ASI untuk deteksi sel kanker


sumber : http://www.motherandbaby.co.id/index.php?mod=vcontent&tokenid=18997733ec258a9fcaf239cc55d53363

Air susu ibu (ASI) merupakan cairan yang mengandung sel-sel dari jaringan payudara. Karena itulah, air susu ini dapat membantu wanita untuk mendeteksi seberapa risiko terhadap kanker payudara. Menurut para peneliti dari University of Massachusetts, gen methylated yang terdapat dalam air susu ibu dapat mengindikasikan perkembangan sel-sel kanker payudara.

Tes yang perlu dilakukan pun simpel dan cepat. Tes ini akan segera disosialisasikan ke sejumlah rumah sakit. Jadi, bagi wanita yang sedang menyusui bisa langsung melakukan tes ini. Itu baru salah satu keuntungan dari proses persalinan. Selain bisa mendeteksi kanker lebih dini lewat ASI, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan wanita yang baru melahirkan. Pertama, mengurangi risiko kanker ovarium. Wanita yang telah melahirkan memiliki 20% lebih kecil risiko terkena penyakit ini dari pada yang belum pernah melahirkan, karena siklus ovulasi yang semakin rendah.

Kedua, membangkitkan sel-sel otak. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan perubahan hormon yang dialami setelah masa bersalin dapat membuat daerah otak bagian menyerap informasi dan memori lebih besar. Diduga kondisi ini juga dialami pada manusia, terutama ketika usia si kecil semakin besar (setelah 2 tahun), dan telah menjalani peran sebagai ibu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s