Q & A ASI belum keluar


sumber : milis sehat

10/12/2004
Q : Dokter, saya baru saja melahirkan dan anak saya kembar baru berusia kurang dari satu Minggu pertanyaan saya :Saya belum bisa memberikan ASI kepada bayi saya karena belum ada ASI yang keluar, apa saja yang harus saya lakukan untuk mempercepat keluarnya ASI tersebut?Sebaiknya sampai berapa bulan saya memberikan ASI kepada anak-anak saya tersebut?Sebaiknya berapa jam sekali saya memberikan ASI kepada anak-anak saya?Terima kasih atas saran dan nasehatnya.
Niar

A : Dear NiarThanks buat emailnyaAduuuh senangnya punya bayi … kembar lagi yaa… pasti lucu2… congratulation!! ASI itu kan seperti pabrik ya … kalau ada permintaan… pasti ada produksi. Kalau pabriknya dikosongkan secara berkala… maka pasti pabrik tsb akan segera diisi kembali. Nah, agar ASI mu cepat diproduksi:Kamu harus tenang, harus sabar, penuh kasih sayang dan harus PD. Kalau kamu stress, produksi hormon oksitosin akan terganggu maka pengeluaran ASI dari payudaramu juga akan tergangguBanyak mengkonsumsi makanan sehatBerikan ASI mu sesering mungkin … gak usah pakai jam-jam an… setiap bayimu menangis … kamu tetekkan … sementara ASI mu belum cukup … jangan berikan formula dengan mempergunakan dot atau botol .. nanti bayimu bingung puting dan tidak mau mengisap payudaramu… berikan dengan sendok kecil perlahan-lahanASI eksklusif diberikan selama 6 bulan selanjutnya ASI tetap diberikan sampai usia 2 tahun atau lebih Good luck. Doa saya
wati

One thought on “Q & A ASI belum keluar

Tinggalkan Balasan

