Makanan Pemicu Makan Berlebih!


sumber : http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Health+News&y=cybermed|0|0|5|5962

Jakarta – Apakah Anda sering merasa lapar meskipun sudah makan? Perhatikan jenis makanan yang Anda makan sebelum makan. Siapa tahu makanan tersebut justru memicu rasa lapar Anda.

Makanan yang berminyak seperti gorengan dan jenis makanan berlemak lainnya ternyata bisa membangkitkan selera makan Anda. Bahkan hal ini akan bertahan setelah beberapa hari Anda memakannya. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan baru-baru ini dalam Journal of Clinical Investigation, seperti yang dilansir eatingwell.

Kalau pada akhir pekan Anda sering menghabiskan waktu dengan menyantap makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, dan makanan mengandung lemak lainnya-seperti makanan bersantan, banyak keju dan daging- Anda perlu waspada. Kebiasaan ini memang sudah menurun dari nenek moyang terdahulu.

Namun bedanya, mereka menyantap banyak sekali makanan berlemak untuk persediaan. Karena zaman dulu, makanan tidak mudah didapatkan. Dan waktu berburu tidak dilakukan setiap hari. Sedangkan hal ini sangat bertolak belakang dengan kehidupan masyarakat sekarang yang segala sesuatunya dengan mudah didapatkan.

Dalam studi, para peneliti menambahkan dua jenis lemak sebagai tambahan menu makan mereka. Salah satunya adalah asam palmitat, sejenis lemak jenuh yang ditemukan dalam daging sapi, mentega, keju dan minyak sawit.

Jenis lemak yang lainnya adalah asam oleat, yaitu sejenis lemak sehat yang banyak ditemukan dalam minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan dan kedelai. Setelah asam palmitat diberikan, otak menjadi resisten terhadap hormon penekan nafsu makan, leptin dan insulin.

Penelitian yang telah dilakukan pada tikus ini, ternyata juga berlaku pada manusia ujar Deborah Clegg, Ph.D.,RD seorang penulis dari University of Texas Southest Medical Center di Dallas. Menurut Clegg, sebaiknya biasakan memakan makanan yang lebih sehat setelah akhir pekan, jika Anda ingin sedikit memanjakan diri di akhir pekan. Dan jika Anda memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol, sebaiknya mulai dikurangi dan ganti dengan air putih. Makan perlahan agar usus Anda mampu mencerna denga lebih baik dan secara otomatis membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar sampai waktu makan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s