Balita Terlalu Banyak Minum Susu


sumber : sehatgroup.web.id / milissehat.web.id
04/10/2004
Q : Anak saya 21 bl,saya bingung dengan anak saya yang susah sekali makan, untuk 4 sendok makan itu sudah bagus untuk anak saya, dan dia lebih suka susu kedelai, dalam satu hari bisa 10 botol, saya sudah coba kurangi susunya, tapi sama saja porsi makannya tidak berubah bahkan susah sekali, yang paling dia suka hanya chips kentang, apakah anak saya akan ketergantungan susu sampai dia besar?Saya sangat butuh jawabanya bu….Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
Iin

A : Dear IInThanks buat emailnyaUsia se anakmu memang sedang “susah-susah”nya. Mereka mau menunjukkan independensinya dalam berbagai bentuk termasuk perihal pola makanDi lain pihak, di atas usia 1 tahun, susu bukan lagi makanan inti. Susu hanya merupakan asupan kalsium padahal kamu bisa dapat kalisum dari makanan sehari-hari.
Kalau terlalu banyak susu, otomatis anak tak mau makan; anaknya gemuk tetapi biasanya kadar Hbnya agak rendah alias anemis karena bagaimanapun susu tersebut tak lagi mencukupi kebutuhannya. Kalau boleh saya sarankan, tidak ada cara lain selain mengurangi susunya menjadi 500 – 750 ml saja sehari.
Kedua, tentunya dia akan merasa lapar tetapi memaksa minta susu. Katakan dengan tegas tanpa marah, bahwa kamu tidak bisa memberikan susu. Saya selalu tekankan kepada para orang tua, bahwa, anak-anak merupakan individu yang sangat cerdas. Di satu sisi, dia akan bertahan dengan keinginannya sampai suatu saat kalau ia melihat ibunya konsisten dan tegas, ia pun akan menyerah. Kedua, anak sangat cerdas sehingga, tubuh dan otaknya tidak akan membiarkan ia diserang kelaparan hebat, pasti dia akan mengkonsumsi makanannya. Nah oleh karena itu, sambil dibatasi susunya, kamu sediakan snacks sehat di piring-piring kecil yang sewaktu-waktu akan dia ambil ketika rasa laparnya tidak tertahankan. Ok selamat mencoba

Dr.wati

Tinggalkan Balasan

