Tata Laksana Radang Tenggorokan


oleh dr.farian sakinah – milist sehat

dear Sp… mungkin aku coba menjawab pertanyaan mama Vito atau mama mama dan
papa papa yang lainnya… mengenai sakit tenggorokan….

jadi pan begini nih… sakit tenggorokan tuh banyak banget penyebabnya… ya
basicnya sih inflamasi… atau peradangan… nah peradangan itu juga banyak
penyebabnya bisa karena iritasi (asap rokok, makanan, minuman, dsb), alergi,
atau infeksi…

nah agak sulit membedakannya kalau hanya melihat secara langsung…

tapi sakit tenggorokan kalau berat tuh waw… luar biasa… waktu sehari
sebelum isi pesat tangerang… tengorokanku sakitnya… halah bukan main
rasanya rek… (halah kok curhat :P)… minum air aja… rasanya ruarrrrr
biasaaaa….. he..he… sayang ya cuma satu hari setengah aja sakitnya…
coba agak sebulan… he..he.. jadi kurus neh… (maaf maaf becanda…)

back to sakit tenggorokan lagi… kalau lihat tenggorokan… mostly…
warnanya merah… meskipun dalam keadaan inflamasi biasanya cenderung lebih
merah… tapi…. itu bukan patokan untuk langsung bilang radang
tenggorokan…

sakit tenggorokan… bukan penyakit… artinya ini adalah gejala atau…
bisa juga tadi karena iritasi/alergi saja….
biasanya saat kita influenza/commoncold… (ingat ISPA = infeksi saluran
pernapasan atas… virusnya mulai dari hidung hingga cabang tenggorok kalau
berat bisa masuk paru paru tapi alhamdulillah jarang ya… kecuali flu
burung…) virusnya juga bertengger di tenggorokan… menimbulkan reaksi
peradangan dan akhirnya jadi sakit deh tenggorokannhya…. tapi tetep aja
ini bukan sakit tenggorokan… jatuhnya ya Influenza/common cold

lalu faringitis bakteri apa nggak bisa terjadi… bisa aja terjadi radang
tenggorokan akibat bakteri … salah satu yang berat yaitu strepthroat…
yaitu radang tenggorokan karena infeksi streptokokus grup A (GAS) nah ini
yang butuh bakteri… artinya selain GAS meskipun bakteri nggak perlu
antibiotik… kecuali dalam dua minggu tidak mengalami perbaikan baru
dipertimbangkan untuk pemberian antibiotik

nah taunya dari mana…. ya dari swab (diambil dengan mengusap cairannya
dari tenggorokan)dulu… lalu apa setiap anak sakit tenggorokan lalu di
swab… he…he… nggak lagi… kacian dong… kan gak enak di swab….

jadi kita ada kriteria kecurigaan terhadap GAS
1. usia >4 tahun
2. tidak ada batuk
3. demam tinggi dan terus bertambah tinggi dari hari kehari
4. pembesaran kelejar getah bening disekitar leher/kepala
5. adanya pus/nanah di tenggorokan

nah kalau ada sperti itu baru di swab… tungguh hasil swab… kalau
kumannya GAS baru diberikan eritromisin (first line nya) selama kurleb 2
minggu… (bunda cmiiw ya… buat obatnya)

nah kalau tidak ada kecurigaan terhadap strepthroat ya kalau nyeri kasih
parasetamol… kalau sudah agak besar kasih tablet hisap yang ada
lidocainnya… (hiks sayangnya ada antiseptiknya… kalau di LN ada yang
tanpa antiseptik sih… tapi ini digunakan kalau memang nggak tahan ya
nyerinya… kalau masih tahan nggak usah yaaaa)…

jadi…dont give up with the diagnose of faringitis or sore throat… just
observe the child… okey??? go smart parent go…

Iklan

One thought on “Tata Laksana Radang Tenggorokan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s