Picky Eater


Sumber : http://www.wholesometoddlerfood.com/pickyeater.htm

ini saya coba terjemahkan artikel picky eater. karena bahasa inggris yang masih cetek tolong koreksinya kalo ada yang salah terjemahin. artikel aslinya ada dibawah artikel ini.
…………………………………………………………………………………………………………………
Saat kita menjumpai anak balita tercinta kita tiba2 memilih2 makanan yang mau dia makan.. oo goshh here it comes. Picky eater. Dan itu pun menimpa devenku tercinta… tapi tenang aja kita ga sendiri. Dan aku dapet artikel bagus dari wholesometoddlerfood.com tentang picky eater ini.
Dan ini uraiannya…
Balita Picky Eater adalah NORMAL.. thank God ternyata itu normal toh hehehee.. baru tau.. dan itu biasanya menimpa balita usia 2-4 tahun. Persis mirip deven. Dan inilah beberapa alasannya mengapa anak picky eater :
1. Anak-anak biasa dengan rutinitas dan kadang takut dengan orang baru atau pengalaman baru. Jadi semua rasa baru, textur makanan baru atau aroma makanan baru sangat menakjubkan buat anak balita. Sehingga mereka kurang begitu suka dengan makanan yang mereka tidak kenal
2. Menolak makanan adalah salah satu cara mereka menunjukkan kemerdekaan mereka. Seiring anak kita sudah bisa kesana kemari dan mencapai tahap perlembangan yang lebih tinggi lagi, dia sudah dapat merasakan kemampuannya dan mulai memiliki pendapat tentang apa yang dia ingin lakukan dan kemana dia ingin pergi. Ini perjuangan yang biasa terjadi antara orangtua dan anak—pada usia ini anak mencoba semua hal disekililingnya. Tidak terkecuali di meja makan.
3. Berantem dalam hal makan membuat si balita ini mengobservasi sebab dan akibat. Tidak ada yang lebih membuat balita ini puas selain melihat apa yang akan dilakukan orangtuanya ketika mereka melawan kehendak orangtuanya.
4. Beberapa anak tidak membutuhkan banyak makanan. Anak anda bukan bayi lagi. Bayi cepat bertumbuh tapi dari usia 1-3 tahun anak akan tumbuh lebih lambat. Sebenernya ada beberapa minggu dimana mereka tidak tumbuh sama sekali. Selera makan balita akan bervariasi tergantung dari periode pertumbuhan—kadang dia akan lebih lapar dan lebih membutuhkan banyak makanan disbanding lain waktu. Dan karena perut anak juga kecil, dia tidak membutuhkan banyak makan untuk mengenyangkan perut mereka..
Apa yang dikatakan para pakar tentang picky eater ?
1. Siapkan makanan yang simple (sederhana)
2. Tawarkan pada anak makan dalam porsi kecil di piring kecil
3. Biarkan anak yang meminta makan dan minum lebih atau minta nambah
4. Jangan paksa anak menghabiskan makanan sebelum mereka memakan dessert atau makanan penutup
5. Pertimbangkan untuk menyajikan dessert dengan de-emphasize dessert (apa nih artinya ga mudeng?)
6. Puji anak saat ia mencoba makanan baru dan tunjukkan tingkah laku yang baik saat makan
7. Gunakan waktu makan untuk mendiskusikan hal positif seperti tingkah laku yang baik atau hal-hal yang mereka lakukan dengan baik di hari itu.

Gimana ada yang bisa dicoba untuk diterapkan???

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s