Penggunaan Garam, Gula dan Penyedap Pada MPASI


sumber : http://www.sehatgroup.web.id/file milist sehat

Jangan pernah memberi garam (maupun bumbu penyedap lainnya: merica, kaldu bubuk, gula, dll) pada makanan bayi kita. Pemberian garam (yang mengandum sodium) terlalu dini kepada bayi bisa menyebabkan ginjal mereka rusak. Selain itu, pada saat mereka dewasa, mereka lebih mudah terkena hypertensi (tekanan darah tinggi).
INGAT: Bayi tidak mengenal definisi hambar karena mereka baru belajar mengenai rasa. Kalau kita membiasakan pemberian makanan non-hambar sejak dini, bayi pun akan gampang menolak makanan yang cenderung hambar saat dia dewasa. Perhatikan saja kita sendiri, makan apapun selalu diberi ekstra garam, atau ekstra sambal, atau ekstra gula, atau ekstra kecap dan bahkan ekstra vetsin! (WM/DS/PP)

Sumber
Safely Preparing Homemade Baby Food,
http://www.wholesomebabyfood.com/tip27May.htm

4 thoughts on “Penggunaan Garam, Gula dan Penyedap Pada MPASI

  1. assalaamu’alaykum. Gini bu, anak saya 6 bulan, dikasih makan buah ga mau, dikasih sayur ga mau, tapi kalau dicampur madu br mau, kalau hambar dia cenderung nolak, tapi kl ada rasanya dia br mau makan, gimana ya bu? apa gak ada batas maksimal penggunaan garam pada bubur bayi?

  2. @sumayyah, anak 6bln blm bole dikasih madu bu.. bisa kena botulism silahkan browsing sendiri apa itu botulism pd anak bayi. dibuku2 tahun pertama bayi jg diberitahu ttg larangan pemberian madu pada bayi karena botulsm ini. dan MPASI untuk anak 6bln – 1thn rule-nya no salt n sugar. tanpa gula garam. kenapa? coba ibu browsing2 lg kenapanya lbh enak browsing pake keyword dlm bhs inggris : solid food no salt n sugar atau ke wholesomebabyfood.com. nanti kalo saya kasih tau takut dibilang sok tau krn saya bukan dokter hehe.. banyak yg protes nanti kok bukan dokter sok ngasih tau..

  3. mb asih..tomat boleh asal ga ada riwayat alergi.klo ada riwayat mst di tunda hingga umur 8bln klo ga salah.gabung di Homemade Healthy Baby Food di fb yuk..di situ byk bngt tips2 tuk bikin MPASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s