Zat Gizi untuk Pertumbuhan Fisik & Mental


sumber : cyberjob.cbn.net.id

Mother And Baby

Makanan mempunyai pengaruh pada perkembangan fisik maupun mental anak. Susunan makanan seimbang yang baik untuk perkembangan fisik dan mental anak adalah yang mengandung zat – zat gizi berikut.

Karbohidrat atau hidrat arang
Sebagai sumber energi terdiri dari dua jenis, yaitu karbohidrat kompleks (beras, jagung, roti, makaroni, kentang, tepung beras, tepung maizena, tepung kacang hijau, havermut). Susu merupakan sumber karbohidrat di samping sumber utama protein.

Protein
Merupakan gizi utama untuk tumbuh secara normal. Protein didapat dari sumber makanan hewani, seperti susu, daging, ikan, ayam, keju, hati, dan telur. Juga bisa diperoleh dari sumber protein nabati seperti tahu, tempe, kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang-kacangan lain. Sumber protein utama dalam makanan bayi adalah ASI dan susu.

Lemak
Merupakan sumber kalori yang penting dan menyediakan berbagai vitamin, seperti A,D,E,K. Air susu ibu (ASI) merupakan bahan makanan dengan komposisi asam lemak terbaik di antara bahan-bahan makanan yang lainnya, antara kain mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dibutuhkan untuk perkembangan kecerdasan anak.

Vitamin
Diperlukan untuk mempertahankan kesehatan dan tumbuh kembang yang optimal. Vitamin A atau provitamin A banyak terdapat dalam susu, telur, ikan, tomat, wortel, labu kuning, bayam, kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya. Vitamin D terdapat antara lain dalam susu, telur dan minyak ikan. Vitamin E terdapat dalam serealia, minyak tumbuh-tumbuhan (minyak bunga matahari, minyak jagung), dan minyak ikan. Sedangkan vitamin B kompleks terdapat dalam roti, susu, daging, dan makanan hasil fregmentasi, seperti tempe. Vitamin C banyak terdapat dalam sayuran berdaun hijau, buah jeruk, limau, tomat, dan buah-buahan lain. Kepada bayi tidak perlu diberikan suplemen (tambahan) vitamin, kecuali kalau terjadi kelainan dan atas rekomendasi dokter.

Mineral
Berguna untuk pertumbuhan, mempertahankan jaringan serta mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Dua jenis mineral yang perlu dipenuhi dengan baik kecukupannya adalah zat besi dan kalsium. Sumber zat besi yang baik sekali adalah ASI, karena penyerapan zat besi adalah 5-10 kali lebih baik dari makanan lainnya. Sumber zat besi yang lain adalah, daging, ikan, hati ayam, serta dalam jumlah sedikit dari sayur-sayuran. Sedangkan sumber kalsium adalah ASI, susu sapi, dan hasil produk yang dihasilkan dari susu.

Sumber: Tabloid Ibu Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s