Minimal 100 Langkah Per Menit


sumber :http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2009/03/18/brk,20090318-165339,id.html

TEMPO Interaktif, Jakarta:Jalan kaki memang olahraga yang mudah dan cukup efektif untuk kebugaran. Tapi jangan asal jalan. Agar jalan kaki cukup efektif untuk kebugaran para ahli menyarankan sebaiknya melakukan minimum 100l angkah per menit. Selama ini orang hanya menggunakan pedometer untuk menghitung langkah. Namun alat inipun tak memberi informasi cukup bagaimana mengintensifkan jalan kaki demi kebugaran fisik.

Dalam penelitian terbaru, para peneliti menemukan pejalan kaki mestinya melakukan minimum 100 langkah per menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Para ahli juga merekomendasikan orang dewasa setidaknya berjalan 30 menit tiap hari, lima kali per minggu. Jika 30 menit itu dicapai dalam satu sesi, maka berarti minimum adalah 3000 langkah tiap sesi. Namun para peneliti dalam American Journal of Preventive Medicine, juga menyebutkan para pejalan kaki bisa memecah latihan tersebut jadi beberapa sesi latihan yang lebih pendak dalam satu hari.

“Karena latihan baru bisa mencapai efektifitasnya, setelah berlangsung selama 10 menit, untuk mendapatkan hasil yang sempurna di awal latihan, cobalah untuk 1.000 langkah dalam 10 menit, sebelum menjadi 3.000 langkah dalam 30 menit,” kata peneliti utama, Dr. Simon J. Marshall, dari San Diego State University, dalam rilisnya di jurnal tersebut.

Pedometer sederhana dan jam tangan, katanya Marshall bisa membantu para pejalan kaki ini untuk meyakinkan mereka telah berlatih dengan cukup intens. Penemuan ini didasarkan pada tes yang dilakukan pada 97 orang dewasa sehat dengan rata-rata usia sekitar 32 tahun. Secara umum, pria butuh jalan 92-102 langkah per menit, demi kesehatan jantung mereka. Sementara perempuan membutuhkan 91-115 langkah per menit.

sumber : Reuters

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s