Mencari Dokter yang Tepat untuk Anak Anda


sumber : milissehat.web.id

Masa kehamilan adalah masa penantian yang menggembirakan dan juga menyibukan. Bermacam-macam persiapan dilakukan mulai dari mempersiapkan nama, membeli peralatan bayi, dan yang tidak kalah penting memilih praktisi kesehatan untuk menangani bayi Anda.
Pilihan
Ada tiga pilihan tenaga medis yang dapat melayani bayi / anak Anda yaitu dokter spesialis anak, dokter keluarga (dokter umum), dan perawat anak.
Dokter Spesialis Anak
Ilmu kesehatan anak adalah bidang spesialis yang mempelajari fisik, emosional, kesehatan dan sosial anak-anak sampai remaja. Fokus utamanya adalah upaya pencegahan penyakit.
Setelah lulus dari fakultas kedokteran, dokter melanjutkan pendidikan spesialis anak kurang lebih 4 tahun. Setelah lulus pendidikan spesialis anak, seorang dokter anak harus disertifikasi oleh pemerintahan yang berwenang, di Amerika dikenal dengan American Board of Pediatrics. Setiap 7 tahun sekali, dokter spesialis anak wajib memperbaharui sertifikasinya, yang berarti setiap dokter spesialis anak terus memperbaharui ilmunya. Dokter spesialis anak juga harus mengikuti sejumlah kursus tertentu setiap tahunnya sebagai syarat untuk memperpanjang izin prakteknya.
Beberapa dokter anak memperdalam ilmunya di bidang tertentu (subspesialis) seperti Jantung, kegawatdaruratan, atau penyakit darah (hematologi). Pendidikan subspesialis ini memerlukan waktu sekitar 3 tahun.
Dokter Keluarga (Dokter umum)
Dokter keluarga menjalani pendidikan kedokteran 2-3 tahun setelah lulus dari sarjana kedokteran. Dokter keluarga mempelajari berbagai macam bidang ilmu kedokteran, seperti ilmu kesehatan anak, ilmu penyakit dalam, ilmu kandungan, dsb. Dokter keluarga menjalani beberapa bulan masa pendidikan untuk setiap bidang ilmu tersebut. Setelah lulus dari semua bidang ilmu kedokteran, Dokter keluarga menjalani ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi. Mereka wajib menjalani pendidikan berkelanjutan untuk memperbaharui sertifikasinya.
Karena Dokter keluarga mendapatkan pendidikan diseluruh bidang ilmu kedokteran, maka mereka kompeten untuk menangani pasien dari usia anak-anak sampai dewasa. Ini berarti anak Anda dapat datang kepada dokter yang sama sampai anak Anda dewasa. Ini juga berarti seluruh keluarga Anda dapat mengunjungi dokter yang sama. Dokter keluarga dapat mengetahui riwayat medis seluruh anggota keluarga Anda dan dapat lebih paham mengenai masalah sosial emosional dalam keluarga Anda.
Pada saat mengunjungi Dokter keluarga, tanyakanlah tentang peraturan di klinik atau tempat praktik dokter tersebut, ada beberapa dokter yang tidak melayani anak-anak di bawah usia tertentu.
Perawat Anak
Tenaga medis lain yang dapat melayani pasien anak adalah perawat anak. Perawat anak adalah orang yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana keperawatan dan mendapatkan pelatihan untuk melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, membuat diagnosis dan melakukan konseling untuk anak. Perawat anak berelasi dekat dengan dokter umum, rumah sakit, dan dokter anak. Seperti Dokter spesialis anak, perawat anak juga dapat mendalami ilmunya di bidang–bidang tertentu seperti Neurologi, endokrinologi, dll.
Beberapa orang tua mungkin merasa ragu membawa anaknya kepada perawat anak, dengan anggapan bahwa perawat anak memiliki keahlian yang kurang dalam penanganan bayi dan anak-anak. Namun kehadiran perawat anak sebenarnya memiliki banyak keuntungan. Perawat anak banyak meluangkan waktu untuk berkonsultasi dan menyampaikan informasi seputar kesehatan anak. Perawat anak terlatih untuk merujuk kepada dokter jika ditemukan penyakit yang lebih serius atau lebih kompleks. Jika anda lebih memilih berkonsultasi dengan dokter atau anda merasa perlu menemui dokter setelah berkonsultasi dengan perawat anak, kami tetap menghargai pilihan Anda.
Kapan dan Bagaimana Memulainya
Mencari dokter untuk anak Anda harus sudah dimulai sebelum anak Anda lahir. Bisa jadi kelahiran anak terjadi lebih awal dari tanggal yang diperkirakan dan Anda tidak punya waktu lagi untuk memilih tenaga medis yang kepribadian dan gayanya cocok dengan Anda.
Waktu yang tepat untuk memulai mencari dokter adalah 3 bulan sebelum tanggal taksiran kelahiran anak Anda. Jika karena suatu perjanjian tertentu seperti asuransi dan perusahaan menyebabkan terbatasnya dokter yang bisa anda kunjungi, maka persiapkanlah daftar dokter yang menjadi rekanan dari asuransi/perusahaan yang mengatur rencana kesehatan Anda. Pastikan daftar yang Anda punya adalah daftar terbaru yang masih berlaku.
Hubungi penyedia pelayanan kesehatan Anda apabila Anda bermaksud mengunjungi dokter tertentu yang tidak terdapat dalam daftar mereka, juga apabila anak Anda memerlukan kebutuhan khusus pada dokter yang bukan rekanan dari penyedia pelayanan kesehatan Anda.
Anda dapat mengumpulkan informasi dari teman, kenalan, tetangga mengenai dokter yang baik untuk anak Anda. Anda juga bisa meminta saran dari dokter keluarga Anda, dokter kandungan, atau perawat.
Jika anda pindah ke tempat yang baru, dan Anda tidak memiliki teman atau kenalan lainnya untuk dimintai saran. Anda bisa menghubungi fakultas kedokteran setempat, bertanya kepada perawat atau mahasiswa kedokteran tentang dokter mana yang mereka rekomendasikan atau kemana mereka membawa anaknya untuk berobat.
Setelah Anda mendapatkan rekomendasi, pelajarilah dokter Anda secara keseluruhan, apakah dokter tersebut memiliki riwayat pelanggaran hukum atau kriminalitas. Di Amerika, di setiap negara bagian memiliki Dewan Kedokteran yang menangani keluhan terhadap dokter dan berhak memberikan sanksi disiplin seperti pembayaran denda sampai mencabut izin prakteknya. Sanksi-sanksi disiplin sangat jarang, tetapi sangat mudah untuk Anda mendapatkan informasi tersebut, karena Dewan Kedokteran akan mempublikasikannya di website.
Sekarang adalah waktunya melakukan kunjungan dan wawancara kepada dokter tersebut. Mengingat bahwa dokter tersebut akan menjadi dokter yang menangani anak Anda sejak ia dilahirkan, pastikan bahwa Anda nyaman dan cocok baik dengan dokter maupun dengan staf, lokasi dan lingkungan prakteknya. Kunjungan kepada dokter anak sebelum melahirkan (kunjungan prenatal) adalah kesempatan yang sangat baik untuk bertanya dan berkenalan.
Pada saat kunjungan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti :
• Bagaimana jadwal praktek dokter? Jadwal praktek yang fleksibel mungkin Anda perlukan apalagi jika Anda wanita bekerja yang hanya bisa berkunjung ke dokter di sore atau malam hari, atau diakhir pekan.
• Apakah dokter tersebut praktek pribadi atau praktek bersama? Jika dokter hanya praktek sendiri, dan tidak praktek sore atau akhir pekan, bagaimana dia tetap bisa melayani Anda? Apabila dokter tersebut praktek bersama, bagaimana kualifikasi dokter yang lainnya? Siapa yang akan menggantikan dokter Anda jika ia sedang pergi ke luar kota atau sedang berlibur?
• Apakah di tempat praktek dokter ada perawat anak? Bagaimana jadwal prakteknya?
• Apakah dokter berpraktek di rumah sakit? Dimana? Apakah dokter tersebut akan datang saat anda melahirkan dan memeriksa bayi Anda? Jika anak Anda ternyata memerlukan rawat inap, siapa dokter yang akan bertanggung jawab terhadap anak Anda?
• Apakah ada layanan telepon sepanjang jam kerja? Atau di luar jam kerja? Siapa yang akan menjawab telepon Anda? Adakah perawat atau staf medis yang dapat menerima telepon anda untuk berkonsultasi seputar masalah medis anak Anda? Berapa lama Anda mendapatkan jawaban dari dokter Anda setelah Anda menghubungi mesin penjawab? Apakah ada layanan “nurse-on-call”, yaitu pelayanan telepon 24 jam yang dilakukan oleh perawat atau tenaga medis yang dapat memberikan Anda nasihat atau tatalaksana untuk keluhan-keluhan yang umum pada anak, jika mereka menilai keluhan tersebut cukup serius mereka akan mentransfer telepon Anda kepada dokter atau menganjurkan untuk membawa anak Anda ke instalasi gawat darurat, atau rekaman telepon Anda dapat dikonsulkan ke dokter di hari praktek berikutnya.
• Apakah Anda dapat berkomunikasi dengan dokter Anda melalui email?
• Dalam keadaan gawat darurat apakah dokter tersebut dapat menangani anak Anda atau ia akan merujuk ke instalasi gawat darurat? Apakah fasilitasnya cukup baik dalam penanganan kegawatdaruratan pada anak?
• Apakah dokter dapat melakukan test laboratorium di tempat prakteknya? Beberapa tempat praktek dokter dapat melakukan test sederhana seperti darah perifer lengkap, urinalisa lengkap daripada mengirim sediaan ke laboratorium.
• Bagaimana sistem pembayarannya? Hal ini sangat penting jika Anda punya asuransi kesehatan. Apakah honor dokter dibayarkan setiap kunjungan atau ada peraturan tertentu di setiap rencana kunjungan medis?
• Jika anak Anda perlu dirujuk ke dokter yang lebih ahli, bagaimana peraturan asuransi Anda terhadap sistem rujukan? Bagaimana dokter Anda dapat membantu menangani kasus yang perlu dirujuk kepada dokter yang di luar cakupan asuransi?
Membuat daftar pertanyaan akan memandu Anda saat berkunjung ke dokter. Beberapa dokter menyediakan diskusi kelompok untuk menjelaskan sistem prakteknya dan mengenai pelayanannya terhadap bayi baru lahir, dokter lain mungkin memilih berdiskusi perorangan dengan Anda.
Banyak asuransi kesehatan yang mendukung kunjungan prenatal (kunjungan sebelum bayi dilahirkan), namun sebaiknya diskusikan dulu dengan asuransi Anda.
Bagaimana Tempat Praktek Dokter Seharusnya?
Kunjungan prenatal adalah saat yang tepat untuk memperhatian lingkungan tempat praktek dokter. Perhatikan bagian pendaftaran, apakah banyak pasien yang datang mendaftar? Jika jumlah pasien sedikit, mungkin saja dokter dapat menyediakan waktu lebih banyak untuk setiap pasiennya. Perhatikan apakah ruang tunggu untuk anak sakit dipisahkan dari anak-anak sehat ? Apakah ruangannya bersih dan bersahabat untuk anak? Apakah staf di tempat praktek sopan dan penuh perhatian kepada pasien yang menunggu maupun saat menerima telepon?
Pada saat Anda menunggu, berbicaralah dengan orang tua lainnya, apakah mereka puas dengan pelayanan dokter tersebut? Apakah anak-anaknya nyaman dengan dokter tersebut? Apakah menurutnya dokter itu kompeten? Suasana di ruang tunggu juga dapat membantu anda membayangkan seperti apa pelayanan praktek dokternya.
Kepribadian Dokter
Hal lain yang penting saat kunjungan ini adalah merasakan kecocokan dengan dokter. Apakah dokter memperlakukan Anda sebagai rekan dalam merawat anak Anda? Apakah dokter tersebut mau menjelaskan segala sesuatu dengan lengkap? Apakah dokter Anda terbuka jika Anda meminta pendapat dokter lainnya? Apakah usia dan jenis kelamin dokter adalah penting untuk Anda?
Komunikasi antara orang tua dan dokter adalah hal dasar yang penting untuk membangun hubungan kerja yang baik. Apakah dokter tersebut adalah pendengar yang baik? Apakah Anda merasa bebas bertanya sesuatu atau Anda merasa takut untuk bertanya?
Pastikan bahwa dokter tersebut tidak memiliki prinsip-prinsip yang bertentangan dengan Anda. Apakah dokter mendukung sirkumsisi? Apakah dokter mendukung ASI? Apakah dokter tersebut juga mendukung pengobatan alternatif atau herbal? Bagaimana pola penggunaan obat atau antibiotik? Apakah dokter anda fokus terhadap pencegahan seperti imunisasi, keselamatan anak, dan nutrisi anak? Hal-hal seperti ini mungkin tidak terasa penting sebelum anak anda lahir, namun mengingat bahwa dokter tersebut akan menjadi dokter anak Anda sepanjang pertumbuhannya, maka mempertimbangkan berbagai aspek menjadi sangat penting.
Mungkin Anda merasa terlalu repot dan sibuk bagaimana mempersiapkan kelahiran bayi Anda, namun cobalah bayangkan setelah anak Anda lahir, Anda lebih percaya diri bahwa anak Anda ditangani oleh dokter yang benar sepanjang pertumbuhan dan perkembangannya. Anda akan terhindar dari kecemasan atau kejadian buruk yang pernah dialami oleh orang tua lainnya.(WK)
Diterjemahkan dari :
Finding a Doctor for Your Child, Steven Dowshen, MD
http://kidshealth.org/parent/system/doctor/find_ped.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s