Kulit Tetap Cantik Pasca Kehamilan


sumber : http://cyberwoman.cbn.net.id/cbprtl/cyberwoman/detail.aspx?x=Mother+And+Baby&y=cyberwoman|0|0|8|1360

Mother And Baby

Kehamilan adalah peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu banyak kaum wanita. Namun kadang-kadang kehamilan juga membuat para calon ibu merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Bayangkan saja, peningkatan kadar hormon selama kehamilan, seringkali menyebabkan perubahan pada kondisi kulit.

Kulit yang sebelumnya halus mulus, bisa berubah tekstur dan berwarna kehitaman, timbul stretch mark,dan selulit. Warna kehitaman berupa garis kehamilan (linea nigra) sering terjadi di sekitar daerah perut, membujur vertikal mulai dari pusar hingga pubis. Tetapi sebenarnya setelah melahirkan, biasanya linea nigra yang berwarna gelap akan kembali menjadi garis yang berwarna lebih terang.

Lain halnya dengan stretch mark dan selulit, yang lebih bandel. Selulit adalah penumpukan sel-sel lemak yang berlebihan pada jaringan kulit, sehingga membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Penumpukan itu terjadi akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron secara drastis. Meski banyak klinik, salon atau spa yang menawarkan solusi untuk mengatasi selulit, namun Dr. Nooryda Hardjono, SpKK mengatakan,”Belum ada treatment yang diklaim dapat mengatasi selulit 100%. Meski demikian, selulit dapat dicegah ataupun diminimalisasi.”

Sementara stretch mark, tanda berupa garis-garis memutih tak beraturan timbul akibat rusaknya jaringan pada lapisan dermis kulit yang mengalami peregangan secara drastis dan mendadak. Menurut Nooryda, mengatasi strechmark jauh lebih sulit, “Karena kolagennya sudah terlanjur rusak, maka kondisi tersebut akan sulit diperbaiki. Pencegahan adalah langkah terbaik.”

Agar gangguan kulit di masa kehamilan itu tak menjadi gangguan pemanen, berikut tipsnya;

Selulit:
* Berolahraga ringan secara teratur, akan membakar lemak di bagian-bagian tubuh yang mengalami selulit. Senam, berenang atau bersepeda juga bisa jadi pilihan.
* Kurangi lemak, dan makan makanan bergizi lengkap dan seimbang.
* Penggunaan lotion dibarengi dengan efek pijatan untuk memperlancar peredaran darah, secara teratur sejak awal masa kehamilan.

Stretch mark:
* Olesan pelembab dapat membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit yang mengalami pemelaran selama hamil, misalnya perut, payudara, pinggul, dan bokong.
* Penggunaan body lotion secara teratur sejak dini, diharapkan dapat mencegah robeknya kolagen akibat perkembangan lapisan dermis saat kulit tubuh mengalami pemelaran.
(Meliana Simarmata)

Sumber: Majalah Inspire Kids

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s