8 Gerakan Tubuh Setelah Melahirkan


sumber : http://cyberwoman.cbn.net.id/cbprtl/cyberwoman/detail.aspx?x=Mother+And+Baby&y=cyberwoman|0|0|8|1359
sumber : Mother And Baby
Setelah melahirkan pasti Anda ingin tubuh kembali seperti semula. Beberapa tips yang bisa dilakukan setiap hari dan tidak membuat Anda bekerja terlalu keras mengembalikan bentuk tubuh diberikan oleh Lindsey Jackson, ahli pilates, untuk wanita baru melahirkan.

Enam minggu pertama setelah melahirkan:

1. Pelvic floor: Saat menyusui atau mengganti popok, tarik daerah bagian panggul Anda ke atas secepat yang Anda bisa lakukan sebanyak sepuluh kali, lalu lepaskan. Seperti Anda hendak menahan buang air kecil. Lalu ulangi dengan sepuluh hitungan lambat, lepaskan, dan ulangi 10 kali.

2. Stactic tummy contractions: Setiap kali menyusui, kencangkan perut, dan tahan dalam 10 hitungan. Bayangkan Anda sedang memakai jeans yang terlalu ketat untuk Anda. Lepas dan ulangi sebanyak 10 kali.

3. Pelvic tilts: Berbaring terlentang sambil meluruskan kaki, biarkan bagian bawah tubuh rileks. Lalu gunakan perut untuk memiringkan bagian panggul ke bawah sehingga punggung menekan ke lantai. Tahan dalam lima hitungan dan kembali ke posisi semula. Ulangi sebanyak sepuluh sekali lakukan beberapa kali sebanyak yang Anda inginkan.

Setelah enam minggu:

4. Leg slides: Berbaring terlentang dengan lutut ditekuk dan tapak kaki di lantai. Pastikan panggul Anda menyilang di atas (dari panggul yang satu ke panggul yang satunya) dan biarkan punggung mengikutinya (tidak menyentuh lantai). Jepit perut sehingga otot akan menegang, namun tanpa suatu gerakan pada punggung. Kaki menyilang dan lurus ke arah kiri, lalu lakukan ke arah sebaliknya, ulangi hingga 20 kali.

5. Shoulder squeezes: Berbaring tengkurap dengan wajah menghadap ke lantai, serta tetap menjaga bagian belakang leher tidak tertekuk. Rentangkan lengan sejajar dengan bahu dan tekuk siku hingga membentuk huruf L. Angkat lengan dan tangan hingga lurus, pertahankan bahu Anda tetap ke bawah dan tidak dekat dengan telinga. Tahan dalam lima hitungan lambat. Bila tengkurap belum cukup baik untuk kondisi tubuh, maka Anda dapat melakukannya dengan berdiri.

6. Swimming: Berbaring tengkurap dengan kaki terbuka dan lengan di atas kepala, sedang posisi tubuh di lantai. Tarik perut dari lantai dan tahan, lalu seiring Anda menghembuskan napas, angkat kedua lengan sekitar 10 sentimeter dari lantai. Pertahankan bahu tidak menekuk ke dekat telinga dan kaki dalam posisi lurus. Ulangi gerakan ini sampai 20 kali.

7. Chest/shoulder stretch: Berbaring terlentang dengan bantal yang ditaruh di bawah tubuh mulai dari bahu hingga panggul. Anda juga dapat meletakkan gulungan handuk di tengkuk agar nyaman dan melepaskan ketegangan pada leher. Biarkan lengan diletakkan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas. Lalu dengan menggunakan ujung jari condongkan ke bawah ke arah kaki dan rileks dengan telapak tangan menghadap ke atas sejauh yang Anda bisa.

8. Shoulder bridges: Berbaring terlentang, taruh tangan di atas kepala, tekuk lutut, rilekskan bagian bawah tubuh, gunakan perut untuk memiringkan panggul ke bawah lalu lepaskan punggung dari lantai beberapa sentimeter sesaat sambil menghadap kiri. Saat menghembuskan napas turunkan punggung perlahan, ulangi sebanyak 10 kali, lakukan juga ke arah sebaliknya.

(Mutiara Pertiwi)

Sumber: Majalah Inspire Kids

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s