur 1 thn wkt lahir brtnya 1.7kg prematur makannya sih mau tp beratnya ga naik2 skrg baru 7.5kg,gmn caranya?minta solusinya dong???knp anakku beratnya ga naik2 padahalnya makannya mau buahnya mau tp susu kl malam susah bgt,siang doang

  34. anakku 15bln,beratnya 10,4kg.dari pertramakali diberi MPASI makannya susah bgt.Smpet dikasih bubur blender,baru deh lahap makannya.Tapi pas ganti ke nasi, susah lagi.Dulu waktu belum dikasih MPASI, badannya gendut bgt.Tapi sekarang biasa aja.Apa perlu dikasih susu formula?Trus,gimana ya caranya biar anakku makannya lahap?

  35. anakku 15 bln, berat 12.5 kg masih minum asi tapi makannya susah banget kalaupun mau paling 3 sendok. jujur sebenarnya saya bingung menu yang sehat buat anakku karena susah makananya.

  36. Anakku baru berusia 1 tahun tapi sudah susah banget makannya dan aku juga bingung nich cara untuk memvariasikan menu…..minta bantuannya ya kasi tau donk resep membuat masakan biar enak tanpa harus isi gula dan garam yang terlalu banyak karena anakku sudah mengenal rasa

  37. coba masak pasta (spaghetti, macaroni, fussili) pakai ikan/ ayam/ daging cincang, tomat (kalo ga alergi), wortel potong kecil dan zucchini… yummy lho, buat anak diatas setahun ya. ga perlu garam/ gula

  38. Salam kenal.. anaku umur 1 thn lebih, tiap hari menunya brokoli, wortel, daging/ayam kampung. kadang sy ganti sayur nya brokoli, di share donk kalo ada menu barunya, krn kayaknya bosen tiap hari menunya itu2 aja. thx ya

  39. anakku berusia 31bln, berat badannya 23kg dan tingginya 102cm.selera makannya bagus begitupun minum susunya.anaknya sangat aktif,cerdas dan periang.namun akhir2 ini saya berfikiran untuk mengganti susu formula lanjutan dari satu merek yang dia minum dari sewaktu dia lahir. tapi saya belun ada ide kira2 jenis susu apa yang bagus untuk anak seusia anak saya yang tidak menimbulkan efek overweight.mohon beri saran,thanks!

  40. Banyak artikel dan tulisan yang menambah wawasan kami tentang anak dan pendidikan, tolong kirim kami menu untuk anak-anak 1 tahun ke atas yang sederhana

  41. Salam kenal,saya mempunyai anak perempuan umur 1 tahun 3 bulan. Waktu lahir berat badan 3kg,bulan pertama hingga ke 4 berat badanya naik terus,tetapi memasuki bulan 6 dstnya sampai sekarang tidak naik naik .waktu umur 7 bln kena sakit malaria,sejak itu perkembanganya tdk normal,sampai sekarang umur 15 bulan belum mencapai 8kg.padahal makananya lengkap,jajanya juga sering seperti kue dan roti tapi tdk mau minum susu formula.ada saran gak buat saya?

  42. Duch ……. mbak aku bingung sekali anakku susah sekali makannya bahkan terkadang ga kemasukan apa – apa.usinya 14 bulan. Aku sudah coba kombinasi resep apapun tapi kelihatannya hasilnya hanya 10 % saja bahkan malah nihil. Tapi akhir – akhir ini sudah mulai mau kelihatannya dia suka rasa asin ( garam ) kalau ku ganti dengan keju dianya ga mau.Padahal aku tahu kalau banyak garam ga bagus untuk perkembangannya. Bagaimana donk jadi serba salah nich. Garam = mau makan, Non Garam = ga mau makan.Sebagai tambanhan info anakku maunya garam yang agak banyak. PUSING dech ……… mau pilih yang mana ya

  43. Syauqyku tanggal 3 Maret 2010 nanti pas 1 tahun. Makannya lancar pagi bubur sun kadang2 nasi lembek , siang ngemil biskuat and farleyy, sorenya nasi lagi. Yang mau saya tanyakan kok BABnya susah banget kadang2 sampai nangis, BABnya 2 hari sekali pula. Ada yang salah dengan makanannya atau apanya ya bu………..mohon bantuan infonya…..oh ya bu lupa ngasih tau Syauqyku minum susu SGM2

  44. Anakku umur 1 tahun, dan sejak umur 1 tahun ia ga mau makan. tapi dia minum ASI. Tapi kadang ia hanya mau makan mie instan. padahal sudah aku kasih vitamin, tetap saja ia ga mau makan, maunya minum ASI saja, bahkan sekarang ga mau makan sama sekali. tolng saranya Trims

  45. halo smua
    @mama anye
    kl bab susah banyakin makan buahnya ato minum jus

    anakku umur 1.5 tahun, makannya jg aga2 susah, makan bubur bisa sampe 1 jam.
    jadwal makannya:
    bangun jam 7 minum 200 cc
    jam 9:30 makan bubur
    jam 11 tidur siang
    jam 1 minum susu 200 cc
    jam 2 makan buah
    jam 4 minum susu 200 cc
    jam 4:30 tidur sore
    jam 6 makan bubur
    jam 9 minum susu 200 cc
    jam 10 bobo

    apakah jadwalnya kepadatan y? soale kdg2 rada susah makan, apa karena kenyang susu y? beratnya 10.4 kg n susah naiknya uda bbrp bulan sama aj beratnya, bab nya sich cukup lancar….
    para ibu tolong diminta pendapatnya y… thanks

  46. anakku dah 3,yg terakhir laki2 umur 1 th..kakak2nya maemnya guampang banget tp yg bontot nich kok susah sekali ya….umur 1,5bl pernah opname gr2 kena brpn(broncho pneumoni),sampe umur 9 bl bbnya masih bagus 9kg(minum asinya kenceng) tp skrg maemnya susah,bbnya cm nambah 0,5kg..gmn y mbk biar maemya gampang??tq

  47. hai, saya maminya medelyne livia..anakku itu baru berumur 1 thn 4 bulan ..bb terakhir 14 kg cukup gembul,kan??? maemnya pinter dan jadwalnya tetap tiap harinya karena menurut salah satu buku yg pernah ku baca(lupa judulnya) cara mendisiplinkan anak terutama di mulai dari pola makan dan tidurnya:
    anakku bangun jam 6 pg langsung minum susu, jam 8.30 sarapan pg (dia masih makan bubur susu campur sari buah)…jam 10.30 bobo minum susu…jam 12 makan siang (makan nasi lauk pauk lengkap) jam 14 bobo lg minum jus 2 macam buah…bobo lg…jam 16.30 habis mandi minum susu lg…jam 18 makan malam(lauk pauk lengkap)…jam 20.30 bobo minum susu terakhir…begitu rutinitasnya…waktu makan duduk di kursi…nga jalan sana jalan sini…sekarang anakku sudah mengerti kalau lihat aku bw mangkuk makannya dia buru cari kursinya yg disudut…lalu didorongnya…minta aku dudukkan lalu katanya ma…mam…mam….pinternya anakku…mami tambah sayang padamu

  48. anakku usia 1 th 7 hr. Sebelum makanannya divariasikan, dia kelihatan bosan dan kadang malah ngemut. Alhamdulillah setelah aku coba2 resep dari mpasirumahan, mulai lebih bersemangat. semoga mpasirumahan juga bisa membantu ibu ovi.

  49. Anakku 11bln…. Makannya susah… Tergantung moodnya dia… cuma anakku itu kalo diajak jalan/lliat mobil makannya banyak…. makannya aku suka ajak dia jalan2 kalo makan….. trus buat bunda2 yg lain coba kasi variasi rasa biskuit n juga merk biskuit yg beda2 jadi anak kita ga bosan karena arya pas aku coba biskuit lain rasa yg beda lahap….

  50. saya punya putri baru berumur 1 tahun 6 bulan<, makanannya saya berikan wortel< tahu , tempek,nasinya bubur yg kasar, karena saya udah pernah coba kasih nasi yg agak lembekan sedikit anaknya makannya kurang,berat badan anak saya normal,hanya anak saya skrg belum bisa bicara.
    saya mau minta solusinya agar anak saya mau makanan yg lainnya.
    terima kasih

  51. Saya mamanya Darryl, anakku sekarang usianya sudah 16 bulan tapi beratnya cuma 9kg, bulan kemarin dia habis opname karena broncho pnemonia, sampai sekarang anakku belum bisa makan nasi cuman makan nasi lembik aja padahal giginya udah 8 biji,udah itu makannya cuman bisa diemut gak bisa dikunyah makanya makannya lama banget, ada yang bisa beri masukan gak kira-kira variasi menu yang cocok untuk anak saya, dan gimana caranya ngajar anak saya supaya bisa mengunyah makanannya? thanks

  52. gimana ya mba, anak aku udah 3 hari ini ga mau makan banyak, malah kadang-kadang waktu makan lewat begitu aja. maunya susu n camilan…….
    kalo makan juga sering di keluarin lagi, jadi akunya yang BT karena harus ngebersihin nasi n lauknya….

  53. gimana ya mba, anak aku udah 3 hari ini ga mau makan banyak, malah kadang-kadang waktu makan lewat begitu aja. maunya susu n camilan…….
    kalo makan juga sering di keluarin lagi, jadi akunya yang BT karena harus ngebersihin nasi n lauknya…. gmn solusinya ya mba?

  54. mba anakKu 1tahun lebih, tp karena bejibun pekerjaanKu aq paling sempat masak nasi tim saja, itupun aq kasih garam, aq baca artkel gak boleh ya… trs penggantiNya apa dong..
    klo mw seh sekalian produkNya yg hrs aq beli apa? maklum lah awam bgt neh..
    trs klo selain nasi tim apa y? klo dikasih nasi lembek kasian seh gigiNya baru dua,blm bs ngunyah,bingung jadiNya. makasih y..

  55. anakku VaRo, nti tgl 15 Mei genap setahun, mulai 11 bulan dah minta maem pake nasi (bubur tim cuma diemut ndak ditelen, gitu dikasih nasi langsung lahap), alhamdulillah smua lancar, termasuk BABnya, VaRo masih full ASI tanpa sufor, lauknya juga tanpa garam, aku ganti keju, plus bawang putih untuk bumbunya.

    Oya, dia juga sudah bsa jalan dan ngomong dikit dikit, cuma kok giginya belon nongol sebijipun ya..?? mohon pencerahan.. tengkyu.. :)

  56. Anaku alvin usia 17 bln tp bobotnya cm 9,5 kg gak bisa lebih, susah makan, minum susu sehari 4x…gmn ya supaya anaku mau makan yang banyak soale susah bgt padahal dah tak ksh vitamin tp dia aktif bgt gak mau diam kecuali tidur…mohon sarannya ya gmn cara supaya anak mau makan??

  57. susunya kurangi mba, susunya 2x saja, yg 2x diganti makan. tegas bahwa ini peraturan. kalo aku gitu mba. stelah itu baru jelaskan kenapa harus makan supaya tinggi besar ga kecil terus. kalo kecil terus ngambil apa2 ga nyampe. dijelasin dgn wajah lucu dan suara lucu. tp lupakan susu sebagai solusi.. stelah berhasil pola 2x makan 2x susu. tingkatkan 3x makan 2x susu dan 2x cemilan. stelah makan malam selesai sebelum minum susu mau tidur biasanya saya suka tawari cemilan or buah. untuk nambah2 BBnya. buah tugasnya nyerap zat besi. jd penting bgt

  58. ternyata g papa ya kl anak makan selain nasi kayak roti atau karbohidrat yang lain. aku kira ga boleh (maklum org indonesia kl blm makan nasi kayaknya gak afdol). alhamdulillah anakku suka ngemil dan karbohidratnya kadang2 dia suka roti. makasih infonya. mudah2an anakku selalu sehat.

  59. aq lagi pusing nie baby ku umurnya 1 tahun makanya ssssuusaaah banget padahal menunya udah divariasikan setiap harinya dan aq pun udah mencoba memberinya vitamin penambah nafsu mkn tp gak ngaruh, gimana yach triknya biar anak mau mkn lahap

  60. ada yang punya resep variasi makan untuk anak 1 th, anakku Darren makan nya susah coz dia pembosan, aku bingung variasi apa lagi biar dia mau makan, n jadwal makan yang bagaimana yang baik biar pas antara sarapan, susu, cemilan & buah. thanks

  61. Baby boy_ku namanya Danish,umurnya skrg udh msk 11bln. Tp krn srg skt,berat bdnnya dr 7 smpai 10bln ga naik2,berkisar di 8,5kg. Tp skrg msk 11bln alhamdulillah naik di angka 9kg. Dia bermasalah sm makan,sussssaaaahh bgt deh makannya. Plg mau ngemil farley,marie regal or cemilan ky kue bolu dsb. Tp klo nasi or bubur susah,plg2 5sndok aja. Smpai saat ini masi asi,dia ga mau formula. Gmn ya biar anakku mau makan banyyak,dan mau campur susu formula. Krn asi ku mulai berkurang produksi. Kasian dia ky ga kenyang kl abis netek. Tengkyu b4.

  62. tolongin dong..sy py baby umur 1th 1bln, giginya dah 7.tapi gak mau mkn..dulunya wkt umur 8 bln dia ada trauma sm nasi timnya saya campurkan jeruk nipis krn dia sdg batuk sjk itu dia gak mau sm sekali bukak mulut kl liat nasi..gmn ya cr ngilangin trauma pd anak..tq so much..

  63. mba qu mw tnya,,anak sy berusia genap 1th di bulan agustus ini.sebenarnya saya senang karna melihat anak saya
    makannya ga pilih2,dan ngemil pun dia suka..tapi saya salah krn makanan yg saya kasih menggunakan bumbu org dewasa spt garam,bwng merah dsb karna terlanjur spt itu,,berbahaya ga ya???

  64. waduh selama ini saya masukkan gula garam (dlm jumlah sedikit sih) ke dalam menu Bening ku.. smoga gk ada masalah.. cm klo gk pake garam gula mana mau si kecil maam??

  65. sy pernah baca di buku panduan menu makanan sehat buat baby, bahan makanan yg diberikan itu spt piramida, paling atas yg mengerucut alias paling sedikit diberikan itu garam, gula, minyak… artinya masih diperbolehan tapi dalam jumlah yg sangat sedikit, maksimal kira2 1 gram per hari, syukur jika tidak sama sekali, itu lebih baik seperti yg ditulis di atas, smg bermanfaat…
    kalo saya pribadi, lebih baik lebih sering dihindari tapi tidak ‘mengharamkannya’ untuk sikecil, kalo ada yg masuk tidak mengapa toh tidak setiap hari, selain itu teh manis dan bubur santan alhamdulillah sampai 12 bulan ini belum pernah sama sekali mengkonsumsi, karena menurut seorng dokter, teh dapat mempengaruhi otak sedangkan santan menurut saya cikal bakalnya minyak juga…

  66. anakku yg pas 1 tahun kadang suka minum teh manis, sedikit sih, soalnya aku sering nge teh, dan anakku pasti selalu pengen nyobain apa yang ku minum…klo ga dikasih malah nangis..jd kadang aku kasih sedikit..walau sadar teh manis ga bagus buat bayi :(
    selanjutnya maksain ga boleh kali yaa…..

  67. anak saya sekarang berumur 14 bulan. dari mulai mengenal makanan tambahan selain susu, dia sangat lahap kalau makan, tapi semenjak bisa berjalan-tepatnya kira” seminggu ini mulai susah sekali makan, tiap kali diberi makan selalu dikeluarkan lagi dari mulutnya, paling yang masuk 3-5 sendok saja, padahal menu makannya sudah saya ganti! kira-kira apa yang menyebabkan ya? saya jd takut dan bingung! BAB-nya juga jd agak encer, karena saya lebihkan untuk memberi susu! bisa tolong berikan saya solusi, supaya anak saya bisa makan seperti polanya semula lagi! terima kasih.

  68. anak ku skrg berusia 1,1thn semenjak kena diare bdn nya jd kurus,dan ga mau mkn..kalaupun mau dikit skli,mau nya makan nasi putih doang..aku jadi sedih dan stres,tlg dong kasi tau cara dan tips biar anak ku mau makan lagi…plisss…

  69. Boleh minta saran jadual makan serta variasi menu makanan anak usia 1 -2 tahun.

    anak saya usianya 14 bulan, tapi rasanya sudah kehabisan ide menu makanan buat si kecil.

    kalau perlu dengan jadual hariannya.

    terima kasih

  70. Hi salam kenal saya ibu dr Zidane yg br berusia 1thn 26 November ini, anak saya suka makan banget apa aja dia makan tapi dia ga suka mam bubur maunya nasi ini terjadi sejak dia berusia 11 bulan kalau makan dia lahap banget sy kalau masak selalu pake bumbu seperti gula n garam walaupun ga terlalu banyak ,,sekarang sy jd bingung nih mengganti rasanya pake apa y?? oya BAB nya kurang lancar (agak keras) tapi rutin aja,,tolong saran nya y,,terima kasih

  71. mbak…anak sy 28 bln,perempuan…sy ada kesulitan dngan pola makan anak sy, anak sy kurang begitu suka mkn sayuran apalgi klo sayuran itu d masak berkuah….
    klo dgn ikan ,telor dia mau mkan,yg akhirnya dia suka susah BAB,dan saking kbanyakan mkn telor anak saya matany sering bintitan ky bisul kecil yg akhirnya dokter nyaranin operasi….
    makan buah pun kadang mau kdang nggak, dia cepet bosen.
    cemilan pun klo gak saya paksa mkan dia gak mau mkn sndiri sambil main….
    tp yg anehnya berat badan anak sy alhmdulillh bagus.
    yg jd pikiran sy gmn caranya biar dia mau mkn dgn lauk brkuah n makan buah apa saja gak bosen utk mengurangi susah BABnya itu….

  72. Anak saya 10 bulan,siang hari saat saya kerja minum sufornya maunya pake sedotan gak mau pk botol, klo malam baru full ASI. Wkt msh Asi ekslusif sh tiap hari saya bw cool box ke kantor buat ASIP, tp stlh 8 bulan ASInya klo malam sj. Krn saya bekerja, Makan siangnya instan, sabtu minggu aj baru saya masakin.alhamdulillah sehat dan lincah,saya sh yakin dengan makanan instan anak saya jg akan pandai krn saya berikan juga buah2an dan vitamin. Makanan instan buat bayi sdh dibuat dan didesign sedemikin rupa agar cocok dan aman bagi bayi asal penggunaanya wajar,jd para bunda tidak perlu tll khawatir ya.makanan rumahan klo tdk diolah dengan benar juga bisa berbahaya loh,misalnya kandungan logam berat pada sayur2an yg tdk dicuci bersih dpt terakumulasi, so bunda pastikan masakan diolah dengan benar dan tepat ya. Semoga anak2 kita menjadi putra putri terbaik bangsa.amin

  73. anak saya 2thn susah sekali makan,dia cuma mau makan nasi goreng,fried chicken,mie,tidak mau makan sayur dan buah.
    BABnya susah, gmn solusinya mb biar ank sy mau mkn sayur dan buah?

  74. anak saya 14 bulan beratnya cuma 7,5kg,,,,dy tdk mau makan,,,minumnya sufor,,,saya bingung,,,stress,,nelangsa,,,gimana ya caranya supaya anaku JASMINE mau mkn yg bnyak,,,,maunya mkn sayur2an aja,,,nasi juga susah,,,mknan halus ga mau,,,kalo kasar mau tp sedikit,,,nanti udh ga mau lagi,,,,tolong saya,,,,trims,,,,

  75. Minta masukan biar anak saya makannya lahap , skrg usianya memasuki 1 tahun, makan sudah mulai susah pdhl bbrp minggu lalu makannya lahap. Selain itu agak khawatir dgn berat badannya yang agak kurang, mohon informasinya..Trimakasih ^^

  76. tlng bantuan saran n idenya ya…
    anak sya (yuka)skrng usianya 13 bln.kmrn sempat diare mpe 3 mingguan.kata dokter lemaknya positif 3…ada yg punya resep untk mkn yuka yg enak dan sesuai kondisinya gak?tolong bngt ya…soalnya qt gak bisa bebas dri lemak…makasih

  77. salam kenal…
    anak saya umurnya 13bln. sudah makan nasi sama seperti orang dewasa sejak usia 10 bln dan giginya sudah ada 8. menu yg saya berikan yaitu hati ayam, ikan salmon, ayam, daging dan ikan laut lainnya, dan semuanya selalu di sop dengan campuran brokoli, bayam dan wortel. biar gak bosan dengan menu yang selalu di sop apa ya, minta masukannya dong mbk….makasih…

  78. Anak saya 1 thn,,sampai saat ini dy belum bisa makan nasi tim. Klaw makan harus diblender sampe halus banget. Kalu kasar dikit aja dy muntah..bagaimana ya solusinya..udah saya coba sering x makan nasi yang lembek tapi agak kasar,,tetep muntah. Tapi kalaw nasi tim yang diblender halus,,dy lahap banget makannya.

  79. Bun,,,anakku juga susah makannya kalo gak dipancing ma krupuk,,
    trus menu makannya seringkali bikin saya bingung,,kalo ga sayur bening ya tahu ato telur kecap,,
    tapi di sini alhamdulillah saya punya temen sharing so nambah2 pengetahuan deh,,thanks ya bun,,

  80. kalo anak saya gk pernah nolak tuh diberi jenis syur apapaun dan makan juga tdk susah,,tp yg membuat saya heran berat badan dia tiap bulanya tdk terlalu bertambah tuh !!! kenapa yah mba ???

  81. saya sering membubuhkan masako ke dalam sayur untuk menu makan anak saya?apa selanjutnya tdk boleh atau aman2 saja utk anak saya?
    saya jg belum mahir memasak,menu makan anak saya paling sayur bayam+wortel+tahu+bakso,sayur lodeh+tempe,sayur sop+ayam atau sayur asem.bagaimana seharusnya menu anak saya,anak saya umur 13 bulan dan berat badannya cuma 8,5 kg.tlg bantuannya,thx

  82. mbak anak umur 17 bulan beratnya 9kg,,sy ma bundanya bingung dia agak susah makannya,,gak teratur jg..susu formula krg gak mau, padahal dulunya gak bisa telat..jadi krg cuma Asi doang.gmana ya cara melatih supaya maemnya teratur, mau minum susu formula lagi.. dan berat badannya nambah n sehat..mohon sarannya makasih

  83. klo soal makan emang semua tergantung ama kita sebagai ibu, gimana caranya biar anak mau makan dan menghabiskan porsinya, dan bila itu sudah terbiasa, maka anakpun akan mudah makan, dan benar kita puka yg membentuk pola makan anak kita dari kebiasaan yg sadar atau tidak, telah kita ciptakan dan kita terapkan pada anak kita… Dan benar kita juga yg salah klo anak semakin susah makan…pasti ada yg kurang dari usaha kita….(maaf klo menghakimi ya) Jihan sekarang 13 bulan…..
    BB 10,2kg Makanannya saya kasih minim garam dan kadang tanpa garam,bener loh klo kaldu kan sudah gurih banget di mulut baby, saya suka kasih dia daun bawang pre sebagai bumbu yg di rebus bareng kaldu dan di halusjan bareng daging, kadang nasinya saya blender kasar, pencet blender sedetik dua detik, sayur yg dua bulan lalu di blender skr udah di cincang, sawi di tumis, bayam di sayur bening, brokoli di tumis sama bawang putih+sedikit blueband, tempe tahu sering juga saya add, ikan kadang di kukus ato di goreng kadang di bikin nuget bumbunya cuman bawang putih goreng, semua juga di cincang, dia juga saya kasih perkedel kentang teman semur daging (dagingnya saja di blender halus), krupuk juga kadang, Dia suka pisang di pannggang di teflon di lumatkan dikit dan dimakan pake keju parut dan sedikit banget mesis…dia bosan biscuitnya. Sekedar tahu aja, setiap Jihan susah makan, saya dan Abah Jihan selalu siap jadi badut, untuk bernyanyi ato bertingkah lucu yg bikin dia senyum and lupa klo lg makan banyak saya juga bercerita pake boneka, ngomong ngalor ngidul biar Jihan ga terasa jenuh sama acara makan yg kadang dia ga suka. hasilnya Jihan porsi makannya nambah terus dikit demi sedikit and ga pernah nolak jenis makanan baru… Maaf Komennya kepanjangan.. Semoga dapat memberi isnpirasi dan mohon koreksinya…terimakasih.

  84. salam kenal,saya mama davian anak saya berumur 14 bulan sekarang makannya susah banget saya sudah variasikan menu tetap makanya tidak mau ,kenapa ya? saya sebagai ibu sangat cemas dan kuatir takutnya anak saya ada penyakit apa ,saya belum sih membawanya ke dokter spesialis anak belum sempat2 soalnya saya bekerja dan untuk cuti pun agak susah karena saya kerja di klinik,ibu mohon sarannya dong makasi

  85. anakku 20 bln bb 11 kg tb 85,kemarin sempat susah makan,terkadang 1 hr bs g mo makn,mi2 sufor nutrilon,kmarin aku bwa ke dokter d ksih sirup nafsu makan,alkhamdulilah sekarang mau makan meski harus kejar2an denganya,bs menghabiskan waktu 1 jam.bunda anak susah makan g perlu khawatir asal kan bb sesuai n anak g sakit2an

  86. Bun,aku mo nanya…
    Anaku suka makanan yg gurih (brasa asinnya)
    Selama ini dr 6+ aku ud kasi garam ke buburnya,kl tdk gak mau + muntah…

    Apa efeknya dikasi garam itu? Saya ga tau sama sekali skrg anak sy ud 11bln tq

  87. Anak saya, sudah 13 bulan. Sejak usia 6 bulan, saya berikan dia makanan pendamping asi. Pada awalnya, saya memberinya makanan instant berupa bubur kacang merah hanya untuk merangsangnya mau makan selain asi. Usia 7 bulan, saya mulai memasak sendiri menu makanannya. Setelah saya coba berbagai jenis sayuran, ternyata yang paling dia sukai adalah brokoli rebus dan jus wortel. Sedangkan ikan, dia suka ikan apa saja, tapi saya batasi untuk tidak memberinya tongkol dan udang karena takut alergi. Telur pun hanya kuningnya saja, kebetulan dia tidak suka putih telur. Memasak makanan buat putri kecil kami adalah hal yang telah menjadi rutinitas yang menyenangkan. Setelah usia setahun, makanannya semakin variatif dan kami bisa membawanya ke acara makan tanpa harus membawa bekal dari rumah. Alhamdulillah dia suka semua jenis makanan walaupun sangat tergantung mood makannya. Kalau dia mulai bosan, biasanya nasi kami ganti dengan sumber karbo yang lain dan tetap memberinya sayur dan lauk.

  88. mohon diberi ide untuk membuat masakan yg berasal dr ikan, seperti pepes tapi tidak pedes,, karena nadyla ku susah sekali makan, dan masakan yg pedas sedikit aja langsung batuk2 karena ga tahan,, sebelumnya sering bikin sup ikan, tapi mau cob ayang lain n variatif yang ada sayurannya juga…
    makasih ya,,,

  89. ANAK SAYA BERUMUR 23BLN WAKTU MULAI BELAJAR JALAN SERING JATUH DAN BAHKAN PERNAH JATUH DARI MEJA .APA EFEK DARI SERING JATUH DAN APA PENGARUH JIKA KEPALA SERING TERBENTUR.

  90. anak saya saya umur 1 thn 11 bulan, susah babgat makan. harus keliling kompleks ngaih makan nya itu pun hanya sedikit. sus normal hanya 3 kali 1 hari 5 tkr sus. apa ya menu makan nya biar dia selera makan?

  91. anak saya berumur 1tahun apakah udah di anjurkan makan makanan yang agak kasar seperti nasi tim?tp dia tidak mau sampai sekarang masih makan makanan yg di belender atau di saring,bagaimana solusinya?

  92. hi anak saya berumur 13 bln .saya suka beri dia makananan labu sama bubur ,,bolekah makan labu to much ..terima kasih

  93. anak saya sudah 14 bulan tapi beratnya kok masih 8kg gmn yach caranya agak anak saya menjadi sehat sperti bayi bayi pada umumnya,makasih

  94. anak sy sejak umur 8 bn dah mau makan nasi, awalnya yg lumer gt…. setelah 10 bln eh dah mau nasi yg biasa dimkn org dws… huh alhmdl. gak susah… trimakasih ya ALLOH

  95. anak sya umu 1 tahun….
    tiap hari dia makan pa yg sy makan jg…
    cmn yg bikin sy sdkit masalah tuh,makanx hanya mau satu ampek dua suap.
    setelh itu dia lepeh….
    tp di sisi laen…anak sy tuh suka sekali sm minumn y dingin,
    sampai2 susu formula yg dia minum pn harus dingin…
    menurut anda,pa anak sy bermasalah..
    klo mnrt orng2 sktr sy,anak sy tuh trmasuk anak sehat yg bo2tx slalu naek tiap bl.

    tlng solusix
    trimakasi

  96. Anak saya bulan depan genap 4 tahun, masalahnya dia itu susah banget kalo disuruh makan, kalo disuruh makan langsung nolak dan tutup mulut. makanan kesukaannya mie dan bubur, pokoknya yg lembut2, dan yang paling disuka bubur instant beras merah, ya mau gimana lagi” dari pada gak makan dan tiap hari saya capek harus maksa2 dia makan” ya sudah, kukasih aja apa yang dia suka,akibatnya ya itu” KURUS! Berat badannya sekarang kisaran 13 sampe 14 kg naik turun diantara itu saja. Susu sama sereal suka, tapi kalo disuruh makan daging2an,ayam,ikan selalu harus dipaksa dan setiap menelan selalu mau muntah..Anak saya selain susah makan jg alami keterlambatan bicara, sudah menjalani terapi beberapa bulan tapi belum ada hasil yg signifikan, setiap disuruh ngomong sama terapisnya selalu sambil nangis dan suaranya tidak keluar seperti bisik2 juga berat hampir tidak bersuara.kalo dirumah Saya latih bicara sendiri juga seperti itu, kadag Saya sampe, sedih dan kasihan melihatnya, untuk ngomong aja kayaknya beban terberat dalam hidupnya, dilidahnya seperti ada batu seberat satu ton :(. Apa ada temen2 yg ngalamin kasus yg sama kayak saya? saya musti gimana ya? Tuhan tolong anak saya……?????????????????????

  97. anakku umurnya 1tahun 5blan
    wktu umurnya 6 bulan makannya lahap banget
    tapi setelah menginjak umur 1 tahun makannya mulai sulit maunya cuma minum ASI aja
    tak kasih susu ndak mau sama sekali
    sedih aku jadinya sudah ku bawa kedokter masih tetap ndak mau makan
    sydah dikasih vitamin tetep ndak mau
    bagaimana ya supaya revan mau makan dengan lahap?

  98. anak saya usia 17 bulan.susah sekali makan.kalo waktunya makan suka nangis keras2.atau kalau tahu saya bawa makanannya,dia suka minta susu untuk menghindari makan.ada solusi mengatasinya?mohon sarannya ya Bu…

  99. Anak saya skrg berumur 15 bulan tapi beratnya baru 8,5 kg, tergolong kurus sih, aku bingung soalnya kalo makan dia lahap abis, cuma kok berat badannya tdk naik2, anaknya sih lincah dan sudah mengerti pembicaraan dan ocehannya sudah jelas dan dapat dimengerti. Aku sudah memberinya makanan orang dewasa, sesekali makanan instant.

  100. anak saya sekarang sdh hampir 1 tahun usianya,dan untuk menu makanan saya biasakan kl pagi sarapan nasi dgn sayur bening bayam laiknya ikan laut atau udang disop campur brokoli dan wortel.kemudian kl siang makan puding labu kl g alpukat,atau biskuit untuk bayi,sedang sore nasi sm tempe kadang tahu kadang telur puyuh,benar tidak y menu tersebut?

  101. anak saya berumur 3 th & 1,5 th. kedua nya alergi gatal2, kata dokter tidak boleh makan makanan yang berprotein tinggi. variasi menu apa aj ya yang bisa saya berikan ( tidak mengandung protein tinggi) untuk anak2 biar tidak bosan terhadap makanan sehari-harinya. atas perhatian & jawaban nya diucapkn terima kasih…(^_^)

  102. anak ku umur 1.5th.
    makannya sulitt banget bahkan pernah gk mau makan nasi selama 1 mingggu lebih
    saya sangat bingung,gimana cara mangatasinya

  103. Anak saya laki-laki usia 22 bulan beratnya cuma 9,3 kg.
    1. Apakah ideal beratnya..?
    2. Anak saya “TIDAK” mau ngunyah nasi atau biskit atau makanan, selalu di simpen dalam
    Mulut, dan nga mau di telan.
    Klo makan bubur lembek atau di ulek di saringan, dia mau telan. Sampe skr masih makan bubur lembek atau bubur yang di ulek di saringan. Saya stress, gimana cara supaya anak saya mau ngunyah makanan berupa nasi atau biskit dan mau di telan..?? Pdhl giginya uda lengkap. Thanks atas saran di berikan supaya anak saya mau ngunyah & telan, karna sudah beratus kali saya ajarkan atau praktek kan ngunyah & telan.. Tapi anak saya maseh tetap aja nga mau ngunyah dan telan.. Tetap di simpen dlm mulut. Thx

  104. salam kenal,anak saya umur 14 bulan berat 8,1,makannya mood2an kadang2 mau kadang susah,saya bingung ngasih varisi makanan yang ngga membosankan dan sehat.Dia suka makanan asin dan gurih (banyak garam) kadang makan gorengan padahal itu ngga bagus,o ya anak saya punya kelainan kulit dermtitis atopik,dia alergi telor dan susu sapi,tapi masih bisa makan ayam atau daging mohon sarannya,terima kasih.

  105. Kefas anakku skarang usia 14 bln, beratnya, 13Kg, saya sering sih kasih menu macam, dari sup, tomyam, semur, bestik, timlo, kari, sampe sayur gudeg dengan kaldu kaki sapi. saya ga pernah sih pakai penyedap rasa, tp pakai bumbu2 dapur ketumbar, kemiri, daun serai, biji pala, lengkuas, kunyit, jahe, lada dll.. Trs d tambah gula, garam, kadang pakai kecap, kadang pakai gula jawa. Yg saya tanyakan aman ga ya buat bayi saya?? Kalo anakny sih yg makan lahap2 aja, trs ga timbul alergi..

  106. salam kenal…. Anak saya umur 13 bulan. Sebelum usia 12 bulan, dia selalu saya beri makanan yang saya belender. tetapi memasuki usia 11 bulan sudah saya ajarkan makan makanan yang tidak halus dibelender. Masalahnya sekarang, makannya mulai mood2an (bosenan). Sampai kadang saya buat makanan yang agak gurih (diberi garam & gula). Nah sekarang saya bingung memberi dia menu supaya dia tidak bosan. oh ya, anak saya suka trauma dengan sendok jika dia disuapi sesuatu secara dipaksa. Mohon dong dibantu untuk diberikan saranny. Terimakasih banyak.

  107. Saya punya anak umur 13 bulan… sejak dy umur satu tahun, saya mulai biasakan makan nasi dan dy suka.. hanya sjak itupula buang air besarnya jadi susah.. smntara dy tidak mau lagi makan bubur.. tolong bantu sya, apa yang harus sya lakukan ??? mksih atas jawabannya

  108. AnakQu 14 April nanti umurnya 1 tahun , anakQu sdh mkn nasi , & sll kubikinin soup , setiap bkn soup sll ak ksh garam , ada dampaknya ga ya bila anakQuu seumur itu sdh aku beri garam tiap hari terus menerus ? mohon infonya yach

  109. Salam kenal, anakku sekarang ini umur 12 bulan maemnya nasi/ sayur kasar dikit bawaannya mutah, bagaimana ya cara mengatasinya….

  110. gmn caranya menaikkan berat bdan anak usia 1 thn 5 bln dgn bb 9kg.makan 3x shri tp dikit bgt trus minumnya jg kurang :(

  111. Mame Roihan. saya punya anak usia 12 bln. sejak umur 7 bln dia sdh sy kenalkan buah – buah. sy coba memberi buah pisang, jeruk, avokado, apel tp dia tdk suka. klu sy paksakn selalu muntah. bagaimana solusinya agar anak sy jd suka makan buah-buahan? terimakasih…

  112. anak saya berumur 13 bulan makan itu selalu langsung di telen dia malas untuk menguyah makanan bagaimana ya . .???bahaya gak buwat si kecil
    terus menu apa saja yang cocok untuk anak saya ..anak saya gak suka kalau yang manis-Manis kalau makan yang manis-manis itu langsung di ludahin . .
    makasih tolong di bantu ya . .???
    makasih

  113. mbak, anak sy umur 17bln tp belum bs ngunyah… skrg sy ksh nasi lembek ma sup(kentang n wortel). ini slalu sy kasih tiap hari… sy pengen ksh makanan lain, tp tkt muntah… gmn ya cara agar anak cepet bs mengunyah sendiri makanannya. akhir2 ini anak sy, susah dikasih makan. sy pikir mungkin dia bosen dgn menunya. tp sy bingung mau ksh apa. mohon balasannya… thanks

  114. Anaku alvin usia 17 bln tp bobotnya cm 9,5 kg gak bisa lebih, susah makan, minum susu sehari 4x…gmn ya supaya anaku mau makan yang banyak soale susah bgt padahal dah tak ksh vitamin tp dia aktif bgt gak mau diam kecuali tidur…mohon sarannya ya gmn cara supaya anak mau makan??

  115. anak saya umur 17bln , doyan makan sih cuma g suka yg berkuah !!! jd baiknya gmn ya,, mohon balasan thanks

  116. Sharing aja ya. anakku kan sekarang dah 13 bulan BB nya 8,7 kg. Tapi sebelumnya susah banget minum susu formula (karena kerja jadi waktu siang minum sufor), BB nya kurang dan nggak naik2. sedih juga apalagi sering di komentari sama orang2 dan keliatan lemes. akhirnya aku periksa ke DSA, akhirnya ketahuan kalo anakku flek dan anemia. trus terapi obat flek 6 bulan dan dapat zat besi. alhamdulillah sekarang dia jadi lahap dan BB nya naik sedikit demi sedikit. sekarang dia juga kelihatan lincah dan sehat. kalau sufor kurang kata dokternya bisa diakali dengan nambah makan dan buah. semoga bermanfaat

  117. anak saya umur 1 tahun doyan makan,susu,asi tp berat badan lambat naiknya biasanya 1 bulan sekali naik 1 klo

  118. anak saya berumur 14 bln, alhmd anak saya lbh suka makanan buatan sdr drpd instan mgkn krn terbiasa dr kcl q srg buatin sdr. sesibuk apapun q krj sblm krj q buatin dl soale kdg kl ntp sama yang momong kdg gk dmasakin. jd pr bunda qt hrs siapin smua buat skcl sblm qt brgkt krj. pa lg dedek tiap kali hbs maem sesuatu yang aneh dr luar bawaannya batuk. jd skrg tiap kali mau pergi q buatin dr rmh, wl hanya singkong rebus dedek blg ennak maem enak hmmmmmmmmmm sng dech jdnya

  119. Anakq raihan umur 15 bln,dy susah makan.makannya pilih2,maunya sm ikan trs.jd klbihan protein ne.he…he…su2nya 800gr buat 5hri.gimna y crnya biar dy lbh banyak makan drpda minum susu.soalnya klu udh maunya su2 y harus

  120. siang,anakq sdh umur 1thn lebih beberapa hari. Saya binggung hrs ksih menu sayur apalagi buat anak saya krn smua udah sy coba.tp anak sy bb ny tidak ada perubahan.bantu sarannya donj

  121. anakq usia 15bulan, dari usia 6-sekarang masih makan bubur sayur home made sih.. setiap aku coba kasih makanan yang agak kasar selalu dimuntahin, harus dibantu minum, itupun masih gaya tersedak gitu. itu wajar ga sih? mohon solusinya. tq

  122. yuk bunda join di grup fb nya Homemade Healthy Baby Food ,disitu bunda bisa belajar bagaimana memasak makanan homemade dan banyak resep pula sesuai umur bayi. NO Gulgar NO instan No Snack (Chiki)…:)

  123. Anak saya usia ny 11 bulan berat 6 kg,waktu lhr 2,9kg klo makan apa aja dia suka,cuma berat ny ga naik-naik gigi belum tumbuh baru bisa duduk doang makanan ny telur di goreng saya kasih garam sedit hampir sering tapi dia suka dari bayi dia ga suka susu instan. apa saya salah kasih makan mohon dengan sangat penjelansan ny agar berat badan ny naik,terima kasih

  124. anak saya umur 13bln lebih, tdnya udh saya kasih makan nasi tim tp krn grahamnya lg numbuh dia jd males ngunyah makanan. skarang makanannya saya blender dan selalu dihabiskan. saya salah ga ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s