Lima Besar Susu Mahal


Peta persaingan bisnis susu formula
Perputaran duit di bisnis susu formula mencapai Rp 6 triliun setahun. Sepertiganya milik kelas premium dan sisanya kelas biasa. Di kelas premium persaingan sangat ketat. Di kelas biasa, Nestle masih menjadi raja.
Sigit Rahardjo, Fifi Yulianti

Kalau sudah ngomong susu, yang terdengar adalah keluhan-keluhan bernada dalam. Apalagi di kalangan ibu-ibu yang mempunyai bayi: betapa kian mahal harga susu, kian tak terbeli. Tapi, berbagai keluhan itu rupanya tenggelam dalam keriuhan bisnis besar yang amat menggiurkan. Tak usah bicara soal kebutuhan susu semua usia. Susu untuk di bawah lima tahun saja, ceruk pasarnya demikian besar. Hitungan kasarnya, berdasarkan sensus tahun 2000 lalu, jumlah balita di Indonesia mencapai 20 juta lebih. Katakanlah, 10%-nya setiap hari harus minum susu. Setiap anak membutuhkan 0,6 liter sampai 1 liter susu setiap hari. Tentu jumlah susu yang dibutuhkan sangat besar.

Jadi, tak heranlah bila para produsen susu menjadi begitu gemuk-gemuk. Pertumbuhan pasar susu setiap tahunnya mencapai 20% sampai 35%. Bertumbuhnya susu ini tentu membuat produsen makin antusias.

Pemain asing seperti Mead Johnson pun menyambar peluang emas ini. Sejak 2001 silam, produsen susu asal Amerika ini membuka kantor operasional langsung di Jakarta. PT Mead Johnson Indonesia itu bukan sekadar kantor keagenan. Demikian juga dengan raksasa susu dunia lainnya seperti Abbott, Wyett, juga Nutricia. Pemain lain, seperti Friesche Flag, Nestle, atau Sari Husada, meski tidak kuat di susu premium atau superpremium, namun mereka lebih besar penjualannya di susu kelas bawah.

Mereka saling berlomba menyusun strategi pemasaran yang paling jitu. Di antaranya dengan membuat susu yang paling lengkap kandungan gizinya. Mulai dari yang mengandung AA, DHA, EPA, atau yang terbaru: EyQ. Semua tambahan kandungan itu jelas mempengaruhi harga pula. Untuk susu formula ukuran 400 gram, rentang harganya mulai dari Rp 20.000-an untuk kelas bawah. Di kelas atas, harganya antara Rp 40.000 hingga Rp 70.000 sekaleng kecil itu. ”Di kelas atas kita membaginya lagi menjadi premium dan superpremium,” papar Cecep Fathoni, Business Unit Manager Nutricia Indonesia Sejahtera.

Lebih banyak bermain di susu pertumbuhan

Dalam perkembangannya, menurut Ruby Hermanto, Marketing Head Pediatric Nutricion Division PT Abbott Indonesia, di bisnis susu ini makin banyak pengelompokannya. Ini dimulai dari starter formula untuk usia 0 sampai 6 bulan, follow on formula untuk usia 6 bulan sampai 12 bulan, lantas growing up milk, untuk usia di atas setahun dan di bawah lima tahun.

Ruby mengakui tak gampang berjualan susu. Untuk susu formula usia nol sampai setahun pemerintah melarang untuk beriklan. Karena itu, produsen pun enggan bermain susu untuk kelompok usia ini. Apalagi, ”Pertumbuhan di kelas starter ini sudah stagnan. Kami cenderung bermain di kelas growing up,” timpal Cecep.

Toh, dalam setahun angka penjualan susu formula ini menunjukkan angka yang luar biasa. Ruby mengutip data yang dikeluarkan AC Nielsen. Setidaknya Rp 6 triliun dihasilkan dari penjualan susu, baik itu untuk kelas bawah, premium, maupun superpremium. ”Sebesar Rp 2 triliun sampai Rp 2,5 triliun itu milik susu formula kelas premium,” tandas Ruby.

Duit sebesar itu dikuasai lima pemain besar. ”Abbott masuk hitungan ini,” ucap Ruby, bangga. Empat pemain lainnya adalah Wyett, Mead Johnson, Nutricia, dan Sang Hyang Perkasa. Namun, Ruby menolak menyebutkan berapa besar produk Abbott yang bisa terserap pasar. ”Kalau itu saya tak bisa menyebutkan,” elaknya.

Nutricia Indonesia bahkan berani menyebutkan, di kelas premium dan superpremium itu, mereka bisa menguasai penjualan hingga 11%. Saingan terdekatnya adalah Wyett dan Mead Johnson. ”Karena mereka ini lebih dulu bermain di kelas premium dan superpremium,” tukas Cecep.

Bisa dikatakan persaingan di susu formula premium dan superpremium ini sangat ketat. Untuk kelas premium, produk Nutricia seperti Bebelac bersaing dengan S 26 Reguler milik Wyeth, Enfamil Reguler milik Mead Johnson, Morinaga BMT milik Sang Hyang Perkasa, dan Vitalac milik Sari Husada, juga dengan Pediasure milik Abbott.

Begitu halnya di kelas superpremium. Nutricia mempunyai unggulan Nutricia Royal, Wyett mempunyai S 26 Gold, Mead Johnson tampil dengan susu premium merek Enfamil Plus. Lantas, Sang Hyang Perkasa dengan produknya Morinaga Platinum, dan Abbott punya merek Pediasure Gains and Advance EyQ. Pemain lain di pasar ini adalah Nestle dengan merek Nan, namun tak begitu besar penetrasinya di pasar.

Pasar susu kelas bawah lebih besar

Adapun sisanya yang sebesar Rp 3,5 triliun dinikmati susu formula kelas bawah. Di kelas susu biasa ini, tak bisa dipungkiri, Nestle masih merajai. Diperkirakan dari kue sebesar itu, Nestle mempunyai angka penjualan mencapai hampir 50%. Sisanya, tentunya dibagi de-ngan pemain lain seperti Sari Husada atau Friesche Flag, produsen susu Bendera.

Namun, seperti halnya Abbott, Nestle pun enggan mengungkapkan berapa angka penjualannya di Indonesia. ”Kami tidak bisa menyebutkan angka volume susu bayi yang didistribusikan,” ujar Brata T. Hardjosubroto, Head of Public Relations PT Nestle Indonesia. Namun, Brata mengakui, kontribusi penjualan susu di Indonesia cukup lumayan untuk menggembungkan kas Nestle.

Susu formula milik Nestle yang tergolong kelas menengah ini adalah Lactogen. Untuk berat 800 gram harganya sekitar Rp 40 .000. Adapun Nan harganya Rp 50.000 untuk 400 gram. Isi kandungannya hampir sama. Bedanya, Nan mengandung asam linoleat dan asam linolenat yang jika dicerna bayi akan menghasilkan AA dan DHA. Akan halnya Lactogen, mengandung AA dan DHA langsung.

Yang terbuka justru PT Sari Husada. Produsen susu anak SGM, Lactamil, dan Vitalac ini dalam setahun bisa memproduksi susu sebanyak 41.500 ton. Dari jumlah itu, ”Untuk keperluan produk sendiri sebanyak 80%,” ujar Rachmat Suhappy, Direktur Produksi PT Sari Husada Tbk.

Angka penjualannya pun terus meningkat. Pada 2003 lalu, angka penjualannya mencapai Rp 1,1 triliun, meningkat dari Rp 1,02 triliun tahun sebelumnya. Adapun laba bersihnya mencapai Rp 220,6 miliar.

Jadi, sepanjang tahun 2003 pertumbuhan volume bertambah sebesar 16%. ”Laba bersih bertumbuh sebesar 24,4%,” tutur Jenny Go, Direktur Marketing Sari Husada.
Nah, betapa besar untung berbisnis susu ini.

Bisnis memang tak Kenal Saudara

Sudah banyak yang tahu, 80% saham PT Sari Husada Tbk dimiliki Nutricia International BV. Perusahaan multinasional asal Negeri Kincir Angin ini juga pemilik PT Nutricia Indonesia Sejahtera (NIS). Uniknya, mereka bersaing untuk produk susu formula balita kelas tengah.

Produk Sari Husada seperti Vitalac adalah sekelas dengan Bebelac milik NIS. Semula keduanya memang rukun-rukun saja. Bahkan saling berbagi pasar. Namun, sejak awal 2004, kongsi ini pecah. Sari Husada pun tak malu lagi membikin produk yang bersaing dengan saudaranya itu. Tengok saja, Vitalac 1, 2, dan 3, SGM 1,2 ,3, dan 4, serta Vitalac LF (Lactosa Free) itu berimpit ketat dengan produk NIS seperti Bebelac 1, 2, dan 3.

About these ads

151 thoughts on “Lima Besar Susu Mahal

  1. dh,

    memerhatikan kandungan masing-masing susu formula, satu dengan yang lainnya hampir mirip-mirip sama. hanya untuk yang katanya kelas premium/superpremium biasanya ditambahkan kandungan gizi yang baru ngetrend belakangan ini (dha, aa dll). pertanyaannya adalah:
    1. seberapa besar pengaruh dha/aa atau yang sebangsanya tersebut untuk meningkatkan kualitas tumbuh kembang bayi?
    2. apakah hasil tumbuh kembang bayi tersebut sebanding dengan harganya, bila dibandingkan dengan susu kelas biasa?

    mohon infonya, tks

  2. kalau saya boleh jawab. apapun kandungan yang ada dalam susu, susu hanya untuk menambah kalsium. sedang AA, DHA dsb ada di makanan sehari2. anak di atas 2th kebutuhan utamanya bukan susu tapi makan. tidak perlu diberi susu pun tidak apa kalo mau sebaiknya susu UHT yang gizinya tidak terlalu banyak yang hilang dibanding susu bubuk yang gizinya banyak yang hilang kemudia ditambah2 segala macam, padahal yang di iklankan itu adalah gizi2 yang hilang akibat pemanasan susu. jadi kembali ke makan yang sehat dan bergizi

  3. @ lutvita: supaya zat gizi dalam susu ga hilang, anak-anakku dibiasain minum susu pake air biasa yang ga dipanasin dulu…

  4. lebih bagus lagi kalo dibiasain minum asi dari bayi. ga perlu sufor premium dsb… asi murah meriah ga jadi korban sufor. ga perlu air lagi yang kemungkinan masih ada bakterinya… hidup asi

  5. smahal apapun susu formula pasti tetap kalah dbanding ASI. kandungan2 yg ada d sufor mcontoh Asi tp tdk bs mnyamai. Asi mngandung cairan hidup yg bguna utk ptahan tubuh anak sdgkan sufor tdk. komposisi Asi berubah dr wkt ke wkt sesuai kbthan bayi, sufor tidak.. hidup AST..

  6. ASI terbaik untuk bayi 0-2 tahun atau bahkan lebih dr 2th asi tetap bagus untuk anak. setelah 2tahun susu hanya untuk sumber kalsium yang bisa diperoleh dari makanan. jadi anak asi setelah 2th tidak minum sufor atau UHT juga tidak apa-apa. berikan makanan yang mengangdung banyak sumber kalsium seperti brokoli, teri basah, yoghurt, keju dsb. jangan sampai terpengaruh iklan sufor AA DHA. AA DHA ada di semua makanan yang kita makanan bukan hanya di sufor… artikel di atas menggambarkan betapa mahalnya sufor. marilah kita kembali ke ASI dan makanan sehat bergizi…

  7. what a good artikel! sy sebnrnya sdh tahu mengenai hebatnya asi dan jg hbtnya iklan sufor. tp artikel trsbt bs membantu sy u/ membuka mata saudara/tetangga sy yg ‘brand minded’ u/ sufor, & menambah keyakinan mereka bhw asi is the best

  8. diskusi yg menarik bagi kaum ibu. Mbak, susu UHT itu susu cair yg dikemasan kotak itu kan? Mana yg lebih bagus susu cair pasteurisasi (susu cair dalam botol plastik kan?) atau susu UHT atau susu kedele. Katanya juga susu kedele lebih gampang diserap tubuh. Thanks ya

  9. Saya punya anak sekarang udah 6 bln.Dari lahir g mau minum Asi.Pengen nanya nich.Diantara ke 3 merek sufor ini,mana yang lebih baik.Susu Bendera,lactogen atau SGM.

  10. Ping-balik: Keluarga Sehat Keluarga Bahagia « Mefw1’s Blog

  11. Mas Wawan, usahakan dulu ASI nya , sbenarnya menurut saya gak ada bayi yg gak mau minum ASI. Hanya biasanya krn ortunya kurang tepat pada saat mulai menyusui, misalnya anaknya sudah keburu diberi sufor pake dot jadinya dia seperti gak mau netek ibunya. Sufor sama saja khasiatnya mulai dari yg mahal sampe yg murah. Tetep bagusan ASI.

  12. bersyukurlah yg bisa memberi ASI untuk putra-putrinya tapi… bgmn yg tdk bisa memberikan ASI ? krn memang ASInya tdk keluar adakah susu formula yg benar-benar tepat untuk diberikan ?

  13. Salam kenal semua. Anak saya umur 13 bulan masih asi, tp sudah jarang, ditambah dengan sufor. Tapi dia mmg dari dulu gak terlalu suka susu, sekarangs aja kalau ditinggal kerja paling cuma habis 240 ml itu sudah bagus, biasanya hanya 180 an. Tapi dia doyan makan, dan makanannya pun ins Allah saya usahakan bergizi tinggi. Beratnya sekarang sekitar 9 kiloan (belum nimbang lg). Memang bakat kurus dari ayahnya. Kira-kira apakah itu sudah cukup ya? atau harus ditambah lagi sufornya?Trims

  14. Saya mau beri sedikit masukan nih ya terutama buat ibu2 yg baru punya baby, saya setuju banget sm Mbak Okti. Anak saya sekarang umurnya 14 bulan, minum ASI hanya sampai umur 7 bulan, itu pun lebih banyak diberi susu formula ketimbang ASInya, sekarang saya merasa nyesaaaalll sekali karena kok gak mau lebih rajin dikit ngasih dia ASI. Salah satu faktornya krn bekerja dan kalo malam, saat saya bisa menyusui dia dengan intens, saya sudah mengantuk sekali dan anak saya ini terlena banget dalam pelukan lalu malas nyedot ASI sedangkan saya tidak mampu lagi utk menahan kantuk nungguin dia yg nyedot ASInya sebentar2 trs mau lagi sebentar trs mau lagi gitu. Tapi kalo ingat bahwa ASI ini dampaknya seumur hidup, sekarang saya jadi menyesal karena gak sempat beri yg menjadi haknya semaksimal mungkin. Padahal saya harusnya bersyukur anak saya mau minum ASI

  15. Saya mau buka toko untuk mencari distributor susu pediasure terdekat di mana di mohon informasinya : saya berada di perum grama puri cikarang blok L7 no. 14

  16. dear, sebenarnya cara membuat susu formula yang nebar itu, air dulu baru susu atau susu dulu lalu ditambahkan air?

  17. Saya mau ikut kasih pendapat ya…
    Saya sangat2x setuju bahwa ASI is the best, tapi…haruslah diperhatikan apa yang dikonsumsi oleh ibunya. Jika pola makan ibunya sembarang saja (hanya mau makan makanan yg enak2 saja) tanpa memperhatikan kandungan nilai gizinya, apakah kita jg berharap akan mendapat (diproduksi) ASI dgn kualitas yg bagus…? Nonsens
    Jadi tolong diperhatikan asupan makanannya ya ibu-ibu.
    Now, you are not what you eat…but, you are what you absorp

  18. Saya punya anak sekarang usianya sudah 3 tahun tapi dari bayi gak pernah ASI trus sekarang saya hamil lagi dan saya ingin minta tips2nya supaya bayi baru lahir itu mau ASI.Trima’S

  19. mau tanya? ada artikel ilmiah tidak dari DSA or something hasil penelitian bahwa UHT lebih baik karena tidak merubah bentuk, sementara sufor sudah berubah bentuk dll

    maaf jika tidak berkenan
    thx

  20. Anak saya sudah 10bulan dan masih minum ASI tanpa sufor. Sampai saat ini saya masih ngotot ngasih ASI, tp keluarga besar mendesak untuk segera memberikan sufor, dgn alasan anak saya kurus dan tidak montok. Terakhir ditimbang 8bulan beratnya 7,5kg, apa itu memang termasuk kurus? apa ada faktor keturunan karna saya dan suami kurus. Makanan apa yang bergizi dan bagus untuk menambah BB anak? apa saya memang sudah seharusnya memberi sufor untuk anak saya? mohon saran dari ibu2 smua, terimakasih.

  21. @ummu yahya, jangan tergoda omongan orang or keluarga besar. asi itu yang terbaik untuk bayi. asi itu adalah susu ibu sedang sufor itu susu sapi. kalo susu ibu untuk anak seorang ibu susu sapi untuk anak … diterjemahkan sendiri. asi juga bukan membentuk otak yang cerdas tapi kepribadian serta psikologis anak yang baik. jadi kalo mau anak yang memiliki psikologis dan kepribadian yang lebih baik lagi pilihlah asi. dan pastinya akan membuat anak cerdas…

  22. @nurul, prenagen emesis untuk yang mengalami hiperemesis atau mual sekali saat hamil, ga ada bedanya sih sebenernya susu susu ibu hamil itu sama aja. kalo mau pake susu UHT juga bole lebih bagus karena ga mengalami proses yang panjang sampai jadi bubuk dan ditambah2in segala macam nutrisi

  23. tadinya aku hampir tergoda to sambung susu formula pdhl anakku br 8,5 bln. tp setelah baca ini rasanya tambah mantap to lanjutin ASI aja tanpa formula for my dearest baby. Hidup ASI…..!
    Indra yg kasi comment diatas husbandku bkn y? kok namanya sama?? commentnya jg sama ky yg dy bilang ke aku wkt qt discuss about ASI.

  24. Wkt prtma lahirin anak,ASIku g kluar2 smp 5hr dan putingpun g ada,tp alhmd dg brbgai cara ASInya kluar jg wlw cm sblh payudara.. Dan hrs pkai puting karet pula. Skrg stlh 14bln brlalu,alhmd kliatan hsl ASI,anakku jrg skt,pinter jg iya nih..

  25. Ass,salam knl semua.Anak saya 9bln..dia alergian pd olahan sapi,bbrapa susu sdh sy cb sprt laktogen,sgm,nutrilon sampe ultra sampe2 tim promina dan biskuit milna,udah sy cb.alhasil mukanya merah2 namun babnya biasa sj.ada yg tau gak apa yg hrs sy lakukan dan sy berikan untk anak sy?trmakasih

  26. teman2… ini siih berbagi aja, bkn menggurui…

    asi emang is the best. karena is the best-nya perlu usaha dr masa kehamilan. caranya payudara di-massage n puting ditarik2 dr usia kehamilan 7 bln (walopun pendapat ini ada yg ga setuju krn khawatir kontraksi)…

    temenku yg anaknya alergi susu sapi, pernah konsul ke dr. Utami Roesli (pakar laktasi). kata beliau :
    1. asi itu anugrah dr Allah, setiap wanita bisa memproduksi asi. asi tidak terpengaruh ukuran payudara. mau payudara besar, kecil, insyaAllah asi bisa ttp ada…
    2. kualitas n kuantitas asi dipengaruhi faktor psikis n nutrisi yg dimakan si ibu. tp faktor psikis jauh lbh besar pengaruhnya dalam mengurangi jumlah dibanding nutrisi. idealnya, ketika br melahirkan, si ibu disupport keluarganya biar ga stress. jd produksi asinya ttp ok..
    3. asi sangat disarankan untuk bayi yg alergi.
    4. bayi pasti cukup dengan asi si ibu. kalo si ibu pake sufor dgn alasan bayi g kenyang, liat lg apakah si ibunya stress or nutrisi yg dimakan si ibu bagaimana.
    5. dpt info dr teman lulusan farmasi n dr majalah. kalopun pake sufor, pake sufor yg kandungannya ga jelimet or banyak ini itu. kadang kita termakan sm iklan n jaga gengsi dgn menggunakan sufor yg mahal (impor).

    pokoknya asi is the best….

  27. Saya punya putri berumur 5 bulan, sejak lahir hanya saya beri asi. sayangnya masuk bulan ke enam ini. produksi asi saya berkurang. sedangkan konsumsi raisa (putri saya) makin banyak. mohon info nya, apa yang bisa mempertahankan produksi asi, biar genap enam bulan full ASI. terimakasih

  28. putri saya sekarang umurnya 2thn11bln dan sampai skarang dia masih konsumsi sufor chilkid..sya mau tanya klo su2nya sya ganti sma uht pengaruh ga sma tumbuh kembangnya aplagi dri lahir dia ga asi…

  29. saya mau nanya kalo sufor yang bikin cerdas anak apa harus yang harganya mahal ?
    bebelac sama morinaga itu bagusan mana ?
    terima kasih

  30. Dear all..
    adakah yang punya alamat distributor susu untuk bayi dan balita ?..saya di vila mutiara cikarang..terima kasih sebelumnya

  31. Sy j sedang kena cacar air,tp kata dokter masih bs tetap menyusui bayi saya. Tapi kok y dah hari ke 8 cacar yang besar2 belum jg mengering ya.. Mesti pake apa ya..cairannya sih sdh mnguning dan pinggirannya sdh merah.

  32. @surya : distributor sufor yg hrg-nya terjangkau ada di Pasar Sentral, cikarang. sy biasa beli susu Enfagrow A+ 900gr, hrg-nya Rp. 160 rb, dibanding beli di supermarket bs Rp. 175 rb – Rp. 185 rb

  33. @Ummu Asiah : mungkin baby ibu alergi sm susu sapi, coba dech susu yg mengandung kedelai. anak sy skrg minum sufor Enfagrow A+ yg mengandung kedelai, kalau ibu mau coba u/ baby-nya yg 9 bln sebaiknya pilih sufor Enfapro. u/ mengobati muka baby yg merah2 krn alergi, ibu bs minta obat salep dr dokter anak.

  34. Kalo babyku(9hr) tak ksh sufor vitalac kalo siang cuz kerja dan malamnya mik mbok/ASI,,,sehat dan kuat kayak papanya…

  35. mau minta pendapat aja, apa bedanya bayi yg baru lahir lgsg netek ke ibunya dan dpt cairan pertaman asi yg bening tp setelah 3 bulan diseling sufor krn ibu nya harus bekerja (bayi 1), dengan bayi yg baru lahir ga lgsg dpt asi & cairan bening pertama asi tp minum sufor setelah 8 hari baru bisa asi full sampe 6 bulan (bayi 2). apa ada beda pengaruh untuk si bayi 1 dan 2 ?

  36. Anakku umur 15 Bulan, dia masih ASI smpe skr,tp sy kan kerjax plgx sore,jd siangx itu syukur dia minum susu 1 botol udah puas.lainnya makan cemilan aj…Gmn nih cr menyiasati dia doyan minum susu coz dia uda terlanjur sk minum ASI

  37. anakku 2thn 9bln sejak lahir Asi eksklusif mpe 5 bln krn trus ku ksh makan lembek. Antara umur 6bln mpe 2thn ku coba berbagai sufor ia tetap tidak mau. sampai akhirnya kupaksa susu UHT pada umur 2thn krn sdh ku sapih. Sufor ia tdk terlalu suka, dan aku malas bikinnya. makanya UHT lbh praktis dan ia suka.
    Tapi sayangnya UHT yg ia suka adalh rasa coklat terlebih UHT Indomilk kids, coklat ku tahu kadar gula tinggi (11 gr) dibanding uUtra coklat yg hanya 7 gram.
    Tapi kulihat kandungan kalsium UHT Indomik Kids gede smp 50% AKG. pdhl kalo Ultra plg hanya 25% AKG
    Pertanyaan saya nutrisi mending mana sih? Indomilk ato Ultra? walau sama2 UHT rasa coklat.
    Trimksh

  38. Dear All,
    Anakku laki2 ,7 1/2 bulan smpe skrng full ASI & MP,mo nanya aja ; berapa banyak ASI yg dikonsumsi anak seharii,untuk kebutuhannya,max and min nya tolong sebutin jumlahnya (ml nya)??

  39. Bener soal susu sgm dan nutrilon, vitalac..klo saya pikir sama saja klo satu pabrik lha wong pabriknya nutrilon dan sgm di jogja.. cuman mereknya saja yang bikin mahal

  40. asi adalah makanan untuk bayi yg memang diciptakan oleh Allah swt..knp jg qt harus ambil hak nya anak sapi ya?anak saya asi dr lahir smp 2 tahun.saya selingi dg SGM di saat saya kerja.tp stelah saya tahu tentang dampak susu sapi.saya berusaha mengalihkan ke kedelai dulu.saya beri curcuma untk penambah nafsu makan.walaupun banyak orang bilang anakku kurus.disuruh ganti dancow lah,Bendera,apa aja.yg penting kita yakin kita sudah memberi gizi semampu kita dan tentunya juga kita sudah memberi makanan minuman yang halal pula.

  41. Menurut crita DSA si kecil, susu formula hanya ramai di Indonesia sedangkan di luar negeri ibu2 pada concern ke ASI, dan di Indonesia ditunjang lg dg banyaknya RS2 dan DSA (baca: hati2 krn sy jg pernah ktm dg DSA yg blm2 sdh merekomen sufor tertentu) yang kerjasama dg produsen sufor,
    jadi mmg yg terbaik tetap ASI, dan kalau sudah besar pake UHT saja moms, krn sufor itu sbetulnya melalui proses yg sdh tdk alami..
    (klo ada yg salah mohon dikoreksi)

  42. DHA, FOS, GOS, DSA, dan lain-lain itu apa? siapa yang menentukan khasiatnya, ada yang pernah recheck hasil penelitiannya? atau kebanyakan hanya mengambil mentah-mentah klaim hasil riset orang untuk dijual?
    sepanjang pengalaman hidup saya, tidak ada produk yang betul-betul berkhasiat hebat di dunia ini. Lihat saja produk shampoo, jika dilihat dari bahasa yang digunakan pada label semuanya menarikapi jika dicermati bahasanya cenderung menyesatkan konsumen.
    Hati hati, apalagi dikonsumsi bayi…

  43. DHA, FOS, GOS, DSA, dan lain-lain itu apa? siapa yang menentukan khasiatnya, ada yang pernah recheck hasil penelitiannya? atau kebanyakan hanya mengambil mentah-mentah klaim hasil riset orang untuk dijual?
    sepanjang pengalaman hidup saya, tidak ada produk yang betul-betul berkhasiat hebat di dunia ini. Lihat saja produk shampoo, jika dilihat dari bahasa yang digunakan pada label semuanya menarik, tapi jika dicermati bahasanya cenderung menyesatkan konsumen.
    Hati hati, apalagi dikonsumsi bayi…

  44. to theo,
    cairan bening yg keluar pertama dr puting susu ibu namanya kolostrum. kolostrum ini sgt penting u bayi krn mengandung antibodi yg g ada gantinya dan g bisa dibuat oleh produsen susu manapun. Byi baru bisa membuat antibody sendiri secara lengkap mulai dari usia 6 bulan, sebelum usia tsb bayi mengandalkan antibody yg dibawanya sejak lahir (dari ibu) dan dari kolostrum yg diberikan.
    Begitu juga dg ASI, kandungan d dalam ASI sudah sangat lengkap dan merupakan yg terbaik u bayi, dan tdk bisa digantikan oleh sufor merk apapun bahkan yg termahal sekalipun. Tetapi bila karena lain hal dan sebagainya ibu tdk bisa memberikan ASI scr ekslusif (katena ibu bekerja, dll), berikan sufor yg paling cocok dengan bayi kita, yang penting bayi tidak mencret dan BB nya naik setiap bulannya sesuai dg KMS bayi.
    Jadi kalo ditanya lebih baik bayi yg mana, tentu saja yg lebih baik adalah bayi yg mendapat kolostrum dan juga seterusnya mendapat ASI ekslusif.

  45. Sharing aja nih.anak saya usia 14 bulan,memiliki sepupu yang hanya beda 4 hari dengannya.Saya sukses melewati ASI ekslusif 6 bulan dng kondisi bekerja hingga larut malam,caranya ASI nya ditabung dan dimasukan ke kulkas dan di siang hari saya memeras dengan tangan dan breastpump electric.sekarang sudah mulai diberi sufor tapi ASI jln terus jg.alhamdullilah bila dibandingkan dengan sepupunya,anak saya jarang sakit.sepupunya dalam sebulan bisa sakit hingga 2 kali.anak saya baru terkena demam di usia 3 bulan,sedangkan sepupunya sudah pernah demam 3 kali.mungkin karena sejak lahir sepupu anak saya itu tdk diberi ASI.secara perkembangan kepribadian dan psikis,memang terbukti anak saya selangkah lebih maju dibanding sepupunya.pokoknya bagi saya khasiat ASI benar adanya (termasuk mengembalikan bentuk tubuh ke kondisi semula alias cepat kurus).jadi,ayo ibu2 jangan menyerah.banyak kok forum atau lembaga konsultasi ASI.

  46. Saya mencari susu yang bisa melancarkan BAB anak saya , karena dia mempunyai kelainan dengan sulit bab, sudah beberapa kali ganti susu, ada juga salah satu produk susu yg malah membuat feses nya menjadi keras,sekarang saya memakai Pediasure. kira-kira ada masukan susu dari merk apa yang bisa diminum anak saya, sehingga BAB nya tidak susah dan menjadi lancar?

  47. Saya mencari susu yang bisa melancarkan BAB anak saya , usia anak saya sekarang 3 tahun, karena dia mempunyai kelainan dengan sulit bab, sudah beberapa kali ganti susu, ada juga salah satu produk susu yg malah membuat feses nya menjadi keras,sekarang saya memakai Pediasure. kira-kira ada masukan susu dari merk apa yang bisa diminum anak saya, sehingga BAB nya tidak susah dan menjadi lancar?

  48. anak saya susah naik berat badannya smnjk sakit2 dr umur 2 bln. sakitnya hnya demam,batuk,pilek.. skrang berumur 8 bln 4 hr,…dng bb terakhir tgl 10/3/2010 8,2 kg. BB baru lahir 4kg.

  49. ank saya skarang berumur 14 blan..dari umur 7 blan anak sya sudah gak mau asi lgi..klu saya kasih asi selalu di muntahin..dri bru lhir memang ank saya tidak asi eklusif..asi saya tidak lncar jdi di bntu susu formula..dri rumah sakit baby saya sudah di kasi bebelac ..sampai sekrang pun saya masih memberi baby saya bebelac..tpi khir2 nie ank saya klu siang hari mlaes bnget minum susu..kecuali klu dia terbngun di malam hari…saya pingin ganti susu tpi bingung mau kasi susu apa..tkut nya nati dia tidak cocok..klu susu UHT sudah bisa blom di kasi untuk ank yng masih berusia 14 blan..ank sya jga susah bnget makan nasi..bdan nya jga kurus..kyknya sih ikut ayah nya..da sran gak gmna cranya biar nafsu mkn ank saya bertambah..thank

  50. Asswrwb…wah artikel yg menarik, plus diskusinya jg. Ikutan nimbrung, sy rasa ASI tetap yg terbaik, mana ada yg bs menandingi ciptaan Tuhan????tdk ada bayi yg tdk doyan ASI, dan tdk ada Ibu yg tdk keluar ASInya, yg ada Ibu yg telaten dan TDK telaten/tdk sabar dlm usaha menyusui bayinya…awal melahirkan kebanyakan mmg tdk lancar ASI keluar, tp jika trs dilalukan dg telaten pasti keluar lancar meski butuh waktu hingga seminggu, tdk pa-pa yg penting trs berusaha dg sabar lancar deh ASInya, itu pengalaman sy sendiri.Dg ASI anak lbh sehat alami,lbh cerdas. Susu formula hanya membantu saja, semua bagus…baik yg mahal ataupun yg biasa..Ok.thanks..

  51. kebetulan anakku dah 14 bln, kmrn pas 13 bln aku cobain bebelac kok anaknya ga mau, trus aku cobain child kid rasa madu langsung mau, aku bantu juga pake susu UHT.Syukurnya anakku doyan makan dan mimik susunya sehingga badannya tetep montok. Aku setuju banget dengan mbak tiwi, aku sendiri dah membuktikannya.., wah ASIku lancar car car..,sampai aku peras di botol.Itu berjalan 1 tahun.Aku cobain sufor diumur 13 bln supaya klo pas disapih ga repot dan kebetulan aku bulan depan ke luar negeri selama 1 bulan urusan dinas. Padahal aku sayang banget klo harus mengganti ASI dengan sufor.

  52. diantara sekian merek susu, ada gak sich susu yang bisa membantu anak untuk memperlancar BAB.

  53. Baca artikel di atas jadi terharu…teringat malam2 panjang kejar2an stok ASIP menjelang lulus ASI eksklusif 6 bulan :) dan bersyukur my baby boy masi full ASi sampai 10 bulan ini…Puji Tuhan dikasi kelancaran ASI walau tidak melimpah2. Beneran lohhh…ASI is the best, bikin jarang banget sakit n cepet pinter! Puji Tuhan !

  54. sufor yg bikin lancar bab, nutrilon sama nutrilon royal….bab langsung lancar!!! aq udah buktiin sendiri ke anak aq. kalo pake merk lain, babnya susah….

  55. Sy mendukung asi tp memang utk kasus2 tertentu ada kok ibu yg asinya ga keluar, jd ga ada salahnya kalau diberi sufor tp kl bisa memang asi adl yg terbaik. Sy jg coba membandingkan antara anak teman sy dengan anak sy yg dr kecil sudah minum sufor krn asi sy ga keluar, ternyata anak sy sampai skrg (14 bulan) hanya pernah sakit pilek dan batuk 2 kali saja, sedangkan anak teman sy yg full asi dr bayi sudah 5 kali sakit. Jd kl bole sy tarik kesimpulan mau asi ataupun sufor tetap sama2 baik utk anak. Banyak hal2 lain yg ga bole jg dilupakan oleh para ibu, a.l bagaimana cara merawat anak yg benar, lalu bg yg ibu menyusui kandungan makanan yg bergizi hrs diperhatikan, kemudian bagaimana para ortu jg menjaga kesehatan dirinya. Kl ortunya aj sembarangan, walaupun anak asi yah bisa sj ketularan penyakit dr ortunya. So, mau asi atau sufor yah balik lg ke ortu msg2, 2-2nya sama2 membantu anak tumbuh cerdas dab sehat kok. Tolong jgn menghakimi ibu yg memang krn sikon tdk bs memberikan asi bagi anaknya. Trims.

  56. Aku baru melahirkan tgl 12 Mei lalu, melalui Caesar. Aku mengalami kesulitan utk memberikan ASI Exklsf, karena payudara yang bisa lancar ASinya hanya saru sdngkan yg satu tdk bisa keluar (puting ke dalam). Aku stress bngt krn aku pgn bngt bs ksh ASI Exklsf. Waktu kontrol kemarin ternyata berat bayiku malah berkurang 0,50gram, akhirnya skrg aku tambah susu Nutrilon. Tlg sarannya, bgm supaya ASI sy ttp banyak meskipun cuma dg satu payudara.. bgm Nutrilonnya ya, trs atau stop aja?

  57. setuju bgt.. krn aku jg gak bisa kasih asi ke anak ku, udah semua usaha di coba tetep dikit bgt keluar asi nya.. siapa sih yg gak mau kasih asi eks ke baby nya.. bukan berarti kita gak tau manfaat asi.

  58. kalo sudah tau manfaat asi dan udah coba segala cara tapi tetap ga bisa memberi asi ke buah hati kita jangan berkecil hati yang berlalu biarlah berlalu. kedepannya kita cari terus pengetahuan tentang asi dan seluk beluknya dan juga jgn menyalahkan diri sendiri karena kegagalan kita tapi kita terus semangat mencari tau bagaimana bisa memberi asi yang benar supaya jika diberi karunia anak lagi kita bisa memberi yang terbaik untuk buah hati kita…

  59. Sebenernya ga masalah ASI atau Susu Formula, bagaimana jika ada seorg Ibu yg telah berusaha setengah mati tapi hasilnya juga tidak bisa menyusui bayinya dikarenakan hal2 tertentu, pasti kan tambah depresi mendengar cerita Anda2 sekalian. Menurut saya menyusui dengan ASI atau Susu formula tidaklah masalah. Comment untuk ASRi no 49 anak anda umur 3 bln udah sakit padahal anda menyusui dengan ASI, anak saya umur 8 bln baru pilek 1 kali padahal saya pakai susu formula saja.
    Untuk Ibu2 yg tidak dapat menyusui anaknya tetep semangat walau tidak dapat menyusui sepenuhnya dengan ASi, KEEP STRONG!!

  60. betul.. jika seorang ibu2 telah berusaha mati2an udah ke klinik laktasi udah manggil konselor laktasi tapi tetep tidak bisa menyusui anaknya jangan sedih berkepanjangan. tetap positif thinking bisa membesarkan anak dengan baik dengan stimulasi yg baik dan optimal dan gizi yg baik, lingkungan yg sehat, parenting yang benar dan menerapkan RUM (rasional use of medicine) seorang anak akan tumbuh menjadi anak yang sehat,cerdas dan baik. tp bagi ibu yang sedang hamil tolong cari informasi sebanyak2nya tentang asi datangi klinik laktasi beserta suami, dan keluarga untuk mendapatkan informasi tentang asi yg benar dan koleksi juga buku2 breastfeeding sehingga tau fakta2 menyusui dan asi yg kadang suka jadi mitos yg ga jelas kebenarannya. kita cari tau bagaimana fakta2 yang benar tentang asi.

  61. sudah bisa jadi ibu saja saya beruntung.. walau pun cuman 3 hari anak saya minum asi,, karena asi saya tidak kluar dan anak saya tidak mau ngeyot (anak saya tdk mau merangasang ) akhirnya saya beri SUFOR dan DOA TULUS seorang ibu , dan saya yakin (mantep) sufor pun bisa jadi yg baik walaupun bukan yg terbaik buat anak..

  62. kebetulan sy jg seorng pekerja yg sejak 3 bln anak saya hanya minum asi di malam hari, selebihnya sufor dan produksi asi sy jg tidak banyak (meskipun sy sdh makan sayurn n makanan bergizi). tapi alhamdulillah anak sy sehat. demam pertama ketika usianya hampir 8 bln. saya sangat menyayangkan bagi para pemberi coment yg seolah memojokkan ibu yg krn keadaan tdk bs menyusui. saya jg sering konsultasi pada dokter anak, asi memang bagus sekali, tapi perlu diimbangi jg dgn perawatan sang ibu jg anaknya. tp kalo memang terpaksa ndak bs menyusui, ya…dijaga asupan gizi bagi sang anak. yg bergizi tidak harus yg mahal-mahal. susu, sayur, buah, protein (hewani ato nabati) mudah kita dapati. didikan orang tua jg penting dlm tumbuh kembang anak. alhamdulillah anak saya perkembangannya jg cepat. ayo tetap semangat para ibu…

  63. lin2, menurut saya sih ga ada yg ingin memojokkan yg ga ngasih asi. mereka hanya pengen semua bayi di indonesia dapat asi ibunya saking semangatnya mungkin malah jd di salah artikan oleh ibu2 yg tidak memberi asi jd seperti memojokkan. tidak memberi asi itu kan bisa karena berbagai faktor. ada yg tidak ngerti kalo asi ibu itu pasti cukup untuk bayinya, ada yg ga ngerti gimana manajemen asi perah waktu ibu bekerja jd asi terus berkurang, ada yg tiba2 hrs operasi PD, ada yg sakit parah dan ga nemu donor asi. berbagai macam faktor. nah yg ingin dihimbau oleh ibu2 yg udah sukses memberi asi untuk bisa mengajak ibu2 lain untuk juga berusaha memberi asi dengan membekali diri dengan pengetahuan yg cukup tentang asi. masalah nanti anak jd sehat or cerdas itu kan nanti jalan hidup masing2 anak yg kita jg ga tau. kita sebagai ibu hanya berusaha yg terbaik menurut kita. karena siapa lagi yg jadi sales sales asi kalo bukan ibu2 yg udah berhasil menyusui anaknya ampe anak itu disapih baik ibu dirumah maupun ibu bekerja. semua yg berhasil menyusui anaknya bisa sharing ilmu dan tips dan jadi sales sales asi berikutnya. jd ilmu asi ini bisa bergulir seperti bola salju dengan tidak menghakimi ibu2 yg gagal memberi asi ke buah hatinya.. dan setetes asi sehari untuk buah hati kita udah sangat berarti dan berharga sekali apalg kalo ditambah jd 2 tetes, 3 tetes dst. nikmati saja masa2 menyusui seberapapun asi yg keluar nikmati bondingnya dgn anak kita..

  64. waduh..lmyn rame jg nih commentnya.. klo mnrt aq sih gak ada ibu yg gak pngin memberikan segala yg terbaek utk bayinya..trmasuk urusan maemnya. anakku skrg hampir 5 bulan..masih asi eksklusif..walopun aq jg kerja (ASIP taruh kulkas). perjuangan pnjang bs asi eksklusif till now, krn baby ku emang dr lahir g mau nenen langsung jd full ASIP.. bayangin dah kyk mn perjuangan nyetok ASIP bwt my baby.. tp ap daya skrg bayiku lg byk2nya mik asi.. ASIP jd kurang2 trs..kondisi aq kerja juga.. akhirnya mulai melirik sufor juga.. sempat nangis2 gak rela anak dpt sufor.. tp InsyaAllah ini pilihan terbaek.

  65. kmrn dah cb cari2 info klo ad klinik laktasi d palembang..tp g ada.. rmahsakit t4 aq dlu lairan pun g support asi sm sekali.. beruntung tuh temen2 yg d kotanya ada klinik laktasi.. tp it’s ok lah, aq dah bersyukur banget bisa asi eksklusif walo cm ampe 5 bulan.. kmrn targetnya cm 3 bulan.. eh mlh bs nambah ampe 5 bulan.. he3x…

  66. Mb gendis barokalloh ya. Anakku 8bln.Alhmdlh masih ASIX. Aku kerja jg mb, jd ngasi ASIP. Saranku kalau mau ngasi ASIP,dot nya harus khusus, cont pke pigeon peristaltic wide neck. Krn mengingatkan ia kepd puting ibu. Jd pas qt kasih PD jd mau lg. Smg anaknya slalu sehat y..Amin.

  67. Klu masalah sufor sih tergantung ya?soalnya ada jg bayi yang emang bener2 g mau minum ASI,jadi ya mau g mau harus pake sufor.masalah kandungan gizi di sufor emang g bisa ngalahin ASI,tapi tetep g salah kok klu di dampingi dengan sufor.masalah merk sich g ngaruh,yang penting anak kita cocok dan kandungan gizinya jg bagus.

  68. @yuli,masa sih mba ada bayi yg ga mau asi. trs buat apa ya Tuhan kasih asi di payudara ibunya kalo bayinya ga mau ? bukannya Tuhan udah satu paket kasih anugrahnya. kasih bayi beserta makanan dan minumannya yaitu ASI.. mungkin ga mau asi perah. maunya asi segar fresh from PD ibunya.. gitu kali ya ?? kalo masalah ga mau nenen langsung mungkin krn udah bingung puting krn terlanjur diperkenalkan dot saat baru lahir. makanya kita ga bole merusak kodrat yg alami dgn mencoba memberi dot pd bayi baru lahir. kodratnya bayi baru lahir lsg susui terus menerus tempelkan ke PD ibunya terus biar dia mencium bau ibunya, bau sumber makanannya yaitu PD ibunya. jd saat dia lapar dia akan mencari bau yg khas itu…

    dan menurut saya sih salah ya kalo didampingi sufor. krn sifat sufor yg sulit dicerna dilambung membuat bayi lama lagi untuk minta nyusu. beda dgn sifat asi yg cepat diserap tubuh jd bayi nangis lg minta disusui. dng minta disusui brarti ada demand, brarti asi diproduksi terus karena terus menerus diminta oleh bayi dari tangisannya yg sering itu…

  69. babyku br berumur 1,5 bl, tp semnjak 2 mggu yg lalu dia dh jarang bgt mimik ASI. pdhal 1 bl pertama ASIku sgt berlimpah tp sayangnya aku g bs manfaatin ditambah lg babyku gak pinter nenen. perlu waktu lama untuk cari puting ( seperti bingung puting, pdhal belum aku ksh sufor,lho). akhirnya aku sedot pake pompa, aku masukkan ke botol dan babyku baru mau. sayangnya aku gak berpikir jauh bahwa produksi ASI itu harus dirangsang(jadi mau gak mau si baby hrs netek untuk merangsang produksi ASI). Alhasil produksi ASI sgt berkurang. nyeseeellll bgt, gimana ya caranya supaya ASIku bs bertambah? aku dah coba untuk netekin langsung tp hasilnya belum memuaskan.perlu diketahui sufor yg aku berikan bebelac 1 dan semenjak jarang mi2k ASI, BABnya jd hijau. kenapa ya ?? apa pengaruh merk sufornya atau krn jarang mi2k ASI ya? please..ksh masukan dong….

  70. Untuk para New mom jangan menyerah untk memnerikan ASI pasti memang banyak cobaan tapi LANJUTKA demi anak kita, anakku dulu agak susah untuk menghisap ASI krn putingku kecil tp lama2 dia akan terbiasa kita jangan kalah dia g mau nenen tp kita paksa aja terus.
    Anakku skrng 7 bln, Alhamdulillah 6 bln ASI eksklusif sulit memang mempertahankan utntk tetap ASI apalagi aku kerja, tp aku berusaha sekuat tenaga, selama dikantor aku memeras sampai dapet 5 botol masing2 90 – 100 cc lalu aku bekuin untk diminum besoknya, skrng aku agak kurang rajin memeras akhirnya aku campur dengan PASI tapi aku tdk tergantung dengan 1 merk dalam sebulan anakku bisa minum sampai 3 merk PASI kayaknya sejauh ini fine2 aja, apa emang semua PASI itu sama saja yah????

  71. ASI memang bagus.
    Tapi tidak semua ASI bermutu bagus.
    Zat2 yg terkandung di dlm ASI yg akan diberikan kpd bayi sangat dipengaruhi oleh pola makan ibunya.
    Apa yg dimakan ibu, maka itulah yg secara tidak langsung diberikan kpd bayi.

    jadi…JANGAN BERHARAP ASI ANDA BERMANFAAT SUPER KALO POLA MAKAN & MENU MAKANAN ANDA CUMA MANIAK MIE INSTAN & KERUPUK.

    MAKANLAH 4 SEHAT 5 SEMPURNA & BERDOALAH SEBELUM MAKAN, SERTA BERSYUKURLAH SESUDAH MAKAN.

  72. waduh…fokus donk dengan pertnyaan, kta ga usah memperdebatkan mana yg terbaik, asi ato sufor, smua jg dah tau..asi emg yg terbaik, dan ga akan bsa dibantah..klo cman bicarain asi ato sufor, ga akan selesei2..so, mari kta kasi jwaban ke moms yg bth jwaban about sufor and its case. kita ga ush menghakimi moms yg ga bsa kasih asi, krna kta jg bukan manusia yg sempurna, nobody’s perfect..Ok

  73. namanya aja susu formula, susu yg diformulasikan khusus spy memberikan dampak tertentu spt gemuk yg dikonotasikan dg “sehat”, padahal salah besar. Sebagian besar masyarakat Indonesia (terutama yg berpindidikan rendah) sdh “teracuni” opininya bahwa susu formula adalah yg lebih “jago” daripada susu alami (murni) yg Alloh berikan. Sehingga para ibu miskin melakukan apapun demi memenuhi kebutuhan bayinya akan susu formula, bagaimanapun caranya, shg ada yg sampai mencuri demi memenuhinya. Masyarakat Indonesia mjd korban iklan yg produsen lakukan dg gencar. Kepopuleran iklan mengalahkan kepopuleran penyuluhan ttg ASI dan susu kambing etawa murni, dimana susu kambing etawa murni jauh lebih baik kandungannya daripada susu sapi.

  74. @lin2: sekedar mw berbagi info nih.., kata dr. Utami (dokter anak yg juga ahlinya ASI), produktifitas ASI seorang ibu dipengaruhi oleh seberapa seringnya anak menyusu dari payudara ibunya bkn dari banyaknya makanan yg dikonsumsi si ibu. jenis makanan yg ibu makan berpengaruh pd gizi yg terkandung dlm ASI. Jd, semakin jarang si ibu menyusui anaknya maka otomatis produksi ASInya juga menurun lalu habis sama sekali. sebenarnya ibu pekerja bisa tetap memberikan ASI dg cara diperah (dipompa). Alat pompa ASI sdh semakin canggih dan banyak macamnya. Ada juga yg pake listrik shg ASI keluar cepat dlm jumlah banyak. Dg cara ini payudara akan terus memproduksi ASI krn sering dipompa utk dikeluarkan. Anak juga lebih sehat krn tetap mendapatkan ASI sehat ibunya yg mengalahkan apapun juga. Dan si ibu juga bisa tetap eksis bekerja dg tenang krn si anak mendapatkan haknya akan ASI.

  75. WADUH lagi nih! anakku yang pertama ASI lulus 1 tahun, diSTOP karena saya ketahuan hamil lagi anak yg kedua, sepakat d/ suami, kami lanjutkan d/ memberinya sufor enfagrow, setelah usianya 3 tahun kami beri sufor dancow. anakku yg kedua ASI lulus 1,5 tahun, diSTOP karena mau shaum ramadhan, dilanjutkan sufor enfagrow jg smp skrg usianya 21 bulan blm diberhentikan enfagrownya. semoga saja bermanfaat bagi kedua anakku…, :) :(

  76. Malangnya anakku… ASIku ga keluar. Padahal sejak hamil 7 bulan udah nyiapin segalanya untuk kasi ASI eksklusif… Sekarang penyedot ASI elektrikku nganggur.. Botol-botol kosong melompong… Yach terpaksa pake sufor dech…Kalo aq sih ga mau fanatik ma satu merk. Lebih baik berganti-ganti aja biar kandungan gizi yang dibutuhkan babyku bisa terpenuhi semua.Juga bagus buat melatih bayi dengan berbagai jenis rasa. Bidanku juga bilang kalo beli sufor yang kelas bawah dulu.. yang penting cocok ma pencernaan bayi… baru kalo ga cocok naik ke kelas menengah… Biar ga tekor. Karena sebenarnya kandungan semua susu relatif sama… Cuma iklannya aja yang kadang bikin kita terpengaruh seolah-olah yang itu hebat, yang laen enggak…

  77. Anak saya yg pertma dari umur 3 bulan minum susu formula SGM +ASI
    tp dia ada ASMA prnah ada dokter yg katakan ganti susux…..tp sy bilang anak sy badanx bagus selama minum susu SGM..apakah ada pengaruh susu dgn sakitnya umurx sekarang sdh 4 tan.

  78. anak g prematur 7 bulan dengan berat 2,4 kilo.g pengen banget netekin,tapi mau gmn lagi..g ud berusaha walapun hanya 1 yang berfungsi dan yang keluar juga cuma beberapa tetes..ditambah dengan insting anak yang belum ada.kadang2 g tungguin ampe 2-3 jam dan berharap dia mau netek…ya minimal walaupun beberapa tetes dalam waktu seminggu,g ud bersyukur.menurut g seorang ibu akan memberikan yang terbaik untuk anaknya baik itu asi maupun sufor,memang sudah kodratnya tapi kadang2 ada rencana Dia diluar dugaan kita…so…berdoa aja dan terapkan pola hidup sehat aja

  79. teman2 minta infonya dong susu apa yg paling banyak diminati ibu2 utk bayinya? dan info utk kantor pemasaran penjualan susu bayi dari 11 perusahaan ternama di indonesia

  80. @ilham : susu yg bagus buat pencernaan setauku bebelac & nutrilon royal. Bedanya, kalo bebelac hanya mengandung FOS saja. Sedangkan nutrilon royal mengandung FOS & GOS (lebih lengkap). Namun sy pernah baca disuatu artikel, bahwa kebanayak zat GOS dapat membuat diare & penyeraapaan nutrisi kurang baik. Kalo anak saya minum bebelac dr pagi-siang, sore-malem minum bebelac. So far BAB lancar, 1-2x sehari.

    @ita : kebetulan aku juga berdomisili di jakarta barat. aku ada nomer agen susu langgananku, harganya bisa beda 10-20rb dgn di supermarket. Dia juga melayani delivery. Silahkan hub: 0815 8669 9899

    @joe : kalo anakku pertama2 dikasih nutrilon royal, dia suka tp terlalu sering BAB.
    Jd sy ganti s26 gold, krn katanya bisa ngebuat baby BABnya teratur. Tp cm sampe 2kaleng dia kynya ga begitu suka (emg ga semangat minumnya dr awal), BABnya malah susah & sering eneg setelah minum (mungkin krn bau zat besinya terlalu tajam).
    Trus skarang anakku minum bebelac & enfamil a+. Jd dari bangun tidur-mandi sore minumnya bebelac, setelah mandi-pagi minum enfamil. Karna aku jg pernah baca dimajalah, klo AA DHA akan lebih bagus penyerapannya pd malam hari & kebanyakan AA DHA dikhawatirkan bisa membuat anak hyperactive.
    Dan setelah aku konsul ke dsa, mengganti2 susu formula pd bayi/anak bukan hal yg buruk. Malah bisa membantu kita, krn anak jd mudah berselera pd susu apa saja yg kita berikan (tdk ketergantungan). Asal kita harus tetep perhatikan efek dr susu2 itu ke anak, yg dibolehkan adl mengganti2 susu anak dgn susu yg tdk berefek buruk ke anak.

  81. Oh iya, susus similac advance bagus. Tp anakku kurang suka, krn rasanya gurih sekali (ky sayur2an). Sdgkan anakku lebih suka susu yg rasanya gurih ke manis (enfamil, bebelac, nutrilon royal).
    Susu s26 gold juga bagus. Supaya doyan,harus dibiasakan dr awal mengenal susu formula. Anakku waktu minum itu BBnya cepat naik, badannya jd sekel/montok.
    Enfamil sangat bagus (recomended), tp ga ada apa2 loh (jgn kira aku kerjasama dgn mead johnson ya..hehe). Anakku cepat nangkep object bergerak & umur 2bulan udh bisa ngeguling tengkurep sendiri.
    Ga ada salahnya kita combine susu super premium (relatif harga mahal)+susu premium (harga sedang). Jadi perkembangan anak bagus, kantong juga ga cekak..

    Maaf klo ada yg tidak berkenan, niatku cm share aja di sini.. :)

  82. Susu formula yg bagus menurutku : enfamil a+, similac advance, s26 gold (super premium). Bebelac, s26, lactogen (premium).
    Kebetulan aku belum pernah coba sgm, kandungannya lengkap ga sih? Kenapa bisa murah jauh ya?

  83. Waktu anak saya baru lahir jga punya alergi yg mengandung lemak sapi penuh.Sering cegukan, bdannya kmerahan, sering gumoh/muntah. Terus saya bawa kedokter utk menganti susunya dn saya ganti nutrilon soya ternyata saya minumkn anak saya jg masih muntah klo mnum gk pernah habis dn stlah sya coba minum rasany agak senggak atw kurang enak,sya bingung apalagi ya..yg cocok?? Truss saya kesupermarket liat2 susu apa yg pas utk anak saya,lalu ada spg susu produk isomil dari abbott merekomendasikan susu isomil rasanya lebih gurih atw enak mengandung susu kedelai. Akhirnya sya beli dg kaleng kcil dlu gmna reaksi anaknya ternyata bener…anak sya suka dn sampai usia 1 tahun.susu isomil bnyak kelebihannya selain anakny lebih peka daya tanggapnya dlm menerima respon,selain orang tua jg slalu mengajak komunikasi anak sejak dini. Dan sekarang anak saya udh 1 th susunya diganti dg anmum essential 3 itu jga sangat bagus banget anak saya jadi lebih aktif dan udh bsa diajak bcra mskipun kosakatanya blm bgtu jls tpi bbrpa kata yg hrf hdp udh sngt

  84. APAUN MEREKNYA MAU MENENGAH KE ATAS ATU KE BAWAH PADA DASARNYA SAMA TAPI BUNDA KALAU BUNDA PUNYA UANG YANG LEBIH DARI CUKUP TIDAK ADA SALAHNYA MEMBERIKAN YANG MAHAL

  85. Kalau menurut saya sufor yg murah atw mahal sama saja. Yang penting bagaimana pola asuh seorang ibu sehingga kecerdasan bayi/anak bisa optimal.
    Anak saya baru usia 4 bln, dksih ASI + SGM (kl mau bobo mlm saja)+ skrg dh mulai dksh MP ASI (siang hari krn minum ASI nya kuat bgt). Saya juga jaga makanan sejak hamil; g terlalu srg mkn baso dkk (hnya sesekali saja), mnum susu, minum redoxon, mkn sayur n protein nabati jg ikan, n kl msak g pake vetsin. Klo mau di mimiin ASI atw sufor atw MP ASI suka sambil didoain, klo lg g mimi suka d ajak ngobrol atw main sambil dinyanyiin atw dibacain surat Al Qur’an, n srg sy kecup tanda sayang.
    Alhamdulillah, dgn izin Allah SWT, anakku sehat dan cerdas, BB 7,3 kg dan panjangnya 66 cm. Udah bisa tengkurap sendiri dan skrg mulai belajar merangkak, maunya diberdiriin terus n kakinya dh kuat melangkah klo dipegangin, klo ada org ngobrol sk merhatiin, n udh bs nengok klo dpanggil namanya.
    Mdh2n tulisan saya ini bermanfaat bagi sahabat2 semua :)

  86. Susu apa saja yg bahan dasarnya dari Jepang, mengingat kondisi jepang saat ini? Ada cerita Bebelac mengandung Backteri, Benar/tidak bila benar namanya apa? dan berefek apa terhadap bayi.
    Terima Kasih seblm dan sesudahnya.

  87. Saya kok tidak setuju dengan pernyataan bu Rahmi, Uci & Yuli bhw semua sufor kualitasnya sama asal cocok dgn bayinya. Pengalaman saya: saya punya kakak ipar yg punya anak 3org(kecerdasan ke2 ortunya diatas rata2):
    – Anak ke1 susunya S26 GOLD: tumbuh sehat, gesit dan cerdas.
    – Anak ke2 susunya SGM (kakak lagi bangkrut):usia 4thn, sering sakit2an, lemah, bodoh, bicara lancar tapi gak jelas.
    – Anak ke3 susunya chilmil reguler (diberikan pada kami): usia 2 thn, mudah hafal sesuatu, bicara lancar & lebih jelas dari kakaknya yg no2. Semua minum ASI sampai usia 6bln
    Spt kata org Jawa ana rega anak rupa (ada harga ada kualitas).Begitu pula dg sufor, tentunya sufor mahal tdk laku kalo kualitas sama dgn sufor murah. Semoga cerita saya bermanfaat bagi ibu2.

  88. anak sy yg ke-3(pr)2thn 8 bln smpi skrg msh ASI,gmn cara hentiin ASI-nya ya mbak?Thanks be4……

  89. mnurut pndpt sy sufor tu sgt mmbantu skali krn saya bkerja jd sgt mmbutuhkan sufor. anak sy pake Bebelac 3, Alhmdllh ankx super gesit, lincah, bxk tingkah, pkokx sgt lucu.. jd sy brterima kasih pada produk nutricia….

  90. dear all, saya punya anak umur 11 bulan pertengahan bulan ini setahun, sebenarnya ingin mengganti sufor yg slm ini diberikan, SGM 2 bagusnya diganti atau baiknya bayiku diberi sufor apa yg tidak menimbulkan alergi atau dapat memberikan asupan gizi yg cukup serta meberi daya tahan tubuh yg baik. Apabila dari Lima Besar susu mahal yg lebih baik yg mana?

  91. anakku 11 bulan.waktu umur 0-2 bln sempet dikasih enfamil a+ pertumbuhan badannya ok.gak ada masalah.tapi aku kurangi trus berhenti soalnya aku ingin kasih dia asi eksklusif.pas 6 bln aku coba kasih susu formula lagi dia gak mau sama sekali.coba ganti2 merek, dia sempet mau waktu aku kasih promil tapi dia mencret.terakhir aku kasih merek bebelac usia dia 10 bln mencret jg.apa anakku alergi susu sapi ya ? gmn dunk, aku ingin anakku mnm susu formula lg stlh aku sapih dia nanti usia 1 thn.ada yang tahu cara lain bt menuhin kebutuhan kalsium & gizi anakku selain susu ? koq bs ya awalnya ok tp berubah jadi alergi sm susu ?

  92. klu menurut saya anak bunda eva ga alergi susu sapi karena sebelumnya kan perbah dikasih enfamil A+, itukan susu sapi.. mungkin memang cocoknya di susu itu. ga cb diteruskan aja klu memang ASI udah ga mau? kan ada tahap lanjutannya untuk 1 tahun keatas klu ga slh enfapro A+. klu saya udah bandingin kandungan nutrisi dr informasi gizi yg tercantum di kemasan susu siy susu enfa itu lbh tinggi dibanding yg lain, ya sebanding jg dg harganya yg mahal. knp baru 1 thn ASI udah dihentikan?? padahal ASI kan nutrisi yg terbaik bg bayi

  93. anak saya sudah 5bulan..mulai umur kurang lebih 1 bulan saya ksh susu formula sgm karena saya tinggal kuliah. tapi alhamdulillah anak saya sehat sekali dan tidak gampang sakit. anaknya aktif sekali dan badannya juga sangat kencang..terima kasih sgm

  94. para ibu2 dan bapak2…ikut nimbrug yah,Hidup ASI yg anugrah da tuhan+karna emang murah meriah,slamat untuk para ibu yg mampu ngasi asi eksklusif tp jgn berkecil hati unt ibu yg gbs ngasi asi. asi ato susu formula gk masalah yang penting sehat n tumbuh sesuai usianya…kl bisa asi berusahalah yg gk bisa kn ada susu formula,he…berdoa n berusaha,itulah intinya.

  95. setuju mbak ula… kesehatan,kepintaran, dan umur kan semua sudah ada yang mengatur dan sudah tertulis sebelum dunia ini dijadikan. Ibu-ibu yang sudah melahirkan anak pastinya mau memberikan ASI selain menyayangi buah hatinya tentunya faktor ekonomis juga sudah ibu-ibu pikirkan. Dan lagi masalah ASI itu bagus saya rasa jaman sekarang hampir semua ibu-ibu juga sudah tau,gak perlu dijelaskan lagi. Cuma nggak semua seberuntung itu, bukan saja karena ASI tidak keluar dsb, tapi juga ada faktor bentuk payudara dan faktor emosional ibu yang tidak bisa kita judge dengan mudahnya. Saya kurang setuju dengan pendapat yang bilang tidak mungkin ASI tidak keluar. Mengenai susu bayi yang mana yang bagus,keponakan saya saat ini kebetulan sudah hampir lulus kuliah kedokteran,yang saya ingat ibunya tidak memberikan ASI sama sekali,bahkan minum susu formula yang paling murah,tapi dari sejak balita hampir tidak pernah pergi ke dokter,karena sangat sehat (makanan bergizi dan olahraga rutin,gaya hidup teratur),juga mata pelajaran matematikan ujian negara waktu sekolah menengah selalu 100. jadi saya percaya semuanya anugerah Tuhan.

  96. @ mbak dewi, kalau menurutku yg membuat anak kedua tidak secerdas anak pertama bukan karena susu, tapi karena kualitas makanan nya yang pasti berbeda antara anak pertama dan kedua,seiring kondisi ekonomi yang berbeda. faktor gizi dan emosional pada si ibu saat hamil juga sangat menentukan volume otaknya. Tapi kembali lagi…. semua sudah diatur Tuhan. Sebab bisa aja anak yang kita anggap gak begitu pinter secara akademis justru dialah nantinya yang paling berhasil. Jaman sekarang yang penting network dan pintar bergaul,bukan IQ lagi.

  97. Hai semua, kalo ak siy prefer ASI is the best for your baby. semahal2nya sufor, gak ad yg bisa menandingi ASI. Utk new mommy, berikanlah ASI tuk bayi kita. Jgn mudah termakan iklan atau gengsi. Utk mommy yg balitanya suka keras poopnya, sebaiknya diberi sari buah spt pepaya atau jeruk. Dlu si kecilku juga gtu, memang ad merk tertentu dari sufor yg bisa bikin poop si kecil keras.

  98. maaf ikut nimbrung, terkadang susah bagi kita para ibu baru, dengan kondisi ekonomi sedang dan pengetahuan yg ga seberapa ini tentang sufor mana iklan sufor di TV sangat mempengaruhi, rasanya minder/feel guilty kalo ga bisa beli susu seperti di TV mana model iklannya adalah anak yg lucu dan sehat, apa anak kita ga minum susu itu bisa tumbuh sehat seperti mdel iklan susu tersebut. namun kembali pada apa yg disebut Anugrah Illahi, bahwa ada ASI, sehingga perlu disosialisasikan bagaimana meinisiasi ASI utk bayi yg baru lahir, saya aja pake madu supaya bayiku bisa menghisap agak lama dan akhirnya ASI nya keluar (eureka) skrg Icha ku dah 12 bln, minum sufor mulai umur 5 bln dg S26 gold, 6-12 bln dg Promil Gold, itupun hanya minum jarang-jarang alias jadi pendamping ASI/ tambahan ASI, lumayan ngirit, skrg krn sdh 12 bln mulai berfikir utk nyari susu yg bisa diminum lbh sering krn kebutuhan kalsiumnya menjadi mutlak, sedangkan saya coba Procal Gold Icha ga suka dan kurasain emang beda rasanya ama ‘versi’ sebelumnya… mana kemudian baca artikel selain efek alergi pada kulit dan pencernaan, benernya ada efek simpang dr sufor yg mungkin ga banyak yg tahu, seperti tulisan dibawah ini:

    Gangguan perilaku dan motorik (gangguan neuroanatomis dan neurofisiologis) yang sering diperberat dan dikaitkan karena reaksi alergi atau reaksi simpang susu formula

    •o Gangguan neuroanatomis : mudah kaget bila ada suara yang mengganggu. Gerakan tangan, kaki dan bibir sering gemetar, sakit kepala, migrain

    •o Gerakan motorik berlebihan atau hiperkinetik :

    usia 6 bulan bila digendong sering minta turun atau sering bergerak/sering menggerakkan kepala ke belakang-membentur benturkan kepala. Sering bergulung-gulung di kasur, menjatuhkan badan di kasur (“smackdown”}, sering memanjat. Perilaku “tomboy” pada anak perempuan

    •o Gangguan tidur (biasanya malam hari) gelisah/bolak-balik ujung ke ujung, bila tidur posisi “nungging”, berbicara, tertawa, berteriak dalam tidur, sulit tidur. Pada anak lebih besar, malam sering terbangun/duduk,mimpi buruk, “beradu gigi”

    •o Agresif dan emosi meningkat : sering memukul kepala sendiri,orang atau benda di sekitarnya. Sering menggigit, menjilat, mencubit, menjambak (spt “gemes”). Mudah marah, keras kepala sering berteriak.

    •o Gangguan konsentrasi dan gangguan belajar : Cepat bosan terhadap sesuatu aktifitas (kecuali menonton televisi, baca komik atau main game), tidak bisa belajar lama, terburu-buru, tidak mau antri, tidak teliti, sering kehilangan barang atau sering lupa, nilai pelajaran naik turun drastis. Nilai pelajaran tertentu baik, tapi pelajaran lain buruk. Sulit menyelesaikan pelajaran sekolah dengan baik.Sering mengobrol dan mengganggu teman saat pelajaran, biasanya tampak cerdas dan pintar.

    •o Gangguan koordinasi dan keseimbangan motorik kasar :

    Bolak-balik, duduk, merangkak terlambat atau tidak sesuai usia. Berjalan sering terjatuh dan terburu-buru, sering menabrak, jalan jinjit, duduk leter W/kaki ke belakang. Gangguan mengunyah atau menelan, tidak mau makan berserat seperti sayur atau daging atau terlambat kemampuan makan nasi tim (normal usia 9 bulan) atau nasi (normal usia 1 tahun)

    •o Keterlambatan bicara: Perbendaharaan kata kurang dari 5 kata pada umur 15 bulan, kemampuan bicara atau ngoceh-ngoceh hilang dari yang sebelumnya bisa. Bila tidak ada gangguan kontak mata, gangguan pendengaran, dan gangguan intelektual biasanya usia lebih 2 tahun membaik.

    •o Memperberat gejala dan perilaku ADHD (hiperaktif) dan AUTIS (hiperaktif, keterlambatan bicara, gangguan sosialisasi

  99. anak saya lahir melalui operasi cesar,meskipun sulit sy berusaha untuk menyusuinya dihari pertama,tp blm ada asi yang keluar,sy tdk menyerah saya memberinya sufor yang disendokkan kemulutnya selama dia blm bisa menyusui, setelah 3 hari asi saya mulai keluar dlm jmlh banyak, sy mencoba memaksanya ,kembali tidak berhasil sy tdk punya puting susu segala cara sy coba tp dia tdk mampu mengisap,saya terus mencoba memberinya asi, untuk meredakan laparnya sy msh memberinya sufor yang disendokkan ke mulutnya, setelah 8 hari mencoba dgn terpaksa sy mulai memberinya sufor dalam dot krn kulit dan matanya mulai berwarna kuning, setelah itu warna kuning pada tubuhnya mulai berkurang, setelah 2 bulan anak saya tiba-tiba sakit ketika membawanya ke dokter anak dikatakan klu anak saya mulai mengalami kerusakan hati ,krn kurang minum disaat awal2 kelahirannya cairan empedunya mengeras dan menyumbat saluran antara hati dan usus,dan mgkn harus dibedah agar sumbatan itu bisa lepas, sy sungguh menyesal, seandainya saya tau saya akan memberinya sufor sejak awal dia menolak minum asi, sekarang menyesalpun tak berguna, anak saya harus minum obat setiap hari sampai hatinya kembali normal

  100. sayy yes to asi tapi kalo gak bisa yaa terpaksa susu tambahan dari dulu anakku udah sering ganti2 merek susu tapi yaaa tetep yakin sich pada chilkid ama bmt platinum buat kedua buah hatiikuu. thankss kalbe dengan susunya sama programnya oke banget

  101. dear bunda novi, kayanya bener ya apa yg ditulis ma bunda novi, anakku yg pertama skrg umur 5 thn, dr lahir sdh minum sufor tdk minum asi. skrg efeknya kelihatan, suka teriak2, cengeng, sekolah gak mau duduk dgn tenang maunya keluar kelas terus tapi herannya msh TK kecil sdh bs membaca sdgkan teman2nya blm bs. sampai saya dan suami sampai bingung n berniat konsul ma psikolog anak. dalam hati sdh menebak jgn2 ini semua gara2 sufor yg selama ini dia minum. dan bukan sufor biasa yg dia minum.tetapi krn dia ada alergi oleh DSAnya disuruh minum Sufor HA yg harganya selangit. setelah baca tulisan bunda novi saya semakin yakin kl memang yg menyebabkan anak saya seperti ini adalah sufor (selain takdir Allah tentu saja.)saya sampai sekarang sangat menyesal knp dulu saya tdk memberikan ASI. alasan knp saya tdk memberi ASI sama dgn komen2 yg diatas. Sekarang saya dah punya baby lg umurnya 6 bulan. .karena tdk mau mengulangi kesalahan yg sama, adiknya saya beri ASI eksklusif.

  102. dear bunda diah…sebaiknya memang konsul ke psikolog. banyak faktor psikologis yg mempengaruhi perilaku anak terutama anak prasekolah (usia 5thn termasuk usia prasekolah). bisa jadi sang anak merasa tidak aman dilingkungan tersebut (terutama menghadapi lingkungan baru) sehingga muncul perilaku tersebut. misal: anak merasa takut jika jauh dari objek lekatnya (biasanya ibu atau pengasuhnya) hingga dia teriak2 agar pengasuhnya bisa terlihat oleh sang anak.

  103. dear bunda”….ASI terbaik…karena berdasarkan pengalamanku:anak pertama sufor karena wkt itu sdh usaha sekuat tenaga baik medis/tradisional ASI tdk keluar anak kedua ASI eksklusif tanpa d beri apa” puji syukur keluar hasilnya lebih lincah anakku yg kedua walaupun yg pertama lincah jg tp hasilnya beda..wkt bayiku umur 2 bln saya d belikan buku ttng ASI oleh suami stlh membacanya wooouuuwwww a nice quality for ASI….maaf u/ bunda yg menggunakan sufor mohon membaca informasi mengenai info mengenai ASI EKSKLUSIF pabila sdh tahu kemungkinan bunda akan mempertimbangkan….

  104. alhamdulillah anakku sejak lahir minum asi ampe usia 2 thn, stlah 2 thn baru saya beri su far. skrg anak saya usia 2,10 thn n lagi aktif”nya. tetapi krn susah makan saya beri su far pediasure complete. saya perlu info nich apakah su far child kid sama nutrisinya untuk anak yang susah makan (tidak mengurangi gizinya walaupun kita tahu munum su far untuk menambah kalsium pada baby dibawah 5 thn.

  105. ass.wr.wb
    membaca komen2 diatas jujur agak nyesek jg…aq cm bs kasih asi ke anakq (yg skrg usianya udh 14bln) smpe umur 6 bln aja…krna aq kerja di beda pulau dg dia, dan ada beberapa hal yg mengharuskan aq menyapihnya…skrg anakq full sufor,BB nya emg cm 8kg,byk yg bilang kecil lah,kurus lah,dll…
    kemarin2 msh sempat stres krn semua cibiran itu, tp skrg aq anggap enteng aja…toh perkembangan anakq masih normal, bahkan jg bs dibilang pintar, udah bs lari walaupun blm bs omong…udah ngerti tiap diberi arahan…bagiq itu udah cukup utk anak seusia dia…
    jadi, kesimpulannya, tergantung usaha dan niat dr masing2 orang tua dlm merawat anak, baik itu mau minum asi or sufor,gak cm asi or sufor yg perlu qta debatkan,tp perkembangan yg lain jg perlu disorot…dan sekali lg tolok ukur anak sehat bukan semata-mata dari BB nya aja,tp apakah dia berkembang sesuai dengan umurnya…
    wass.wr.wb

    thanks

  106. Dear All, anak saya sudah lebih dari 2 tahun nengkonsumsi susu SGM. sekarang baru ber umur 3, 4 tahun. Dia dalam 10 hari hampir menghabiskan 2 bungkus Susu SGM vanila 900gr setiah harinya. Apakah itu tergolong wajar atau berlebihan dalam mengkonsumsi susu tersebut?? soalnya anak saya susah kalo disuruh makan, Dia suka mengemut makanan kalo disuapin, jadi untuk menghabiskan 10 suap nasi bisa menghabiskan waktu 1 jam lebih.

  107. Assalamu’alaikum……..

    anak saya usia 9,5 bulan berat 9.5 kg. Awalnya mengkonsumsi sufor Morinaga BMT. memasuki usia 7 bulan saya ganti menjadi Morinaga ChilMil. Tapi selama 2 bulan dengan ChilMil ini selalu kesulitan buang air besar (BAB keras) jadi kalau mau BAB nangis karena sampai lecet. Setelah saya periksa ke dokter anak, ternyata ukuran duburnya terlalu kecil jadi sulit BAB dan disarankan untuk mengganti sufornya dan dikasih SGM Soya.
    Yang menjadi pertanyaan saya, apakah SGM Soya itu kaya serat sehingga bisa membuat BAB anak saya lembek?

  108. Dan tolong kasih saya solusinya agar anak saya tidak kesulitan BAB lagi dengan ukuran dubur yang kecil itu.
    Terimakasih

  109. Knp y, anak yg pke Enfagrow cepet tanggep di ajarin sesuatu, pinter ngomong, percaya diri nya tinggi, dan nyenengin dah pokoknya..
    Tp liat yg ga pake, kok lemes gitu ya anaknya
    Hemhh.. faktor gen ato faktor susu kah ??*&^*(*&^@!

  110. di negara kita sangat digencarkan dgn susu formula y…dgn berbagai pilihan merek juga iklan2 banyak bangat deh yg menawarkan su2 untuk anak-anak, aku melihatnya seperti budaya atau memang di indonesia itu pangsa pasarnya besar sekali y..untuk susu.., tapi yg aku dapat informasinya maaf kalo aku salah justru dinegara2 luar seperti amerika dll, mereka malah tdk menggalakkan susu sebagai asupan yg begitu membudaya…mereka berlomba2 untuk bisa memberikan asi…mmm juga…mereka terheran2 ketika anak diatas 2 thn masih dikasih susu formula, kenapa tdk diganti dgn jus, atau asupan makanan yg lain, kenapa harus susu,…

  111. Banyak susu beredar di pasaran. Dengan berbagai varian harga dan keunggulan. Tetapi bagi saya mead johnson yang terbaik. Memang harga mahal.. Ttp ini adalah usaha terbaik untuk investasi dlm kehidupan anak saya. Sesuatu yg baik dan mulia memang butuh perjuangan, ttp mead johnson memberikan imbal balik yang sepadan dgn kualitas A+.. Terima kasih mead johnson buat enfa mamanya. Tuhan memberkati… Amin

  112. tidak ada yg salah dgn sufor…meski mmg ASI adalah yg terbaik…banyak cerita dan pengalaman yg di -share ambil saja sisi positifnya

    smua ibu PASTI ingin memberi buah hatiny ASI eksklusif tp ad bbrp ibu yg sikon nya tdk memungkinkan

    sekedar share…putri pertama saya lahir normal 3,3kg panjang 50cm.dgn kasus partus presipitatus (lahirnya kecepetan, jam7 bukaan 3 tp jam 8.30 dah lahir) shg pasca jahitan trjadi oedema+hematoma maka sy masuk ruang operasi utk di “bongkar ulang jahitan” dgn bius epidural…(proses operasi lbh lama drpd proses melahirkannya). ditambah HB drop smpe 6 shg perlu transfusi darah.
    hypnobirthing yg berhasil dg sukses tp dtutup ‘trauma’ pasca partus yg ‘indah nian’ rasanya hehehe

    karena proses itulah maka 3hari pertama d RS putriku trpaksa pake dot sufor; smpe rumah dicoba ASI tp dgn ‘perang’ dl ama si kecil yg ngamuk krn trbiasa dgn empeng penyet dan posisi minum dgn badan telentang (kl ASI kan posisi miring dan puting bulet ;p) dan bunda ttp brjuang memberi ASI mski dgn ‘mringis2′ krn kateter msh trpasang (oleh DSOG nya kateter br dlepas stelah seminggu utk mnjaga jahitan agar tdk trs trsiram air saat BAK)
    ‘perang’ itu hanya terjadi smpe usia 1minggu krn si kecil terlihat kuning; ASI sdh dipompa tp tanpa rangsangan netek dr bayi maka lama2 ASI tdk keluar (meski udh full sayur buah dan suplemen)..
    sekarang putri ku umur 63hari, full sufor SGM , BB 5,4kg; BAB lancar dan bagus, sdh bs nahan leher sendiri saat digendong berdiri atau ditengkurapkan; tertawa2 dan bersuara saat diajak berbicara; pola tidur teratur dan lelap (dr bayi ga pernah begadang)..sejauh ini psikolgis dan motoriknya bagus

    ASI atau sufor..buat saya yg penting baby, bunda dan keluarga sehat, merasa bahagia dan nyaman :)

  113. sya pnya ponakn tp tdk minum asi dr lahir karna asi ibu tdk kluar bgmn ya agar berat badan naik umur ny skrang 2bln 22 hari bgmn mau mencapi 5kg dokter nyaran pindah susu morinaga BMT

  114. Weleh-weleh diskusi yg ramaiiii.. Sy setuju memang asi adalah pemberian yg terbaik.. Lalu bagaimana dg ibu-ibu yg memang memiliki sedikit masalah dg produksi asi? Karena tidak semua ibu-ibu memiliki produksi asi yg lancar dan tidak semua ibu-ibu juga bisa dapat memberikan Asi bagi buah hatinya terkait dg beberapa alasan kesehatan tertentu.. Lalu utk tambahan asupan gizi mau tidak mau pastinya akan mengkombinasikan dg susu formula.. Dan rasanya tidak bisa dibandingkan ‘head to head’ antara ASi vs SuFor.. Gak adil.. Krn yg satu ciptaan Allah satunya lagi plahan manusia.. Hehehhee..
    Menurut sy sih selain makanan utama bayi (asi ataupun sufor) yg terpenting adalah ‘nurturing factor’ dari lingkungan yg dapat menciptakan kesehatan dan proses tumbuh kembang anak yg optimal.. Mau dg asi ekslusif tapi tanpa ada dukungan nurturing factor yg baik juga tidak akan optimal..
    Sy sendiri adalah ibu kombinasi asi dan sufor dan Alhamdulillah kedua anak sy bertumbuh dan berkembang secara optimal.. Produksi asi sgt minim sejak anak pertama dan kedua.. Injeksi pelancar asi, supplemen, makanan dan kondisi psikis sy mendukung namun tidak memaksimalkan produksi asi.. Diperah tiap 3jam juga hanya 30-40cc sj.. Heheheeee.. Anak sy yg pertama jarang sekali sakit dan memiliki sistem cerna yg baik sejak bayi.. Sakit juga krn tertular virus flu jika seluruh rumah kena flu.. Heheheee.. Umur 10 bln sudah bisa berceloteh dan jalan.. Pada saat tes masuk sekolah kemampuannyanjuga di atas rata2..
    Sedangkan yg kedua juga sama walaupun lahir secara cesar krn post date alias kelamaan di perut dan sempat dirawat di unit perinatologi selama seminggu, Alhamdulillah juga saat ini sehat2 dan tidak mengalami penurunan berat badan yg seringkali dialami oleh bayi2 di bulan awal kelahiran.. Grafis berat badannya juga stabil naik.. Dg berat lahir hanya 2,860gr saat ini di usia hari ke-25 sudah mulai meningkat menjadi 3,780gr (lagi-lagi tanpa sempat mengalami penurunan berat di minggu pertama)..
    Jadi apapun itu saya salut bagi para pejuang asi yg dapat memiliki asi berlimpah sehingga dapat memberikan sesuatu yg tak ternilai bagi putra-putrinya…
    Sedangkan bagi ibu-ibu yg memiliki kasus seperti saya, ayoooo-ayoooo jangan patah semangattt.. Pola asuh yg baik juga sangat mendukung tumbuh krmbang anak secara optimal disamping dg tambahan sufor yg disesuaikan dg kondisi putra-putrinya..
    Cheersss..

  115. Alhamdulillah anak saya ASI esklusif sampai 6 bulan, dan terus ASI sampai 2 th, tampa susu formula, stl 2 th baru saya berikan susu UHT, sekarang ank saya usia 2,8 th. dan termasuk ank yg cerdas,dibanding dgn ank yg usianya diatasnya.selain itu anak saya juga anak yg sehat dan jarang sakit.

  116. untg ank q bsa asix… prjuangannya mmpus dah kluarga aq ga support asix, d sruh sufor… tp q ttep smngat asix n yakin asi q deras n brnutrisi biarpun srg d sndir mama gra2 pas baru d peras yg kluar asi depan, kn wrnanya mank rada bening… jd d kira ga da nutrisinya pdhl asi dpn tu bgus bwt otaknya… q ga pke mcem2 cm yakin n pede klo asi q bsa kluar jd bgtu mlahirkan lgsg d isep ma bayi, q ga rela klo baby q d susupin sufor mkanya bgtu kluar q lgsg mnta baby q dr perawatnya…
    beda lg ma mama q yg kburu stres dluan mlahirkan ade q yg seumuran anak q, jd asinya ga kluar… parahnya lg asi ga kluar tp ga d sedotin k babynya jd d ksh sufor n air tajin dluan… nah pas asi mama dah kluar trnyta mama srg ksh sufor gara2 lbh mlih krja, alhasil asi mama ga kluar lg krna ade q ga sk ma asi mama, tp bgtu ktmu q mau kok dia nyusu ma q… q sndiri lbh mlih baby q ktimbang krjaan, q brhnti krja krna keteteran asip… drpd q titip baby q ma ortu ntar d ksh sufor mending q urus sndri… baby q ga gmuk tp lincah brat skrg dah 7m mau mkan bubur apa aja yg d buat bundanya ga picky eater mgkn krna rsa asi yg brvariasi ssuai mknan bunda…

  117. kalo saya minum susu yang cocok untuk perut sy,sebab perutku jelek nbanget salah makan dikit mencret…karena sejak awal susuku nutrilon,maka sampe sekarang pun aku masih meminumnya tanpa gonta ganti merk,hanya tahap nya saja yang berubah sekarang aku sudah tahap 4..

  118. wah wah rame..jd pgn ikt sharing.dulu saya kasih sufor pas awal2 br lahir,krn ASIx masih susah.kudu dipijet2 dulu sebelum dminumkan.jd klo si baby dah nangis2 gak tega.itu jg saya tekan bgt,max 30ml sehari.tapi suatu hari si baby rewel bgt,maux mimi trus,nangis mpe kejer.saya browsing2,kayaknya si baby alergi makanan laut krn hari itu dr pagi saya makan kerang.sama halx saat makan kepiting.so,skrg saya cm makan sayur tempe tahu ayam telur.suforx jg mulai nambah jd 120ml sehari krn cape kalo mimii.babyQ suka maenan soalx.tp klo tambah sufor cepet kenyangx.pupx normal,kuning berbiji.tp kdg mpe 4hr gk pup,kentutx jg bau pup.tp lembek,gk keras

  119. wuih ramainya…mau ikutan tanya… anak saya sekarang 11 bulan. Sejak usia 40 hari udah kutinggal kerja, dan minumnya pake ASIP, tapi mulai usia 9 bulan anak saya ga mau lagi ASIP. Anak saya milih nungguin saya pulang kerja. Nah untuk mengatasinya saya kasih jus buah. Apakah ini gpp buat perkembangannya? BUTUH JAWABAN. Terima kasih. (saya berangkat kerja jam 06.30 – 14.30)

  120. sebenernya susu formula yang baik untuk bayi kita itu ap y,,?Cz bingung byak bget merk2 susu formula ,tkut slh plih aj buat anak.anak koq buat coba2..hehehehehehe

  121. Putra saya skrng baru saja lepas Asi, bersyukur bgt bisa memberikan asi untuk reza selama 23 bln sbenarnya masih keluar asi walaupun sdikit tapi saya takut semakin besar menyapih akan smakin suLit dilepas,kemarin aja beberapa hari kalau malam dia tarik2 baju mamanya minta nenen (dia menyebutnya). Pengalaman saya memberi asi begini, 5bLn pertama sya beri asi eksklusif anak sya tumbuh gendut, mendekati umur 6bLn sya beri mp cerelac awalnya suka dan bdan nya tumbuh gemuk tapi bln berikutnya ngga mau lagi dan umur 7bulan susah bgt makan alhasil dia minum asi doang meski tetap sya pantang menyerah memberikan apa sja yg brmanfaat sprti pisang jus tomat, worteL smua dia cuman paling banyak makan 3suap. Mungkin krn asi sya tdk bgitu deras jadi asupan nya tdk menyukupi bagi dia yg bertambah umur, badan nya keciL, krn duLu umur 6bln saja dia 7kg tapi sampai umur 18 bln cuma 9kg saja. Sempat stress jg dan saya paksa jejaLin anak makan nasi stelah umur 1taun tapi tetap aja susah makan dan dia cuman suka nenen saja. Badan keciL,sering demam,batuk pilek. Saat umur 14bln sya berikan susu uHT sbg tambahan asi,tadinya seliter habis nya 3hr tapi skrng umur 23bLn dia bisa selepas asi 1liter bisa shari saja, makan juga doyan, sya seneng bgt dgn perubahan ini. Biar bgmanapun sya sudah lulus bisa dbilang 2thn asi. Meski dulu swaktu asi dia sakit2an sekarang dia tumbuh cerdas, sudah bisa menghitung urut 1-5 dLm bhs idn dan jg inggris lho,dan jarang sakit sperti dulu. Apakah manfaat asi ngga bisa dirasakan langsung atau cuma terjadi pd saya saja yg spt ini, ngga tau. Yg jelas sya hnya ingin melaksanakan tanggung jwb sya sbg ibu yg dberi nikmat asi, dan saya ingin putra kami menerima haknya. Lika liku nya semua adalah cerita yg skrng jd pengalaman sya yg tak terniLai…

  122. mahalnya sufor…untung anakku tercinta minum ASI…n mudah2an sampe 2 tahun…ketimbang beli sufor yg mahal2 gitu mending nabung buat sekolahnya nanti…..ASI the best lah…

  123. adik saya dr lahir sudah minum nutrilon royal, yang saya tau adik saya berkembang dengan baik dan bangus karna otaknya pun juga bekerja dengan baik,, dan dia sudah lbih pandai dari anak seusianya,,,mengenai perkembanganya saya yakin susu sangat berpengaruh pada perkembangan anak..

  124. ASI memang terbaik.tp bagaimana dengan ibunya jika memakan makanan yg tidak bergizi.sy rasa fungsi terbaik dr ASI tersebut pun akan hilang.ASI sy tidak keluar lg semenjak 3 bln pertama hal tersebut d karenakan sy sakit kala itu.hal tersebut memaksa sy memakai susu formula tentunya yg cocok dengan anak sy.salah satu contoh tetangga sy memberikan ASI tetapi sy perhatikan makanan yg ia mkn tidak bergizi.akibatnya pertumbuhan si anaknya pun tidak maksimal.berbeda dngn anak sy walaupun memakai susu formula.tetapi alhamdulillah susu tersebut cocok.jd dapat d ambil kesimpulanya bahwa pemberian susu formula bila tepat akan menghasilkan anak yg sehat.tetapi bila ASI tidak di tunjang dengan makanan yg bergizi untuk si sang ibu efeknya akan buruk bagi anaknya.

  125. sebenernya baby gendut bukan berarti sehat..asal sehat,meski kurus tdk apa2.karna bisa aja faktor genetik,bahwa anak gak bisa gemuk.
    Sekedar informasi,pernah dengar bbrp family ama temen yg nyaranin,gak bole minum morinaga.katanya emg bisa menggemukkan,tapi itu bahannya gak bagus buat baby ya..gak gt ngerti jg sih,karna menurut pengalaman mrka,ada masalah ama babynya,ke dr.disaranin ganti susu..dan kebetulan,dua baby ini sama2 minum susu morinaga..jadi,mo kasih saran,gemuk,bukan berarti sehat..

  126. Alhamdulillah putri2 ku sehat, pertumbuhannya bagus, lincah dan ceria. dari awal mereka sudah minum susu formula karena saya wanita bekerja jadi tidak bisa memberikan ASI eksklusif kepada mereka, dan susu pertama yang saya kenalkan adalah Morinaga. Setelah mengkonsumsi selama 1 tahun rencananya akan saya ganti susu formula yang lebih murah dan saya coba berbagai macam merk susu seperti Nutrilon, Dancow, bahkan SGM. Tetapi hasilnya putri2 saya malah tidak mau minum susu alias “Mogok Susu”. Akhirnya saya kembali ke Susu favorit putri2 saya yaitu Morinaga sampai sekarang usia putri pertama sy 4 th 5 bulan. Menurut saya apapun susu formula pilihan kita…yang penting cocok untuk buah hati kita.

  127. anak saya sudah 1thn Alhmdlh masih diberi asi,klo saya kerja diseling pake susu formula, malamnya saya lanjutkan pake asi…tp kadang anak ku rentan sekali sakit, flu demam dan bab,,apakah tidak cocok dengan susu formulanya ya bun??

  128. Bunda2 yang lebih dulu berpengalaman dibanding saya, mohon share gemana caranya agar si kecil mau minum susu formula. Masalahnya usia anak saya 2 bulan lagi umurnya 2 tahun itu artinya dia g minum asi lg. Saya hawatir nanti anak saya kurang asupan gizi yang menghambat tumbuh kembang anak sya.

  129. krn sya seorang bidan, otomatis sbelum pnya anak idealis utk mmberikan asi esklusif dan asi smpai 2 thun, tp meski sy seorang bidan pun dg usaha keras, ternyata Alloh berkehendak lain, sya gagal mmberikan Asi, hya sebulan sj.. dgn bercucuran air mata terpaksa mmberikan sufor dg Basmallah.. meski orang sekitar mmndang sebelah mata (bidan kuq g ksh asi?), sy hny bs bersabar dg semua itu, krn org lain akn sulit ber empati meski diceritakn dg detail.. Awalny sy ksh nutrilon royal 1 full (asi tdk produksi). Alhamdulillah slama 6 bln pertama bayi sy sehat tdk prnh sakit, dan perkembanganny bgus. Usia 6 bln keatas sya gnti nutrilon royal 2,, bayi sy diare 2 mggu tdk smbuh dg obat, curiga tdk cocok suforny, ganti sufor S-26 gold, jg msh diare, akhirnya gnti Chilmil platinum Alhamdulillah cocok, BAB lancar dan bayi aktif jarang sakit sampai skg.hnya batuk pilek skali sja sampai usia1 thn ini.. prkembangan dan prtumbuhannya bgus, di usia 9,5 sdh bs jalan :) Alhamdulillah,, pdhl sy dlu cemas ank akan sering sakit bila tdk asi, tp nyatanya tdk jg dan mdh2n selanjutnya sll sehat.. Hnya slama ini yg sya tekankn ttg sterilitas dot susu. sy usahakn skali minum hbs max 2 jam gnti dot baru dan disteril dg benar, ini sy buat konsisten hingga skg.. Alhamdulillah jarang diare.. utk anak kedua nnti sy berharap bs mmberikn ASI, Amin. krn ASI mmg tdk tertandingi.. Bersyukurlah bgi para bunda yg lancar ASIny, berikan slama mmpu, krn tdk bs ditukar dgn apapun.. bgi bunda yg gagal ASI, jgn minder, tetap semangat!!

  130. ASI adalah susu yang paling bagus meski dibandingkan dg susu formula premium…setelah tdk ASI lg…UHT lah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi, karena kualitas susunya lbh bagus…tdk melalui tahap pengeringan…dan kandungan gulanya sedikit,,,sehingga anak tdk akan susah makan,dan tidak akan ada masalah dlm pencernaan.( menurut buku tatang sutarna…heheeh)

  131. saya py anak 2 orang. anak pertama saya beri susu tambahan terbaik yg harganya mahal krn sy fikir susu mahal gizinya lebih lengkap tapi dalam pertumbuhannya anak sy itu jadi nakal, suka melawan, kasar n pemalas. sy dengar2 pola makan dan asupan makanan juga bisa mempengaruhi mental anak, sy gak tahu dasarnya apa tp sy punya firasat mgk ada hubungannya sufor yg sy berikan dengan perkembangan otak d prilaku anak pertama sy itu. pada anak yg kedua sy berikan susu yg murah (krn sy trauma dg susu mahal tp kecerdasan anak sy tdk berkembang sbg mana mestinya) sy berikan dia susu SGM. sy fikir tak apalah klu pun dia tak cerdas2 amat, toh sy udh trauma memberi anak yg serba terbaik tp gak memuaskan hasilnya, eh ternyata dlm pertumbuhannya anak sy yg kedua justru sngt membanggakan. usia 5 bulan dia udh belajar berdiri, n diusia 7 bulan dia udah bisa jalan. anaknya cerdas n penurut dan jg sangat mandiri. memang fakfor gen menurunkan sifat tertentu pd anak, tp asupan makanan jg pasti ada pengaruhnya. sejak itu sy py keyakinan yg mahal belum tentu sehat dan baik.

  132. @dyah_mau sufor mahal atau murah , ga ada yg lebih baik dari ASI mbak .
    ASI membuat daya tahan tubuh anak lebih kuat & cerdas .
    anakku dari lahir sampai sekarang umur 1 th , aku kasi ASI . Buburnya juga buat sendiri , ga pake bubur instan.
    perkembangannya luar biasa & sudah pintar berkomunikasi .

  133. alhamdulilah aq bisa kasi asi full sampe 16bulan, mesti harus pumping ASIP di toilet, dibawah meja kantor, pinjam ruangan leader, ruang rapat, seru jg pumping ASIP sewaktu kerja dikantor, tp alhamdulilah selalu bisa bawa pulang stok asip 450cc tiap hari tp diwaktu umur masuk 17bulan ternyata aq hamil, subhanaallah.. bagai mana ini, aq memang tidak KB, dengan sendirinya asiku berkurang, dan dgn berat hati aq mulai mencampur dg sufor nutrilon royal 3, tp tetep asi malam hari…uuuu, bismillah smoga ini jalan yan terbaik, tp sejak 7 bulan aq selalu siapkan MPASI sblm brngkat kantor, alhamdulillah ASI exlusif berjalan lancar mpe 6 bln dg berat 9.5kg, wkt 9bln babyku 13 kg,sejak dia udah mulai jalan 14bln BBnya naiknya dikit, tp sekarng dia sdh 21bln berat 14kg dan aq hamil 5 bulan, tetep aja masih mimik ASI malam hari sekalipun uda ga keluar, yang penting dia sehat dan aktif.. saya yakin setiap ibu berusaha memberi yang terbaik buat buah hatinya… semoga anak ke dua asi ex dan ASIP nya berjalan lancar.. amiin

  134. sedih lo baca komennya ibu2 di atas yang sukses ngasih ASI ke anaknya sampei 6 bln ke atas…
    kebetulan saya hanya menyusui sampai baby usia 2 bln aja
    selanjutnya d kasih sufor
    bner banget tuh yang bilang kalo faktor psikis mempengaruhi produksi asi. kebetulan pas lairan sya tinggal di rumah mertua. Karena produksi asi sya blm terlalu lancar, sya bersikukuh menyusui anak saya, tapi orang tua tidak bisa sabar dan mengerti. jadi sya dipaksa untuk membuatkan sufor. setelah kejadian itu saya menjadi down untuk memberikan asi, karna ortu ga bs memahami…. karena tekanan batin kali ya jadi produksi asinya makin sedikit….
    buat para ibu2, asi adalah yang terbaik ya… selain kandungannya, ketika menyusui akan menambah kedekatyan kita terhadap anak kita….
    jangan terlalu terpengaruh sama keluarga, karena yang lebih tau yang terbaik untuk anak kita adalah kita sendiri….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s