Komponen ASI Berubah-ubah Selama 24 Jam


Sumber: http://www.erabaru.net/featured-news/48-hot-update/5664-komponen-asi-berubah-ubah-selama-24-jam

Komponen-komponen dalam air susu Ibu (ASI) berubah setiap 24 jam dalam merespon kebutuhan bayi. Sebuah penelitan baru menunjukkan bagaimana ASI bisa membantu bayi-bayi yang baru lahir untuk tidur.


Air susu ibu (ASI) berisi berbagai unsur, seperti nukleotida-nukleotida, yang melakukan sebuah peran yang sangat penting dalam mengatur bayi-bayi tidur secara teratur. Penemuan yang diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal Nutritional Neuroscience, menyatakan bahwa komposisi ASI berubah dalam waktu-waktu tertentu sepanjang hari.

Para ilmuwan menemukan tiga nukleotida di dalam ASI (adenosine, guanosine dan uridene) yang berperan menggerakan atau mengistirahatkan sistem saraf pusat, membuat bayi tenang dan tidur.

ASI yang dikumpulkan dari 30 wanita yang tinggal di Extremadura, dinyatakan pada periode 24 jam, dengan enam sampai delapan contoh sehari. Konsentrat-konsentrat nukleotida yang paling tinggi ditemukan contoh pada malam hari (8 malam sampai 8 pagi). “Hal ini membuat kami menyadari bahwa ASI berpengaruh pada tidur bayi-bayi”, Cristina L. Sánchez, pimpinan penulis artikel dan seorang peneliti pada Chrononutrition Laboratory di Universitas Extremadura.

“Sedangkan ASI yang dihasilkan di siang hari memiliki komponen istimewa yang dapat menstimulasi aktivitas bayi, sebaliknya komponen ASI di malam hari membantu bayi untuk tidur dan beristirahat,” ujar Sánchez.

Untuk memastikan nutrisi yang tepat, bayi itu harus diberi susu pada waktu yang sama saat ASI itu dikeluarkan. Untuk full time mother, tentunya hal ini bukan masalah karena biasanya bayi menyusu langsung. Namun bagi ibu bekerja yang memerah ASI-nya di siang hari, ASI tersebut harus diberikan pada siang hari juga (keesokannya atau pada hari-hari berikutnya) karena ASI tersebut mengandung komponen untuk membuat bayi aktif (membantunya belajar kemampuan-kemampuan baru). Sedangkan ASI yang dikeluarkan di malam hari biasanya memang diminum langsung oleh bayi karena ibu bekerja sudah berada di rumah, ataupun bila Ibu memerah ASI-nya di malam hari, peruntukannya adalah untuk diberikan ke bayi pada malam hari juga, karena ASI malam mengandung komponen untuk membuat bayi tidur berisitrahat. Oleh karenanya, pencantuman tanggal disertai jam memerah ASI adalah sangat baik untuk membantu ibu mengingat ASI tersebut adalah ASI siang atau ASI malam.

Keuntungan Air Susu Ibu (ASI)


World Health Organisation (WHO) mengatakan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, terutama ASI mengandung semua kebutuhan penting bayi selama enam bulan setelah lahir. Tidak hanya melindungi bayi juga melawan berbagai macam penyakit seperti dingin, diare dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), tetapi dapat juga mencegah penyakit-penyakit masa depan seperti asma, alergi-alergi dan kegemukan, dan juga berpengaruh pada intelektualitas anak.

Keuntungan ASI tidak hanya dinikmati bayi namun juga Ibu. Wanita yang menyusui biasanya berat badannya turun lebih cepat, pemberian ASI juga membantu mencegah anemia setelah kehilangan darah saat melahirkan, mencegah tekanan darah tinggi dan depresi pasca melahirkan. Osteoporosis dan kanker payudara juga jarang terjadi pada ibu yang menyusui bayi-bayi mereka. (Erabaru/snd)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s