Q & A Belajar Makan Buah


sumber : http://www.sehatgroup.web.id / milist sehat

Belajar makan buah

Question : Dear Dokter Wati dan Sp’sAnya (6bln, 9 hari) kok ndak suka buah-buahan ya? kalo dikasih.. hueek..gitu katanya.. saya baru nyobain melon dan jeruk sih… padahal kasihnya udah dikit-dikit.. gimana ya caranya? trus Anya juga ngga mau makan kalo ngga diajakin jalan.. nangisnya sediiiihbanget.. tiap orang yang dia liat lagi ngeliatin dia (pas lagi emam), pasti dia mintain gendong. jadi bawa’annya; kita nyuapin, trus dorong dia dikereta dorongnya, nyuapin lagi.. dst.. padahal cara itu ngga baik ya.. tapi kalo ngga di dorong, doi keselek dan akhirnya muntahin semuanya..sebelum cara itu saya lakukan, saya udah ajakin dia ngomong terus digoda-godain, sambil nyorongin sendok.. hasilnya, mulutnya dia bikin jadi garis tipis yang makin lama makin ngerucut dan lama-lama tumpah nangisnya..segala trik yang saya tau sudah saya coba, dan terakhir ya itu tadi.. pake strollernya deh. please sharingnya ya Dok dan Sp’s..
much love,
reyna

Answer 1 : Mbak Reyna…Saya coba bantu sharing ya…Yang namanya makan pada anak (apalagi bayi) kan sebenarnya proses pembelajaran. Dari mulai sistem pencernaannya sampai caranya makan. Anak saya yang pertama Annisa (5 tahun) waktu masih bayi, yang namanya makan juga mesti digendong sambil jalan-jalan. Kadang kala sih bisa duduk manis dikursi makannya. Tapi bisa dibilang jarang

banget. Belum lagi masalah makan buah. Waktu masih 6 bulanan gak masalah makan buahnya. Tapi waktu umur 1,5 – 3 tahun, duuhhh… gak mau sama sekali. Segala cara dan rayuan sudah kita lakukan. Hasilnya…. ZERO.Tapi mulai dari umur 3-4 tahun, dia sudah bisa duduk manis saat makan (meski tidak dimeja makan) dan sekarang malah seneng ngobrol dimeja makan ikut bapak ibunya makan. Padahal dia sudah makan, jadi dia makan lagi saat kita makan. Makanya dia makin gembul. Masalah makan buahnya juga begitu… sekarang dia sudah mau nyicipin buah-buahan yang ada dirumah. Juga sudah mau “nggado” sayuran.jadi… in my opinion… JANGAN MENYERAH… usaha terus.. Dan sedikit demi sedikit anaks kita kasih “pelajaran” dalam artian, kita kasih tau pelan-pelan bahwa kalo makan ya duduk manis, dan makan buah itu penting biar “eek” (maaf) lancar. Selama ini saya selalu punya prinsip kalo anaks itu kalo kita kasih tau pasti akan mengerti. Meski “someday”baru dijalankannya. SABAR adalah kunci utamanya Maaf kalo gak membantu…
Best Regards,
BRILIYANTI DWIWIRANTI

Answer 2 : Mba Reyna,
Jika Anya kurang suka buah2an kebetulan yang baru jeruk dan melon dikenalkan, gimana kalo dikenalkan dengan buah lainnya seperti apel & pir kukus, alpukat+susu, pepaya. Kalo udah mau buah yang lain baru deh dicoba lagi jeruk atau melonnya.Makan sambil jalan, mungkin awalnya sudah dibiasakan tapi anak itu sungguh luar biasa pintar dan disiplin jika kita membiasakannya. Perlahan kurang kebiasaan makan sambil jalan atau digendong, selain kalo makan sambil jalan2 bikin keselek juga bikin makanannya tercampur debu atau virus yang beterbangan. Biasakan aza acara makan senyaman dan seriang mungkin, krn sering akhirnya terbiasa.Mungkin bisa coba tips yang biasa aku lakukan buat Andra, dulu Andra terbiasa jalan pagi dan sore, jadi pas acara makan juga kepengennya keluar, kalo ga keluar lama makannya akhirnya aku buatkan kursi makan yang lucu, empuk dan beraneka ragam warna dan aksesori dan yang nyuapin juga harus cerewet, dihalaman rumah (kalo ga hujan) akhirnya hingga sekarang maunya makan sambil bercerita, nyanyi.
Semoga membantu
Efi_Andra’s mom

Answer 3 : Nggak papa mbak, buahnya cobain saja terus, anak saya waktu awal2 juga huek2, tp skrg kalo maem buah parut, nggak sampe 5menit habis trus mulutnya masih ngebuka minta disuapin. Kalo soal trik makan saya kurang tahu, anak saya jg gitu, trik yg saya pake palingan manjur sekali duakali, setelah itu jangan harap deh, dia udah tau, kalopun saya ulang sebulan lagi dia masih inget, nggak mau. Kuncinya sabaarr…& variasikan makanannya.
dykrst

Answer 4 : Mbak Reyna,mungkin Anya belum siap diperkenalkan dengan beragam variasi makanan padat? Kan baru 6 bulan 9 hari ya mbak jadi nggak usah buru-buru menurut saya. Saya inget sharing Mbak Puriwati mengenai saat pertama beliau mengenalkan makanan padat ke anaknya. Saya akan coba cari filenya diyahoo nanti kalau ketemu saya kirim via japri ke Mbak Reyna.Untuk pengenalan makanan padat pertama buah belakangan aja mbak, seperti yang saya re-post kemaren mengenai pengenalan makan pada bayi dari file milis sehat, yang pertama kali dikenalkan produk beras. Itu juga dikit aja sehari sekali juga nggak pa pa kok. Pertama kali encer aja dulu baru bertahap pelan-pelan lebih padat. Sabar ya mbak memang saat pengenalan makanan padat pertama anak masih harus banyak belajar jadi kita harus sabar. Kalau hari ini dia nggak mau buah jeruk dan melon ya udah di stop aja, kasih waktu selang 1-2 mingguan kita coba kasih buah yang lain atau buah yang sama sedikit dulu sambil terus liat reaksi anak.
Salam,
Dewi

Iklan

2 thoughts on “Q & A Belajar Makan Buah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s