Masalah Berat Badan Bayi ASIX


sumber : ditulis oleh sari intan kailaku – milist asi for baby
Peningkatan BB bayi ASIX memang sering jadi masalah, buktinya ini
topik yang selalu ada di milis 🙂
Tapi, seringnya masalah ini terjadi juga merupakan bukti bahwa bayi
ASIX punya trend pertumbuhan (khususnya BB) yang khas dan tidak bisa
dibandingkan mentah-mentah dengan bayi sufor.
Dan perlu digarisbawahi bahwa : “gemuk belum tentu sehat, dan sehat
tidak mesti gemuk”

Aku bahas ya…

1. Sangat sedikit sekali alasan untuk menghentikan pemberian ASIX pada
bayi atau untuk memberi sufor pada bayi. Hanya ibu yg sakit berat
(dalam pengobatan kanker, ibu HIV positif yg putingnya luka, dll).
Pada bayi yg sakit, ASI justru akan menyelamatkan hidupnya. Jadi, kalo
ada yg menyarankan menstop ASIX dan memberi sufor, refleks kita
harusnya kasih tanda tanya besar dan segera cari orang yang lebih ahli
(orang yg memberi saran kontra ASI sudah jelas bukan ahli laktasi,
peace..)

2. Menilai pertumbuhan anak tidak bisa berdasarkan satu parameter (BB)
saja. Nilai juga pertumbuhan TB, LK, motorik, sensorik, bahasa,
dll-nya. Apakah kita hanya berharap anak kita melebar? Tidak
memanjang, otak tidak berkembang? Tidak lincah, tidak berkomunikasi?
Dan penilaian ini tidak bisa pada satu waktu tertentu saja. Harus
dipantau tiap bulan pada semua parameter dengan di plot pada growth
chart. Cara baca GC ada di file milis, silahkan cek ya…
Untuk BB, TB, dan LK bisa donlod growth chart di :
http://www.who.int/childgrowth/standards/en/

3. Menimbang bayi juga harus dgn cara yg benar. Penimbangan harus
dilakukan dengan timbangan yg sama tiap bulannya. Trus harus pada
waktu yg kurang lebih sama, dan harusnya tanpa memakai pakaian atau
diaper. Pada bayi masih kecil, perbedaan-perbedaan di atas bisa
pengaruh banget, karena beda 100-200 gram aja udah signifikan, kan?

4. Salah satu faktor yang paling pengaruh pada postur anak adalah
genetik. Kalo orangtuanya langsing pada saat bayi, kemungkinan anaknya
akan langsing juga.

5. ASI tidak pernah kurang, dan bayi tidak pernah membiarkan dirinya
kelaparan. Tapi, bayi bisa menyusu secara tidak efektif. Jadi, dia
menghisap tapi tidak berhasil mengeluarkan cukup ASI dari PD. Kunci
utamanya pelekatan dan posisi menyusui yg baik.
Ciri-ciri pelekatan yang baik : areola masuk maksimal (bag atas lbh
keliatan drpd bag. bwh), mulut terbuka lebar, bibir terpuntir keluar
(memble), dagu bayi menempel pd PD ibu, pipi menggembung.
Posisi yg tepat : ibu menopang seluruh badan bayi, telinga dan bahu
bayi berada pd garis lurus, kepala hingga badan bayi menghadap badan
ibu, dada bayi menempel dada ibu (rapat).
Setelah menyusu, PD ibu terasa lbh kempis, bayi terlihat puas.

6. Indikasi awal kurang ASI bisa dilihat dari BAK. Jika bayi cukup
minum ASI, BAK lebih dari 6x per hari, tidak berbau tajam dan tidak
berwarna pekat.

Coba diobservasi selama 3 bulan. Setelah memastikan sudah menyusui
secara efektif, indikasi kurang minum gak ada, tapi ketika plot di GC
tren kenaikan BBnya tidak oke (ada penurunan BB tanpa alasan yg jelas
(sakit) atau tidak naik sama sekali), baru perlu diperiksa secara
medis (bukan segera diberi sufor).
Misalnya apakah ada kelainan gestasi, daya serap, atau ada penyakit
infeksi (TBC, ISK). Tapi, jangan kuatir, karena kalo memang ada
kelainan atau penyakit, gejalanya pasti lebih dari satu, bukan dari BB
saja.

Satu lagi, ASI kandungannya paling lengkap dan paling mudah
dicerna&diserap. Ibu yg kurang gizi pun bisa menghasilkan ASI yg jauh
lebih berkualitas dibandingkan sufor. Jadi, jangan pernah ragu pada
ASI kita.
Hasil penelitian bilang, bayi sufor tekanan darahnya lebih tinggi
daripada bayi ASI (sejak bayi). Resiko diabetes bayi sufor puluhan
persen lebih tinggi daripada bayi ASI.

Jadi, banyak yg perlu diobservasi dan dipertimbangkan sebelum
mengambil keputusan memberi sufor. Karena, kalopun ada “masalah”
dengan bayi kita, jarang sekali jawaban/solusinya adalah sufor.

Iklan

7 thoughts on “Masalah Berat Badan Bayi ASIX

  1. mbak..aku punya bebi umur 1.5 bulan, bb nya klo di plot d chart masi normal, tp memang appearance nya ga gemuk.skrg bb nya 4kg tb 57cm.beberapa tetangga suka comment klo asi ku kurang katanya krn anakku langsing.setelah baca artikel ini aku jd tambah pede u kasi asix.tks ya mbak..memang anakku ini naeknya gak heboh.oia pas lahir bb 2950g tb 49cm.tp sempet turun jd 2750g pas beberapa hari setelah lahir.

  2. Anakku Calya waktu lahir bb nya cuma 2,48kg, kenaikan tiap bulannya sampe sekarang usia 3 bulan adalah : 3,7kg-4,2kg-4,8kg.
    Aku kasih AsiX. Bb segitu normal ga ya? kayaknya kok langsing banget.

  3. @Fifin, kalo bayi asi patokannya setiap bulan naiknya min 500 gr dan pipisnya dalam 24 jam min 6x itu tanda asi cukup. jd kalo khawatir beli timbangan bayi timbang 1 bulan sekali dengan kondisi yang sama misal pagi hari baju n diaper dibuka semua dan tempat timbangannya jg sama.

  4. dear.. anakku keisha, bb lahirnya 3 kg and panjangnya 48 cm. skrg umurnya 11 bln, anaknya aktif banget. skrg beratnya 8,2 kg. berat ini sama dengan bulan kemarin (umur 10 bln) ditanggal yang sama. sampai skrg masih aku kasih asi, blm ada tambahan susu formula.
    setiap bulan, setelah usia 7 bln, beratnya bertambah krg lebih 3-5 ons perbulan, bb segitu normal gak ya? dan apa harus ditambah formula?

  5. Ananku asi..sekarang 5,5 bln, badannya tetap langsing tuh, skrg beratnya 7 kg ,panjangnya 68 cm..tapi saya sih merasa dia gak kekurangan. kepintarannya sama dengan bayi2 lain, malah cenderung lebih cepat di bandingkan temen-temen seumurnya yg sufor, aktif sekali..mungkin karena badannya langsing, bayi saya jadi cepat tengkurap, guling2, angkat2 badan…

  6. bak,anak aku umur’a masuk 1 bulam beratnya 10kg tingginya 85cm klo diliat dari postur badannya sich gak gemuk tapi kira-kira itu beratnya normal gak ya takutnya terlalu gemuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s