Panduan Pemberian Makan Bayi I


sumber : http://www.sehatgroup.web.id

0-6 Bulan

ASI EKSKLUSIF

Pada enam bulan pertama bayi mengalami perubahan besar yang terkadang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.  Semakin hari bayi Anda menjadi lebih awas dan lebih banyak bergerak, setiap hari akan menjadi hari yang penuh petualangan menakjubkan bagi Anda.

Apa yang dilakukan bayi Anda? Perkembangan untuk usia sampai dengan 6 bulan :

§ mengangkat kepala dan dada bila dibaringkan pada perutnya.

§ menggapai objek yang digantung

§ memegang dan mengguncang objek

§ berguling ke kiri dan ke kanan

§ duduk dengan dibantu

§ mengeksplorasi objek dengan tangan dan mulut

§ mulai menirukan suara dan mimik wajah

§ merespon bila namanya dipanggil atau bila melihat wajah yang dikenal.

Nutrisi yang Diperlukan

WHO, UNICEF, begitu juga para ahli kesehatan dan organisasi-organisasi kesehatan sepakat bahwa ASI adalah satu-satunya makan dan minuman yang diperlukan oleh bayi pada enam bulan pertama dalam hidup mereka.  Mereka menyatakan bahwa makanan padat diperkenalkan saat bayi anda berusia enam bulan, jadI tidak disarankan untuk memperkenalkan  makanan padat sebelum usia 6 bulan.

ASI Eksklusif – Awal terbaik bagi bayi anda

HANYA ASI satu-satunya makanan dan minuman yang diperlukan oleh seorang bayi dalam enam bulan pertama.  Tidak ada makanan atau minuman lain, termasuk air putih, yang diperlukan selama periode ini.  ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda.  Susu hewan, susu formula (bahkan yang harganya paling mahal), susu bubuk, teh, minuman yang mengandung gula, air putih, pisang dan padi-padian tidak memiliki kandungan sebaik ASI.

ASI adalah makanan yang bergizi dan berkalori tinggi, yang mudah untuk dicerna.  ASI memiliki kandungan yang membantu penyerapan nutrisi, membantu perkembangan dan pertumbuhanan, juga mengandung sel-sel darah putih, anti-bodi, anti-peradangan dan zat-zat biologi aktif yang penting bagi tubuh bayi dan melindungi bayi dari berbagai penyakit.  Kandungan-kandungan tersebut TIDAK terdapat dalam susu formula.

Pada bulan-bulan pertama, saat bayi berada pada kondisi yang sangat rentan, pemberian makanan atau minuman lain selain ASI akan meningkatkan resiko terjadinya diare, infeksi telinga, alergi, meningitis, leukemia, Sudden Infant Death Syndrome/SIDS -sindrom kematian tiba-tiba pada bayi, penyakit infeksi dan penyakit-penyakit lain yang biasa terjadi pada bayi.

ASI yang diproduksi ibu mempunyai komposisi yang sempurna untuk bayinya. Tidak ada yang bisa membuat makanan yang sesempurna ini. Antibodi yang terkandung dalam ASI dibuat khusus untuk virus dan bakteri yang dihadapi ibu dan bayinya pada saat itu. Komposisi ASI berbeda-beda – dari pagi sampai malam hari, dari tegukan pertama sampai akhir setiap kali anak menyusui -berubah untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan bayi dengan rasa yang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ibu, sehinga setiap teguk ASI berbeda dan sempurna untuk bayinya. Tidak ada produsen susu formula yang bisa membuat makanan yang lebih sempurna untuk bayi Anda dibandingkan sang ibu.

Anak yang tidak mendapatkan ASI secara eksklusif selama 6 bulan mempunyai resiko lebih besar untuk terpapar penyakit dan kondisi di bawah ini:

Tabel Resiko Pemberian Susu Formula vs ASI


Penyakit

Resiko

Alergi, eczema

2-7 kali

Infeksi Saluran Kencing

2.6 – 5.5 kali

Radang perut (Inflamatory bowel disease)

1.5-1.9 kali

Diabetes tipe 1

2.4 kali

Gastroenteritis

3 kali

Hodgkin’s lymphoma

1.8—6.7 kali

Otitis media

2.4 kali

Haemophilus influenzae meningitis

3.8 kali

Necrotizing enterocolitis

6-10 kali

Pneumonia

1.7-5 kali

Respiratory syncytial virus infection

3.9 kali

Sepsis

2.1 kali

Sindrom Kematian Bayi Mendadak (Sudden infant death syndrome)

2 kali

Obesitas

25%

Infeksi Telinga yang berulang

60%

Leukemia

30%

Diare

100%

Infeksi pernapasan (seperti asma)

250%

(sumber: International Baby Food Action Network & Association of Family Physicians)

Organisasi-organisasi seperti tersebut di bawah ini merekomendasikan agar semua bayi dapat diberikan ASI Eksklusif (tanpa air putih, teh, serelia, jus atau makanan lainnya) pada 6 bulan pertama dalam hidup mereka (usia  0-6 bulan) :

Jika Pertumbuhan Bayi ASI Eksklusif Kurang Baik

Timbanglah bayi Anda secara teratur dan jika Anda memberikan ASI eksklusif tapi timbangan bayi Anda tidak menunjukkan angka pertumbuhan berat badan yang baik, maka:

· Anak tersebut harus lebih sering disusui.  Mungkin diperlukan setidaknya 12 kali pemberian ASI dalam 24 jam.  Bayi harus menyusui selama setidaknya 15 menit.

· Anak tersebut mungkin perlu dibantu untuk mendapatkan posisi menyusui yang lebih baik.

· Anak tersebut mungkin sakit dan harus dibawa untuk menemui tenaga kesehatan yang terlatih.

· Air atau cairan lain mungkin mengurangi jumlah ASI yang diminumnya.

· Tetap berikan ASI, jangan berikan cairan lain selain ASI.

Jika Mengalami Kesulitan Dalam Pemberian ASI

Pada umumnya, penggunaan susu formula tidak diperlukan bayi dari sisi medis, para ibu menggunakan susu formula karena pilihan mereka sendiri.  Oleh karena itu:

· Bila ibu merasa ASI-nya hanya sedikit (dan karena itu lantas berpikir bahwa mereka memerlukan susu formula) padahal persediaan ASI-nya baik-baik saja

· Bila Anda merasa bahwa bayi Anda sungguh-sungguh memerlukan susu formula sebagai tambahan

· Bila DSA anda menyarankan atau merekomendasikan penggunaan susu formula

· Bila Anda mengalami kesulitan dalam proses menyusui.

Hubungi klinik laktasi untuk mendapatkan bimbingan.  Seorang konsultan laktasi yang baik bisa membimbing para ibu untuk meningkatkan persediaan ASI, menjaga agar para ibu dapat terus menyusui bahkan melakukan relaktasi.

Usia: 0-6 bulan

Pertumbuhan anak:

Organ mulut dirancang untuk menghisap, bukan untuk mengunyah

Reflek menyusu membantu bayi anda untuk berpaling ke arah puting untuk menemukan sumber makanannya.

Lidah secara reflek mendorong makanan (semi) padat.

Organ pencernaan bayi anda masih belum berkembang sempurna, inilah yang menjadi alasan mengapa makanan padat belum diperkenalkan sampai bayi mencapai usia 6 bulan.

Makanan yang diberikan
• HANYA susu ASI atau ASI perah dari orang lain atau susu formula yang mengandung zat besi.

Takaran per hari

ASI:
·    Kapan saja si bayi minta

Susu formula yang mengandung zat besi:
·    Umumnya setiap 2-4 jam.

Tips pemberian makanan

§ Memberikan pengganti ASI dapat menyebabkan terjadinya perkembangan yang buruk atau penyakit bila terlalu banyak atau terlalu sedikit mencampurkan air atau bila air yang digunakan tidak bersih.  Penting untuk diingat untuk selalu merebus dan mendinginkan air dan mengikuti petunjuk penggunaan susu pengganti dengan baik.

§ Susu ASI perah atau susu pengganti ASI sebaiknya diberikan dengan menggunakan sendok atau gelas yang bersih untuk bayi-bayi yang lebih besar.

§   Penggunaan botol susu dapat menyebabkan terjadinya penyakit dan kematian.  Botol dan karet dot yang tidak bersih bisa menyebabkan penyakit seperti diare dan infeksi telinga. Diare dapat menyebabkan terjadinya kematian pada bayi.  Terjadinya penyakit dapat dihindari bila botol dan dot disterilkan dalam air mendidih sebelum digunakan, tapi bayi yang menggunakan susu botol lebih rentan terkena diare dan penyakit infeksi lainnya dibandingkan dengan bayi yang minum ASI.
Iklan

One thought on “Panduan Pemberian Makan Bayi I

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s