Hari Pertama Bayi di Rumah


sumber :http://cyberwoman.cbn.net.id/cbprtl/cyberwoman/detail.aspx?x=Mother+And+Baby&y=cyberwoman|0|0|8|1361

sumber : Mother And Baby
Hari pertama bayi di rumah sama pentingnya dengan saat membawanya pulang ke rumah. Terutama karena kondisi ibu yang masih cukup lemah dan lelah.

Untuk itu, pastikan bahwa pada hari pertama adanya bayi di rumah, Anda lebih banyak beristirahat dan bersantai saja. Jadi, batasi keinginan untuk menerima kunjungan kerabat dan teman. Meskipun mungkin Anda juga ingin bertemu dengan mereka, usahakan untuk menunda kedatangan mereka hingga seminggu atau dua minggu mendatang, karena setelah melahirkan, Anda perlu membangun rutinitas baru, seperti jam tidur, menyusui atau menenangkan bayi yang sedang menangis.

Sebagai ibu yang baru saja melahirkan, wajar jika pada minggu-minggu awal Anda merasa sangat lelah, sedih dan tertekan. Tubuh Anda sedang mengalami perubahan yang besar. Perubahan yang sama juga terjadi pada hormon yang terdapat di dalam tubuh Anda dan apa yang Anda rasakan. Beberapa di antaranya adalah:
• Merasa sedih atau tertekan.
• Tubuh seperti tidak bertenaga.
• Merasa bersalah atau tidak berdaya.
• Tidak terlalu bersemangat mengurus bayi, atau bahkan terlalu sibuk mengurus dan mengkhawatirkan bayi.
• Berat badan meningkat pesat dan makan secara berlebihan.
• Berat badan menurun dan tidak mau makan.
• Merasa takut akan menyakiti bayi atau diri sendiri.
• Sulit tidur.
• Terlalu banyak tidur.
Agar Anda tetap berada dalam kondisi yang prima, pastikan bahwa Anda dapat beristirahat yang cukup, tetap bersabar walau apa pun terjadi, dan memahami bahwa apa yang Anda rasakan merupakan hal yang normal. Yakin saja, dalam beberapa minggu mendatang, Anda akan merasa jauh lebih baik.

Dalam beberapa hari pertama Anda membawa bayi pulang ke rumah, seluruh anggota keluarga yang tinggal bersama dengan Anda juga perlu menyesuaikan diri dengan bayi yang baru datang ke tengah keluarga Anda. Jika di rumah ada anak kecil yang lain, mungkin saja dia akan merasa sedikit cemburu dengan adanya bayi, yang menjadi pusat perhatian baru dalam keluarga Anda.

Untuk itu, ajak dia membantu Anda mengurus adik bayi yang baru datang. Anda bisa saja memintanya untuk membantu mengambilkan barang, atau bahkan hanya sekadar duduk dan menemani adik bayi, sehingga Anda dapat beristirahat dengan tenang. R. Dewi. S

AGAR BAYI TIDUR LELAP

Adanya bayi di rumah memberikan pengaruh yang besar terhadap jam tidur Anda sendiri, sehingga Anda ingin agar bayi dapat tidur dengan lebih lelap.

Mungkin Anda merasa bingung karena ada ahli yang mengatakan bahwa Anda harus menenangkan bayi terlebih dahulu sebelum tidur, ada juga ahli yang mengatakan bahwa jika bayi menangis setelah diletakkan di tempat tidurnya, maka Anda harus mendiamkannya saja hingga tertidur. Tidak perlu bingung, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda dan bayi.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum Anda memutuskan, apa yang harus Anda lakukan terhadap bayi yang tidak mau segera tidur adalah tempat tidur bayi. Ada orangtua yang menyarankan agar bayi tidur dalam kamarnya sendiri, tapi ada juga orangtua yang menginginkan agar bayi tidur di dalam kamar orangtuanya saja.

Tidak ada yang salah atau benar dengan kedua pilihan tersebut. Jika bayi tidur di dalam kamarnya sendiri berarti Anda dapat beristirahat dengan lebih nyaman, tanpa terlalu banyak terganggu oleh bayi Anda. Di sisi lain, jika Anda memilih untuk menidurkan bayi di dalam kamar Anda, maka Anda akan dapat dengan lebih cepat bertindak jika bayi membutuhkan sesuatu.

Berapa Lama?

Mungkin Anda perlu lebih banyak beristirahat dibandingkan dengan bayi Anda, sedangkan bayi yang baru lahir kebanyakan masih belum bisa tidur terus sepanjang malam, hingga nanti saat ia berumur antara 4-5 bulan. Setelah Anda dapat memahami kapan saja bayi biasanya tidur, Anda pasti dapat dengan mudah menyesuaikan jam tidur Anda dengan jam tidurnya.

Rutinitas Tidur

Rutinitas sebelum tidur bukanlah hal yang wajib Anda terapkan, tapi bisa menjadi salah satu pilihan yang Anda coba untuk memperkenalkan waktu tidur kepada bayi.

1. Mulailah dengan Memandikan Bayi. Setelah itu Anda bisa bermain-main sejenak, membacakan cerita, menyusuinya dan baru kemudian masuk ke dalam kamar untuk tidur.
2. Letakkan Bayi ke Tempat Tidurnya. Pastikan agar lampu dalam kamar tidur bayi tidak terlalu terang agar bayi dapat lebih mudah tertidur. Jika perlu, nyanyikan lagu untuk menenangkannya hingga bayi tertidur lelap.
3. Dari Hari ke Hari, usahakan untuk melakukan semuanya dengan tahapan yang sama, dengan orang-orang yang sama, sehingga terbentuk pola tertentu yang dapat dikenali oleh bayi sebagai rutinitas sebelum tidur. R. Dewi. S

TENANGKAN BAYI DENGAN LAGU

Lagu pengantar tidur sudah dikenal sejak lama dan dapat dimanfaatkan untuk mengantarkan dan menenangkan bayi sebelum tidur.

Apa pun lagu dan jenis musik yang Anda perdengarkan kepada bayi, pada dasarnya pada saat itu Anda sedang menggunakan kekuatan musik dan suara Anda untuk menenangkan dan berkomunikasi dengan bayi. Ada jenis suara-suara tertentu yang terbukti dapat menenangkan bayi, yaitu suara alam dan musik.

Memperdengarkan musik kepada bayi bukanlah hal yang sulit. Anda bahkan sudah bisa memulainya pada hari pertama kedatangannya di rumah. Anda tidak harus memperkenalkan lagu yang rumit atau jenis lagu tertentu kepada bayi. Anda bisa saja memperdengarkan lagu kesayangan Anda kepadanya, tanpa mengurangi manfaat musik terhadap bayi Anda. Beberapa di antaranya:
• Membantu bayi untuk mulai mengenali jenis-jenis musik dan suara.
• Memancing keingintahuan dan minat terhadap musik.
• Musik dapat berpengaruh terhadap perkembangan sikap dan keterampilan kognitif bayi.
• Mengatasi ketegangan yang dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

Sumber: Tabloid Wanita Indonesia

One thought on “Hari Pertama Bayi di Rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s