Jangan Abaikan 7 Gejala Kesehatan Ini


sumber : http://www.wolipop.com/read/2011/08/25/170809/1711358/1135/jangan-abaikan-7-gejala-kesehatan-ini

Jakarta – Anda perlu waspada dengan setiap gejala yang muncul pada tubuh. Bisa jadi hal tersebut mengarah kepada penyakit serius. Seperti yang dikutip dari mayoclinic, berikut tujuh gejala yang tak boleh diabaikan.

1. Turunnya Berat Badan Secara Drastis
Menurunnya berat badan tanpa perlu usaha yang besar mungkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Sayangnya hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada yang salah pada kesehatan Anda.

Jika Anda kehilangan hingga 10 persen dari berat badan selama enam bulan terakhir, segera konsultasikan pada dokter. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti tiroid yang terlalu aktif, diabetes, depresi, penyakit hati, atau kanker.

2. Demam Tinggi & Berkepanjangan
Demam bukan selalu berarti tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. Deman memiliki peran penting dalam memerangi infeksi. Namun jika demam yang Anda alami lebih dari tiga hari, Anda harus memeriksakannya ke dokter. Dalam beberapa kasus, demam tinggi lebih dari 39,4 C dan berkepanjangan bisa disebabkan oleh gejala kanker ganas.

3. Sesak Napas
Sesak napas dapat disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis kronis, asma, pneumonia, gumpalan darah pada paru-paru, serta gangguan jantung dan paru-paru lainnya. Biasanya sesak napas yang berbahaya disertai dengan rasa cemas yang berlebihan sehingga menyebabkan denyut jantung yang cepat, berkeringat dan gejala fisik lainnya.

4. Berubahnya Kebiasaan Buang Air
Buang air besar atau kecil sangat bervariasi pada tiap manusia. Saat Anda menemukan perubahan yang tidak biasa, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter Anda. Perubahan kebiasaan buang air bisa berupa:

– Disertai darah, berwarna pekat dan kental atau padat seperti tinja.
– Diare atau sembelit yang berkepanjangan.
– Keinginan buang air besar yang tidak bisa tertahankan.

5. Kepribadian Berubah
Jika Anda tiba-tiba merasa bingung, kebingungan mengenai waktu dan tempat (disorientasi), memiliki masalah konsentrasi, perubahan perilaku –menjadi lebih agresif– bisa jadi Anda mengalami masalah kesehatan. Perubahan perilaku bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi, anemia, gula darah rendah, dehidrasi atau kondisi kesehatan mental yang terganggu. Tak jarang, penggunaan obat-obatan memiliki pengaruh terhadap perubahan perilaku ini.

6. Merasa Kenyang Walau Makan Sedikit
Biasanya rasa kenyang ini disertai dengan mual, kembung dan juga demam. Penyebab yang sangat mungkin adalah heartburn (nyeri di ulu hati), Irritable Bowel Syndrome (sindrom iritasi usus), Gastrict Outlet Obstruction, kanker esofagus, dan masalah-masalah perut lainnya.

7. Kilasan Cahaya
Titik terang atau kilasan cahaya bisa menjadi pertanda bahwa Anda migren. Namun dalam kasus lain, gejala ini bisa menunjukkan ada yang salah pada retina Anda. Segera lakukan perawatan medis untuk mencegah kerusakan penglihatan permanen.

(eya/eya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s