BAB Bayi ASI Exclusive


sumber : milist asiforbaby
penulist : mia sutanto (konselor laktasi, ketua AIMI)

mengenai pup bayi ASIX memang sudah sangat sering sekali dibahas dimilis ini, tapi saya gak bosen2nya ngingetin terus supaya para moms gak panik…soalnya tidak semua dsa paham betul mengenai karakteristik BAB bayi ASIX:

1. Tampilan
tidak pernah keras dan berbentuk bulatan2 kecil dan hitam
2. Warna
sangat bervariasi dari warna hitam pekat (meconium hari pertama), hijau gelap dan pekat (masa transisi, hari ke-2/3) dan berbagai macam warna kuning – tua, muda, terang, gelap, kehijauan, dll
3. Bau
hampir tidak pernah berbau busuk, cenderung bau seperti susu masam/basi
4. Bentuk/Tekstur
sangat bervariasi – cair dan berbiji, seperti pasta gigi (lengket), padat tapi tidak keras (seperti ampas tahu), dll
5. Frekuensi
sangat bervariasi: setiap kali menyusu – 10 hari sekali

Kapan harus waspada:
– warna BAB hijau, dengan lendir (virus), dengan busa (foremilk inbalance), dengan gejala alergi (intoleransi/alergi makanan ibu)
– warna BAB merah — merah terdapat pada bagian luar BAB dan tampak seperti noda-noda kecil (luka pada anus/usus besar)

Kapan harus khawatir:
– bayi ASIX hampir tidak pernah sembelit, ciri2 sembelit adalah: BAB berbentuk bulatan2 kecil dan sangat keras, kadang disertai dengan darah dan lendir
– BAB lebih sering dari biasanya, contoh: biasanya sehari BAB 5x, nah ini bisa sampai 10x (menyimpang dari yang normal) disertai dengan perubahan tekstur dan warna
– BAB berwarna hitam, tanpa/dengan disertai sembelit
– BAB berwarna merah — darah sudah bercampur dengan BAB, warna merah tua, coklat tua, merah maroon, hitam — gangguan berasal dari saluran pencernaan bagian atas
– BAB terus menerus berdarah dan bercampur lendir — segera hubungi dokter..!!

Sekali lagi moms, kenali bayi anda…apabila terjadi perubahan pola BAB yang harus diwaspadai ataupun dicemasi disertai dengan gejala demam, rewel, menangis, kesakitan, alergi, dll — segera ambil tindakan.

Tapi, kalau anaknya memang BAB normal adalah sehari 5x (bukan berarti diare), ataupun sebaliknya, normalnya adalah 5 hari sekali…gak usah buru2 khawatir deh moms…asal anaknya tetap ceria, lahap minum ASI, tampak fisiknya sehat, responsif, dll. Salah2 udah panik duluan ke dokter, terus dsa-nya gak ngerti soal bayi ASIX di diagnosa diare dan harus minum AB, atau didiagnosa sembelit dan harus dikasih dulcolax…weleh2, malah salah kaprah.

Silahkan kenali berbagai rupa dan warna BAB bayi ASI di kelas edukasi AIMI: common problems in breastfeeding.

Iklan

10 thoughts on “BAB Bayi ASI Exclusive

  1. BAB bayiku tuh keras berbentuk bulat-bulatan dan juga ada noda darahnya. tapi si kecil tetap ceriah dan lincah. gimana tuh…………. apa ya penyebebnya pupx keras bgt?

  2. Ping-balik: Udah 8 hari gak BAB :( « Mencoba Sakinah

  3. bab bayiku berwarna hitam & padat (agak keras sedikit suatu hari)..apa gpp???anaknya tetap ceria&sehat..bayiku sekarang uda mau umur5bulan..mohon sharingnya

  4. baby usia 3 bln lbh.jika bab 5x shri bs lbh. kdng brbusa dan bau asam..
    sht cria, berat nyd jg trus meningkat.. normal g

  5. bayi sy umurnya 11 bln. udah lebih 3 minggu bab nya dlm sehari bisa ampe 5 – 8 kali.kdg encer kuning muda, kdg hijau berlendir kdg kuning padet atau ijo berserat dan sesekali berdarah dan berlendir. sy udh cek k dsa sdh 2x dikasih lacto b katanya minum ini.saya hrs gimana ya?kok ga da perubahan?msh seperti itu.mohon solusinya.

  6. terimakasih mbak mia,artikel mbak sangat membantu menghilangkan kehawatiran saya yang notabene seorang ibu dg dua anak yang sekarang sedang galau krn anak kedua dg asix usia 4 bln mash sering bab. tapi saya punya pertanyaan nih mbak,bab bayi saya cair kesannya berlendir dan berbiji2 jg pernah ada busanya tp selama ini bayi saya g pernah rewel seperti kesakitan dan syukur bbnya jg selalu naik (lhr 3,1 – 6,8). dia aktif seperti bayi2 kebanyakan…gimana ya mbak,sbg ibu saya sering hawatir dan takut dan apa yang harus saya.lakukan? terimakasih untuk info dan jawabannya.

  7. anak saya umur 1 bln lbh sehari bab 5-7x. dia ngeden dan pup xa bercampur lendir. kenapa ya mohon bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s