Cara Mengatasi Diare Dengan Tepat


sumber : http://www.kalbe.co.id/health-news/20415/cara-mengatasi-diare-dengan-tepat.html

Kalbe.co.id – Biasanya diare pada anak-anak dianggap suatu hal yang enteng ,sehingga ketika datang kedokter sudah terlambat anak kekurangan cairan, lemas, hingga dehidrasi berat. Padahal masalah diare sebetulnya dapat diatasi dirumah.

Diare dapat menyerang semua kalangan baik kaya ataupun miskin. Pada umumnya bayi berumur kurang dari 1 bulan sudah dinyatakan diare jika frekuensi ‘pup”-nya lebih dari empat kali sehari. Kebanyakan penyebab diare adalah rotavirus. Virus tersebut masuk melalui mulut dan penularannya melalui kontaminasi tangan, botol, alat makan. Orang tua harus mulai mewaspadai jika anak mulai ‘pup’-nya tidak normal, karena diare anak mulai lemas kemudian ditandai dengan demam misal suhu lebih 39,55 0C. Ciri-ciri diare rotavirus biasanya bau pup-nya lebih asam, berair, anus kadang ikut memerah, BAB berbusa, kentut lebih banyak, karena gas tinggi.

Stop memberikan antibiotika, kerena virus tidak membutuhkan antibiotika karena justru akan memperburuk keseimbangan bakteri usus.

Yang paling penting adalah rehidrasi, dengan memberikan cairan secukupnya yaitu oralit atau pedialit. Metode pemberian dengan small frekuensi, misalnya pemberian dua sendok untuk tiap dua menit, air tajin juga ampuh untuk mengatasi diare.

Anak yang diare tetap diberikan asupan makanan, seperti hari biasanya dan jangan lupa susu yang tidak mengandung laktosa ,hanya perlu dihindari makanan berserat dan manis seperti buah melon, pepaya, jeruk dan sayur. Berikan saja buah pisang.Makanan penting karena untuk pembentukan tubuh dan memperbaiki jaringan usus agar bisa pulih.

Pemberian ASI tetap diberikan, karena pemberian ASI eksklusif selama enam bulan, sangat jarang, bahkan tidak terkena diare.

Yoghurt juga dapat menjadi alternatif mengatasi diare ,yang perlu diperhatikan adalah kualitas yoghurt. Menurut standar internasional harus mengandung maksimum 10 koliform per gram dan 100 kapang atau khamir per gram, selain itu tidak boleh mengandung lebih dari 2% senyawa pembentuk tekstur (penstabil, pembentuk gel, pengental atau pengemulsi), asam sitrat, pewarna makanan, pengawet makanan yang diizinkan. Bakteri baik atau probiotik akan menghasilkan antibiotika alami, yang membantu keutuhan usus, proses metabolisme, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

5 thoughts on “Cara Mengatasi Diare Dengan Tepat

  1. anak saya usia 2 tahun sudah 3 hari mencret2, awalnya dari demam kemudian esok harinya setelah demamnya turun timbul mencrat2. tolong dibantu untuk penyembuhannya. Terima kasih

  2. azlkm_lili mau nanya nie knp setiap makan lngsng pup y pdhl umr li2 dah 21 th dan dah 5 hr nie gx smbh2 wlpn dah diobati..kr2 pnybbn pa y n gmn pncghnny y?sblmn mksh bnyk bng wazlm_

  3. Anak saya usia 15bulan mencret mencret sama muntah muntah,,skarang muntahnya udah gk ada udah 3hari tinggal mencret nya,,obat herbal/obat apotiknya apa ya??tolong kasi jawabannya,

  4. saya mau tanya…
    anak saya umur 4 1/2 bulan,
    anak saya mengalami diare sudah 12 hr ini belum sembuh
    dya kadang berkeringat, setelah mandi tadi berkeringat jg.
    sya sdah mkan daun jmbu, teh pahit tp ttep blm sembuh
    tlg saranya ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s