Pergi ke Instalasi Gawat Darurat


sumber : milissehat.web.id

Saat anak Anda perlu pergi ke Instalasi Gawat Darurat, maka penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa yang akan dilakukan saat Anda berada di sana.
Menemukan IGD di Saat Yang Tepat
Diskusikan dengan dokter Anda mengenai apa yang harus dilakukan dan IGD mana yang dituju sebelum Anda berada pada situasi gawat darurat. Dokter akan menyarankan IGD terdekat atau rumah sakit dimana dokter Anda bekerja.
Pada keadaan gawat darurat, apakah anak Anda sebaiknya datang ke IGD rumah sakit anak? Rumah sakit anak mungkin memiliki staf dan fasilitas untuk anak yang lebih lengkap. Jika lokasi rumah sakit anak dekat dengan tempat Anda maka mungkin menjadi pilihan bagi Anda untuk membawa anak Anda kesana pada keadaan gawat darurat. Jika tidak, maka rumah sakit umum terdekat akan memberikan layanan kesehatan yang dibutuhkan dan jika diperlukan baru melakukan rujukan pada fasilitas yang lebih lengkap.
Mempersiapkan untuk pergi ke IGD
Saat Anda pergi ke IGD, sangat penting untuk mengetahui dan menangani gejala yang anak Anda alami, dan riwayat kesehatan sebelumnya (alergi, riyawat sakit, luka, pembedahan atau kondisi kronik). Sangat baik bila catatan tersebut dibuat tertulis dan tersedia di rumah sehingga dapat dibawa atau ditunjukkan oleh siapapun yang mengasuh anak Anda saat membawa ke unit gawat darurat.
Riwayat kesehatan melipiti :
• Obat yang digunakan oleh anak
• Alergi
• Riwayat dirawat di rumah sakit
• Riwayat pembedahan sebelumnya
• Penyakit yang pernah diderita
• Riyawat penyakit keluarga yang berhubungan dengan kesehatan anak
Jika Anda ke IGD karena anak Anda menelan obat atau produk rumah tangga maka bawa bahan atau kemasan dari bahan yang ditelan tersebut ke IGD. Hal ini akan membantu dokter dalam mempertimbangkan terapi yang akan diberikan. Jika anak menelan benda asing maka bawa contoh benda tersebut jika memungkinkan.
Di setiap IGD Anda harus bersiap untuk menunggu. Anda juga harus membawa pulpen dan kertas untuk menulis pertanyaan yang akan Anda ajukan kepada dokter. Anda dapat membawa buku, majalah. Jika anak Anda tidak sakit berat Anda dapat membawakan buku, mainan dan benda yang dapat menenangkan anak Anda.
Jika Anda memperkirakan kemungkinan rawat inap maka siapkan beberapa pasang baju dan alat mandi untuk Anda dan anak Anda.
Apa yang diharapkan saat di IGD
Anda tidak dapat memperkirakan waktu yang Anda perlukan di IGD. Jika anak Anda membutuhkan pertolongan yang lengkap karena keadaan gawat, yakinlah bahwa dokter akan memberikan pertolongan secepatnya. Karena dokter akan memberikan pertolongan lebih dahulu bagi yang mengalami cedera berat atau sakit berat. Bagi pasien yang mengalami luka ringan maka akan menunggu lebih lama.
Saat Anda menunggu di IGD, Anda dan anak Anda dapat melihat orang dengan sakit berat atau luka berat datang. Untuk itu tenangkan anak Anda dengan memberitahukan bahwa IGD adalah tempat bagi orang yang terluka, dan dokter akan membantu orang tersebut untuk menjadi lebih baik.
Segera setelah sampai di IGD maka anak Anda akan diperiksa oleh perawat yang akan menanyakan gejala, memeriksa tanda vital dan membuat analisa cepat. Evaluasi ini disebut triage, membantu untuk menentukan derajat berat sakit anak dan prioritas mendapat pertolongan.
Saat Anda di IGD maka tulis informasi penting yang Anda dengar. Keadaan di IGD dapat menakutkan atau penuh tekanan, karena itu dapat sulit untuk mengingat nama dokter atau diagnosis dan obat yang diberikan serta petunjuk tatalaksana di rumah.
Setelah selesai maka Anda dapat meminta salinan rekam medis tatalaksana dari anak Anda untuk ditunjukkan kepada dokter yang biasa merawat anak Anda.
(YSK)
Diterjemahkan dari :
Going to the emergency room
Kate M.Cronan
Oktober 2008
http://kidshealth.org/parent/system/doctor/emergency_room.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s