Meningkatkan Kemampuan Mengeja Kata


Sumber : http://milissehat.web.id/?p=1792

Beberapa anak mengalami masalah yang cukup pelik dalam hal kemampuan mengeja. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan, dengan hanya menggunakan bahan yang berada di sekitar anda, yang dapat membantu kenikmatan dan ketertarikan anak anda terhadap membaca dan menulis.
Anda dapat membantu anak anda dengan tips-tips di bawah ini:
• Melalui magnet dengan karakter huruf yang biasa di tempelkan pada lemari es, atau dengan karpet lantai dengan karakter huruf, dan lakukanlah permainan kata. Buatlah sebuah kata, dan ambil beberapa huruf dari kata tersebut. Dan mintalah anak anda untuk meletakan huruf tersebut pada tempat yang tepat.
• Bermain dengan menggunakan sejumlah kata, dalam bentuk daftar. Mintalah anak anda untuk menyusun kata tersebut berdasarkan huruf pertama dari setiap kata (misalnya: Cat, Fat, Hat, Mat, dan Sat). Atau anda dapat meminta anak anda untuk menyusun, berdasarkan huruf kedua dari setiap kata (misalnya: bag, beg, big, bog, bug).
• Selain itu, permainan menemukan kata, dapat di pertimbangkan. Berikan anak anda majalah atau Koran, mintalah mereka untuk ditandai atau lingkari setiap kata yang berakhiran –ed, atau kata yang diawali dengan huruf “p”. Berikan permainan yang lebih sulit lagi, tentu saja di dasarkan pada kemampuan anak anda.
• Gambarlah atau gunting gambar dari koran atau majalah secara berpasangan, dimana perbedaan nama benda tersebut hanya 1 huruf (misalnya: pen dan pin). Hal ini bertujuan agar anak dapat membedakan bunyi vokal dari setiap kata yang di ucapkan (a, i, u, e, o).
• Berikan cermin kepada anak anda, sehingga mereka dapat melihat gerakan mulut mereka ketika mereka mengucapkan setiap kata, sehingga ketika mereka menulis kata-kata tersebut mereka dapat membedakan berdasarkan cara mengucapkan, seperti huruf m dan w, p dan g.
• Berikan permaninan yang bertujuan agar anak anda dapat melihat adanya perbedaan antara dua kata yang hampir sama, seperti tap dan tape, hop dan hope, kata yang huruf terakhir dari kata itu, berperan dalam cara mengucapkan seluruh kata tersebut.
• Ajaklah anak anda untuk bermain menyusun huruf, membentuk kata yang lain (anagram), selain nama mereka, atau kata yang lain yang mereka tahu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s