Get Your Shape Back!


sumber :http://portal.cbn.net.id/cbprtl/cyberwoman/detail.aspx?x=MotherAndBaby&y=cyberwoman|0|0|8|1185

“Akankah tubuh saya kembali seperti dulu saat sebelum hamil?” Menurut Joey Atlas MS, pakar Exercise Physiology dari Amerika, seringkali dokter menyarankan untuk mulai berolahraga enam minggu setelah melahirkan. Namun, apabila Anda melewati proses melahirkan normal dan tak mengalami komplikasi, seperti pergeseran tulang atau lainnya, maka Anda dapat memulai latihan lebih cepat dari enam minggu.

Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda mengenai hal ini, karena dokterlah yang mengetahui kondisi Anda. Konsultasikan pula jenis latihan yang ingin Anda lakukan. Sebagai permulaan Anda dapat melakukan senam kegel, tentunya seringan apapun latihan, bicarakan terlebih dulu dengan dokter kandungan Anda.

Berikut beberapa gerakan yang dapat Anda lakukan untuk mengencangkan tubuh pada masa postpartum:

* Gerakan melatih otot panggul dengan memulai gerakan pada bagian perut. Mulailah dengan tidur terlentang dan angkat kepala dengan memiringkan salah satu sudut bahu. Lakukan juga pada sisi yang satunya.

* Berbaring di lantai dengan nyaman, dengan posisi kaki lurus dan rata dengan lantai. Tekuk salah satu kaki dan angkat kaki yang satunya dalam posisi menekuk ke arah Anda lalu turunkan kembali. Ulangi beberapa kali lalu berlatihlah dengan kaki yang satunya.

* Berjalan. Program ini dapat Anda lakukan bahkan sebelum enam minggu setelah melahirkan, namun hanya bila Anda tidak mengalami komplikasi pada proses kelahiran atau terdapat gangguan pada tubuh Anda setelah kelahiran sang buah hati.

Setelah masa 40 hari dan tuntasnya pemeriksaan ke dokter, maka Anda telah dapat memperjuangkan program fitness Anda dengan latihan kardio, seperti jogging atau berlatih beban ringan dengan menggunakan dumbbell. Latihan postpartum ini membuat Anda lebih kuat, lebih sehat, dan berenergi. (tiw)

Sumber: Majalah Inspire Kids

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s