Cranberry Cegah Kekambuhan Infeksi Saluran Kemih pada Anak


Sumber : http://health.detik.com/read/2011/12/02/142659/1781150/1301/cranberry-cegah-kekambuhan-infeksi-saluran-kemih-pada-anak?d8833health


Jakarta, Anak-anak dan orang dewasa yang mengalami infeksi saluran kemih (UTI) berulang biasanya diresepkan antibiotik jangka panjang untuk pencegahannya. Tetapi obat tersebut dapat memiliki efek samping dan dapat menyebabkan bakteri resisten. Penurunan risiko infeksi berkurang jika minum segelas jus cranberry setiap hari.

Sebuah hasil penelitian baru menunjukkan bahwa setelah mengalami infeksi saluran kemih (UTI), anak-anak di Finlandia dapat mengalami penurunan risiko infeksi berulang jika minum segelas jus cranberry setiap hari. Infeksi tersebut dapat merusak ginjal, serta membuat ketidaknyamanan.

“Untuk anak yang memiliki UTI berulang, saya berpikir bahwa studi ini dapat membuktikan bahwa suplementasi dengan jus cranberry dapat mengurangi jumlah kekambuhan,” kata Dr Brett White, seorang dokter spesialis pediatri dan keluarga di Oregon Health and Science University, Portland seperti dilansir dari HealthNews, Jumat (2/12/2011).

Penelitian tersebut telah melibatkan 255 anak usia 1-16 tahun yang dirawat oleh karena UTI di tujuh rumah sakit yang berbeda. Anak-anak tersebut dibagi secara acak menjadi 2 kelompok.

Setengah dari mereka minum secangkir jus cranberry setiap hari selama 6 bulan, sementara separuh lainnya tidak minum jus cranberry sama sekali. Selama tahun berikutnya, anak-anak tersebut masing-masing mendapatkan 20 dari 126 minuman cranberry dan 28 dari 129 minuman non-cranberry. Anak-anak tersebut setidaknya memiliki satu kali kekambuhan ISK.

Di antara anak-anak yang memang memiliki infeksi berulang, yang telah minum jus cranberry sehari sekali memiliki penurunan risiko kekambuhan UTI selama penelitian dan menghabiskan sedikit waktu untuk mengonsumsi antibiotik.

Peserta pada kelompok jus cranberry memiliki 27 infeksi baru dan menghabiskan rata-rata 12 hari selama setahun untuk mengonsumsi obat antibiotik untuk UTI. Dibandingkan dengan 47 infeksi baru pada peserta kelompok non-cranberry diresepkan rata-rata 18 hari mengonsumsi antibiotik.

“Orang tua dari anak-anak dengan UTI berulang harus mempertimbangkan jus cranberry sebagai tindakan pencegahan, namun bukan sebagai pengganti antibiotik jika memang diresepkan antibiotik oleh dokter.

Empat ons cranberry sehari dapat dianggap tindakan pencegahan terhadap UTI berulang yang tidak berlebihan. Jus cranberry terlalu banyak dapat menyebabkan gigi berlubang dan diare,” kata Dr. Nader Shaikh.

“Penelitian sebelumnya telah memeriksa efek dari jus cranberry telah terbukti menurunkan jumlah gejala UTI pada wanita. Ada sesuatu dalam buah cranberry yang khusus dapat mencegah bakteri yang menempel pada dinding lapisan kandung kemih. Kita dapat berasumsi bahwa mungkin akan berlaku untuk populasi lain juga, termasuk anak-anak,” kata Dr. White.

Hasil studi baru juga telah menemukan bahwa, cranberry tidak begitu baik sebagai antibiotik untuk mencegah UTI pada wanita. Ada bukti-bukti yang terbatas mengobati anak-anak dengan obat antibiotik jangka panjang benar-benar dapat menangkal infeksi.

“Tetapi pendekatan pengobatan tersebut mungkin akan meningkatkan risiko bakteri menjadi resisten terhadap obat antibiotik yang telah digunakan,” kata para peneliti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s