9 Cara Membuat Si Kecil Makan Lebih Sehat


sumber : KOMPAS.com

KOMPAS.com – Jika sejak kecil buah hati Anda sudah mengenal makanan yang kurang sehat, seperti junk food, snack MSG, atau minuman berkarbonasi, tak heran jika ia agak sulit untuk mau mengkonsumsi makanan sehat. Sayuran, buah-buahan, atau makanan sehat lainnya agak sulit untuk dikonsumsi anak-anak. Namun, jika tak dibiasakan, lama-kelamaan si kecil bisa menderita obesitas. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membujuk anak untuk mengkonsumsi makanan sehat.

1. Persediaan di lemari
Persediaan yang Anda miliki di lemari penyimpanan makanan akan memengaruhi pola makan si kecil. Hindari camilan tinggi lemak, asin, dan manis dari daftar belanjaan Anda. Alih-alih, pilih makanan seperti buah-buahan dan sayuran untuk disimpan. Khususnya makanan yang mudah dibawa dan dimakan, seperti apel, pisang, dan wortel kecil. Makanan lain yang sehat, seperti yogurt tanpa lemak, selai kacang alami, biskuit whole-grain, dan susu rendah lemak.

2. Ajak seisi keluarga untuk berpartisipasi
Ajak agar si kecil berpartisipasi dalam mengambil barang belanjaan. Misal, dengan memberikan masing-masing daftar belanjaan makanan sehat yang memang akan Anda beli. Anak tak boleh memasukkan makanan yang tak tercantum di daftar ke dalam kereta belanja. Mereka akan terbiasa terekspos dengan makanan sehat dengan sendirinya.

3. Asupan kalsium
Anak-anak butuh kalsium, apalagi yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anda harus lebih cerdas dalam menjalankan taktik. Misalnya, tambahkan keju rendah lemak tinggi kalsium ke dalam omelet sarapannya, atau lelehan keju tinggi kalsium di atas rotinya. Pandai-pandai untuk berkreasi agar kebutuhan vitamin si kecil terpenuhi dan sehat.

4. Celup-celup
Celup-celup sayuran dan buah bikin acara makan jadi lebih menyenangkan. Coba hidangkan potongan buah apel beserta yogurt vanila rendah lemak. Agar si kecil juga mengenal, bahwa makanan sehat pun enak rasanya. Plus, supaya ia tak lagi takut untuk mencoba makanan selain makanan yang biasa ia makan di meja makan atau di kantin.

5. Jadi panutan
Jadilah panutan dan ajari anak-anak untuk menyeimbangkan pilihan ketika sedang makan di luar. Tambahkan salad hijau dalam pesanan dan pesan saus yang rendah lemak. Pilih mustar ketimbang mayones pada olesan sandwich. Pilih makanan yang dikukus ketimbang gorengan.

6. Perbanyak serat
Ketika anak-anak sudah mengenal makanan junk food yang asin dan banyak lemak, sulit untuk membuat mereka menyukai makanan yang kaya serat. Padahal, serat ketika dikombinasikan dengan air yang banyak bisa mencegah konstipasi. Makanan berserat yang amat baik memiliki 5 gram atau lebih serat per saji. Sementara makanan yang dinilai cukup baik memiliki sajian antara 2,5 hingga 4,9 gram per saji. Beberapa makanan yang memiliki kandungan serat baik, antara lain, kentang manis panggang dimakan dengan kulit yang sudah dibersihkan, dan keripik gandum (flake).

7. Sajikan porsi kecil
Untuk memastikan bahwa si kecil tidak makan terlalu banyak, pastikan ia hanya mendapatkan makanan dengan sajian yang secukupnya. Cegah agar si kecil tidak mengkonsumsi terlalu banyak camilan, pisahkan camilan untuknya dalam porsi kecil. Misal, siapkan 1 tempat makan khusus untuknya yang berisi camilan yang boleh ia makan. Ini berguna untuk menghindarkannya mengkonsumsi makanan berlebihan, sekaligus mengkontrolnya mengambil makanan di luar porsinya.

8. Tambahkan makanan sehat
Jangan lupa untuk menghidangkan buah-buahan di rumah. Selain rendah kalori, buah juga kaya vitamin dan mineral. Mengkonsumsi buah sebelum makan bisa mengenyangkan sebelum makan besar. Hasilnya, perut terasa lebih penuh sebelum makan, sehingga bisa mengurangi masuknya kalori.

9. Ukur-ukur
Ajari anak Anda berapa banyak porsi yang masuk akal. Contoh, sajian nasi yang cukup kira-kira sebesar sendok scoop es krim. Untuk membuat si kecil terbiasa melihat perkiraannya, biarkan si kecil mengambil nasi dengan scoop es krim dari mangkuk nasi untuk makan malam nanti. Ukuran makan daging yang cukup untuk anak-anak sekitar sebesar tumpukan kartu remi. Jadi, bawa perbandingannya saat akan makan nanti.

Iklan

21 thoughts on “9 Cara Membuat Si Kecil Makan Lebih Sehat

  1. nice artikel…selama ini orang tua suka lipa kalau lambung c kecil bum sebesar orang tuanyak, jadinya suka ngasih porsi kyk org dewasa
    Setuju juga sama mba irene…mesti dilihat juda sufornya…jangan yang ada tambahan gulanya. kan anak kecil gak butuh tambahan gula banyak2

  2. makanan & minuman anak harus dihindari klo yg mengandung added sugar, agar anak ga terkena bahaya obesitas

  3. susu anak juga harus diperhatikan, jangan sampai maksud hati mau sehat malah bikin anak jd obesitas karna susu yg diminumnya mengandung zat gula tambahan

  4. gula tambahan pada makanan dan susu bahaya banget ya buat masa depan anak kita…..cegah darri sekarang dgn buat makanan sendiri dan konsumsi susu tanpa gula tambahan

  5. ciptakan suasana menyenangkan buat anak dan biasain makan sendiri supaya dia tau apa” yg masuk ke dlm tubuhnya…begitu juga dgn susu pilih yg no added sugar supaya ga cepet enek minum yg manis”

  6. untuk saat ini anak saya sih baru bisa minum susu…
    dan alhamdulilah… doyan minum susunya.. πŸ˜€

  7. wah.. boleh juga nih tips2nya.. πŸ˜€
    nanti dicoba deh.. he2..
    kalau untuk kalsium sih untungnya sudah terpenuhi dengan sufor yang oke pastinya.. πŸ˜€

  8. @ reni
    iya.. tapi kan jaman sekarang banyak banget makanan atau minuman yang added sugar…
    nah.. kalo kaya gitu.. gimana cara nanggulanginnya?

  9. @ yuanita
    emang serba salah sih yah..
    kalo anaknya gak minum susu, kitanya yang khawatir..
    tapi kalo minum terus.. malah jadi gendut banget…
    saya sih khawatir penyakitnya aja nih..

  10. kita harus cek sblm membeli apakah susu itu terdapat tambahan gula nya yg bisa bikin diabetes pd anak

  11. sebelum beli makanan kemasan ataupun susu formula jgn lupa check ada ga added sugarnya.. penting bgt tuuhhhhh

  12. perlu sekali kita liat kadar gula yg ada d sufor atau d maknan kemasan yg kita beli supaya tau…. kl da gula tambahan mendingan gauh dehh dari pada obesitas

  13. aku selalu lho check tabel ingridient d sufor yg mau aku beli supaya tau ada ga added sugarnya, tp sekarang udh nemu tuh susu yg no added sugar but anakku

  14. hati2 lho moms..bahkan di dalam makanan yg tulisannya sugar free itu masih mungkin mengandung gula tambahan.. padahal gula tambahan itu bisa bikin konsumsi gula kita berlebih tanpa disadari..begitu udah gigi rusak/obesitas baru deh nyadar kalau kebanyakan konsumsi gula..tapi kalau gitu khan udah terlambat..
    jadi lebih baik,cek dulu tabel kandungan nutrisi di kemasan,dan cari yg kandungan gulanya 0 gram..seperti susu anmum essential..itu gak akan bikin gigi rusak/obesitas,karena hanya menggunakan pemanis alami yg memang udah ada dalam susu..

  15. agar anak makan lebih sehat,berikan selalu makanan yg berserat dan minum susu..tapi pilih susunya yang tanpa gula tambahan agar bisa mengurangi resiko obesitas/diabetes pada anak..

  16. iya dong jangan sampe udah dibeli baru dicek dan taunya banyak kandungan gula tambahannya..sebelum dibeli dicek dl bun, apakah ada kandungan gula tambahannya atau ga?? tp kalau yg aku tau sih susu yang ga ada kandungan gula tambahannya itu anmum essential bun..

  17. anakku sih minumnya anmum essential bun.. yg tanpa gula tambahan itu loh.. jd ga khawatir deh penyakit yg berkaitan dgn gula2an.. tinggal jagan asupan makannya aja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s