Manfaat si Buah Tropis


SUMBER : http://cybermed.cbn.net.id
Nutrition Wed, 17 Mar 2010 15:30:00 WIB

DI ”balik” sebuah pisang, kita bisa menemukan fakta yang mengejutkan. Selain manis dan enak, buah tropis ini juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Bagi wanita hamil, pisang cocok dikonsumsi karena di dalamnya terkandung asam folat yang mudah diserap janin melalui rahim.

Untuk para pekerja keras dan yang senang berolahraga, pisang sangat bermanfaat untuk mengembalikan stamina, tenaga untuk kerja otot, dan menghilangkan rasa lelah. Bagi orangorang yang senang menyetir, khususnya untuk perjalanan jarak jauh, pisang mempunyai karbohidrat yang banyak sehingga dapat mengenyangkan perut. Karena buah ini mengandung vitamin C dan vitamin A, manfaatnya adalah tidak membuat kita mengantuk atau lelah selama perjalanan.

Pada saat kembung akibat terlambat makan, alangkah baiknya jika kita mengonsumsi terlebih dahulu buah pisang karena mudah dicerna dan diserap tubuh. Pisang juga cepat menetralkan keasaman lambung.

Pisang yang dicampur susu sangat baik dihidangkan sebagai obat. Pisang bisa menjadi obat untuk penyakit usus, sakit perut, dan asam lambung. Pisang juga sangat baik dikonsumsi orang yang ingin berbuka puasa atau terlambat makan, karena buah ini mudah dicerna. Gula yang terdapat pada buah ini dapat cepat diubah menjadi zat tenaga yang baik.

Pisang yang matang sangat mudah dicerna dan diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan tenaga, stamina, serta gizi dan vitamin. Buah ini banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat mineral, dan vitamin. Penderita anemia juga dianjurkan bersahabat dengan pisang, karena di dalamnya terdapat kandungan Fe (zat besi) yang baik untuk darah.

Penderita diabetes dapat menyuguhkan pisang sebagai menu utama pengganti nasi. Pisang mengkal dikukus dan diserut kasar, kemudian diolah menjadi nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, dan lain-lain. Praktisi kuliner Rudy Choirudin pernah membuatkan contoh resep sederhana, seperti:
1. Empat buah pisang kepok dikukus dan dikupas. Lalu serut kasar (gobet), biarkan hingga dingin.
2. Tumis bawang putih hingga kekuningan.
3. Masukkan bahan protein (ikan, ayam, telur), bahan sayur, beri kecap, saus tomat, saus cabai, dan kecap asin. Kemudian masukkan pisang serut tadi, aduk rata. Menu siap disantap.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s