Tas untuk ke Rumah Sakit


sumber : http://cyberwoman.cbn.net.id/cbprtl/cyberwoman/detail.aspx?x=Mother+And+Baby&y=cyberwoman|0|0|8|1365

sumber : majalah mother and baby

Persiapan persalinan menyangkut beberapa aspek seperti persiapan tempat melahirkan, kebersihan diri dari aktivitas yang dapat dilakukan menjelang persalinan, mengelola rasa panik dan takut, memperkirakan waktu persalinan untuk mengatur jadwal bepergian jauh. Dan tentunya peralatan yang harus dibawa untuk persalinan.

Sebelum bersalin:

# Untuk kenyamanan, ibu dapat membawa alas tahan air (water proof) selama di mobil dalam perjalanan ke rumah sakit.

# Minyak untuk memijit dan mengurangi rasa sakit.

# Alat-alat mandi seperti sabun, tutup kepala, handuk, dll. Lip balm, sikat gigi dan odol, sisir, ikat rambut juga perlu dibawa karena ibu tetap ingin tampil cantik.

# Radio, CD atau musik yang menenangkan, bila ibu membutuhkannya, tapi biasanya beberapa rumah sakit telah menyediakannya.

# Baju ganti yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

# Bahkan Anda dapat membawa bantal dari rumah bila itu yang diinginkan, tapi hal ini tidak begitu penting.

Setelah persalinan:

# Baju atau gaun berkancing depan agar dapat menyusui.

# Kosmetik, bra yang sesuai.

# Makanan ringan yang ibu sukai dan bergizi tinggi.

# Baju untuk pulang, perlu diingat badan ibu akan terlihat seperti hamil 5-6 bulan, jadi siapkan baju yang sesuai.

# Bawalah baju tidur dengan jumlah cukup. Untuk persalinan normal biasanya 2 hari dan persalinan operasi caesar dibutuhkan 4-5 hari menginap di rumah sakit.

# Sandal juga dapat Anda bawa agar dapat berjalan sepanjang koridor rumah sakit dan juga menjaga kaki tetap hangat. Atau dapat Anda gunakan untuk ke kamar mandi.

# Pembalut wanita khusus untuk ibu bersalin.

# Gurita atau korset untuk ibu baru bersalin juga jangan sampai ketinggalan.

# Kosmetik seperti bedak, sisir, lipstick, pengharum tubuh/deodoran juga perlu Anda bawa. Ini berguna bagi Anda karena akan bertemu dengan teman atau keluarga yang mengunjungi Anda setelah proses kelahiran.

# Handuk dan sabun juga perlu Anda bawa bila lebih ingin menggunakan milik sendiri, walaupun beberapa rumah sakit menyediakannya.

Biasanya keperluan bayi akan disediakan oleh rumah sakit. Anda cukup menyediakan persiapan untuk pulang dari rumah sakit. Walaupun demikian Anda tetap harus mempersiapkannya. Ibu dapat menyiapkan kain flannel beberapa buah (3 – 4 buah), pakaian bayi minimal 2 pasang dan 2 ukuran karena bayi terkadang gumo (memuntahkan sedikit susu, popok kain atau popok sekali pakai, sarung tangan, sarung kaki dan tangan, topi (penutup kepala), bedak, minyak angin, dan selimut atau bedong untuk membungkus bayi selama di perjalanan pulang. Bila perlu, bawalah 1 buah botol dot kecil 12v0 CC (persiapan di jalan bila ASI belum siap).

Bila Anda termasuk orang yang senang mengabadikan hal-hal penting dalam hidup Anda, jangan lupa membawa kamera atau handycam untuk mengabadikan kelahiran si kecil.

Dalam tas tersebut siapkan juga keperluan ayah bayi seperlunya saja, karena biasanya suami juga ikut menginap di rumah sakit. Untuk ayah, siapkan 1 piyama dan kaos lengan panjang untuk hari itu saja. Hari berikutnya ayah dapat pulang untuk mengambil pakaian gantinya sekalian membawa pakaian kotor milik ibu.

Sebaiknya setelah kehamilan mencapai usia sekitar 7 bulan atau akhir kehamilan 28 minggu persiapkan barang-barang di atas dan masukkan dalam satu tas khusus. Anda juga perlu mengingatkan dan memberitahukan suami tentang tas yang telah anda persiapkan ini. Sehingga bila harinya tiba semuanya telah siap. Jangan lupa letakkan tas di tempat yang mudah dijangkau dan diingat.
(Dini Safitri)

Sumber: Majalah Inspire Kids

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s