Usia Berapa Anak Jalan?


Usia Berapa Anak Bisa Jalan?.

Anak ku hampir 15 bulan tetapi belum bisa jalan. Jika dilepas pasti langsung menjatuhkan badannya. Kira-kira usia berapa yang harus di waspadai untuk dibawa ke dokter? Aku berencana jika sampai 15 bulan belum jalan, aku akan bawa ke klinik tumbuh kembang soalnya takut nanti di tunggu-tunggu malah tambah lama lagi.

Berikut tanggapan dari Moms WRM beserta artikel dari tabloid Nakita:

- Bagaimana dengan kakinya? Sudah kuat kan? Mungkin masih takut jika dia tidak berpegangan. Coba saja dilatih dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya dekat. Jika memungkinkan bisa letakan mainan atau sesuatu yang dia suka, jadi dia terpancing untuk berjlan karena melihat mainan tersebut.

Atau bisa juga ajak main bersama anak yang lebih besar atau seumurnya yang sudah bisa berjalan. Memang harus sering dilatih dan harus sabar. Jika masih khawatir juga, tidak ada salahnya ke klinik tumbuh kembang anak. Anakku yang pertama jalan umur 18 bulan, telat memang karena dia takut. Tapi begitu sudah lepas sudah kemana-mana, karena memang sudah kuat kakinya.

- Apakah anak Mom sudah bisa berdiri sendiri? Kalau sudah mungkin dia takut, atau kakinya belum kuat, apakah badan dia besar? Banyak dilatih saja pelan-pelan, main dengan teman sebayanya, pelan-pelan tangannya dipegang, atau berdiri berpegangan sesuatu.

- Anak pertamaku karena masih baru pertama, jadi aku ngurusnya masih takut-takut dan extra hati-hati takut jatuh. Akibatnya dia baru bisa berjalan umur 18 bulan. Itu juga karena di protes oleh keluarga. Mereka bilang,”Jangan dipegangin melulu, biar dia jatuh sekali-kali jadi tahu kalau jatuh itu sakit. Jadi si anak bisa belajar untuk berjalan perlahan.”

Biasanya begitu anak dilepas dia langsung berusaha jalan cepet sementara belum terkoordinasi dengan baik kaki dengan otaknya. Nah ini yang aku terapkan ke anak ke-2, hasilnya dia lebih cepat bisa jalan. Karena dibiasakan dilepas tapi lihat situasi sekeliling musti aman. Ddan biasakan main dibawah, alasin karpet yang tidak licin. Otomatis si anak bisa belajar untuk tahu,”oh ini lantai keras bukan kasur.” Jadi dia lebih hati-hati dengan sendirinya.

- Kebetulan anakku bisa berjalan usia 13 bulan (sudah lancar) tapi sebelumnya usia sekitar 11-12 bulanan dia masih suka mencari pegangan. Biasanya aku suka membiarkan saja. Selain itu dia juga mulai belajar jalan dari box juga karena kesehariannya memang lebih banyak main di box dan kebetulan anakku juga tidak melewati tahap merangkak. Jadi habis bisa berjalan ketika capek, terkadang dia suka merangkak tetapi lucunya kalau merangkak tidak memakai lutut tapi telapak kaki & tangan penyangganya (seperti orang nungging).

- Perlihatkan mainan menarik waktu ia berdiri, agar ia mau melangkah maju ke arah mainan itu. Bantu ia berjalan dengan berpegangan pada kursi-meja yang kokoh. Mula-mula sambil dipegangi dengan dua tangan, lalu dengan satu tangan saja. Lepaskan pegangan Anda bila ia kelihatan sudah mulai terampil, sehingga ia punya kesempatan melangkah sendiri. Tentu sambil Anda tetap menjagainya. Mulanya mungkin ia hanya mau berjalan 1-2 langkah saja. Selanjutnya ia akan mampu melangkah sendiri tanpa bantuan.

Artikel dari Tabloid Nakita:

Sebagian besar bayi belum mulai berjalan pada ulang tahun pertamanya. Merujuk teori perkembangan, 25 persen anak sudah bisa berjalan di usia 11,1 bulan, 50 persen di usia 12,3 bulan dan 90 persen di usia 14,9 bulan. “Tapi pada umumnya, usia anak berjalan tak terlalu jauh berkisar antara 16-20 bulan

Cepat-lambatnya perkembangan ini disebabkan antara lain:
* Bayi yang banyak bergerak dan berotot kuat sering lebih cepat dapat berjalan dibanding bayi yang diam saja dan gemuk. Bayi dengan kaki pendek dan kokoh, juga lebih cepat mulai berjalan daripada bayi berkaki panjang dan ramping, yang sulit untuk mencapai keseimbangan tubuh.

* Bayi yang tak banyak merangkak atau sama sekali tak dapat merangkak, kadang lebih cepat dapat berjalan daripada bayi yang ahli merangkak ke seluruh penjuru rumah.

* Pengalaman negatif, mungkin jatuh parah ketika ia pertama kali melepaskan pegangan dari tangan ibunya. Ia tak akan mau mencoba lagi sampai ia sudah betul-betul kuat. Sekalinya ia mulai, ia akan langsung dapat berjalan dengan trampil, tak tertatih-tatih lagi.

* Alas kaki yang licin juga menghambat. Lebih baik tanpa alas kaki, karena bayi akan menggunakan jari-jarinya untuk mencengkeram ketika ia melangkah.

* Tak mendapatkan kesempatan berlatih berjalan karena lebih sering berada di boks bermain, terikat di kereta bayi atau pada situasi lain di mana ia tak punya kesempatan untuk mengembangkan otot-otot kakinya dan rasa percaya dirinya melalui bangun, berdiri dan merambat.

* Terlalu sering berada di baby walker, cenderung akan terlambat bisa berjalan sendiri.

* Karena paksaan orang tua yang melatihnya jalan beberapa kali sehari. Ia mungkin akan memberontak, terutama jika ia keturunan keras kepala. Kelak ia akan berjalan sendiri pada saat yang lebih lambat daripada jika ia dibiarkan belajar sendiri dan dalam waktunya sendiri.

* Langkah pertama seorang bayi yang tenaganya sudah terserap oleh infeksi telinga, flu atau penyakit lain, akan tertunda sampai ia sudah merasa lebih baik.

About these ads

35 thoughts on “Usia Berapa Anak Jalan?

  1. aku mempunyai balita 15 bulan laki-laki tapi dia belum bisa berjalan. mungkin karena dia sering sakit2an jadi terhambat perkembangannya. benar tidak?berilah aku info.thx

  2. aku seorang ibu dari satu anak,anakku laki2 usia 14 bulan tapi belum bisa jalan ,padahal anak nya super aktip,dan mulai belajar bicara,tapi cuma jalan yg belom,anaknya tinggi dan kurus,walaupun makannya banyak dan susunya kuat,kenapa yaa dengan anakku harap di kasih solusi nya karena aku belom pengalaman ..

  3. @wati, gapapa mba. anak yg jalannya lama biasanya kelamaan merangkak seperti anak saya. dan memang ngomongnya lancar duluan. karena merangkak itu membuat anak lancar bicara. di search aja disini artikelnya. anak saya jg jalan umur 15 bulan 2 minggu ga pake jatuh2 lg ngucluk aja jalan biasa karena ketuaan kali ya jd udah hapal ama yg namanya jalan cuma males melakukan selama ini. jd jangan khawatir yaaa

  4. Anakku 13bln,blm bs brdiri sendiri msh goyang2,jalanny dtitah & tdk melalui mrangkak.Org2 mnyarankan k tkg urut bayi. Apa bnr diurut itu mbuat bayi lbh berani,tdk pnakut & bs bjalan?

  5. @mayang. anakku jg jalan umur 16 bulan. jangan khawatir kalo ga ada tanda2 kelumpuhan pasti bisa jalan. malah anak yg lama jalannya biasanya lancar ngomongnya karena kelamaan merangkak itu merangsang motorik kasarnya. tp ini ga merangkak juga ya??

  6. anak saya sekarang 15 bulan tapi sama belum bisa jalan tapi klo ngomongnya dia uda lancar. setelah baca keluhan ibu2 saya jadi tenang

  7. anak sana sudah berusia 9 bulan tetapi belum bisa berjalan…dan dia malas-malas aja…apakah pengaruh ke berat badan yang terlalu gemuk….???

  8. Aku punay anak, sekarang usianya 9 bulan, tapi sudah bisa berjalan sendiri tanpa pegangan. prosesnya ketika usia tujuh bulan anak ku sudah mulai minta berdiri dan suka menahan badan dengan kakai kalau di gendong, usia 8 bulan dia sudah minta di tetah, masuk usia 9 bulan minggu pertama aku coba untuk tetah tangan satu supaya bisa dia bisa merasakan keseimbangan, minggu ke tiga anakku sudah bisa berjalan sendiri walau masih kayak robot, tapi sudah tanpa pegangan sama sekali mba..!

  9. anak saya usianya 11 bln,…dia jg blum bisa berjalan. aku awalnya khawatir, krna aku pikir anaku petumbuhannya lambat. makanya aku share artikel ini. akhirnya aku lega. Anakku pnya karakter keras kepala jd akan memberontak klo dipaksa diajarin jalan tnpa kemauan dia. mngkn itu yg membuat di males jalan. Dia sudah suka rambatan, berdiri sendiri tnpa berpegangan tp blum berani melangkahkan kakinya.
    apakah keterlambatan berjalan jg mempengaruhi kecerdasan anak, smkn cepat dpt jalan anak smkn cerdas???

  10. anakku umur 14 bln tapi blom bs jalan, tapi kao ditatih2 dia maunya lgsg lari dan kalo kita mauu lepas dia nga mau lsgs nangis…anakku juga tdk ngerangkak… tapi kalo kita berdiriin dia uda bisa berdiri…dan kdang2 kalo dia uda berdiri dan lupa dia lg berdiri dia suka melangkah 1-2 langkah.. nah abis itu dia lgsg nangis dan duduk… gimana ya caranya supaya dia bisa berjalan dan tdk perlu di pengangan tangan lagi..

  11. anakku 15 bln tp blm bs berjalan,berdiri tegak atau rambatan pun blm bs,dia tdk merangkak pake lutut tp pake kaki didorong tubuhnya dan berpangku pake tangan(ngesot) normalkah anakku?dia ngesot aja umur 13 bln,tbhnya tdk gemuk,memang telapak kakinya kecil,jd kl berdiri pegangan aja masih jinjit,dan badannya tdk lurus,gimana ya?haruskah ke dokter?

  12. Sama dengan Linia, baby ku 11 bulan sudah pinter merambat sendiri dari 9 bulan.
    tetapi belum berani melangkah sendiri, harus dipegang. Apakah ada cara menstimulasi yah ?

  13. Anak saya umur 15 bln,blm bisa jalan.tp di minta titah dgn 1 tangan dgn jln cepat.Kl di lepas cpt2 cari tangan mama nya.Kl di suruh jalan sendiri bisa dgn jarak lumayan.kadang2 suruh berdiri tanpa berpegangan.saya berdiri kan dpn tembok saya iming2 mainan malah menagis gak mau jalan.Anak saya gak bisa merangkak tp ngesot.Dia cpt hafal dg benda sekitar sprt:mobil,lampu,bola,gitar,tv,ayam,kucing,nama klrg&teman2.kl ditanyaan menunjuk jari,tp gak bisa ngomong.bisa nya cm maem,menirukan suara mobil.kira2 anak saya bisa jalan umur brp????

  14. anakku 9 bln sudah kuat berdiri sendiri, dari umur 8,5bln tiap ada pegangang langsung berdiri tapi dia tidak mau merangkak, kalopun maju untuk mengambil mainan biasanya menggunakan pantatnya ato klo tengkurep majunya pakai dengkul sm perut.aku pernah dengar anak yang berjalan dulu tanpa merangkak akan lama bisa bicara atau malah tidak bisa bicara apakah benar? soalnya jadi khawatir juga..tolong diinfo ya makasih

  15. Teman-teman….help ! Anakku Kayla dari 9 bulan sudah merambat kalo ditatah dua atau 1 tangan juga sudah mau dari 11 bulan. Tapi kenapa diusiannya yang 12 bulan lebih belum mau jalan tanpa pegangan. Kalo pegangan lepas jongkok trus merangkak..tapi kalo ngoceh jago banget.
    Aku sudah mulai takuuut !! Kasih advice apakah perlu dipijit (baru 1 kalo dari 6 bulan keatas), atau jalan dirumput berembun ?

  16. anakku skrg 14 bulan,belum bisa jalan sendiri maunya dituntun tangan 1, sejak sakit panas anakku takut untuk belajar jalan, kalau dilepas tanganya dia langsung nangis…saya bingung…. maunya merangkak aja… pernah seh anakku jalan sendiri hampir 3mtr terus jatuh.. apa mungkin dia trauma ?

  17. Anak saya laki-laki umur 1 tahun 1 minggu,smp sekarang blm bisa berdiri tegak sndiri & bejalan.cuma bisa merangkak dan berdiri berpegangan,klo kita pegang dan lepaskan pegangan dia lsg jatuhkan diri kelantai.apa anak saya termasuk anak yang pertumbuhannya lamabat ya..pdahal klo diliat anak saya sangat aktif bergerak dan selalu mengoceh sendiri kalau lg bermain.

  18. Anak pertama saya ud 20 bulan tpi masih belum berani berjalan pdhal kaki sudah kuat utk berjalan. mau berjalan tapi kalo ada pegangannya, kalo pegangan tanganya aq lepasin meski pake tangan satu, dia takut dan langsung duduk, kadang langsung merengek dan nangis. bgaimana ya caranya supaya rasa takut anak saya hilang dan berani berjalan sendiri ?. Apa karena ibu saya terlalu memanjakan anak saya, soalnya kalo tau anak saya nangis gara2 stlh latihan berjalan, beliau lgsg bilang “jangan dipaksain anakmu, istirahat dlu” pdhal tu msih sebentar latihannya dan lgsg digendong sama beliau.
    minta saran dan tipsnya ya jeng !. q msih belum pengalaman.

  19. saya ibu dari baby berusia 9 bulan 10hari, anak saya sepertinya segalanya serba lebih cepat, tengkurap sendiri usia 1 bulan, duduk usia 3 bulan gak lama merangkak, usia tujuh bulan sudah dapat berdiri tegap tapi melangkah hanya 1-2 langkah, 8 bulan mulai bisa melangkah 3-6 langkah dan anak saya tidak merambat dia lebih suka merangkak kemudian berdiri, sekarang jalannya bisa dibilang lancar walau kayak jepang mabuk, semua tidak pernah saya paksakan, murni anaknya yang gak bisa diem. jd semua dia coba selain itu mgkn bukan type kapok kali jatuh berkali2 tetep aj bangun lagi, kadang cape juga ngejarnya cm seneng sih…

  20. Anak saya usia 1thn ( 17 sept ) kmrn, sampai skrg belum bisa jalan..jika di titah jalannya jinjit tapi ketika pake sepatu yang berbunyi dan di suruh bunyiin sepatunya..langkahnya bisa normal tidak jinjit.
    Ada sedikit kekhawatiran sich..krn para tetangga selalu komentar saat melihat anak saya di titah ” kok jlnnya jinjit “..?

    Jika merangkak, anak saya cepat sekali gerakannya dan jika mau naik ke atas bangku, lantai yg lebih tinggi bisa namun jika dia berdiri berpegangan pasti dirinya jinjit :-(

    mohon bantuannya gimana cara mengatasi jln jinjitnya dan agar bisa cepat jalan.
    boleh tau balita normalnya usia brp bisa jalan…? karena saya melihat tetangga saya awalnya juga jinjit dan baru bisa bnr” berjalan ktika usia 15-16bulan…wajarkah?

  21. semua intinya sama..dah 12bulan lebih tp belum bisa jalan,sama juga dg baby aq(sekarang 14 bulan )…bagi tips yg ampuh dong…semua kog keluhan ja,share_nya mana?????

  22. anakku sudah bisa jalan usia 9 bulan,di usia 8,5 dia jalan 8 langkah setelah itu dengan gigihnya dia belajar jalan dengan sendirinya walau hrs terjatuh-jatuh , tapi saya nggak kawatir soalnya dede kalau jatuh tangannya dengan gesit menopang tubuhnya .sekarang anakku sudah 11 bln dan dia sudah jalan lancar,waktu kecil saya selalu mengurut kaki dan tanggannya dengan baby oil sesudah mandi mungkin itu yang membuat tangan dan kakinya kokoh. mudah2an ini bisa membantu ….

  23. pliiizz infonya donk… kayanya keluhannya hampir sama semua yah.. anakku udah 13 bulan, udah bs berdiri sendiri tanpa dipegang tp belom bs melangkah sendiri..
    kira-kira pengaruh ga ya sama perkembangan otak atau tingkat kecerdasannya..???

  24. Hi Bunda, Baby ku sebelumnya pas usia 13 bulan sudah bisa jalan namun pernah sekali jatuh menjadi takut ,kemudian selama 1 minggu berturut” kaki nya saya usapin dengan air embun stiap pagi.
    Alhamdulillah sekarng sudah berani dan lancar jalannya bunda :-)

  25. hai bunda,anak saya usia 14 bulan sampai saat ini belum bisa jalan.Kalau di”tetah” dia sangat senang sekali bahkan ia sering minta lagi dan lagi,namun kalau dilepas dia langsung posisi duduk (saya rasa dia masih takut),padahal dia cukup kuat berdiri sendiri diatas kasur (tp kl di lantai dia gak berani). Mohon infonya /trik khusus agar anak saya bisa cepat lancar jalan,karena sebayanya dia semua budah bisa lari. trims

  26. anakku laki2 13bln,dia anakny aktif bgt tp blm bisa jalan,malah baru bisa merangkak umur 12bln.berdiri sendiri blm berani.tp klu d titah ky langsung lari.bagi pengalamanny ya..

  27. anak saya usia 6 bulan, aktif sekali.dan sekarang udahminta di tetah(latihan jalan) anak sy aktif sekali dan perkembangan motorik dan mental berbarengan.dibanding anak seumurnya Alhamdulillah anak saya paling cepat.dan ototnya kuat sekali..Semua itu adalah karunia Allah semata.tapi ada usaha dari kita..saya kasih tau rahasianya.

    1. sejak awal kehamilan rutin makan buah kurma.
    2. sama sekali saya larang untuk makan mie instan.
    3. makanan bergizi semampunya saja.
    4. Banyak berdoa tentunya,dan banyak mendekatkan diri pada Allah.karena tanpa kita iringi do’a, ketika lahir nanti dikhawatirkan walaupun sehat dan kuat namun kurang dekat pada Allah yang tentunya telah mengeluarkan dia ke dunia ini.

    sekian semoga bermanfaat

  28. Ank laki2 sy usia 12bln jg blm bs jln,dia cenderung lbh suka ngerangkak.tp sudah bnyk kosakata dpt d ucapkan dr pd ank2 sepantarannya yg sdh bs berjalan.ank ku aktif skali badan+tinggi juga proposiaonal u/seumurannya (tdk kurus/terlalu gendut).otot2 tangan n kakinya juga keras,krn sy membiarkan dia bebas beraktifitas sendiri d ruangan.sdh bs mendorong strolernya sambil berdiri(dlm pengawasan).dr 0-9 bln kepandaiannya pesat dr ank2 sepantarannya,dan dr 10-12 dia cenderung lbh suka menghafal gerakan/ucapan org2 d sekitarnya(kyk beo)Dr pantauan sy ank sy males berjalan krn lbh senang merangkak n terbiasa merangkak krn dia merasa lebih nyaman n aman merangkak.

  29. saya ibu 2 orang putri,saya yg ke 2 umur 19 bln sampe saat ini anak saya tidak berani jalan sendiri,padahal kalau ada orang yang membantu dia untuk pegangan uukkhh dia bisa jalan cepat.Tapi kalau tidak ada yang bantu yaaa dia tdk brani,Anak saya yang ke 2 ini cenderung lebih pemalu.saya mohon solusinya,terima kasih.

  30. anak saya usianya sudah 2 tahun, namun belum bisa berjalan dengan normal, jalannya masih jinjit kalau d tetah, telapak kakinya pun seperti gak ada tumitnya, jika d tetah maunya tangan satu, padahal jalan sendiri pun belum bisa sama sekali, dulu mulai merangkak pada umur 14 bulan, sewaktu lahir, memang dia lahir prematur, bb 1,6 kg. pnjang 40cm.
    sekarang bb 9kg. apakah karena dulu lahir prematur anak saya jadi sulit untuk berjalan/mengalami keterlambatan. apakah semua itu mempengaruhi…

  31. anak saya berumur 2thn 5bulan belum bisa berjalan, ia belajar merangkak di usia 2 thn, saat usia 1 tahun lehernya belum kuat sepenuhnya. waktu lahir prematur 7 bulan dgn bb 1,3 kg, dan pernah di sinar waktu bayi karena kurang darah, apakah penyebab lambat berjalan karena lahir prematur?

  32. dok saya neli
    umur ankku 11 bln 2 minggu
    tp blm bs ap2 cuma bisa tengkurep aj.ssering kyak terkejut dok. ao ad pengaruh wkt prores klahiran.krn wkt mlahirkn kmren perut saya ddorong dok.tlng jwb n mnt solusinya dok.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s