Anak Tinggal dengan Perokok, Berisiko Emfisema


sumber :http://www.motherandbaby.co.id/index.php?mod=vcontent&tokenid=15d4e891d784977cacbfcbb00c48f133

Anak-anak yang sering berinteraksi di sekitar perokok, terutama saat di rumah, akan menghadapi risiko emfisema yang lebih tinggi ketika dewasa kelak, meskipun ia tidak merokok. Menurut penelitian dari seorang asisten profesor epidemiologi di Universitas Columbia, jurusan Kesehatan Masyarakat, Gina Lovasi, hal tersebut disebabkan oleh belum benar-benar pulihnya kondisi paru-paru mereka akibat paparan asap rokok yang dihirupnya selama hidupnya. Peneliti memperoleh kesimpulan setelah melakukan CT scan terhadap 1.781 orang dewasa non-perokok dari 6 komunitas di Amerika Serikat yang menderita Emfisema. Hasil yang diperoleh bahwa sekitar lebih dari setengah dari mereka dibesarkan di rumah dengan sedikitnya satu perokok.

Gina Lovasi menjelaskan emfisema merupakan sejenis radang paru-paru yang disebabkan pembengkakan pada bagian saluran udara (alveolus) sehingga terjadi penyempitan aliran udara dari dan menuju paru-paru, sehingga paru-paru menjadi kaku dan kehilangan elastisitasnya. Gejala yang dirasakan antara lain batuk kering hingga mengalami sesak nafas. Paparan asap rokok ini tidak sepenuhnya hilang dari paru-paru anak. Ketika, dewasa, paparan asap rokok ini merupakan cikal bakal penyakit emfisema.

“Kami dapat mendeteksi perbedaan antara peserta yang tinggal dengan 1 atau lebih banyak perokok saat anak-anak dan mereka yang sama sekali tidak tinggal seorang perokok di rumahnya,” jelasnya. Lebih jauh ia mengatakan bahwa beberapa dideteksi sebagai efek berbahaya dari asap tembakau jangka pendek dan dapat bertahan selama beberapa dekade.

Penelitian yang diterbitkan American Journal of Epidemiology ini juga mengatakan paparan asap rokok pada masa kanak-kanak lebih memiliki efek pengaruh kuat ketimbang ibu yang sedang hamil dan terpapar asap rokok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s