Growth Chart Bayi ASI


sumber : milist ASI for Baby (mia sutanto)

Dahulu kala, memang Growth Chart (GC) seperti yang standar digunakan dalam KMS kita adalah GC yang dibuat dengan demografi anak2 di Amerika Serikat yang diberikan susu formula. Jadi gak heran ya kalau anak2 ASIX yang keturanan Asia rata2 selalu berada dibawah kurva “average” atau persentil bawah dari GC tersebut.

Tapi, sejak tahun 2006, WHO telah menerbitkan GC versi terbaru, yang demografinya diambil dari anak di seluruh dunia, dengan ras keturanan yang berbeda2 (asia, eropa, afrika, dll)…dan, yang paling penting…GC tersebut dibuat berdasar patokan bahwa ASI adalah sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi (“…breastfed child as the norm for growth and development.”). Untuk jelasnya, moms bisa lihat disini: http://www.who.int/mediacentre/news/releases/2006/pr21/en/index.html, dan disini: http://www.who.int/nutrition/media_page/backgrounders_1_en.pdf.

Oleh karena itu, kami sarankan bagi para moms untuk selalu cek ke DSA apakah GC yang digunakan untuk mengukur perkembangan bayi/balita moms disini adalah GC yang versi terbaru dari WHO…karena, the International Pediatric Association (IPA) juga sudah menyarankan agar digunakan GC yang versi terbaru ini (http://www.who.int/childgrowth/Endorsement_IPA.pdf).

Atau, kalau memang bukan, maka para moms bisa cek sendiri perkembangan bayi/balita dengan menggunakan indikator2 yang ada disini: http://www.who.int/childgrowth/standards/en/.

Iklan

One thought on “Growth Chart Bayi ASI

  1. Ping-balik: Tumbuh Kembang Anak | nurliqiu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s