Sudah Besar Masih Ngompol


Sudah Besar Koq Masih Ngompol!

Posted in Tulisan di Koran by Agnes Tri Harja… on Sat, 2005-03-12 23:50

Pikiran Rakyat, Minggu, 12 Maret 2005

http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0305/13/hikmah/lain04.htm

“IH, sudah besar kok masih ngompol!” Begitu ucapan yang sering terdengar untuk mengolok-ngolok anak besar yang masih suka ngompol. Orang tua kerap bingung menghadapi permasalahan ini. Akhirnya membiarkan saja keluhan tersebut. Sebagian besar kasus, ngompol pada anak dapat sembuh dengan sendirinya ketika usia anak mencapai 10 – 15 tahun. Hanya sekira 1 dari 100 anak yang masih tetap ngompol setelah usia 15 tahun. Bila diabaikan, hal ini akan berpengaruh bagi anak.
Biasanya, anak menjadi tak percaya diri, rendah diri, malu, dan hubungan sosial dengan teman-temannya pun terganggu.Dalam dunia kedokteran, ngompol-tidak dapat menahan keluarnya air kencing-dikenal dengan istilah enuresis. Lebih khusus lagi, ngompol yang terjadi ketika tidur pada malam hari biasa disebut nocturnal enuresis. Ngompol masih dianggap normal bila terjadi pada anak balita. Namun, jika anak di atas usia 5 atau 6 tahun masih ngompol, setidaknya 2 kali dalam sebulan, hal ini perlu mendapat perhatian khusus.

Enuresis digolongkan dalam 2 bagian, primer dan sekunder. Anak yang sejak lahir hingga usia 5 atau 6 tahun masih ngompol, dimasukkan dalam kriteria enuresis primer. Tapi bila si anak pernah ‘kering’ selama setidaknya 6 bulan, lantas mendadak ngompol kembali, berarti anak tersebut dikelompokkan dalam enuresis sekunder.

Enuresis sekunder biasanya terjadi ketika anak tiba-tiba mengalami stres kejiwaan, seperti pelecehan seksual, kematian dalam keluarga, kepindahan, mendapat adik baru, perceraian orang tua atau masalah psikis lainnya. Selain itu, kondisi fisik yang terganggu-seperti adanya infeksi saluran kencing, kencing manis, susah buang air besar, dan alergi-juga dapat menyebabkan enuresis sekunder.

Langkah awal yang harus diambil dalam mengatasi enuresis sekunder adalah dengan mengenali perubahan-perubahan mendadak yang terjadi dalam kehidupan anak. Bila anak mengalami stres kejiwaan, penanganan secara psikologis lebih dibutuhkan..

Penyebab
Enuresis primer lebih banyak terjadi dari pada enuresis sekunder. Para ahli belum mengetahui secara pasti apa penyebab utama enuresis primer. Beberapa faktor diduga sebagai ‘biang kerok’nya. Keterlambatan matangnya fungsi susunan syaraf pusat (SSP) disebut-sebut sebagai penyebab utama enuresis primer. Faktor genetik, gangguan tidur, kurangnya kadar antidiuretic hormon (ADH) dalam tubuh, ataupun
kelainan anatomi juga diduga turut andil sebagai penyebab.

Pada anak normal, ketika kandung kencing sudah penuh oleh air kencing (urine), sistem syaraf di kandung kencingnya akan melapor kepada otak. Kemudian, si otak akan mengirim pesan balik ke kandung kencing. Otak akan meminta kandung kencing untuk menahan pengeluaran air kencing, sampai si anak betul-betul sudah siap di toilet. Tetapi pada anak dengan keterlambatan matangnya SSP, proses ini tidak terjadi, sehingga saat kandung kencingnya penuh, anak tidak dapat menahan keluarnya air kencing tersebut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa enuresis primer bisa terjadi akibat faktor keturunan. Bila kedua orang tua mempunyai riwayat enuresis, maka 77% kemungkinan anak mereka akan mengalami hal yang sama. Jika hanya salah satu orang tua yang pernah mengalami enuresis, maka terdapat sekira 44% kemungkinan anak akan terpengaruh. Tetapi, kalau tidak ada satu pun orang tua yang pernah mengalami enuresis, maka kemungkinan anak terkena enuresis hanya 15% saja.

Enuresis primer yang disebabkan gangguan tidur biasanya terjadi lantaran penderita mengalami tidur yang sangat dalam (deep sleep). Pola tidur penderita pada umumnya normal. Tapi akibat tidur yang sangat dalam tersebut, mereka tidak bisa terbangun ketika ingin buang air kencing. Kelainan anatomi, seperti kecilnya ukuran kandung kencing, biasanya jarang ditemukan pada penderita enuresis primer.
Kalaupun ada, umumnya disertai dengan gejala-gejala yang juga tampak pada siang hari.

Mengenai antidiuretic hormone (ADH), hormon ini akan menyebabkan tubuh seseorang memproduksi sedikit air kencing pada malam hari. Namun pada penderita enuresis primer, tubuhnya tidak dapat membuat ADH dalam jumlah yang mencukupi. Akibatnya, ketika sedang tidur, tubuh mereka menghasilkan air kencing yang jumlahnya terlalu banyak. Karena itulah anak menjadi ngompol.

Diagnosis
Sebelum melakukan pemeriksaan fisik, biasanya dokter akan bertanya mengenai riwayat kesehatan penderita, seperti keluhan-keluhan yang muncul, penyakit yang diderita sebelumnya, penyakit yang dimiliki keluarga, riwayat alergi, dan obat-obatan yang sedang diminum.

Selain itu, dokter akan bertanya tentang pola buang air besar, dan keluhan ketika buang air kencing, misalnya kencing tak lampias, atau nyeri sewaktu kencing. Sering kali, dokter juga bertanya tentang permasalahan yang sedang terjadi di rumah atau di sekolah untuk menentukan tipe enuresis. Setelah riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik dilakukan, pada umumnya dokter akan melakukan tes urine. .

Penanganan
Dampak secara sosial dan kejiwaan yang ditimbulkan akibat enuresis sungguh mengganggu kehidupan seorang anak. Karena itu, pengobatan terutama bertujuan agar dampak-dampak tersebut bisa lenyap dari kehidupannya. Pengobatan juga diharapkan akan dapat menghilangkan penyebab utama enuresis.

Penanganan enuresis dibagi dalam 2 katagori: tanpa obat (nonpharmacologic) dan menggunakan obat-obatan (pharmacologic). Obat-obatan hanya diberikan pada anak di atas 7 tahun. Itupun dengan catatan, bila penanganan tanpa obat tidak berhasil dilakukan. Catatan sehari-hari (diary) tentang ngompol atau tidaknya si anak juga sangat diperlukan untuk menunjang proses pengobatan.

Pilihan penanganan enuresis tanpa obat bisa dilakukan lewat terapi motivasi (motivational therapy), terapi menggunakan alarm (behaviour modification), latihan untuk menahan keluarnya air kencing (bladder-training exercise), terapi kejiwaan (psychotherapy), terapi melalui makanan (diet therapy) dan terapi hipnotis (hypnotherapi).

Motivational therapy dilakukan dengan memberikan hadiah (reward system) untuk memotivasi anak agar tidak ngompol. Umumnya dipakai memakai kartu dan catatan harian (diary) untuk mencatat hasil yang telah dicapai si anak. Bila dalam 3 hingga 6 bulan, cara ini gagal, maka sebaiknya dipilih metoda lainnya.

Behaviour modification merupakan cara yang memiliki tingkat keberhasilan cukup tinggi, mencapai 50%-70%. Sukses ini terutama terjadi pada anak-anak besar yang memiliki motivasi kuat dan mendapat dukungan penuh dari anggota keluarga. Metode ini didasarkan pada penggunaan alarm yang ditempelkan di dekat alat kelamin. Bila anak mulai ngompol, alarm akan bergetar atau berbunyi. Kondisi ini
menyebabkan anak terbangun dan menghambat pengeluaran air kencing yang telah sedikit keluar. Orang tua dapat membantu anak untuk melanjutkan buang air kecil di toilet. Hasil yang diperoleh sebaiknya juga dicatat dalam catatan harian dan akan lebih baik bila dikombinasikan dengan reward system. Perubahan positif dari metode alarm biasanya mulai terjadi setelah alat digunakan selama 2 minggu atau beberapa bulan.

Bladder training exersice biasanya dilakukan pada anak dengan kapasitas kandung kencing yang kecil. Anak diminta untuk menahan keluarnya air kencing selama beberapa waktu.

Hypnotherapy, diet therapy dan psychotherapy belum banyak dilakukan pada anak-anak dengan enuresis primer. Terapi diet sebenarnya bisa juga dijadikan pilihan pada beberapa pasien. Karena, makanan yang mengandung kafein, cokelat, serta soda diduga mempunyai pengaruh terhadap terjadinya episode enuresis.

Penanganan anak yang mengalami enuresis memang tidak mudah. Tapi setidaknya kasih sayang, kesabaran serta pengertian orang tua untuk tidak memarahi atau menghukum ketika anak ngompol akan membantu membangun kepercayaan diri anak.

Pengaruh buruk secara psikologis dan sosial yang menetap akibat ngompol, akan mempengaruhi kualitas hidup anak sebagai seorang manusia dewasa kelak. Karena itu sudah selayaknya bila masalah ini tidak dibiarkan berkepanjangan.(Agnes Tri Harjaningrum, dr.)***

About these ads

141 thoughts on “Sudah Besar Masih Ngompol

  1. Saya berusia 38 tahun, menikah punya anak duaorang, punya pengalaman memalukan, tadi malam gua ngompol. Gua tertidur sangat lelap trus tiba tiba gua terbangun tengah malam dan menyadari mattres gua sangat basah. Gua sangat kaget.
    Waktu saya tenager hal ini pernah berlaku 2 atau 3 kali.
    Pertanyaan saya apakah ini normal atau saya punya penyakit?

    Please email me back.

  2. sya masih ngompol padahl sudah sma, tapi kejadiannya sangat jarang ,apa penyebabnya dan cara menghilangkan kebiasaan ini?

  3. usia saya sudah 19 th,tetapi saya masih ngompol,apakah ada kelainan dalam diri saya ,kadang gak ngompol,bagaimana?
    saya jadi minder,apalagi saya anak kos.

  4. Sya usia 22 tahun sya pnya kebiasaan memalukan. Sya sering ngompol dlm seminggu pst sya ada ngompol.
    Pdhl sebentar sya akan menikah. Tp klo msh ngompol kan sya malu nnt ma suami sya.
    Apa sya pny penyakit atau apa nama nya..
    Terimah ksh

  5. saya sudah 20 tahun ttp saya dalam seminggu psti ngompol .. saya merasa minder sama orang tua dan keluarga…
    apa tips yaa supaya gk ngompol lg.. mohon bantuan yaa…

    please email back

  6. umur saya 30 tahun. saya masih suka ngompol setiap bulan, bahkan kadang-kadang 3 hari berturut-turut. kalau saya pakai alarm tiap dua jam skali, saya bisa atasi untuk tidak ngompol. tapi kalau tidak stiap bulan pasti ngompol meski terkadang hanya sedikit terus terbangun. tolong bantu mengatasinya ya…

    tolong diemail segera ya… maksih.

  7. umur saya 20 tahun dan sampai skarang saya masih mengompol…
    apakah ad suatu penyakit dalam diri saya,,?
    bagaimana cara menghilangkannya..??
    mohon email segera
    trima kasih

  8. saya berumur 30 tahun ketika malam hari kadang msh ngompol meskipun jarang skali terjadi..
    bagaimana cara mengatasinya dan apa yg hrs saya lakukan??
    mohon diemail segera ya…

    trima kasih

  9. saya berusia 33 thn ,knp saya masih suka mengompol dan itu terjadi setelah selesai haid ataupun ketika mau haid,saya blm menikah karena saya takut dengan kebiasaan ngompol yg dari kecil tdk mau sembuh,padahal setiap sebelum tidur saya rajin buang air kecil terlebih dahaulu,bisakah ini di sembuhkan atau ada obat buat minum yg dapat menyembuhkannya tolong jawabannya ke e-mail saya ,
    saya merasa minder dan menderita

  10. saya berusia 19 tahun, namun masih saja ngompol ketika malam hari. bagaimanakah cara mengobati penyakit saya ini? saya takut jika sudah menikah dan berkeluarga saya masih saja tetap ngompol.
    Tolong bantu saya ya….
    bagaimana cara menghilangkan penyakit atau kebiasaan ini?
    Trims

  11. saya berusia 20 tahun, namun masih saja ngompol ketika malam hari. bagaimanakah cara mengobati penyakit saya ini? saya takut jika sudah menikah dan berkeluarga saya masih saja tetap ngompol.
    Tolong bantu saya ya….
    bagaimana cara menghilangkan penyakit atau kebiasaan ini?

  12. saya berusia 30 tahun , masih sering ngompol biarpun jarang simalam hari . apalagi skarg dah 2 kali ngompol dalam bulan ini, itu membuat saya sngat malu….mohon solusinya thanks

  13. saya berusia 21 tahun dan saya sejak kecil sampai sekarang bahkan sampai tadi malam masih tetap ngomopol…keadaan ini membuat saya tidak percaya diri dan selalu menolak kegiatan rohani dan kampus yg berhubungan dengan ‘nginap-nginap’ gitu..
    please,,kasih solusinya yang pas buat saya….saya sudah capek bolak-bolik dokter,minum minuman ramuan lha tapi ga ada yang berhasil…
    tolong email ke saya yaa…makasih

  14. nma sya Riyan,umur sya 15th.
    knpa ea di umur sya yg sdah 15thn ini saya masih sja mengompol. . . . .
    pdahal klo tidur siank tdk prnh ng0mpol tpy klo tdr malem mlah saya ngompol. . . .
    bagai mana ea cara mengatasinya agar saya tidak ng0mpol lagi. . .?

    Kirim blsn’a ke E-mail saya. . .
    riyansanghokage@yahoo.co.id

  15. saya umur 17 masih sering ngompol, dalam aeminggu pasti ada yang ngompol, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan tsbt ???? pleas

  16. saya sudah sma tapi masih ngompol, sering sekali setiap minggu pasti ngompol, bles ke email saya ya,, pleasss banget

  17. permisi.
    saya berumur 16 tahun tapi masih ngompol. mungin keturunan dari mamah dan nenek saya. saya kalo ngompol bisa sampai 2/3 hari dalam seminggu. saya suka malu, dan kesel kalo ngompol terus. gimana cara mengatasinya? supaya saya bisa mengurangikebiasaan ngompol ini?
    terima kasih. harap balas komentar ini

  18. usia sya sudah hampir 21 thn. tpi dlm sbulan sya msh suka ngompol.. apa ada klainan pda diri saya..?? bgaimana cara mengatasinya..?? mohon bantuannya.. tlg blz ke email sya. trims!

  19. sya imah umur 21 thn. Sya bngung knpa ya diumur sya masih suka ngompol?setiap mlm sy sudh telebih dulu pipis ttp keluar sedikit urine sya tetapi selagi tdur nyenak sya brmimpi pipis di toilet setelah sy sadari ternyta kasur sdh basah?knpa bisa terjadi seperti itu ya kdg2 sya merasa malu dgn diri sendiri dan suami sya.

  20. saya ibu rumah tangga 1 anak (8th) usia saya 31 th tapi sampai sekarang kadang masih ngompol apalagi menjelang masa haid dan setelah berhubungan intim
    dalam sebulan minimal 2x saya ngompol, apa saya ada kelainan dan apa ada cara untuk mengobatinya ?

    balas di email saya segera ya, saya tunggu
    trima kasih

  21. Anak sy umur 7 th, tp tiap malam pasti msh ngompol bahkan kalau tidur siang jg ngompol, frekwensinya bisa 3-4 kali dlm semalam, anak saya juga ‘tukang tidur’ tidurnya diatas tidur normal anak2, gmn cara mengatasinya ya? apakah anakku normal? kalau memang itu penyakit, bisa ngga disembuhkan?

  22. Bagaimana cara mengobati diri sendiri dari enuresis di usia 20 tahun? Saya mengalaminya di saat menjelang haid atau sesudah haid.

  23. Bagaimana cara mengobati diri sendiri dari enuresis di usia 20 tahun? Saya mengalaminya di saat menjelang haid atau sesudah haid.

  24. saya berumur 21. . . . Sblum.a sya sering ngompol. . . .diumur 21 thn ini udah agak jarang ngompol. . .pi kdang maseh ngompol jg. . .aku kena apa yak. . .bsakah diobati dngn obat tradisional?

  25. Saya berusia 16 tahun
    tapi saya masih ngompol
    bagaimana caranya supaya tidak ngompol lagi?
    Tlong balasan nya
    terima kasih

  26. Saya seorg gadis berumur 21th.. Nasib saya hampir sama dengan kebanyakan teman2 lain ‎​Ɣªήğ sudah komen..
    Pertanyaan saya juga sama..
    Apa ada ‎​Ɣªήğ bisa saya lakukan untuk mengatasi enuresis ini?
    Kalau ke dokter,dokter spesialis apa ‎​Ɣªήğ harus saya datangi?
    Saya malu terhadap diri saya sendiri, orang tua, dan orang sekitar saya..
    Mohon bantuannya..
    Ε(∩◦∩)з ♥τнänκ чöü♡ε(∩◦∩)з.

  27. Cucu saya umur 7 tahun sudah sekolah kelas 1, hampir tiap malam ngompol sudah kita usahakan, sebelum tidur kencing dulu tetapi tetap saja ngompol. Tetapi adiknya yang masih TK setiap malam kalau terasa mau kencing selalu terbangun minta diantar ke kamar mandi. Pertanyaan saya apakah perlu dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut?

  28. saya berusia 18, setaip cuaca dingin saya hmpir dalam setiap minggu ngompol ..
    bgaimna cara mengilangkan penyakit ini,,??
    bgaimna solusi nya ??
    apkah add obat untuk menyembuhkan nyaa ??
    mhon bantuan nyaa ??
    kirim blsan nyaa ke e-mail saya ..
    terima kasih

  29. saya 15thn tapi dr kecil smpai skrg sy masih ngompol kdang bisa tiap hari, kadang 1 bln gak ngompol.. ada obatnya gak ya? tlg bls ke email sy, yhx bgt..

  30. saya 15 thun dan blum brhnti ngompol.kalau plangkmpung stiap tahn.malu.obat yg mdah di temukan apa sih.bls email q plis

  31. pertanyaan saya sama dengan pertanyaan diatas.bagaimana mengatasi enuresis pada umur saya 23?ngompol saya memang tidak dg frekuensi sering 1bulan hanya 3 kali.dan biasanya sblum ato sesudah haid.dan ngompolpun saya sprt mimpi dbelakang.tlng bls via email

  32. saya sdh berumur 16th,,,tapii koq saya masih sering ngompol ??? kejadian ini sering saya alami,,minder jadinya..tingkat rasa kepedean saya berkurang derastiss,,tolong tips” yg mudah dan cepat u/ mengatasi masalah inii ??? thx…tolong d.balas via e-mail ya…

  33. sy berusia 20 thn.
    trkadang sy ngompol..itu trjadi ketika sy benar2 dlm keadaan lelah sehingga tdk sadar bahwa saya sudah kebelet pipis..
    trkadang klo sy lgi dlm keadaan stress, sy psti ngompol.
    please kasih sy info utk obat atwpun jamu yg harus y minum. sy sngat malu sx krna sy anak kost.
    plis email me back.
    tQ

  34. saya cowo umur 18 tahun…
    kenapa ya saya masih mengompol,malahan ngompolnya rutin hampir sebulan sekali…

  35. dr dulu smp skrg (22 th) , sy msh serng ngmpol..
    tolng tips mngatasinya ya…

    bals email sy, please…

  36. Umur saya 12 tahun tapi sampai sekarang saya masih sering ngompol , bagaimana cara mengatasinya supaya saya gak ngompol lagi.

    Mohon jawabanya ,,,,,,,,,,,,balas ke email saya ,makasih.

  37. saya berumur 13th. kadang-kadang ngompol, tapi kadang nggak ngompol sampe 6 – 10 bulan, dan tiba-tiba ngomol lagi -.- itu kenapa ya ? dan ngompolnya cuma pas lagi tidur malem. rasanya mimpi ke toilet terus pipis, ternyata malah ngompol di tempat tidur.

  38. saya umur 17thn,msh ngompol tp kdg2 tdk n tdk styp hari.
    Apkh da klainan yaa??
    Bgaimna cara mnghilangkannyaa?

  39. Saya berusia 21 tahun
    Tapi saya masih saja ngompol malah sering banget
    Bagaimana cara mengatasi hal ini saya merasa malu apa lagi saya ini anak kost tolong kasih solusinya. Saya takut jika kelak sudah menikah saya masih saja ngompol
    Dan jika harus periksa ke dokter spesialis apa karena saya gak tahu

    tolong balas ke email saya terima kasih

  40. Keluhannya sama dgn komentar2 sblumnya,,umur sy sdh 22 tahun..tp knp msh mngalami hal seperti itu..
    Itu membuat sy malu sm diri sendiri dan keluarga..

  41. saya sudah brusia 20 tahun tp sya msih sring ngompol, pdahal saya sudah brtekad untuk tdak ngompol tp ttap sj ngompol…
    tolong bantu sya gimna cranya agar sya tdk ngompol lagi…
    please!!

  42. Hi, saya jenuh dan malu sekali dengan keadaan saya yang walaupun sudah berusia 23 tahun tapi masih aja ngompol. Malu sekali rasanya apalagi saya harus pake popok supaya kasur ga basah tiap hari. Tolong bantu saya mengatasi masalah ini.
    Terima kasih

  43. saya dara berusia 16th,, smpai skarang saya masih saja sering ngompol jka tdur malam mskipun tidak sering,, kadang berhenti hnya dalam hitungan minggu,, saya sering malu krna kadang diolok oleh ortu saya,, oleh krna itu sya sering tdak prcya diri dalm sgla hal,,
    apakah ini bisa disembuhkan ??? tolong beri saya solusi yg akurat,,
    please send to my email,, thank you,,

  44. saya berusia 16th n SMA .. tapi kadang2 sy ska ngompol…jarang sii tapi sya mnjadi minder n krg PD…tlg bntuan ny ya gmna cra mnghlangkan ny…trims

  45. saya siswi smk kls 3,umur saya 17 thn
    sma sprti komen2 datas,saya au tnya solusi n tips penyembuhannya,,
    soalnya kebiasaan ini trjadi pd malam saat tidur,
    dlu dimulainya itu pd usia 10 thun sampai skrang,,
    bagaimana solusi dan cara penyembuhannya,,
    saya sering minder sama yg laenya,mngpa nasip saya bgini,
    sesering keluarga saya mengejek,,
    takutnya nanti kebiasaan itu sampai dy menikah,,
    tlong ya scepatnya dbls lwt email saya,,,,,,
    :plis

  46. Saya punya pacar berusia 17 thun,,Dia masih suka mengompol waktu tidur di malam hari cuma tidak sering dan sekarang Dia kuliah, di kampusnya di wajibkan asrama padahal dia masih gitu.. aku kasian sama dia sekarang malah jadi minder? nggak tahu harus gmn??
    pernah aku bilang terbuka saja sama temen2 di asrama kalau masih suka ngompol?apakah itu solusinya kalau ikut di asrama,, aku binggung harus bilang apa?
    soal penyebabnya Ayahnya juga ngompol dulu tp setelah menikah sudah nggak… apa mungkin karena faktor keturunan penyebabnya?dan sembuhnya apa kalau sudah menikah
    please!! email me back.
    thank you

  47. saya berumur 19 tahun…
    dan masih penderita enursia…saya bingung dengan pengobatannya, namun cara yang paling tepat yang saya inginkan adalah tradisional…
    hal ini menurut saya faktor keturunan yang 44% mengalir pada saya…
    bagaimana pendapat anda dan menurut anda the way out yang tepat bagaimana??
    trims… ^o^

  48. saya fifi umur 26 thn..saya punya kebiasaan ngompol krg lbh 1 ato 2 kali sebulan..dan itu ndak bs d pastikan..kdg klo saya byk mnm saya ngompol,tp kdg saya byk minumpun gak ngompol..tdk jelas..tp memang ibu saya jg punya riwayat ini..saya malu dan tdk pd,,apalagi skrg saya mau menikah..terapi apa yg tepat utk kasus saya..?mohon d email kembali..trimaksih

  49. Ini,. AQ skrang umurx udah 17 tahun, truss udah kelas 3 SMA . Tapi msh belum juga bisa ngilangin kebiasaan ngompol aQ,. Gmna dong,. Cara ngtasinx gimana ??

  50. saya sdh menikah slm 4 th dan belum dikaruniai anak, umur 26. pekerjaan gk trlalu berat, tetapi sampai saat ini saya masih sering ngompol. dan hal ini tidak terjadi hanya di malam hari, kadang juga terjadi di siang hari.
    saya mohon jawaban dan solusi yang terbaik untuk keluhan saya ini.

    terimakasih.

  51. saya seorang siswi kelas 2 SMA,,tpi knpa saya msih sja sering ngompol d tmpat tidur,,hal itu biasax mmbuat z malu trhadap tman” z,,g’mna donk cra spya kebiasaan ngompo z hilang,,??

  52. saya seorang siswi kelas 2 SMA,,tpi knpa saya msih sja sering ngompol d tmpat tidur,,hal itu biasax mmbuat z malu trhadap tman” z,,g’mna donk cra spya kebiasaan ngompol z hilang,,??

  53. saya andri..saya sudah berumur 16 thun ,kls 2 sma…
    sjak kcil,hingga skarang,,sya msih ttap ngompol…sy malu sma kwn…tk bisa mengikuti ap ap yg bermalaman…
    bagai mn y,,cr mengatasi kebiasaan tsb..?
    bls k email…plis..

  54. saya andri,,sya kelas 3 sma,,tp saya msih ttp ngompol dr kecil..
    sy malu,,dgn kwn sya,,,tk bisa mengikuti kgiatan yg bermalam..
    bgai mana y cra menghilang kan kebiasaan tsb………,,

  55. Bagaimana cara mengobati anak berusia 16 thn yg masih mengompol,adakan tips2 alami, atau ada gangguan organ” di dlm tbuh,dlm obtnya cntoh.a msal.a harus memakan ini, gtu ?
    Apa smua itu harus ke dokter saja ?
    Yang saya tanyakan, bagaimana cara alaminya mengatasi ngompol pada umur 16 thn & selanjtnya dan organ apa saja yang berpengaruh ??

  56. saya aya 19 tahun, saya masih ngompol kalau malam hari, saya malu dan risih dengan keaddaan ini, saya sudah selalu buang air kecil sebelum tidur, kadang ngompol kadang juga ngga, saya sedih juga, malu rasanya, apalagi setiap wanita pasti ingin menikah, bagaimana rasanya nanti jika suamiku tau aku masih mengompol, tolong kasih tau bagaimana cara sembuh dari keadaan yang sangat memalukan, terima kasih

  57. umur saya 14 tahun . stiap hari saya selalu ngompol . saya juga bingung . kenapa, diumur saya yang 14 tahun ini masih ngompol . kata papa saya, dulu mama saya juga ngompol sampai umur 13 . tadinya, saya fikir saya akan berhenti ngompol ketika umur saya 13, sama seperti mama saya . tapi ternyata tidak . sampai umur 14 pun saya masih ngompol . saya bingung sekali . saya sering diejek oleh kakak2 saya . segala cara telah saya lakukan . mulai dari menggunakan alarm, meletakan capung di pusar juga sudah dilakukan . tapi hasilnya NIHIL . yang tau caranya bales yah .

  58. saya udah 13-tahun masih ngompol tapi jarang kalo malam saya minum banyak yah jadi ngompol kalo sedikit yah bisa nahan apakah saya ini punya penyakit atau enggak….?

  59. Saya berusia 25thn tapi masih sering ngompol..
    tiba” pas bangun udh basah.. harus bagaimana neeh..
    udh terapi alarm tpi ndak kbangun juga…
    ntar kalo sy nikah..
    sy malu ma pasangan saya.. =(

  60. saya wanita berumur 22thn. .
    saya masiih suka mengompol
    bagaimana cara menghilangkannya?
    kirim balik y

  61. umursaya 13 tahun setiap malem biasanya aq masih suka ngompol padahal aq tu sudah pipis berulang ulang tpi sya… ga bisa hilangin kebiasaan itu… atau ada penyakit si tubuh atau di kelamin saya ya……… tolong bantu yaa pleaseeee tolong balas lewat facebook.. bayu sevenfold

  62. sam eperti coment” sebelumya gomana solusinya karena posisi saya ada di pondok kalau sering terjadi kan malu sama temenn-temen
    saya mohon sangat ya atas dolusinya

  63. Bu/Bpk. numpang tanya kenapa ya anak sy sudah berumur 20 thn setiap malam tidur mesti ngompol, bagaimana cara mengatasinya, mohon balasan ke email sy terima kasih

  64. gimana donk cara ngatasinya :'(((( menderita banget.. maluuuu :””(((((
    *putus asa bgt*
    pleaseeee bls.. pleaseee.. makasih

  65. Sya umur 18th tp ko msh suka ngmp0l
    tp kdang dlm 1bln full sy g ngmp0l
    tp klo lg sering bsa 3hr brtrut2
    tlg d0ng ksh saran pg0btanya
    sy malu bgt ..

  66. usia sya 21thun tpi msih ngompo;,,knapa ya . apa mungkin ada penyakit pada kantong kemih atau deep sleep sperti yg sya baca artikel diatas,, apa msalahnya yg terjadi pdhal sbelum tidur saya kencing dulu.. plez diblzz cara pencegahannya yah…..

  67. umur saya 15 thn, tapi sampai skarang saya masih saja ngompol, mungkin dalam 1 mggu, saya bisa ngompol sampai 2-3 kali, tolongin saya , gmana cara ngilangin itu… ada gak tumbuhan-tumbuhan gitu yang bisa jadi alternatif buat saya….

    please bales ke email saya…
    wahyu_asharul@yahoo.com… please…..

  68. saya sudah berumur 20 tahun. gimna cara menghilangkan kebiasaan mengompol ini.. malu bget sya sama keluarga. sering tidak percaya diri. apalagi qlo sampe ketauan pacar. malu 7 turunan saya. tolong kasih sarannya ya.. sangat menderita dengan kebiasaan ini.. tolong blas ke email saya ya.. ditunggu..

  69. Anak saya berumur 10 tahun dan masih ngompol. tetapi tidak setiap hari, 2-3 hari gompol, tidak ngompol 1-2 hari.

  70. saya perempuan 20 taun masih ngompol,.sejak SMP,.dalam satu bulan bisa 6 7 kali saya ngompol,.kadang kadang pula saya ngompol 5 hari berturut turut,.
    selama ini pula saya pernahngmpol 2 kali saat tidur siang,.apa penyakit saya ini?dan bgaimana cra mengatasinya,.terimaksih,.tolong balass

  71. Saya bingung dgn diri saya, pdahal saya udah sma, tp saya masih tetap aja ngompol. Saya merasa malu dgn keadaan dirumah saya,,,..

    Bgaimana cara mengatasinya..
    Tolong balasannya ke E-mail saya…

  72. saya wanita berumur 18 tahun
    saya sering ngompol dan saya tidak tahu cara mengatasinya
    saya malu sekali kepada keluarga saya
    saya mohon Bpk/Ibu membantu saya memberi solusi terhadap masalah saya ini
    terima kasih

  73. saya pnya saudra udh 15th dok.,
    tp tetep aja ngompol.
    gimana iya cranya agr kbiasaan ngmpolnya cpet hlang ????
    trima ksih ,,,,…..

  74. terapi apa yg harus di jalani agar kebiasaan mengompol hilang.. krn saat ngmpol di mimpi it buang air kecil di wc tp setelah bngun kasur basah.. apakah ini penyakit dan saya harus ke dokter mana. Trimakash tolong bls ke email saya

  75. sya brumur 22 tahun,dr kecil smpai skr sya msih mempunyai kbiasaan ng0mp0l saat tidur,ketika bangun sdh basah,pdhal sbelum tidur sya jg pipis dlu,
    dan sya sangat susah untuk menahan buang air kecil,
    sya sbenarny sngat malu,dan tertekan,
    gimana nanti kl0 sya sdh menikah,,?malu kan sma suami?
    tl0ng bntu sya untk mng0bti pnykit ini,
    swetty zhemutly ayhuki

  76. saya berumur 12 tahun,saya sring mengompol pd malam hari saya sering diolok2 sm mama saya,bahkan dipukuli,saya jg minder karna smua saudara saya sdh tdk ad yg ngompol lgi.padahal saya sdh sering melakukan kegiatan2 sbelum tdr yaitu tdk minum air bnyak2 tetapi tetap saj a mengompol.saya takut kebiasaan ini tdk dpy sembuh ketika saya sdh besar nnti.
    please balas email saya;(

  77. Saya 19 tahun, tp masih suka mengompol. Jangkanya bisa sering dan terkadang. Saya fikir saya mengompol hanya karna kedinginan tp setelah saya tidur dg berpakaian hangat, hasilnya sama saja. Apa saya memiliki kelainan? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada cara alami selain terapi.
    Terimakasih mohon dibls

  78. sy mmpunyai suami sudah brumr 22th, tp mash sering ngmpol.. kalo sy tanya ke suami sy., sy slalu dmarhi.
    ap pnybbnya? apkh suami sya mempnyai kelainan atau penyakt yg lain? dan bgaimana cra mengobtinya?

    tlong blz. trimz

  79. saya sudah berumur 12th tpi saya masih ngompol,saya malu jika sodara2 saya menginap di rumah saya saya minta solusinya dong agar saya tdk ngompol lgi y………………

  80. saya berumur 12th tpi saya mesih ngompol saya malu sama keluarga apalagi sampe ketauan sama temen n sodara bsa di ejek akusya minta solusi nya y agar saya gx ngompol lgi…………………

  81. yuppppppppppppppp,,ap siih obat mujarabb nya ???????????
    pliz udah gk tahan lg sya mrasa trpojok (umur udh mwu menginjak 20 taon
    sbelum dn sssudah.a trima kasihh,mhon blasannya ya….

  82. saya sudah berusia 16 tahun duduk di kelas sma kelas 2 tetapi saya masih mengompol … aku ngerasa nggak pede , minder , malu , apalagi dikelas 2 ini kegiatannya kebanyakan diluar sekolah dan menginap … bagaimana cara mengatasi mengompol saya ? please reply back to me :) karena ini sangat penting bagi saya :)

  83. Saya berumur 16th saya bingung kenapa dalam usia ini saya masih ngompol, bahkan kadang setiap hari kadang juga ga. padahal saya malu ketika saat menginap d rumah nenek trus ngompol. orangtua sering marah gara2 gua sering ngompol padahal gue juga ga mau kyak gini trus apa lagi kbiasaan ini sampe gue nikah terus ngompol maluu bgt, pliis tolong gimna cara mengatasi masalah ini , saya bingung ada apa dengan saya ? :'(

    balas ke email saya pliss tiqha_chacut@ymail.com

  84. umur saya 18 tahun, tapi masih sering ngompol, kadang tidak juga. saya merasa minder dan malu. apalagi saya anak asrama..
    tapi saya memang ada keturunan begitu..
    tolong solusinya..

  85. sya dri kcil smpai umur 19thn sering ngompol tiap tdr mlm,bahkan sampai tiap hri..knp ya??tlong donk ksih jwabanx

  86. Wah ternyata banyak yg masih mengompol seperti saya…

    Tapi masalah mengompol saya sudah mulai berkurang setelah saya berkonsultasi dengan dokter melya :)
    Kalian dapat berkonsultasi melalui blog nya, doktermelya.wordpress.com

    Semoga membantu…

  87. Saya gadis berumur 20thn tapi dari kecil sampe umur saya sekarang masih aja ngompol padahal udah di pake capung bujel saya nya tapi masih aja tetep ngompol, kira kira obat buat nyembuhinnya apa yah?
    Tolong di bantu yoooo

  88. Saya umur 23 tahun, saya masih sering mengalami ngompol, ketika saya tidur terlelap saya bermimpi kencing di toilet, dalam mimpiku itu kencingku terputus-putus. Setelah saya sadar ternyata aQ diatas kasur. Aku sering minder dengan keadaan ini. Apakah ini bisa diobati bagaimana yg harus saya lakukan supaya aku bisa terbebas dari kebiasaan buruk itu?
    Aku tunggu jawabanya di inbox secepatnya… Makasih.

  89. Saya berusia 24 tahun tpi msih terkadang ngompol,disaat saya ngompol disaat saya mimpi buang air kecil. dan disaat saya bangun tiba – tiba celana saya sudah basah. Hal ini terjadi jika musim hujan atau disaat saya mnum terlalu banyak. Bagaimana saya mengatasinya. saya malu sama keluarga dan teman – teman saya. mohon bantuannya. Thank U :-)

  90. Shalom.. sy umur 21 thn,, sy masih mengalami ngompol pada mlm hari (Kira-kira selang 1 atau 2 bulan sekali). kejadian terakhir ketika sy tidur mnggunakan AC dan berada di daerah dingin. ketika sdg tidur saya bermimpi buang air kecil di toilet, tapi saat sy sadar, ternyata tempat tidur sy sudah basah.. sy sangat malu dgn kebiasaan ini. akibatnya sy malu & takut u/ bepergian (Berkemah, dll) dgn teman-teman sy, padahal sebelum tidur sy sudah buang air kecil. apakah ini merupakan penyakit?? bagaimana cara penyembuhannya,, tolong masukannya melalui email.. trimakasih banyak.. Gbu

  91. Qhue Umur 16 thun,
    mau mengnjak umur 17 Thun,
    Kenapa ea Qhue msich sering suka ng0mp0l,
    Padahal Qhue mau dilmr ma cw0k,
    pi q mindr gra2 Qhue msich sering ng0mp0l,
    Tlong bntu Qhue untk mengatasi ini semua,
    n bgaimana q mengatasi msalah ini,.

  92. umur qhue 16 thun,
    mw mengnjak 17 thun,
    pi q msich suka ng0mp0l,

    tolong Q untk mengatasi ni,
    q sangat minder n malu,

  93. Saya beumur 17 tahun, tetapi saya masih mengompol…adik2 saya juga begitu jadi kadang ibu saya mengeluhkan hal tersebut…saya minta tolong bagaimana cara menyembuhkan penyakit ini…
    Menurut om saya, om saya juga begitu tetapi kalau kecapaian aoakah ada kemungkinan ini faktor keturunan? Dan bagaimana cara mengatasinya????
    Email saya jawabannya….

  94. Kasusku sama kyc komentar di atas semua, udh gede tp masih ngompol. klo ngompol d rmh sih g masalah. tp masalahnya q pernah ngompol di kos. malu ples depresi saat itu.
    bagi para komentator yg udh berhasil sembuh dr ngompol tlong d share ya :D

  95. aku sudah 15thn masih mengompol, seminggu bisa 7x mengompol. tapi kadang seminggu berturut2 gak ngompol lagi. aku ada kelainan apa ya? lalu cara mengatasi nya bagaimana? mohon balasan nya ya, soalnya aku malu sama teman2 aku kalo main ke kamar masa bau pesing :(

    mohon dibalas ya please ghina.shawty@yahoo.com

  96. mohon bantuannya…
    saya..kok masih ngompol padahal sudah pipis dan minum sedikit air waktu mau tidur… saya umur 27 tahun dan udah merid saya malu dok…
    dan yang terjadi ngom[pol jika capek kerja dan udara dingin sekali wah itu selalu…apalagi kalu tidur pulas sehabis kerja kan capek…
    jadi meskipun jam beker itu g bisa ter bangun kadang2 aku dok…pas basah celana baru bisa bangun…karna risih dan g nyaman itu jadi bangun…

    bingung saya dok gimana nyembuhinya ya…padahal latihan nahan pipis pun aku lakukan dok… trim mohon di bantu ya dok…

  97. umur saya 19 tahun
    dri kecil sampe skrang hampir tiap minggu saya ngompol ,
    saya tidur nya terlalu lelap , dan nggak pernh berasa kalo pengen pipis , kalo seandainya berasa ,pasti saya bangun ,ini malah nggak . berasanya waktu kasur udah basah ..
    aduh sampe malu saya sama tetangga ..tolong dongg ,bantu ..
    kalo ini sampe berlanjut smpe tua , saya kan malu sama suami n mertua saya :'(
    help me , please answer

  98. sebut saja saya Mrs.W
    umr sy 21 th
    hr senin kmrn sy dan psgn sy mlkkn hbgn
    stlh it bsk mlmx sy enuresis
    kq bs yaa?
    ap sfinter ani sy ud tmbh bsr mkx gg bs d kntrol?
    tlg yaa email balikk d email sy
    lly.jeyeqq10@yahoo.com

    thx b4

  99. sya berumur 20th tpi sya msih mngompol tlong bantu ya ksih tau pnyebabnya dan obatnya apa?saya malu sudah tua msih punya kbiasaan sprti ini,,terimakasih..

  100. aku sudah berusia 17 thun, tapi kenapa ya aku msih ngompol? Sedangkan adik q yang umurnya 13 tahun tdk ngompol…kalau di bilang ini faktor keturunan, ga’ mungkin karna baik ortu atau saudara2 aku yang lain gak ada yang mengalami ini……Aku malu kali kalo kayak gini hampir setiap malam aku ngompol,,,,Tolong beri saya solusinya ya plees!!!!

  101. Umur aku 14 tahun, aku masih sering ngompol, kadang berturut turut ngompolnya tiap hari, kadang juga gk ngompol lgi, aku binggung, aku malu suka d ejek kluarga, tpi ada jga kponakan aku umur 11 tahun masih ngompol kya aku, gmna caranya agak kami brdua gk ngompol lgi, tpi pke cara tradisional…
    Thanks

  102. te2/ka2 keluhan sy sm kya komen2 yg laen’a, usia sy 19 tahun tp msh sering ngompol,tlong dong ksh tw solusi y apa ada obat yg hrus di minum,coz mlu bnget sm swdra n tmn2,tlong bngtet yah,bls ke pesan fb sy,

  103. mohon bantuannya..
    saya perempuan usia 21th..
    saya bingung kok d’usia saya yg sdh m’masuki dewasa ini masih ngompol, dan itu terjadi dbawah kesadaran saya.Meski jarang tapi saya tetap malu sama orang tua dan keluarga,apalgi sebentar lg saya mau menikah,pastinya saya malu kalau suami saya nantinya sampai mengetahuinya..apa dapat diatasi atau saya ada kelainan penyakit?
    mohon jawabannya,,email ke saya ya dok…terima kasih

  104. Anak saya yang berumur 4 tahun alhamdulillah sudah mulai terbiasa untuk ke kamar kecil dulu sebelum tidur, sehingga saat ini jarang ngompol di kamar tidur. Tidak terlalu risau sebenarnya, karena ngompol terkadang terjadi sampai kelas 5 atau 6 SD, meski sebenarnya sudah membiasakan diri ke kamar kecil sebelum tidur.

  105. saya sdh berumur 19th,,,tapii koq saya masih sering ngompol ??? kejadian ini sering saya alami,,minder jadinya..tingkat rasa kepedean saya berkurang derastiss,,tolong tips” yg mudah dan cepat u/ mengatasi masalah inii ??? thx…tolong d.balas via e-mail ya…

  106. assalamualaikum
    umur saya 15 tahun kenapa saya masih ngompol tapi jarang si ngompolnya apakah saya punya penyakit yg saya belum pernah diketahui
    tolong berikan solusinya donk……….????

  107. Ternyata gak cuma Aku yang masih ngompol sampe umur 16thn. Susah kalo nginep2,bahkan aku gak pernah ikut camping.. Yang ga ngerarain si pda ngomong doang…mereka gak tau apa yg kita rasakan.

  108. saya sudah berumur hampir 17thn tapi saya masih ngompol dan frekuensinya terbilang sering karna hampir setiap hari dan juga saya tidak bisa nahan kecing padahal sudah saya coba tapi selalu tidak bisa ,saya jdi minder untuk bergaul dgn teman2 yg lain , apakah ada kelainan dalam diri saya dan bagaimana cara mengobatinya,adakah obatnya,dan solusi terbaik untuk penyembuhan penyakit saya ini ? Tolong dibalas via email

  109. saya ber umur 13 th hampir 14 th tapi saya mash ngompol…
    kebiasaan itu brlarut larut sjak klas 4 sd,,,
    tapi, dulu ngompol.y kadang kadang..
    skarank malah jdi sering.
    dulu sh prnh udh gx ngompol lgi tapi, gx tau knp skarank ngompol lgie….
    saya jdi malu sma kluaerga dn tmn” itu pun kalo merka tau…
    kadang saya jadi minder sndiri,….

    gmana sh cara mngatasi.y,, jg lpa di bls yha,,,

  110. saya berumur 23th sebentar lg akan menikah,, tpi saya kdang masih mengompol,, dalam 1 bln kadang mengompol,, bagaimana cara mengatasinya? saya harus berobat kmna agar saya bs sembuh? terimakasih banyak bantuannya..

  111. dok , usia saya sekarang 21 tahun tapi masih sering ngompol . apa yang harus saya lakukan ?? kalo mau periksa sebaiknya dokter bagian apa ya??tnks

  112. sya sudah berumur 14th,,,,,,,,,,tpi kok sya masih ngompol???kejadian ini terjadi terus,,,,sya alami,,minder,,,soalnya,,,sya,,,mao,,mondok,,dipesantren,,,,kta kyai klo ga mao ngompol lgi ktanya suruh minum kulit domba yang sudah lembut,,,,sya berkurang derastiss,,tolong tips”yg mudah dan cepat u/mengatasi masalah ini???? bls yyy di fb sya

  113. saya terkadang masih suka ngompol, pada umur saya sudah 17 lebih, apakah ada kelainan dalam diri saya ? trus bagaimana cara mengobatinya

  114. Ass… saya berusia 20 thn msh suka ngompol sampai sekarang. Saya sering merasa anyang anyangan, susah bab, dulu ketika d smp pernah berobat kata y mengalami ISK. Saya sdh d tinggal ibu saya meninggal ketika berusia 7 tahun. Saya sering mengkonsumsi makanan pedas. Pasti kalau habis makan pedas saya ngompol. Saya suka minder dengan lingkungan keluarga saya sdh besar masih ngompol dan sering diledek kalau ngompol..saya sering latihan kegel tpi msh saja ngompol. lalu saya harus bgaimana ya?..

  115. saya 19 dan tengah kuliah, tetapi masih mengompol,, kegiatan buruk ini masih saja terjadi sejak kecil dan belum teratasi.. tak masalah jika saya mengompol saat tidur di rumah, tapi akan jadi sangat memalukan jika itu terjadi saat berada di tempat lain. mohon pencerahan dan solusinya…

  116. di umur saya yang sudah 26 th saya masih mengompol, saya sudah pernah pijet biar berhenti tp nihil, sebentar lagi saya mau menikah,saya takut klo msh mengompol meski calon saya sudah tau hal ini..tolong bantu saya mengatasi hal ini, terimakasih.

    tolong email saya

  117. sy gadis usia 22 thun, tiap mlem sy msh ngompol, risih minder dan malu dengan keadaan kyak gini, apalgi sbntar lg sya mau nikah, mohon bantu sya mengatasi ini, tolong kirim ke email sya. .
    indahmandah13
    @gmail.com
    sya sungguh mengharap bantuanya. .terima kasih

  118. Umur saya udah 18 thn, saya mempunyai keluhan seperti yg sudah berkomentar disini ..
    saya masih suka suka pipis pada saat sedang tertidur .. saya suka pipis jika cuaca nya terasa dingin, pengobatan/ramuan apa untuk mengobati keluhan saya ini .. saya sangat malu terhadap diri saya sendiri, bahkan sangat malu oleh orang tua sendiri, oleh sodara, tetangga, apalagi kpada orang lain :'(
    saya mohon.. kasih saya tips yang paling jitu ya agar bisa sembuh .. mohon di bales komentar nya melalui e-mail facebook: eneng.cunil@yahoo.com ..
    terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s