Q & A Anak Tidak Mau Minum Susu


sumber : milis sehat

Anak tidak mau minum susu

11/07/2005
Q : Dear Dokter, anak laki-laki saya usia 20 bulan, dengan berat badan 11,3 kg sudah 1 minggu ini tidak mau minum susu formula. Biasanya dalam 1 hari 4 botol masing-masing 180CC, saya sudah coba mencampurnya dengan susu coklat tapi tidak berhasil.Akhirnya saya coba susu dalam kemasan siap minum dengan rasa strawberry ( susu Bendera) dan ternyata dia suka.Yang jadi pertanyaan saya apakah ada efeknya bila terlalu seing minum susu dalam kemasan itu, dokter? Apakah susu UHT itu berbahaya bagi balita seusia anak saya, dokter?Terimakasih atas bantuan dokter Purnamawati.
Regards Anissa

A : Dear AnissaTerimakasih atas email dan pertanyaanmuHehehe anakmu sudah besar, sudah 22 bulan … kalau kamu rajin mengikuti forum ini … sudah kerap saya kemukakan bahwasanya bagi anak berusia lebih dari 1 tahun, susu bukan lagi makanan utama.
Susu hanyalah sebagai salah satu sumber kalsium dan sumber kalsium lainnya adalah keju, yogurt, telur, ikan
Kedua .. sudah kerap pula saya kemukakan agar di atas usia 1 tahun, anak cukup mengkonsumsi UHT (tidak perlu mengkonsumsi susu formula yang mahal-mahal yang ditambah macam2 termasuk AA, DHA)Dan memang itulah yang terjadi negara lain (kita tidak akan menemukan susu formula macam-macam karena di atas usia 1 tahun anak hanya mengkonsumsi susu UHT)
Oleh karena itu ,… anakmu benar dan pintar hehehe bravo!!Susu UHT saja tetapi yang plain yang tanpa rasa supaya tidak mengkonsumsi gula dan pemberi rasa artifisial.Uang nya kan jadi bisa ditabung untuk pendidikan anakmu
Peluk cium saya buat dia ya
wati

2 thoughts on “Q & A Anak Tidak Mau Minum Susu

  1. anakku umur 14bulan. anakku g mau minum susu, paling dalam 1 hari cuamn 5x100ml. itupun sudah maksa, kalo makan sih banyak. karena pernah ke dokter, anak sampai umur 2 th harus minum susu. jd gimana dunk????? aman berat badannya g nambah2. da 14bulan beratnya masih 7,5kg. kurus banget ya…. jadi gimana dunk….

  2. Anak saya jg gak mau minum susu.
    Saya sd merubah dr susu instant k UHT.
    Masalahnya sekarang dia lemas dan matanya kuyu.
    Sebelumnya sempat panas tinggi 2 hari tanpa sebab.
    Saya tdk bawa kedokter karen sudah turun d hari ke3.
    Apa ada masalah lain nya ya?
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

