Q & A ASI & Bilirubin


Asi bilurubin

sumber : milis sehat

Question : dr. Wati dan Smart Parents;
Hari Jumat dini hari kakak kandung saya melahirkan bayi laki2 secara normal, tp melalui proses vaccum karna sudah kehabisan tenaga utk ngeden. Esok harinya bilirubin bayi dicek dg hasil 9,2 dan hari senin pagi kemarin kontrol dsa nya ternyata billirubin nya naik menjadi 12,7 sehinggadisarankan saat itu jg dirawat di RSIA Evasari, tempat yg sama dimana kakaksaya melahirkan. Karna vaccum dan mengalami pendarahan yg lumayan banyakserta rasa sakit sekali (begitu yg dirasakan kakak saya), sehingga iamengalami stress dan ASI tidak keluar sudah sampai hari ke 6 ini. Apastress itu yg membuat asi nya tdk keluar? Yg mau saya tanyakan ada kiat apa yg harus dilakukan oleh kakak saya utk memacu ASI nya spy keluar, dan apa kondisi bilirubin bayi nya mengkhawatirkan kesehatan bayinya?Sewaktu saya tanya ke suster yg merawat alasan bilirubin tinggi adl. karnabayi pada saat dilahirkan harus di vaccum. APa benar spt itu ya dr. wati? Saya tahu kemarin sempet dibahas mengenai billirubin tp saya kurang benar2mengerti sekali, jadi mohon pencerahan dr. wati dan smart parents.
Terima kasih sebelumnya,
Lince Luciawaty

Answer 1 : LINCE – ASI DAN BILIRUBINApa ada bengkak di kepala si bayi? Yang kamu bilang mengalami perdarahanbanyak tuh ibunya atau bayinya?Lince, coba kamu browse AAP hiperbilirubinemia (kan milis gak boleh adaattachment), disitu kamu bisa lihat SOP terbaru perihal hiperbilirubinemia
Bil 12.5 sih gak bahaya dear. Sekarang kan kalau bayi cukup bulan batasanuntuk terapi sinar kalau bil 18mg/dl.Di lain pihak, bayti baru lahir bilirubin tinggi karena bilirubin ini punyafungsi, yaitu sebagai anti oksidan.Vaccum bisa menyebabkan bilirubin tinggi kalau ada cephalhematoma artinyaada perdarahan di bawah kulit kepala yg besar. Nah darah yg menggumpal itukan produk sampahnya bilirubin
Soal stress, pasti ASI jadi berkurang karena kalau stress hormon oksitosinberkurang.Bicaralah dengan kakakmu, stress tidak akan memevahkan masalah bahkanmenambah masalah. take things easily dengan lapang dada, banyak berdoa,banyak bersyukur kepadaNya. Yg bisa mengobati stress ya diri kita sendiri.
wati

Answer 2 : Mbak Lince,Mau share aja….3 th yg lalu saya juga melahirkan putri saya dng bantuan vacuum (BB 3,4 kg,TB 49 cm), tapi saya tidak mengalami pendarahan. Alasan DSOG saya wkt itukrn bukaan belum sempurna (kalo ngga salah masih bukaan 8) sementara kepalabayi sudah keliatan, saya sdh coba mengejan tp bayi blm keluar juga dandokter takut saya kehabisan tenaga.
Dari artikel2 yg pernah saya baca, salah satu hal yg menyebabkan ASI tidakkeluar adalah stress (cmiiw), krn kondisi Psikologis Ibu juga ikut berperanpenting memperlancar produksi ASI. Cobalah banyak istirahat serta rilekssebelum dan selama menyusui. Pilih ruangan yg sepi. Agar rileks, baca bukuatau dengarkan musik selagi menyusui. Faktor yg tidak kalah pentingnya dlmmeningkatkan produksi ASI adalah rasa percaya diri bhw Ibu akan berhasilmenyusui.
Mudah2an dapat membantu….
Salam,
Nilu

Tinggalkan Balasan

