Bayi prematur berisiko alami gangguan retina


sumber : http://www.motherandbaby.co.id/index.php?mod=vcontent&tokenid=f74909ace68e51891440e4da0b65a70c

Sebuah penelitian dari Uppsala Hospital University di Swedia dan Trondheim University Hospital di Norwegia, menemukan bahwa bayi yang lahir secara prematur memiliki risiko yang sangat tinggi mengalami gangguan penglihatan. Hal tersebut disebabkan karena terganggunya aliran darah menuju retina. Aliran darah tersebut mengalami gangguan karena belum sempurnanya organ pembuluh darah, termasuk pembuluh darah besar yang berasal dari jantung menuju retina mata.

Para peneliti asal Swedia menganalisis 506 bayi yang lahir sebelum usia kandungannya mencapai 30 minggu, dan mampu bertahan ketika dilahirikan. Ternyata, 368 bayi diantaranya (72,7%) mengalami masalah pada retina matanya. Dari 368 bayi tersebut, 34,8% nya hanya mengalami gangguan sederhana, dan 19,6% lainnya harus diberikan pemeriksaan intensif oleh dokter spesialis mata karena mengalami masalah serius pada retina dan korneanya.

Para peneliti pun menegaskan bahwa kelahiran prematur ini merupakan risiko penyebab tertinggi bagi munculnya gangguan retina mata dibandingkan dengan kelebihan berat badan saat bayi dilahirkan. Hasil studi sebelumnya di beberapa negara mendapatkan bahwa gangguan retina mata pada bayi baru lahir prematur di wilayah Skandinavia hanya sebesar 34,8% dari jumlah bayi yang lahir secara prematur (sebelum 30 minggu), 25,2% di Belgia, dan 16% yang terjadi di Asutria. “Pada tahun 80-90an, bayi yang lahir secara prematur cukup berisiko pada kematian saat dilahirkan, namun sekarang, bayi prematur yang usia kandungannya kurang dari 30 minggu dan mampu bertahan saat dilahirkan, namun memiliko risiko besar mengalami gangguan pada retina matanya,” ujar salah satu anggota peneliti.

Iklan

One thought on “Bayi prematur berisiko alami gangguan retina

  1. saya punya ponakan yg memiliki masalah dalam matanya, slh satu matanya tdk normal dan kami menyebutnya juling. setelah tanya sana sini t’nyata slh satu penyebabnya adalah lahirnya yg prematur. jd, sengaja saya mencari artikel tentang bayi prematur atau bayi yg dilahirkan lbh cpt dr wkt yg diprediksikan. dan artikel ini membantu saya u/ lbh memahami kelahiran prematur. dan saya juga akan lbh bnyk lg membaca artikel-artikel tentang kelahiran prematur ini. trm ksh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s