Penggunaan Tas Punggung Yang Aman Untuk Anak Anda


sumber :http://www.pediatrik.com/isi03.php?page=html&hkategori=Tips%20-%20Tips&direktori=tips&filepdf=0&pdf=&html=20060220-z0re3n-tips.htm

Penggunaan Tas Punggung Yang Aman Untuk Anak Anda
Menurut beberapa penelitian, penggunaan tas punggung yang tidak benar dapat menyebabkan nyeri punggung. Selain cedera saat berolah raga, postur duduk yang salah, dan kurangnya aktivitas, penggunaan tas punggung dengan beban melebihi 15% dari berat badan anak dapat menyebabkan nyeri punggung.

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena tas punggung masih tetap dapat digunakan oleh anak anda sepanjang penggunaannya sesuai dengan yang dianjurkan.

Manfaat Tas Punggung
Tas punggung sebenarnya merupakan jenis tas yang praktis bila digunakan dengan benar. Banyak jenis tas punggung yang memiliki sejumlah kantong yang dapat membantu anak-anak untuk mengatur barang-barang bawaannya selain buku. Dibandingkan dengan jenis tas jinjing atau tas dengan satu tali atau selempang, tas punggung merupakan jenis tas yang lebih baik karena beban pada tas punggung ditahan oleh otot-otot terkuat tubuh, yaitu otot-otot punggung dan perut. Oleh karena itu, beban tersebut akan disebarkan secara merata ke seluruh tubuh anak sehingga memperkecil resiko terjadinya cedera bahu atau leher.

Masalah Apa Saja Yang Dapat Disebabkan Tas Punggung?
Tulang belakang manusia tersusun dari 33 tulang punggung, dan diantara tulang-tulang punggung tersebut terdapat suatu lempengan yang bekerja sebagai peredam kejut alami.

Bila beban yang ditopang oleh punggung terlalu besar karena isi tas punggung yang terlalu berat, punggung anak akan tertarik ke belakang sehingga anak akan cenderung membungkukkan kepala dan badannya ke depan untuk menahan berat tas punggungnya tersebut. Hal ini akan menyebabkan otot-otot leher dan punggung menegang sehingga meningkatkan kelelahan dan resiko terjadinya cedera.

Bila hal ini terjadi terus menerus maka lama kelamaan anak akan menderita nyeri bahu, leher, dan punggung. Sebagian besar dokter dan ahli terapi fisik menyarankan agar anak tidak membawa beban menggunakan tas jenis apapun yang beratnya melebihi 10% sampai 15% berat badan anak.

Begitu pula dengan penggunaan tas punggung yang tidak benar. Membawa tas punggung dengan hanya satu bahu saja akan menyebabkan tubuh anak condong ke satu sisi untuk menahan beban tas punggungnya pada sisi lain di bahunya. Akibatnya anak akan mengalami nyeri punggung atas dan bawah serta kelelahan pada bahu dan leher. Selain itu, tali atau selempang tas yang terlalu tipis dan kecil akan menekan bahu yang dapat mengganggu perderan darah dan sistem saraf sehingga anak dapat mengalami kelelahan dan kesemutan pada lengan dan tangannya.

Anak perempuan mempunyai resiko lebih besar untuk mengalami cedera karena ukuran tubuh mereka yang lebih kecil. Hal ini juga telah dibuktikan oleh suatu penelitian dimana anak perempuan memang mengalami nyeri punggung lebih sering dari pada anak laki-laki.

Perhatikan anak anda, apakah ia tampak kesulitan saat mengangkat atau menurunkan tas punggungnya, apakah ia mengeluhkan tentang nyeri punggung, apakah ia tampak membungkuk jika memanggul tas punggungnya, atau apakah ia mengeluh tentang rasa kesemutan atau lelah pada tangan atau kakinya.

Meggunakan Tas Punggung Dengan Aman
Biasakan anak untuk menggunakan tas punggung dengan benar. Tetapi sebelumnya periksa dengan cermat tas punggung yang akan anda belikan untuk anak anda.

Tas punggung yang aman antara lain memenuhi kriteria berikut:

� Mempunyai dua selempang dengan bantalan yang lebar dan nyaman untuk bagian bahu.

� Mempunyai pengikat pada bagian pinggang atau dada untuk penyebaran beban yang merata ke seluruh tubuh.

� Mempunyai banyak kantong sehingga beban tidak terpusat di satu titik.

� Lebarnya tidak melebihi lebar tubuh anak.

Jenis tas yang diselempangkan pada bahu atau dada yang hanya mempunyai satu selempang kurang efektif dalam menyebarkan beban tas bila dibandingkan dengan jenis tas punggung yang mempunya dua tali atau selempang.

Kunci utama untuk mencegah terjadinya cedera adalah dengan membatasi beban yang boleh dibawa oleh anak. Sebagian besar dokter merekomendasikan agar anak tidak membawa tas dengan berat melebihi 15% berat badannya apapun jenis tasnya.

Pastikan anak anda tidak membawa benda-benda tidak penting yang dapat menambah beban tasnya seperti mainan. Ajari anak untuk mengatur barang-barang di dalam tas sehingga anak dapat memanfaatkan tasnya dengan efektif. Barang-barang yang lebih berat sebaiknya diletakkan dekat dengan tubuh.

Cedera juga dapat dihindari dengan mengangkat tas secara benar. Beri tahu anak untuk mengangkat tasnya dengan menekuk lututnya atau berjongkok kemudian mengangkat tasnya dengan kedua tangan seraya berdiri bukan dengan cara membungkuk lalu kemudian menegakkan tubuh.

(cfs/kidshealth.org)

One thought on “Penggunaan Tas Punggung Yang Aman Untuk Anak Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s