Menterjemahkan Informasi Berita Kesehatan


sumber : milissehat.web.id

Apa yang dipercayai?
Perhatian bagi orang tua : menonton TV dapat berbahaya abgi anak Anda!
Perhatian bagi orang tua : Menonton TV tidak berbahaya bagi anak Anda!
Pernyataan manakah yang benar? Peneliti melaporkan anak kecil yang banyak menonton televisi lebih rentan mengalami masalah perhatian di sekolah. Tetapi 2 tahun kemudian, studi lain menyatakan anak dengan gangguan perhatian, dengan berbagai alasan, hanya menonton TV sedikit lebih banyak.
Judul yang bertolak berlakang ini merupakan satu contoh bagaimana informasi kesehatan dapat membingungkan. Apa yang dinyatakan satu studi kemudian dibantah oleh studi yang lain. Dan banyak informasi yang beredar di internet. Bagaimana Anda mengetahui informasi tersebut penting, akurat dan relevan dengan kesehatan keluarga Anda?
Anda tidak perlu menjadi dokter atau ilmuwan untuk mengetahui hal tersebut. Ada beberapa cara sederhana untuk menilai berita medis. Kemudian Anda dapat berdiskusi dengan dokter Anda mengenai berita tersebut apakah relevan dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan keluarga Anda.
Membedakan Penelitian Medis dari Berita
Ada beberapa bahan pokok untuk pertimbangan saat membawa atau mendengarkan laporan atau topik kesehatan untuk membantu Anda dalam menentukan apakah terpercaya dan relevan dengan kebutuhan Anda.
Untuk membuktikan sesuatu mengenai kesehatan atau pengobatan memerlukan penelitian yang tepat. Penelitian yang tepat memerlukan waktu beberapa tahun untuk memastikan kesimpulan bahwa dokter dapat menggunakan penelitian tersebut dalam membuat keputusan bagi kesehatan pasiennya.
Saat Anda pertama mendengar perkembangan medis terbaru maka pertanyaan pertama adalah : Apakah berdasarkan studi ilmiah? Dan apa yang telah dihasilkan oleh studi lain mengenai topik yang sama?
Banyak laporan kesehatan yang berdasarkan anekdot- cerita pengalaman orang dengan berbagai masalah atau pengobatan- daripada berdasar pada hasil ilmiah.
Reporter seringkali menggunakan cerita individual untuk mengilustrasikan topik yang sensitif. Cerita individual mungkin menarik tetapi tidak memberikan bukti ilmiah apapun.
Penting juga membedakan berita kesehatan atau iklan. Beberapa iklan didesain seperti berita kesehatan. Teliti kembali kata “iklan” pada berita tersebut.
Situs web kadangkala memiliki nama yang memberi kesan penting, tetapi dijalankan oleh organisasi atau perusahaan yang menjual produk. Penting sekali untuk memastikan situs yang Anda lihat terpercaya. Lihat pada situs yang dikelola oleh badan pemerintah- dengan .gov di belakangnya.
Mempelajari Hasil Penelitian
Langkah pertama adalah mengetahui penelitian yang melatarbelakangi berita kesehatan tersebut. Bagaimana penelitian tersebut dilakukan dan siapa yang melakukan penelitian tersebut juga penting. Saat Anda mengetahui bahwa suatu penelitian sebagai dasar berita kesehatan, maka pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini saat Anda menentukan apakah untuk mempercayai berita kesehatan tersebut.
Apakah penelitian ini dilakukan pada masyarakat luas?
Banyak penelitian yang dilakukan di laboratorium tetapi tidak pada masyarakat. Eksperimen ini membantu ilmuwan untuk mengetahui kemungkinan efek dari terapi. Tetapi apa yang terjadi di dalam tabung penelitian tidak berlaku secara otomatis memberikan efek yang sama bila dilakukan pada masyarakat. Kadangkala, penelitian berlangsung di laboratorium dengan binatang tetapi tidak pada manusia.
Siapa saja yang terlibat dalam penelitian?
Sekalipun penelitian dilakukan pada manusia, mungkin tidak berperan bagi kesehatan keluarga Anda. Contoh, penelitian hanya melibatkan manusia dewasa dan tidak melibatkan anak-anak, seringkali terapi yang yang aman dan efektif pada dewasa belum teruji pada anak-anak. Penelitian medis dapat berhadapan dengan isu etik dan finansial bila berhubungan dengan studi pada anak-anak. Laporan penelitian medis sebaiknya memberikan gambaran karakteristik peserta penelitian seperti jenis kelamin, umur, status kesehatan dan hal ini dapat membantu Anda menentukan yang terbaik bagi kebutuhan Anda.
Jenis studi penelitian yang dilakukan?
Peneliti melakukan penelitian melalui berbagai cara. Penelitian prospektif (dipantau ke depan), beberapa ratus orang selama bertahun-tahun dilihat faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesehatan (diit, vitamin, olahraga, dan kebiasaan lain yang mungkin berpengaruh). Penelitian jenis ini taraf kepercayaan (level of evidence) lebih kuat dibanding penelitian yang meminta pasien untuk mengingat kembali mengenai riyawat kesehatannya di masa lampau.
Ada penelitian yang melihat kembali rekam medis atau memberikan kuesioner kepada orang-orang untuk mengingat kembali hal-hal yang berisiko terhadap kondisi kesehatan mereka (seperti yang berhubungan dengan penyakit jatung, kanker). Penelitian jenis ini disebut penelitian retrospektif (melihat ke belakang). Penelitian jenis ini dapat memberikan petunjuk mengenai penyakit, tetapi tidak definitif.
Pertanyaan lain yang sebaiknya ditanyakan
Penelitian Klinis Acak Terkontrol (RCT-Randomized Controlled Clinical Trial), merupakan penelitian terbaik untuk melihat suatu terapi bekerja baik atau tidak. Pada penelitian ini setengah dari partisipan secara acak mendapat obat yang diuji dan setengahnya mendapat plasebo (pil berisi bahan tidak aktif). Jenis ini disebut “double-blind”-tersamar ganda, berarti baik partisipan dan peneliti tidak mengetahui partisipan yang mana yang mendapat obat atau plasebo. Sehingga bias penelitian/ kemungkinan kesalahan dapat dikurangi untuk mendapat hasil yang terpercaya.
Berapa besar penelitian diadakan dan berapa lama?
Beberapa penelitian hanya melibatkan sejumlah kecil partisipan. Anda dapat lebih percaya bila penelitian melibatkan raturan atau ribuan partisipan. Namun hal ini tergantung jeis penelitian yang dilakukan. Bila menyangkut penyakit yang jarang terjadi mungkin partisipan tidak terlalu banyak, namun interpretasi tetap harus teliti.
Apa arti dari hasil yang tertera?
Angka-angka dapat membuat bingung. Berita medis seringkali membuat informasi lebih dari kondisi sebenarnya. Sebagai contoh : laporan yang menyatakan bahwa faktor-faktor tertentu membuat risiko terkena penyakit menjadi dua kali lipat. Bila melihat angka sebenarnya maka risiko tersebut meningkat dari 1% menjadi 2 %, dan bila melihat angka tersebut sebetulnya risikonya masih kecil untuk mengalami penyakit. Bila obat dapat mengurangi risiko mendapat penyakit tersebut menjadi setengahnya tetapi sebetulnya risiko untuk betul-betul terkena penyakit memang kecil dari awalnya maka menggunakan obat tersebut mungkin tidak bermanfaat.
Pertimbangkan melihat angka dari sudut pandang lain, misal seorang anak yang berisiko terkena penyakit 5%, juga memiliki kemungkinan tidak terkena penyakit sebanyak 95%.
Dimana hasil penelitian dipublikasikan?
Lihat penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association, Pediatrics, The New England Journal of Medicine. Jurnal-jurnal tersebut secara teliti meneliti artikel yang masuk sehingga dapat dipercaya.
Reporter seringkali membuat potongan cerita yang tidak tepat,sehingga lebih sederhana atau terlihat lebih dari aslinya. untuk itu penting sekali Anda melihat kembali artikel aslinya untuk menghindari kesalahan persepsi.
Siapa yang mendanai penelitian?
Banyak penelitian yang didanai oleh pemerintah. Penelitian yang didanai oleh pemerintah lebih kredibel karena peneliti harus hati-hati dan mengevaluasi sebelum mereka memperoleh dana dari pemerintah.
Saat ini menjadi umum penelitian didanai oleh pabrik obat dan alat kesehatan. Hal ini tidak menjadikan penelitian tidak dapat dipercaya tetapi Anda memasukkan hal tersebut sebagai pertimbangan. Jurnal juga mencantumkan sumber dana para peneliti untuk menghilangkan konflik kepentingan.
Membuat perbandingan
Bagaimana hasil studi ini dibandingkan studi sejenis lainnya?
Banyak sekali studi yang saling kontradiksi satu sama lain. Dalam kenyataannya jarang sekali satu studi sudah bisa memberikan hasil final.
Teliti dengan studi yang kesimpulannya berbeda dengan tujuan penelitian.
Bersikap terhadap berita kesehatan
Jangan mendagnosis anak Anda atau menghentikan terapi medis berdasarkan berita kesehatan semata. Saat Anda membaca berita kesehatan atau penelitian maka diskusikan dengan dokter anak Anda.
(YSK)
Diterjemahkan dari :
Making Sense of Medical News
http://kidshealth.org/parent/system/doctor/medical_news.html

One thought on “Menterjemahkan Informasi Berita Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s