Radang Gusi


Sumber : http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2009/05/tentang-radang-gusi.html

Gusi berdarah ataupun gusi bengkak biasanya merupakan tanda terjadinya proses radang pada gusi. Radang gusi merupakan tahap awal dari penyakit gusi dan merupakan tahap yang paling mudah untuk dirawat. Kerusakan yang diakibatkannya pun dapat diperbaiki seperti kondisi semula. Apa penyebab, tanda dan gejala lain, serta bagaimana mencegahnya?

Penyebab gusi meradang adalah plak, suatu substansi lunak, lengket dan tidak berwarna yang akan selalu terbentuk pada gigi dan gusi. Plak dapat mengeras menjadi karang gigi yang memiliki pemukaan kasar sehingga mempermudah plak lain untuk menempel di permukaannya.

Apabila tidak rutin dibersihkan, plak akan menimbulkan iritasi pada gusi sehingga gusi menjadi meradang. Iritasi ini diakibatkan oleh toksin atau racun yang dihasilkan oleh plak yang sebenarnya merupakan kumpulan bakteri rongga mulut.

Radang gusi yang tidak dirawat akan mengakibatkan menyebarnya proses radang ke jaringan pendukung gigi yang lebih dalam yang istilahnya dikenal dengan nama periodontitis. Kondisi periodontitis memang dapat dirawat, namun kerusakan yang ditimbulkannya bersifat permanen.

Apa tanda dan gejala dari radang gusi?
Tanda dan gejala klasik dari radang gusi adalah gusi yang menjadi kemerahan, bengkak, konsistensinya menjadi lunak dan gusi menjadi mudah berdarah ketika menyikat gigi. Tanda lain yang mungkin dapat terjadi adalah turunnya tepi gusi sehingga sebagian permukaan akar gigi menjadi terbuka.

Beberapa orang yang mengalami radang gusi juga dapat merasakan bau mulut yang tidak sedap ataupun rasa yang tidak enak pada mulut.

Bagaimana cara mencegah radang gusi?
Cara mencegah radang gusi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan diantaranya:
• Rutin menyikat gigi dan flossing setiap hari dengan cara yang benar dan tepat.
• Makan makanan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan gusi dan jaringan pendukung gigi lainnya.
• Hindari kebiasaan merokok.
• Rutin membersihkan gigi (skeling untuk membersihkan karang gigi dan plak) di dokter gigi paling tidak setiap 6 bulan sekali atau sesuai rekomendasi dari dokter gigi Anda.
Langkah-langkah tadi juga sekaligus merupakan langkah perawatan yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi kondisi radang gusi sebelum kondisi ini berkembang lebih lajut menjadi periodontitis.

What is Gingivitis? Signs and Symptoms

Iklan

One thought on “Radang Gusi

  1. terimakasih informasinya, apakah kslahan dalam menyikat gigi atau terlalu seringnya menyikat gigi bisa menjadi slah satu gusi bengkak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s