Betulkan Bayam Kaya Zat Besi?


SUMBER : cybermed.cbn.net.id

Pencipta tokoh kartun Popeye memilih bayam karena hasil studi peneliti Jerman, Dr. E. von Wolf, tahun 1870 menyatakan kandungan zat besi dalam bayam setara dengan zat besi dalam daging. Ternyata sang ilmuwan keliru meletakkan titik desimal.

Yang sebenarnya, kandungan zat besi dalam bayam hanya sepersepuluh dari kadar yang pernah dilaporkan. Kesalahan itu sudah dikoreksi tahun 1937. Namun, Popeye telanjur “lahir” dan dikuatkan oleh bayam.

Menurut USDA National Nutrient Database, dalam semangkuk bayam matang terkandung 3,5 mg zat besi. Data lain menyatakan dalam 180 g bayam rebus terkandung zat besi 6,43 mg. Para ahli nutrisi menyarankan konsumsi zat besi bagi orang dewasa sekitar 10-15 mg per hari. Bagi wanita hamil atau menyusui sekitar 20-30 mg per hari.

Zat besi yang ada dalam bayam adalah jenis nonheme. Tidak seperti zat besi heme yang berasal dari produk hewani, zat besi nonheme lebih lambat diserap tubuh.

Sebagai sumber zat besi, sayangnya bayam juga mengandung asam oksalat yang sifatnya mengikat zat besi dan menghambat penyerapannya oleh tubuh. Asam oksalat ini juga bisa ditemukan dalam sayuran seperti sawi dan kacang-kacangan.

Jadi, sebaiknya kita makan bayam atau tidak? Bagi para pencinta bayam, janganlah berpaling muka. Tetaplah menjadikan bayam sebagai menu sehat Anda. Supaya penyerapan zat besinya lebih optimal, makanlah bayam bersama dengan makanan yang membantu penyerapan zat besi, seperti:
• Daging, ikan, atau daging unggas.
• Buah jeruk, stroberi, melon, jambu biji, dan buah lain yang kaya vitamin C.
• Sayuran seperti brokoli, kol brusel, tomat, kentang, cabai.
• Anggur putih (white wine).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s