Ibu Depresi Penyebab Gangguan Tidur Bayi


sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2009/05/05/brk,20090505-174668,id.html

TEMPO Interaktif, New York: Gangguan tidur lebih mungkin terjadi pada bayi yang lahir dari para ibu yang mengalami depresi dibandingkan ibu yang tidak mengalami depresi, menurut laporan terbaru.

Apakah hal ini menyebabkan bayi itu mengalami risiko lebih besar mengalami depresi saat masa kanak-kanak masih perlu untuk diamati.

Temuan ini berasal dari studi 18 bayi normal yang diamati perilaku tidurnya dengan actigraphy, untuk memantau berapa banyak mereka berpindah, selama tujuh hari berturut-turut selama 24 bulan.

Selain itu, para ibu dari bayi-bayi itu membuat catatan harian akan periode tidur dan bangun mereka.

Sebelas dari bayi yang dilahirkan oleh ibu-ibu yang depresi, sementara tujuh lainnya tidak memiliki sejarah depresi, menurut Dr Roseanne Armitage, dari University of Michigan, dan koleganya mencatat di laporan mereka dalam jurnal medis Sleep.

Para peneliti menemukan bahwa bayi dari ibu yang tertekan memerlukan waktu lebih lama untuk tertidur daripada ibu yang tidak tertekan, (sekitar 80 menit dibandingkan 20 menit) dan lebih banyak terbangun dalam periode tidur malam (sekitar 4 versus 2). Berbagai perbedaan terus berlagsung selama periode penelitian 24-bulan.

“Walaupun terdapat banyak faktor-faktor lingkungan dan sosial yang dapat mempengaruhi bayi dan perilaku bayi, kajian ini adalah langkah pertama menuju karakterisasi pengaruh depresi ibu,” tulis peneliti.

Jika penelitian lanjutan menunjukkan bahwa bayi dengan gangguan tidur rawan atas depresi sendiri, tulis peneliti, maka penting untuk menentukan apakah masalah tidur dapat dimodifikasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s