Q & A DPT 2


sumber : milist sehat

Dpt,Dpat, & alergi

Question : Selamat siang semua…dokter, saya mau nanya nih (spt biasa…),
1.. pertimbangan apa bagi kita utk memutuskan anak lebih baik menerima imunisasi DPaT dibanding DPT. selain pertimbangan ekonomi ya dok… krn toh katanya w/p pakai DPaT, belum tentu tidak demam khan ? kalo disuruh memilih, lebih baik yang mana ? Vilo 5 minggu lalu imunisasi DPT, badannya berangsur2 anget sampe 38 der, minum tempra, & nggak rewel dalam masa2 demam itu. klo yg pertama DPT, yg ke 2 DPaT, boleh nggak dok ?
2.. Lalu, tatalaksana penanganan demam u/ anak flu (colds), bisa diterapkan jg utk demam krn imunisasi dok ? kmrn pas DPT 1 itu, sempet panik & nelpon ruang perawatan bayi di Carolus, kata susternya, harusnya begitu selesai imunisasi langsung aja minumin tempranya, jd nggak usah nungguin demam….gimana dok ? sementara kata dr Aryono, 37.5 der, minum deh tempra nya.
3.. Vilo (5 bl 11 hr) sampai skrn msh ASI & Formula, niatnya mau sampe 6 bln, sblm masuk solid food. Sejauh ini dia nggak menampakkan gejala alergi makanan. Saya pun termasuk pemakan segala, alias nggak alergi thd makanan ttt, w/p wkt saya msh di bwh 10th, sempat alergi berat seafood. Jd, selama masa ASI ini, saya makan spt biasa & sll mengusahakan yg bergizi. Mnrt dokter & SP’s, apakah ada kemungkinan, bila tiba waktunya solid food nanti, Vilo bakalan alergi thd makanan ttt, misal thd seafood, w/p waktu masa menyusui 0-6 bln, saya mengkonsumsi ikan jg, dan tdk ada reaksi alergi pd Vilo.
Terimakasih banyak ya dok & SPsditunggu sharingnya.
Ira & Herry & Vilo

Answer 1 : Pak Herry,Saya coba bantu jawab ya

1. Pertimbangan efektivitas suatu vaksin dilihat dari kemampuannyamerangsang tubuh membentuk antibodi terhadap kuman ybs. Nah karena DPT,vaksin ini dibuat dengan memakai kuman pertusis yg utuh, kemampuanmenghasilkan antibodinya lebih tinggi dibanding dengan DPaT. Tapi, kadarantibodi yang dihasilkan keduanya sama-sama telah melampaui batas proteksiuntuk melawan kuman pertusis.
Kalo tidak pernah kejang demam, tidak ada efek samping sih gak apa pake DPT.Nah, kalo bapak mau yang pertama pake dpt, kedua pake DPaT yah boleh aja
2. Tatalaksana demam bisa dipakai untuk demam imunisasi.
3. Kala menurut saya, bisa saja dia alergi terhadap makanan.

salam,
shelly

—Answer 2 : Selamat siang semua…
1.. pertimbangan apa bagi kita utk memutuskan anak lebih baik menerima imunisasi DPaT dibanding DPT. selain pertimbangan ekonomi ya dok… krn toh katanya w/p pakai DPaT, belum tentu tidak demam khan ? kalo disuruh memilih, lebih baik yang mana ? Kalo menurut saya, apapun yang bpk pilih adalah yang terbaik buat Villo sebab kalo kita pilih DPT yang tidak demam tapi si anak mudah demam ya ga bisa ditekan si anak harus ga demam atau sebaliknya.Vilo 5 minggu lalu imunisasi DPT, badannya berangsur2 anget sampe 38 der, minum tempra, & nggak rewel dalam masa2 demam itu. klo yg pertama DPT, yg ke 2 DPaT, boleh nggak dok ? Boleh saja (cmiiw ya dok), pilih yang simultan ya pak.
2.. Lalu, tatalaksana penanganan demam u/ anak flu (colds), bisa diterapkan jg utk demam krn imunisasi dok ? sama saja, apalagi demam krn imunisasi itu normal dan ga berlangsung lama kokkmrn pas DPT 1 itu, sempet panik & nelpon ruang perawatan bayi di Carolus, kata susternya, harusnya begitu selesai imunisasi langsung aja minumin tempranya, jd nggak usah nungguin demam….gimana dok ? Saya juga pernah dpt anjuran demikian tapi saya tetap memberikan paracetamol ketika suhu si kecil diatas 38.5, ketika mulai rewel.Dulu setiap habis imun DPT si kecil demam dan ketika DPT ke3 suhu si kecil 39.3 dibanding DPT sebelumnya, saya hanya memberi paracetamol 1x ketka suhunya 38.5, selebihnya saya terus memperbanyak ASI, jus buah dan observe, saya buat catatan tersendiri di diary kesehatannya setiap 1jam, saya pantau aktifitasnya, pipis, minumnya, bobonya, kondisinya, dll. sehingga saya tahu kapan saya perlu waspada. Demamnya juga ga berlansung lama hanya 9jam setelah itu suhu si kecil normal kembali.sementara kata dr Aryono, 37.5 der, minum deh tempra nya.
3.. Vilo (5 bl 11 hr) sampai skrn msh ASI & Formula, niatnya mau sampe 6 bln, sblm masuk solid food. Sejauh ini dia nggak menampakkan gejala alergi makanan. Saya pun termasuk pemakan segala, alias nggak alergi thd makanan ttt, w/p wkt saya msh di bwh 10th, sempat alergi berat seafood. Jd, selama masa ASI ini, saya makan spt biasa & sll mengusahakan yg bergizi. Mnrt dokter & SP’s, apakah ada kemungkinan, bila tiba waktunya solid food nanti, Vilo bakalan alergi thd makanan ttt, misal thd seafood, w/p waktu masa menyusui 0-6 bln, saya mengkonsumsi ikan jg, dan tdk ada reaksi alergi pd Vilo.Memang jika dikeluarga ada yang alergi kemungkinan si anak menderita alergi bisa saja tapi observe aza artinya berikan menu makanan yang sehat, buat menu makanannya jangan dicampur jadi satu agar jika terjadi alergi bisa dideteksi si anak alerginya krn apa? alergi juga bisa timbul tidak hanya dari makanan, bisa dari yang lainnya seperti debu, aerosol, dll.
Semoga Villo sehat selalu ya.
Efi_Andra’s mom

Answer 3 : up. mbak iraaku mo sharing aja nich mbak,waktu kevin mau diimunisasi DPT, aku minta yg DPaT (yg ngak panas punya),soalnya waktu itu khan kevin masih kecil en aku takut dia nanti rewel klpanas, jadinya pake yg DPaT deh.setelah diimunisasi emang bener sich , ngak panas sama sekali. soalnyadsanya jg udah bil ngak bakal panas.aku pernah tanya sama dsanya, bagusan mana DPT dibanding DPaT. dia bilangsama aja. cuma bedanya kl DPaT ngak timbul panasnya aja jadinya bayi ngakrewel karena panas…en bedanya yach diharganya itu lho..he..he… mahalan yg DPaT.jadi menurut aku sich, tinggal pilih aja. soalnya sama aja sich nantinya.cuma beda di panas en harganya aja..
semoga membantu..
erlin st

Answer 4 : mbak…sewaktu Rafi akan imun DPT dsa menanyakan terlebih dahulu ke kami, apakah ada riwayat kejang2 di keluarga kami ? krn panas dapat menyebabkan kejang2..apabila tdk ada..maka DPT pun tdk apa2..dan diberikan tempra terlebih dahulu oleh dsa baru DPT. Kami pun memilih yg DPT krn tdk ada riwayat kejang2..
alhamdulillah..Rafi baik2 saja..tdk sampai panas..
Hmmm selisih harganya juga berbeda jauhhhhh…(ttp uang bkn masalah utk anak kita kan ? krn ortu kita jg sll bilang..uang bisa dicari..kesehatan yg penting..)
Lia Muliawaty

Answer 5 : Pak Herry & mbak Ira,Saya mau coba sharing pengalaman pribadi aja nih :
1. Waktu itu saya pilih imunisasi untuk Irdin ( minggu depan 6 bulan ), yg DPaT, alasannya adalah : karena memang saya kasihan aja membayangkan kalau irdin nantinya demam karena imunisasi, dan alhamdulillah dengan yg DPaT irdin tidak panas / tidak hangat badannya jadi tetap lincah ,
2. Nah waktu Jadwal DPT 3, kebetulan saya ambil yg gabungan dengan Hib, badannya agak hangat ( saya tidak tahu apakah DPT nya yg bikin hangat, atau HIB nya ), tapi saya tidak langsung berikan tempra, saya monitor terus panas tubuhnya , dan saya suply air putih yg banyak ke tubuhnya,alhamdulillah panasnya hanya mencapai 37.2 Irdin masih tetap lincah jadi tempranya tidak saya berikan.
3. Ketika usia 4 bulan saya coba berikan irdin makan pertama biskuit beras merah ( yg di cairkan dengan susu ), tapi baru sekali makan besoknya di sekitar punggung dan pantatnya ( maaf ), banyak timbul bruntusan seperti biang keringat ( wajah dan badannya tidak sama sekali ), saya ambil kesimpulan aja sendiri bahwa ternyata anak saya alergi terhadap produk tsb., saya hentikan dan 2 hari kemudian bruntusannya hilang sendiri tanpa di obati.

Sekian aja pak semoga dapat membantu.
Salam,
Selvi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s