Q & A Cara Pemberian ASI Perah


sumber : milis sehat
Asi + mengamuk luar biasa

Question : O iya dokter Wati, dan Sps,
Ada satu hal lagi. Sudah hampir 2 hari ini setiap bayiku terbangun karnalapar dan diberikan ASI pake botol ataupun disendokin pasti langsungmengamuk luar biasa. Akhirnya digendong utk didiamkan, tapi tetep jugamengamuk, bisa skitar 1 jam terus mengamuk dg menegangkan kepala, badan danjuga kakinya kebelakang spt meminta dilepaskan. Kejang sekali dok! Apaadayg salah di badan bayiku ya dok?Kemarin senin saya coba bawa utk dipijat, dan dibilang ada yg sakit dibagian leher kirinya. Memang kalo malam saya suka memberikan ASI dg posisitidur dan lbh banyak di sisi kiri bayiku. Apa itu gak bener ya dok?
Akhirnya kami berikan ASI memakai sendok dg dipaksa, sampe menangisjejeritan, apa itu bisa membuat bayi ku trauma ya dok? Apa ada yg salah dibayiku ya dok? Atau ada cara lain memberikan ASI, karna sudah cobaberbagaicara dan juga dg pipet tetep gak mau. Disembur keluar.
Mohon advise nya dok, dan Sps.Lince (bingung dan sedih sekali dok)

Answer 1 : Dear Mba Lince,
sekedar bagi pengalaman aja, untuk masalah ASI ini, sy juga selalu memberiASI anak saya (julian -7bln) dengan posisi tiduran, krn lebih comfort buatdia dgn posisi tsb. & sebisa mungkin saya coba untuk menyusuinya 2 sisibergantian di bagian kanan & kiri, meskipun dia kelihatannya sdh kenyang tpselagi msh mo’ nyusu/nenen, saya tetap kasih, kecuali kalo dianya sdh samasekali gak mo nenen (b’arti dianya udh kenyang bgt & udh dilepas). Jadi jgnsampai kita ksh dia ASI dgn sendok ataupun botol kalo dia terbangun, & kaloanak mba gak mo di susui lsg oleh mba, coba dulu sambil digendong-gendongtapi tetap menyusui ASI lsg dr Mba, tanpa pakai alat apapun, krn biarbagaimanapun anak kita lebih merasa diberikan kehangatan oleh si Ibunyakalau berdekapan drpd menggunakan alat spt sendok/botol. Rasanya kalo kitasdh terbiasa menyusui ASI lsg, si anak akan secara otomatis tdk mo’ adanyaperubahan ya mba…apa mungkin saat itu krn terbangun dr tidur & kondisinya lapar jadi ngambekkalii..alhasil gak mo’ dibujuk dech.
Wassalam’
anggun

Answer 2 : Mbak Anggun,
Diberikan ASI nya pake botol atau disendokin ya pada saat saya dikantor dancuma siang hari, jadi mbak nya yg ngasih. Tapi kalo saya di rumah, otomatislgs nenen dari saya lgs.Nah, sekarang ini sdh 2 hari setiap siang hari sehabis bangun tidur atausewaktu msh melek dan sdh waktunya minum, tiap kali dikasih ASI dg botolatau disendokin oleh mbak ataupun papanya pasti lgs ngamuk, jadinya yadipaksa disendokin sampe jejeritan daripada gak ada yg msk sama sekali.Tapi katanya ini bisa bikin bayi trauma? (cmmiw), Habis ditungguin dandicoba terus tetep aja gak mau sama sekali. Sedangkan saya takut asupannutrisi buat anak jadi kurang karna kan bayi 3 bln msh mengandalkan ASIsaja. Apa bayi saya kurang enak badan ya dok? So far dia tdk demam tpmemang rewel nya luar biasa dan ngamuk2.
Mungkin Sps yg lain ada yg bisa bantu saya??Lince (bingung sekali dok!)

Answer 3 : Mba Lince,
Sorry juga ya.. kalo slah persepsi nih.. soalnya dr yang aku simpulkan tadikalimat dr terbangunnya anak mba itu loh.. abiss gak ada penjelasan bangunsiang sih… Oh ya… kalo udah 2 hari ini seperti itu, berarti seblmnyabiasa2 aja kan, kalau boleh tau dotnya itu yang bentuknya orthodontics spthuki, atau yg pigeon… atau diluar itu, yah kemungkinan dpt divariaskiankali ya mba.. dulu anakku pakai dot pigeon ternyata dia gak terlalu suka,sering digigit, & disembur, akhirnya aku coba ganti yang huki (yg elastisspt bentuk puting payudara) ternyata dia lebih suka…, coba dech observe 2hari belakangan ini ada gak sesuatu yang khusus dimana dia sgt tdk sukasesuatu itu & apa penyebabnya… maaf lagi nih kalau kurang membantu.

anggun

Answer 4 : Anak saya waktu umur 3-4 bln juga pernah tuh kayak gitu…ngamuk ampemukanya merah bangetberapa kali kejadiannya berulang2, udah gitu saya perhatiin…ternyata karena tiap bangun tidur nggak ada orang yang nemenin dia, jadidia keselapalagi kalo ‘agak’ terlambat nyamperin… waduh….kalau udah kesel, ampun deh, asli nggak mau diapa2-in
jadi waktu itu kita selalu jaga2 disekitar dia kalo udah mau bangununtungnya kita udah tau kira2 jam bangunnya atau gelagatnya kalo udah maubangun
trus kalau dia lagi kesel, kita diemin aja dia nangis sampe puas, sambildibelai2 sayang…trik tsb ampuh buat anak saya, nangis ngamuknya jadi cepet reda….🙂
kalau lagi nangis jangan dipaksa2 dulu, nanti malah tambah nangisnya…coba di berhenti-in dulu nangisnya, baru coba kasih ASI-nya
jadi coba deh perhatiin apa maunya atau apa ada yang salah, ada yang sakitatau salah posisi tidurnya….Mbak sama BS-nya jangan panik yah, kalo panik, anak kita malah tambah kejernangisnya lho…
-ulf-

One thought on “Q & A Cara Pemberian ASI Perah

Tinggalkan Balasan

