12 Anggota Elfa’s Secioria Kena Flu Babi


sumber : http://batampos.co.id/Nasional/Nasional/12_Anggota_Elfa%92s_Secioria_Kena_Flu_Babi.html

Dapat Medali Emas di Korea

Prestasi yang diraih Elfa’s Music School dengan menyabet medali emas di ajang Asian Choir Games untuk kategori Etnik di Busan, Korea Selatan, harus dibayar mahal. 12 orang dari 60 anggota penyanyi dinyatakan terkena flu babi oleh dokter setempat.

Mereka yang terjangkit penyakit dengan nama beken flu H1N1 itu adalah Ati, Kelly, Santosa, Pinkyvi, Allya, Luanada, Devin, Ratih, Sheila, Nurlaila, Arantha, dan Varinia. “Iya, saya nggak tahu sekarang mereka di mana. Kita sih masih di asrama,” kata Tantri Agung Dewani (21), salah seorang kontestan ketika dihubungi koran ini lewat sambungan internasional, tadi malam.

Mereka yang tersisa dan dinyatakan sehat sedang menunggu kepastian kapan bisa pulang. Semua menempati sebuah asrama di Masan University, Gyongnam, Busan. Mereka bertolak dari tanah air sejak 6 Juli malam.

Total 83 orang berangkat, termasuk kru dan pemain musik. “Kita naik Garuda Indonesia dan Korean Airline. Sebagian besar yang sakit saat berangkat naik pesawat Korean Airline,” ucap Tantri.

Setiba di Korea, menurut Tantri, setiap pagi dokter setempat memeriksa kondisi kesehatan para peserta. Mereka yang dinyatakan flu babi saat diperiksa panasnya di atas 38 derajat celcius. “Di sini (asrama) ada 6 lantai. Kita menempati lantai 2, lantai 5, dan lantai 6,” terangnya.

Tadinya, lantai 2 digunakan untuk 12 orang warga indonesia yang dinyatakan flu babi. Sedangkan lantai 5 untuk yang kurang sehat namun dalam kategori penyakit ringan. “Kami yang sehat di lantai 6. Tapi kami di sini sedih, merasa didiskriminasi,” keluh Tantri.

Bagaimana tidak, katanya, banyak tulisan di kertas ditempel di dinding bahwa siswa Elfa”s Music School dilarang ke lantai 3 dan 4 yang dihuni kontestan asal China dan Kroasia. “Kami hanya boleh pergi ke mini market yang dekat saja untuk beli mie instan karena orang yang mengurus dan mengantar makanan buat kita itu juga kena flu babi,” ungkapnya.

Menurut Tantri, Elfa sendiri selaku pimpinan sekolah musik sedang berupaya agar para siswanya yang sehat segera pulang. Terlebih kompetisi musik sudah dihentikan oleh pemerintah setempat.

Bahkan, medali emas yang diraih tidak akan diserahkan pada acara seremoni. Lomba untuk kategori Pop dan Jazz bahkan belum sempat digelar. Maka, penyanyi terkenal antara lain; Lita Zein, Yana Julio, Mario Kahitna, dan Agus Wisman, yang seharusnya berangkat ke Korea kemarin, dibatalkan.

Meski begitu medali emas untuk kategori Etnik akan tetap diserahkan secara non formal kepada Elfa”s Music School yang mewakili Indonesia. Untuk kategori itu, kelompok paduan suara yang sudah langganan juara di ajang internasional tersebut menyanyikan lagu Paris Barantai, lagu adat Batak medley, Sunda medley, dan Minang medley.

Sementara itu, anggota DPR dari Komisi Kesehatan Max Sopacua mengatakan bahwa insiden itu murni faktor individu yang terkena serangan virus tersebut. Sebab, sampai saat ini, tidak ada prosedur standar bagi mereka yang bepergian ke luar negeri.

“Untuk orang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia memang ada prosedurnya. Mereka harus menjalani serangkaian tes. Kalau orang Indonesia yang bepergian ke luar negeri, mereka akan menjalani tes di bandara negara tersebut. Kita tidak mengatur,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Max menambahkan, para peserta rombongan mestinya sudah memahami bagaimana kondisi di Korea Selatan. Upaya pencegahan mestinya sudah dipersiapkan sebelum berangkat. “Mereka yang berangkat kan intelektual. Bukan TKI (Tenaga Kerja Indonesia, red). Mestinya mereka sudah paham dong kondisi di sana,” ujarnya.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s