Tips Bepergian Bersama Bayi


SOURCE : http://cyberjob.cbn.net.id/cbprtl/Cyberwoman/pda/detail.aspx?x=Mother+And+Baby&y=Cyberwoman|0|0|8|1545

Mother And Baby

Libur Lebaran kerap dimanfaatkan untuk bepergian bersama keluarga. Tetapi, kalau buah hati Anda masih bayi, bisa lain ceritanya. Liburan yang seharusnya menyenangkan, bisa kacau balau, hanya karena Anda tidak melakukan persiapan dan antisipasi yang cermat.

Agar perjalanan liburan keluarga nyaman dan menyenangkan, berikut tipsnya:

1. Perhatikan jadwal. Anda harus peka terhadap jadwal hariannya. Amatilah kapan ia biasanya makan dan kapan biasanya ia tidur. Ini penting, karena perubahan yang drastis bisa jadi masalah. Bayi jadi rewel, atau malah jatuh sakit.

2. Siapkan kebutuhannya. Identifikasi hal-hal apa yang dibutuhkan bayi Anda dalam perjalanan. Masukkan diaper, baby wipes, makanan selingan, susu, air putih, pakaian ganti, perlengkapan mandi dan kebutuhan khusus bayi lainnya dalam jumlah yang lebih dari cukup. Prinsipnya, lebih baik lebih daripada kurang. Bawa juga mainan favorit si kecil, agar dia tidak merasa bosan.

3. Jika naik pesawat. Perubahan tekanan yang cepat saat terbang bisa membuat telinga bayi tidak nyaman. Jika perlu, lindungi telinganya dengan filter lembut khusus untuk bepergian dengan pesawat. Jika tidak ada, biarkan bayi menghisap empengnya, atau sering-sering memberi minum karena dapat membantu mengurangi kadar sensitivitas telinga bayi terhadap perubahan tekanan.

4. Pengiriman awal. Agar tidak merepotkan dan bayi bisa senyaman di rumah, ada baiknya jika kereta dorong, kursi makan, dan perlengkapan bayi berukuran besar lainnya, dikirim ke tempat tujuan sebelum Anda melakukan perjalanan.

5. Perhatikan kapasitas bayi. Saat merencanakan tempat-tempat mana saja yang akan Anda kunjungi, perhatikan kapasitas dan kemampuan fisik bayi Anda. Misalnya, seharian berlibur di pantai mungkin terlalu berlebihan untuk bayi Anda.

6. Susu formula. Jika si kecil tak lagi minum ASI, pastikan Anda membawa seluruh perlengkapan untuk menyiapkan susunya. Mulai dari air panas, botol dalam jumlah banyak, cairan untuk mensterilisasi botol, penghangat botol, sikat botol dan wadah-wadah yang dapat menyimpan semua perlengkapan tersebut dengan higienis dan aman, wajib Anda bawa. Bila harus melakukan perjalanan jauh dengan mobil, rencanakan baik-baik, bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan tertentu. Misalnya, mendapatkan air panas, memandikan bayi, menidurkan, dan sebagainya.

7. Perlindungan outdoor. Setiap kali Anda dan si kecil berada di luar ruang, gunakanlah sunblock bayi atau payung untuk melindunginya dari sinar matahari. Jangan lupa untuk juga membawa perlengkapan untuk melindungi bayi dari serangan nyamuk dan serangga. Siapkan juga perlengkapan P3K dalam daftar bawaan Anda.

8. Travel pack. Kurangi kerepotan dengan memanfaatkan aneka produk yang dirancang khusus untuk bepergian (travel pack), seperti baby wipes, perlak ukuran mini, produk perawatan dalam ukuran yang handy, dan lain sebagainya.

Meli Simarmata

Sumber: Majalah Inspire Kids

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s