Daftar Pertanyaan Yang Dapat Anda Ajukan


sumber : milissehat.web.id

Apakah dokter Anda memberikan resep?
Tanyakan :
• Apa nama obat?
• Bagaimana mengejanya?
• Bisakah saya gunakan generik?
• Apa indikasi obat tersebut?
• Bagaimana saya menggunakannya?
• Kapan sebaiknya saya gunakan obat tersebut?
• Berapa banyak saya gunakan obat tersebut?
• Berapa lama saya menggunakan obat tersebut?
• Kapan obat tersebut mulai bekerja?
• Dapatkah saya tidak menggunakan obat itu lagi bila saya sudah merasa lebih baik?
• Dapatkah saya membeli lagi obat yang sama?
• Apakah ada efek samping?
• Kapan sebaiknya saya informasikan mengenai efek samping bila saya rasakan?
• Apakah saya perlu menghindari makanan, minuman atau aktivitas tertentu?
• Apakah dengan obat yang baru saya harus menghentikan obat yang sebelumnya saya konsumsi?
• Dapatkah saya minum vitamin bersama dengan obat ini?
• Apa yang harus saya lakukan bila saya lupa meminum obat ini?
• Apa yang harus saya lakukan bila saya tidak sengaja minum obat lebih dari yang seharusnya?
• Apakah ada informasi tertulis yang bisa saya bawa pulang mengenai obat ini?
• Apakah ada tes yang saya harus lakukan selama menggunakan obat ini?
Jika Anda dijadwalkan untuk menjalani tes medis
Tanya :
• Apa tujuan tes dilakukan?
• Bagaimana tes tersebut dilakukan?
• Apakah akan sakit?
• Berapa akurat tes tersebut?
• Apakah tes ini satu-satunya cara mengetahui informasi yang ingin didapat?
• Apa risiko dan manfaat dari tes ini?
• Apa yang harus saya persiapkan untuk menjalani tes ini?
• Berapa kali Anda (dokter) sudah berpengalaman dengan tes ini?
• Kapan saya mendapat hasilnya?
• Apa yang diinformasikan dari tes ini bagi kondisi kesehatan saya?
• Apa langkah selanjutnya setelah tes ini?
Apakah Anda menerima diagnosis
Tanya :
• Apa diagnosis saya?
• Apa bahasa medis mengenai penyakit dan kondisi saya? Dan apa artinya dalam bahasa awam?
• Bagaimana prognosis saya (kemungkinan ke depannya)?
• Perubahan apa yang harus saya lakukan?
• Apakah ada kemungkinan orang lain dalam keluarga akan mengalami hal yang sama?
• Apakah saya memerlukan pertolongan khusus di rumah dengan kondisi saya saat ini?
• Apakah terdapat pengobatan?
• Apa saja pilihan pengobatan yang ada?
• Berapa lama waktu yang saya miliki untuk memutuskan terapi yang akan saya jalani?
• Apa manfaat dan risiko yang berhubungan dengan pilihan terapi yang ada?
• Apakah ada penelitian medis yang sesuai dengan saya?
• Apakah saya membutuhkan tes tambahan?
• Organisasi dan sumber dari mana yang dokter rekomendasikan untuk informasi dan dukungan bagi saya?
Apakah Anda mempertimbangkan terapi untuk penyakit atau kondisi tertentu?
Tanya :
• Apa pilihan terapi yang saya miliki?
• Apa yang dokter rekomendasikan?
• Apakah terapi menyakitkan?
• Bagaimana rasa sakit dapat dikontrol?
• Apa risiko dan manfaat dari terapi ini?
• Berapa biaya terapi ini?
• Apakah asuransi kesehatan saya akan mengganti biaya terapi ini?
• Apa hasil yang diharapkan?
• Apa perubahan yang menandakan terapi berjalan baik?
• Kapan saya melihat hasil pengobatan?
• Berapa persen kemungkinan terapi bekerja baik?
• Apakah ada efek samping?
• Apa yang bisa saya lakukan mengenai efek samping?
• Berapa lama saya harus menentukan terapi yang akan saya pilih?
• Apa yang terjadi jika saya memilih untuk tidak melakukan pengobatan sama sekali?
Apakah dokter Anda menyarankan pembedahan?
Tanya:
• Mengapa saya butuh pembedahan?
• Pembedahan seperti apa yang saya butuhkan?
• Apa yang akan dokter lakukan?
• Apa manfaat dan risiko dari pembedahan ini?
• Apakah dokter sudah pernah melakukan pembedahan ini sebelumnya?
• Bagaimana keberhasilan pembedahan ini?
• Rumah sakit yang terbaik bagi pembedahan ini?
• Apakah pembedahan akan menyakitkan?
• Apakah saya memerlukan pembiusan?
• Berapa lama waktu untuk operasi?
• Berapa lama waktu bagi saya untuk pulih kembali?
• Berapa lama saya berada di rumah sakit?
• Apa yang akan terjadi setelah operasi?
• Berapa biaya operasi?
• Apakah asuransi saya akan menggantinya?
• Apakah ada cara lain untuk mengobati kondisi saya?
• Apa yang akan terjadi bila saya tidak menjalani pembedahan ini?
• Dimana saya bisa memperoleh pendapat kedua (second opinion)?
Apakah Anda memilih asuransi kesehatan?
Tanya :
• Apa pilihan bagi saya?
• Apakah jaminan kesehatan ini menyediakan manfaat dan layanan yang saya butuhkan?
• Apakah jaminan kesehatan ini menawarkan dokter dan rumah sakit yang saya inginkan?
• Apakah saya bisa membayar jaminan kesehatan ini?
Apakah Anda memilih dokter bagi Anda?
Tanya :
• Apakah dokter ini ditanggung oleh asuransi saya?
• Apakah dokter ini memiliki latar belakang dan pelatihan yang sesuai kebutuhan saya?
• Apakah dokter ini dapat bekerja di rumah sakit yang saya inginkan?
• Bisakah saya berbicara dengan dokter ini dan bertanya dengan nyaman?
• Apakah dokter ini akan mendengarkan saya?
• Apakah dokter ini selalu cuci tangan sebelum memeriksa setiap pasien?
Apakah Anda memilih rumah sakit?
Tanya:
• Rumah sakit mana yang memiliki layanan terbaik untuk keadaan saya?
• Apakah rumah sakit tersebut termasuk dalam asuransi kesehatan saya?
• Apakah rumah sakit tersebut memenuhi standar nasional rumah sakit?
• Bagaimana rumah sakit tersebut dibandingkan dengan rumah sakit lain?
• Apakah rumah sakit ini sudah berpengalaman dengan kondisi seperti saya?
• Apakah dokter saya diperkenankan bekerja pada rumah sakit ini?
• Seberapa baik rumah sakit ini memeriksa dan meningkatkan layanan kesehatan yang mereka berikan?
Apakah Anda memilih layanan jangka panjang?
Tanya:
• Layanan apa yang saya butuhkan?
• Apa pilihan layanan yang ada?
• Apakah asuransi kesehatan saya menanggungnya?
• Apakah fasilitas ini memenuhi kebutuhan saya?
• Bagaimana tingkat kualitas dari layanan ini?
(YSK)
Diterjemahkan dari :
AHRQ- Build Your Question List
http://www.ahrq.gov/questionsaretheanswer/questionBuilder.aspx

One thought on “Daftar Pertanyaan Yang Dapat Anda Ajukan

  1. Ping-balik: Daftar Pertanyaan Yang Dapat Anda Ajukan « Keluarga Sehat Keluarga … | Dokter Budi Menjawab

Tinggalkan Balasan

