Segera Sikapi Gangguan Sendi Rahang


sumber : http://cyberjob.cbn.net.id

Rahang Anda sering terasa sakit saat digerakkan? Mungkin Anda mengalami gangguan sendi rahang atau temporomandibular joint (TMJ). Segera sikapi dengan perawatan sederhana sejak dini.

Sakit gigi memang bisa membuat moodmenjadi buruk. Dan ternyata sakit gigi ini tidak hanya berasal dari bagian gigi dan mulut, bisa juga berasal dari gangguan sendi dan rahang (TMJ).

Dokter gigi yang berpraktik di Klinik Bakti Asih, Pondok Kacang Ciledug, Tangerang, drg Tuti Octavira mengatakan, sendi rahang atau TMJ adalah daerah langsung di depan kuping pada kedua sisi kepala di mana rahang atas (maxilla) dan rahang bawah (mandible) bertemu.

Sendi rahang mempunyai banyak fungsi yang bisa digunakan beratus kali dalam sehari untuk menggerakkan rahang. Misalnya untuk menggigit,mengunyah,berbicara sampai menguap.

“Sendi rahang ini merupakan salah satu sendi yang paling sering digunakan, bahkan bisa digunakan beratus kali dalam sehari,” tutur dokter yang juga berpraktik di Ritz Clinic di kawasan Bintaro ini.

Dokter gigi yang akrab disapa Utay inimenyebutkan, sendi rahang terdiri atas otot-otot, urat-urat, dan tulang-tulang sehingga bisa dikatakan sebagai sendi yang rumit. Setiap komponen berkontribusi pada kelancaran kerja dari sendi rahang. Saat otot-otot berimbang dan kedua rahang membuka dan menutup dengan nyaman, maka seseorang dapat berbicara, mengunyah, dan menguap tanpa sakit.

“Namun, jika terjadi otot yang tidak berimbang akan menghambat gerak yang terus-menerus terjadi dalam waktu lama, maka akan mengakibatkan rusaknya struktur gigi, rusaknya tulang pendukung atau perubahan posisi sendi TMJ,” sebutnya.

Melokalisasi sendi rahang bisa dilakukan diri sendiri dengan cara yang sederhana. Seperti yang dijelaskan Utay di antaranya dengan meletakkan sebuah jari pada struktur segi tiga di depan kuping. Kemudian jarinya digerakkan maju sedikit ke depan dan ditekan dengan kuat ketika membuka rahang. Gerakan yang dirasakan berasal dari sendi rahang. Kita juga dapat merasakan gerakan sendi jika kita menaruh jari kecil pada sisi dalam bagian depan dari telinga.

“Saat mengalami gejala gangguan sendi rahang, maka seseorang di antaranya akan mengalami nyeri kepala, bahu, dan tidak dapat membuka mulut dengan lebar,” tutur dokter lulusan Fakultas Gigi Universitas Trisakti ini.

Bahkan, gejala lain juga dapat dirasakan seperti nyeri di otot leher, bahu sampai kepada telinga berdengung. Gangguan sendi rahang dipengaruhi persentuhan antara gigi di rahang bawah dan atas. Beberapa faktor penyebab terjadinya gangguan sendi rahang ini di antaranya karena trauma, stres, emosional, dan kebiasaan mulut di luar fungsi utama yang tidak memiliki tujuan tertentu.

“Aktivitas di luar fungsi utama misalnya selalu mengunyah makanan pada satu sisi mulut, menggigit-gigit bibir, bertopang dagu, dan yang paling sering bruxism,” ujar dokter yang juga berpraktik di rumahnya di kawasan Ciledug Tangerang.

Bruxism merupakan istilah medis dari ge-meretak atau beradunya gigi-geligi yang terjadi tanpa sengaja dan terutama timbul pada saat tidur. Bentuk bruxism yang biasa dikenal masyarakat adalah gigi yang mengerat (gerinding), terutama pada malam hari, dan clenching (mengatupkan mulut rapat-rapat sehingga terjadi tumbukan keras antara gigi bawah dan atas).

Dokter gigi Lulusan FKG UI tahun 1999, drg Donna Pratiwi, Sp. Prosto dalam bukunya yang berjudul Gigi Sehat dan Cantik (Perawatan Praktis Sehari-hari) menjelaskan bahwa masalah TMJ merupakan masalah multifaktorial. Secara umum, TMJ dapat disebabkan faktor bawaan dari lahir atau diperoleh semasa hidup.

“TMJ yang merupakan bawaan sejak lahir berupa anomali atau kelainan sendi secara anatomis,” jelasnya.

Posisi sendi TMJ juga dapat dipengaruhi posisi tubuh yang tidak simetris sejak lahir atau kebiasaan melakukan aktivitas dengan posisi tubuh yang tidak baik. Contohnya, seperti cara berjalan dan posisi duduk yang membungkuk atau kebiasaan bertopang dagu.

“Benturan yang keras pada daerah TMJ seperti kecelakaan atau pukulan keras juga dapat menimbulkan masalah sendi TMJ,” paparnya.

Dokter yang melanjutkan spesialisasinya di FKG UI dan juga diakui sebagai lulusan dokter gigi spesialis termuda dan tercepat menyelesaikan pendidikannya ini juga menuturkan, masalah TMJ biasanya timbul keluhan setelah beranjak dewasa.

Kehilangan gigi, posisi gigi yang tidak baik, dan kebiasaan mengunyah di satu sisi menyebabkan posisi gigitan dalam mulut menjadi tidak stabil. Akhirnya kemudian akan memberi hambatan pada pergerakan rahang bawah saat berfungsi yang salah satunya bisa menyebabkan TMJ. Perubahan posisi inilah yang menyebabkan timbulnya berbagai keluhan yang bervariasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya sebagai gejala-gejala masalah TMJ.

“Metode terapi kelainan TMJ bervariasi antarpasien dan antardokter. Beberapa kasus bahkan memerlukan penanganan bersama dokter ahli di bidang spesialisasi yang berbeda-beda secara tim.Lamanya terapi TMJ juga cukup bervariasi,” tutur staf pengajar di FKG Universitas Prof Dr Moestopo (beragama).(Koran SI/Koran SI/nsa)

Iklan

One thought on “Segera Sikapi Gangguan Sendi Rahang

  1. trus obatnya apa nih buat ngilangin nyerinya, karena saya merasakan pusing kepala yg teramat sangat bgitu nyeri ini menyerang. .
    mohon infonya ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s