Keunggulan Pangan Putih


sumber :http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Nutrition&y=cybermed|0|0|6|545

Kaya serat, vitamin C, dan meningkatkan daya tahan tubuh merupakan keunggulan bahan pangan berwarna putih. Sangat baik dikonsumsi mereka yang berisiko sakit jantung koroner dan kanker. Dan bagi wanita yang memasuki usia paruh baya, salah satu pangan putih, yaitu taoge, mestinya menjadi makanan wajib karena mengandung estrogen atami.

Bahan pangan berwarna putih mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dari kelompok buah-buahan, terdapat duku, lengkeng, leci, dan sirsak, sedangkan dari kelompok sayuran terdapat kembang kol, sawi putih, dan taoge. Dari kelompok bawang-bawangan terdapat bawang putih dan bawang bombai.

Bahan pangan tersebut memiliki warna putih karena tidak memiliki pigmen untuk menyerap warna tertentu. Dibandingkan dengan bahan pangan alami yang berwarna lain, bahan pangan berwarna putih hanya sedikit mengandung antioksidan, namun kandungan serat pangan (dietary fiber) dan vitamin C-nya relatif tinggi.

Selain ampuh menjaga kesehatan sistem pencernaan, bahan pangan berwarna putih juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Bawang Putih Turunkan Kolesterol Jahat

Khasiat bawang putih untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Hippocrates menganjurkan penggunaan bawang putih untuk mengobati luka beracun dan keluhan bronkitis (radang paru-paru).

Pada zaman Mesir kuno, para budak yang dikerahkan membangunan piramida selalu dilengkapi dengan bawang putih agar kondisi tubuhnya tetap sehat. Bangsa Viking dalam pengembaraannya menaklukkan berbagai negeri, selalu membawa bawang putih sebagai pelengkap logistik.

Penelitian di Universitas Tokyo, Jepang, menunjukkan bawang putih sangat baik bagi kelompok orang usia lanjut karena manmpu meremajakan otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ekstrak bawang putih terbukti dapat menekan kerusakan sel neuron di otak dan bahkan merangsang pertumbuhan sel-sel neuron baru.

Konsumsi bawang putih dapat meningkatkan antibodi dan limfosit (sel-sel darah putih untuk melawan infeksi). Selain itu, bawang putih juga mampu mencegah kanker pada usia lanjut, terutama kanker lambung dan usus besar.

Penelitian di University of Minnesota menunjukkan, peluang terserang kanker turun sebesar 50 persen pada wanita usia lanjut yang makan bawang putih. Konsumsi bawang putih pada pria menekan pertumbuhan sel kanker prostat hingga seperempat dari kecepatan normalnya.

Konsumsi bawang putih setengah ampai satu siung sehari selama sebulan menurunkan kadar kolesterol 9 persen. Salah satu zat antikolesterol yang paling kuat d dalam bawang putih adalah ajone, senyawa pencegah penggumpalan darah.

Publikasi di American Journal of Clinical. Nutrition (1981), konsumsi bawang putih enam bulan menurunkan kolesterol total hingga 14 persen dan meningkatkan kolesterol HDL (high density lipoprotein) 40 persen. Studi epidemiologi lainnya mengungkapkan, kelompok masyarakat yang makan bawang putih 30-50 gram seminggu, kadar kolesterolnya jauh lebih rendah daripada kelompok masyarakat yang tidak melakukannya.

Bawang putih juga terbukti ampuh mencegah serangan jantung. Penelitian terhadap 432 penderita penyakit jantung menunjukkan, mereka yang makan 2-3 siung bawang putih per hari kemampuan bertahan hidupnya lebih lama. Hal ini terjadi karena bawang putih mengecilkan sumbatan pada arteri jantung.

Karena itu, penggemar daging perlu menyertakan bawang putih (dalam bentuk bumbu atau acar) untuk mengurangi dampak buruk lemak hewani.

Jasa si sulfur

Apa yang membuat bawang putih mempunyai khasiat yang sangat tinggi bagi kesehatan? Hampir semua penelitian membuktikan, kandungan aktif sulfur yang terdapat pada bawang putih berperan sangat penting dalam membentuk komponen bioaktif seperti alisin, aliin, dan ajone, yang sangat berguna bagi kesehatan manusia.

Sulfur di dalam tubuh manusia sangat berguna untuk menurunkan kolestrol di dalam darah, menurunkan risiko gejala stroke, aterosklerosis, antitrombosis, serta anfiagregrasi platelet.

Aliin merupakan prekursor utama komponen bioaktif yang terdapat di dalam bawang putih. Aliin dapat digunakan sebagai antibiotik alami. Dalam bawang putih utuh, prekursor ini berjumlah 0,24 persen berat basah. Salah satu peran terpenting aliin adalah sebagai prekursor terbentuknya alisin, senyawa yang menimbulkan bau khas menyengat pada bawang putih.

Senyawa ini diketahui dapat meningkatkan produksi antioksidan tubuh, yaitu glutation peroksidase dan katalase, yang merupakan enzim alami di dalam tubuh. Peran enzim ini sebagai antioksidan kuat untuk menangkal serangan radikal babas, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, penuaan kulit serta penyakit degeneratif lainnya.

Bawang Bombai Cegah Diabetes

Bawang bombai (Allium cepa L,} memiliki kandungan kromium yang baik. Kromium berperan mencegah diabetes melitus. Seperti bawang putih, bawang bombai juga mengandung sulfur yang berperan penting bagi kesehatan.

Namun, berbeda dengan bawang putih, komponen sulfur pada bawang bombai terdapat dalam bentuk allyl propyl disulphide. Komponen ini berperan penting dalam menurunkan glukosa darah, sehingga baik untuk penderita diabes.

Bawang bombai juga baik untuk mencegah, serangan jantung dan stroke. Komponen sulfur dalam bawang bombai akan bersinergi dengan kromium dan vitamin B6 untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah.

Bawang bombai memiliki sifat antiperadangan karena adanya komponen isothiocyanates yang dapat menghambat lipoxygenase dan cyclooxygenase, keduanya merupakan enzim penyebab radang. Komponen isothiocyanates (juga terdapat pada brokoli) dilaporkan dapat menghambat sel kanker.

Komponen tersebut berasal dari senyawa glukosinolates yang mengalami perubahan setelah bawang bombai digigit, dikunyah, dan dicerna. Penelitian Dr. Steven Schwartz dari Ohio State. University membuktikan, senyawa isohtiocyanates, dapat memangkas sel kanker kandung kemih, khususnya sel agresif.

Bawang bombai juga mengandung komponen flavonoid quersitin, yang sangat baik untuk mencegah kanker usus. Pemasakan daging dengan bawang bombai dapat membantu mereduksi jumlah radikal bebas penyebab kanker.

Menurut publikasi di jurnal Clinical Gasteroenterology and Hepatology, quersitin dapat mereduksi ukuran dan jumlah sel kankerr pada saluran pencernaan manusia. Bawang bombai sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Menurut publikasi pada The journal of Agricultural and Food Chemistry, bawang bombai mengandung komponen gamma-L-glutamyl-trans-S-1-propenyl-L-cysteine sulfoxide, yang dapat menghambat osteoklas, yaitu sel pengurai tulang. Agar tulang tetap sehat dan terhindar dari osteoporosis, aktivitas osteoblast (sel-sel pembentuk tulang) harus lebih besar dari osteoklas.

Para ahli di University of Ben di Swiss pernah meneliti manfaat bawang bombai terhadap tulang. Terbukti konsumsi bawang bombai setiap hari selama 4 minggu mampu meningkatkan konsentrasi kalsium penguat tulang hingga l7 persen.

Kehebatan Taoge, Kembang Kol, dan Sawi Putih

Taoge merupakan istilah untuk menyebut kecambah dari biji kacang hijau, kacang tunggak, atau kedelai. Selama proses perkecambahan, bahan makanan cadangan diubah menjadi bentuk yang dapat digunakan, baik untuk tumbuhan maupun manusia.

Pada saat perkecambahan, terjadi hidrolisis karbohidrat, protein, dan lemak menjadi senyawa yang lebih sederhana, sehingga mudah dicerna. Juga peningkatan jumlah protein dan vitamin, sedangkan kadar lemaknya mengalami penurunan. Peningkatan zat gizi mulai tampak setelah 24-48 jam masa perkecambahan.

Karbohidrat sebagai bahan persediaan makanan dirombak oleh enzim alfa-amilase dan beta-amilase yang saling mengisi. Alfa-amilase memecah pati menjadi dekstrin, sedangkan beta-amilase memecah dekstrin menjadi maltosa. Akhirnya maltosa diubah menjadi glukosa dan fruktosa.

Selama perkecambahan, kandungan glukosa dan fruktosa meningkat 10 kali lipat. Adanya gkukosa dan fruktosa menyebabkan taoge terasa enak dan manis.

Vitamin taoge lebih banyak daripada bijinya. Selama perkecambahan, kadar vitamin B meningkat 2,5-3 kali lipat. Demikian juga vitamin E, meningkat dari 24-230 mg/100 gram biji kering menjadi 117-662 mg/100 gram kecambah. Vitamin C tidak terdapat dalam biji kedelai, mulai terbentuk di hari pertama perkecambahan hingga mencapai 12 mg per 100 gram setelah 48 jam perkecambahan.

Kecambah dipercaya meningkatkan kesuburan karena taoge merupakan sumber vitamin E yang cukup poterisial. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi taoge, diharapkan vitamin E melindungi sel telur atau spermatozoa dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas pada sel spermatozoa dapat menyebabkan sel cacat, sehingga memengaruhi motilitas (daya gerak) spermatozoa dalam mencapai dan membuahi sel telur. Sebaliknya, radikal bebas pada sel telur wanita juga berdampak pada kerusakan, sehingga proses pembuahan tidak berlangsung baik.

Taoge mengandung senyawa fitokimia berkhasiat. Salah satunya adalah canavanine, yang merupakan bahan penyusun asam amino arginin. Menurut sejumlah penelitian, canavanine mampu melumpuhkan bibit kanker leukemia, usus besar, dan pankreas.

Estrogen alami

Taoge juga mengandung estrogen alami yang berfungsi sama dengan estrogen sintesis. Estrogen secara nyata dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah osteoporosis. Rajin makan taoge membantu wanita terhindar dari gangguan menjelang menstruasi (premenstrual syndrome-PMS), keluhan semburat panas (hot flashes), pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

Ketika biji-bijian dan kacang-kacangan dikecambahkan, secara umum kadar saponinnya menanjak 450 persen. Saponin pada taoge sangat dianjurkan dikonsumsi oleh orang yang berisiko penyakit jantung. Saponin menggelontor kolesterol jahat LDL, tanpa mengganggu kolesterol baik HDL.

Melalui penelitian, saponin taoge diketahui dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh dengan menggenjot aktivitas sel pembunuh alami (natural killer cells), khususnya sel T-limfosit dan interferon.

Selain sarat DNA, taoge jugs padat antioksidan kuat yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA. Perlindungan ganda inilah yang menguatkan kesimpulan bahwa taoge merupakan sayuran yang membuat kita “lahir kembali” menjadi lebih muda.

Sayuran berwarna putih lainnya yang cukup terkenal adalah kembang kol dan sawi putih. Kedua sayuran tersebut masih satu keluarga dengan brokoli. Seperti brokoli, keunggulan kembang kol dan sawi putih terletak pada kandungan glukosinolates dan indole-glukosinolatesnya.

Proses pemotongan dan pengolahan, yang dilanjutkan dengan proses pengunyahan di mulut hingga pencernaan di usus akan membuat sel-sel sayuran menjadi terbuka. Akibatnya, enzim myrosinase di dalam sayuran dapat bereaksi dengan glukosinolates dan indole-glukosinolates.

Hasil reaksi enzim myrosinase dan glukosinolates akan menghasilkan isothiocyanates. Sementara hasil reaksi enzim myrosinase dan indole-glukosinolates menghasilkan indol-3 karbinol. Komponen isothiocyanates dan indol-3 karbinol inilah yang mempunyai manfaat luar biasa bagi tubuh.

Lengkeng dan Leci Ungguli Jeruk

Selain sayuran berwarna putih, buah-buahan berwarna putih juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Keunggulan buah-buahan berwarna putih adalah kandungan serat pangan dan vitamin C-nya yang tinggi. Kandungan vitamin C pada beberapa buah berwarna putih dapat dilihat pada tabel.

Dapat dilihat kandungan gizi buah berwarna putih tidak kalah dari jeruk. Bahkan, untuk lengkeng dan leci, kadar vitamin C-nya lebih tinggi dari jeruk.

Di dalam umbi bengkuang terdapat juga fitoestrogen. Bagi kaum perempuan, kehadiran fitoestrogen sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitas hidup di usia tua.

Ketika memasuki masa menopause, saat hormon estrogen tak lagi diproduksi tubuh, perempuan mengalami kemunduran fisik. Di antaranya kulit cepat mengeriput serta organ tulang mulai rapuh dan mudah patah.

Bengkuang juga baik untuk kesehatan kulit. Umbi serta kulitnya dapat mengobati berbagai penyakit kulit seperti eksim dan kutil. Umbinya yang berwarna putih bersifat dingin dan menyejukkan, sehingga dapat digunakan untuk mendinginkan lapisan kulit yang seharian diterpa panas sinar matahari.

Sifat dingin dan menyejukkan ini membuat bengkuang banyak dicari perusahaan kosmetika untuk diolah menjadi produk perawatan kulit. Bedak dingin hanyalah salah satu contoh kegunaan bengkuang yang cukup populer di dunia kosmetika.

Oleh:
Prof. DR. Made Astawan
Ahli Teknologi Pangan dan Gizi

Sumber: Senior

2 thoughts on “Keunggulan Pangan Putih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s