Prematur dan Keterlambatan Berbahasa


SUMBER :http://cyberjob.cbn.net.id/cbprtl/Cyberwoman/pda/detail.aspx?x=Mother+And+Baby&y=Cyberwoman|0|0|8|1554

Mother And Baby

Jika seorang anak lahir prematur, besar kemungkinan ia akan mengalami keterlambatan perkembangan menurut standar usia yang ditetapkan. Pada kenyataannya, bayi prematur memang membutuhkan satu hingga dua tahun pertama untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat, mengejar ketinggalannya dibandingkan dengan teman-teman sebayanya. Untuk evaluasi keterlambatan bahasa bayi premature, seringkali para ahli perkembangan bahasa dan bicara melakukannya berdasarkan adjusted age (terhitung sejak tanggal kelahiran) hingga si kecil berusia 2 tahun.

Laura Dyer, seorang ahli perkembangan bahasa anak memaparkan bahwa keterlambatan dalam berbahasa juga bisa terjadi pada anak yang sakit dan membutuhkan perawatan yang cukup lama di rumah sakit. Anak-anak ini menurutnya tidak memiliki energi ataupun kesempatan untuk berinteraksi secara normal dengan orang lain. Beberapa kasus bahkan menunjukkan kalau mereka mengalami prosedur khusus yang dapat membatasi perkembangan bicara dan/atau bahasa mereka, misalnya prosedur tracheotomy. Alasan lain yang menurutnya dapat turut mempengaruhi keterlambatan berbahasa seorang anak antara lain adalah temperamen, kepribadian dan gaya belajar setiap individu. Selain itu, riset juga menunjukkan kalau faktor genetik juga bisa menjadi alasan keterlambatan berbahasa.

Laura memaparkan, umumnya para ahli menunggu sampai anak mencapai usia 18-24 bulan sebelum benar-benar dilakukan evaluasi formal terhadap kemampuan berbahasa dan bicaranya. Laura mencatat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bagaimana pun ahli perkembangan bahasa dan bicara dapat mengidentifikasi anak yang berisiko tinggi melalui perilaku preverbalnya. Misalnya, dengan mengamati apakah si kecil bisa menggunakan mata dan bahasa tubuhnya untuk menyampaikan keinginannya atau bisa mengoceh atau mengeluarkan suara lainnya. Hal-hal tersebut dapat digunakan untuk melakukan identifikasi awal keterlambatan berbahasa dan bicara yang mungkin terjadi pada si kecil.

Secara rinci Laura membuat sebuah panduan untuk membantu Anda mengindentifikasi apakah si kecil memiliki kemungkinan mengalami keterlambatan bahasa atau tidak. Perhatikanlah beberapa tanda berikut :

* Bisakah si kecil melakukan kontak mata?
* Tersenyum?
* Bermain dengan mainannya?
* berinteraksi dengan orang lain?
* mengerti apa yang dikatakan padanya?
* secara teratur menggunakan bahasa tubuh atau suara untuk mengkomunikasikan keinginan dan perasaannya?

Jika si kecil tidak bisa melakukan hal-hal di atas, Anda perlu waspada karena kemungkinan besar si kecil memiliki risiko tinggi mengalami keterlambatan berbahasa dan bicara. Tetapi jika tidak, Anda tak perlu terlalu khawatir. Karena riset mengenai keterlambatan bicara mengindikasikan bahwa anak-anak yang dapat mengerti kata-kata, menggunakan mata, bahasa tubuh dan suara, memiliki kecenderungan untuk dapat mengejar ketinggalannya tanpa perlu dilakukan banyak intervensi.

Menurut Laura, intervensi awal memang sangat diperlukan apalagi kapasitas anak untuk mempelajari kemampuan bahasa tertentu sangat dipengaruhi oleh kematangan otak, yang akan terus berkembang hingga si kecil berusia 3 tahun. Tiga tahun pertama adalah tahapan yang sangat penting baginya karena pada masa inilah terjadi banyak sinapsis (hubungan syaraf pada otak) yang terjadi dengan sangat pesat. Stimulasi yang diberikan akan makin memperkuat sinapsis. Sebaliknya, jika stimulasi jarang diberikan, biasanya perkembangan otak pun tak akan optimal. Itu sebabnya, anak-anak, apalagi bayi prematur, memerlukan stimulasi emosi, fisik, kognitif dan bahasa yang konsisten sejak lahir.

Meliana Simarmata

Sumber: Majalah Inspire Kids

Iklan

One thought on “Prematur dan Keterlambatan Berbahasa

  1. SEKALI LAGI! saya memang ingin lbh bnyk lg membaca hal-hal yg b’kaitan dgn kelahiran prematur. selain ponakan saya, saya jg punya teman yg baru sj melahirkan lbh cpt dr wkt yg diprediksikan. namun kendalanya, apakah sy bs menyampaikan artikel-artikel ini (kelahiran prematur) kpd teman sy itu krn sepertinya dia t’tutup u/ share mengenai hal ini sementara sepengetahuan saya dia jg tak b’usaha u/ mencari pengetahuan tntng hal ini. trm ksh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s