Vaksinasi Hepatitis B Mengurangi Tingkat Kanker Hati pada Anak dan Remaja di Taiwan


sumber :http://www.kalbe.co.id/health-news/20422/vaksinasi-hepatitis-b-mengurangi-tingkat-kanker-hati-pada-anak-dan-remaja-di-taiwan.html

Kalbe.co.id – Pelaksanaan program vaksin virus hepatitis B (HBV) secara universal pada bayi pada pertengahan 1980-an telah menghasilkan penurunan besar pada kejadian karsinoma hepatoseluler (HCC) di antara anak dan remaja di Taiwan. Hal itu berdasarkan sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute edisi 16 September 2009, versi internet.

Hepatitis B adalah penyebab utama karsinoma hepatoselular – sejenis kanker hati primer – terutama di daerah endemi infeksi HBV kronis, sebagaimana banyak terjadi di wilayah Asia.

Mei-Hwei Chang dan rekan dari Taiwan Hepatoma Study Group ingin menyelidiki apakah pencegahan HCC setelah peluncuran program vaksin HBV secara universal pada bayi yang baru lahir di Taiwan pada Juli 1984 telah melewati masa kanak-kanak, serta untuk menentukan prediktor HCC pada kohort bayi yang divaksinasi ketika baru lahir.

Para peneliti memakai dua daftar HCC nasional untuk mengumpulkan data dari 1.958 pasien berusia enam hingga 29 tahun ketika mereka didiagnosis dengan kanker hati antara 1983 dan 2004. Peneliti menganalisis kejadian HCC berdasarkan usia dan jenis kelamin di antara kohort bayi baru lahir yang divaksinasi dan yang tidak divaksinasi dengan memakai model regresi Poisson.

Selain itu, rekam medis dari 64 pasien yang mengembangkan HCC walau telah divaksinasi dan 5.524.435 orang tanpa HCC yang lahir setelah program universal dimulai, dibandingkan terhadap ciri-ciri imunisasi HBV pada bayi dan status antigen permukaan hepatitis B(HbsAg) dan antigen hepatitis B “e” (HBeAg) pada ibu sebelum kelahiran.

Hasil

* Kejadian HCC lebih rendah secara bermakna di antara anak-anak dan remaja berusia 6-19 tahun pada kohort kelahiran yang divaksinasi dibandingkan dengan kohort yang tidak divaksinasi.
* Ada 64 kasus HCC di antara pasien yang divaksinasi (37.709.304 orang-tahun) dibandingkan 444 kasus di antara yang tidak divaksinasi (78.496.406 orang-tahun).
* Risiko relatif terhadap pengembangan HCC yang disesuaikan berdasarkan usia dan jenis kelamin adalah 0,31, atau kurang lebih sepertiga, pada orang yang divaksinasi saat kelahiran (p <0,001).
* Di antara kohort yang divaksinasi, risiko pengembangan HCC dikaitkan secara bermakna dengan faktor-faktor berikut:
o Vaksinasi HBV yang tidak lengkap (menerima kurang dari tiga dosis vaksin): rasio odds [OR] 4,32;
o Status HBsAg ibu sebelum melahirkan: OR 29,50;
o Status HBsAg ibu sebelum melahirkan dengan pemberian imunoglobulin hepatitis B (HBIG) pada saat kelahiran: OR 5,13;
o Status HBeAg ibu sebelum melahirkan tanpa pemberian HBIG pada saat kelahiran: OR 9,43.

Berdasarkan temuan itu, para penulis penelitian menyimpulkan, “Pencegahan karsinoma dengan vaksin HBV berlanjut dari masa kanak-kanak ke masa remaja. Kegagalan mencegah karsinoma hepatoseluler kebanyakan akibat tidak berhasil mengendalikan infeksi HBV pada ibu yang sangat menular,” mereka menambahkan.

Iklan

One thought on “Vaksinasi Hepatitis B Mengurangi Tingkat Kanker Hati pada Anak dan Remaja di Taiwan

  1. Info untuk para penderita Hepatitis B & C bisa menggunakan Transfer Factor. Sudah ada penelitiannya dari pemerintah Russia. Info lanjut di:www.info4lifetransferfactormalang.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s